Hamil dan Ingin Ngopi? Berikut 8+ Rekomendasi Kopi yang Aman Bagi Ibu Hamil

Hamil dan Ingin Ngopi? Berikut 8+ Rekomendasi Kopi yang Aman Bagi Ibu Hamil

Ngopi atau minum kopi adalah kegiatan yang banyak disukai wanita. Bagi sebagian perempuan, waktu ngopi bisa jadi "me time" yang menyenangkan. Nah, jika Anda termasuk wanita yang suka ngopi, tak usah khawatir karena minum kopi dalam masa kehamilan bisa tetap dilakukan. Kuncinya adalah memilih komposisi kopi dan takaran saji yang tepat supaya aman dikonsumsi.

Larangan Minum Kopi Bagi Ibu Hamil, Mitos atau Fakta?

Sumber gambar huffingtonpost.com

Ada pembatasan minum kopi bagi ibu hamil. Pembatasan tersebut berjumlah kurang dari 200 mg kafein per hari. Di saat yang bersamaan, ini bukan larangan ibu hamil minum kopi. Selain menstimulasi produksi urine, kafein dalam kopi tidak akan memengaruhi IQ anak. Sudah begitu, minum kopi saat hamil juga akan menstabilkan denyut jantung saat melahirkan.

Mitos yang Beredar Selama Ini, Benarkah?

Sumber gambar listden.com

Mitos yang sering beredar adalah warna kulit bayi yang menjadi hitam sehitam kopi. Selain itu, ibu hamil minum kopi instan juga dianggap bisa keguguran. Hal lain yang salah mengenai kopi bagi ibu hamil adalah menyebabkan bayi cacat. Ada juga yang mengatakan ibu hamil minum kopi luwak akan menjadi tidak subur. Padahal tidak demikian, karena minum kopi saat hamil menyehatkan.

Ternyata Kopi Punya Banyak Manfaat untuk Ibu Hamil

Sumber gambar iytmed.com

Bahaya minum kopi bagi ibu hamil membuat tidak banyak ibu hamil tahu manfaatnya. Padahal, secangkir kopi bagi ibu hamil setidaknya memiliki 4 manfaat. Keempat manfaat tersebut berkaitan dengan kesehatan ibu. Anda dapat melihat uraian keempatnya pada poin berikut ini.

Meningkatkan Kondisi Tubuh dan Ketajaman Pikiran

Sumber gambar wendy-leblog.com

Manfaat kopi bagi ibu hamil adalah menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Menurunnya kadar LDL membuat ibu hamil minum kopi instan akan lebih energik. Hal ini disebabkan karena kopi sanggup merangsang syaraf. Rangsangan ini akan membuat hormon epinefrin bahan baku energi meningkat.

Manfaat lain yang dapat dirasakan ibu hamil minum kopi instan adalah pikiran tajam. Dalam hal ini, sinyal otak yang memperoleh energi akan diubah menjadi kekuatan pikiran. Kekuatan pikiran yang luar biasa ini membuat ibu hamil minum kopi instan lebih kritis.

Menjaga Kadar Gula Darah

Sumber gambar precisionwellbeing.co.uk

Siapa sangka, ternyata kopi bagi ibu hamil dapat menormalkan gula darah. Ini dikarenakan secangkir kopi hitam dapat menurunkan risiko diabetes Tipe 2. Tidak hanya itu, kopi bagi ibu hamil dapat menurunkan glukosa dan insulin.

Jumlah penurunan dan stabilisasinya diperkirakan 11-17%. Ini terjadi bila ibu hamil minum kopi luwak atau instan lebih dari 1 cangkir. Asalkan, satu cangkir tersebut tidak rutin dan memiliki rasa yang tidak terlalu pahit. Rasa kopi yang pahit akan membuat kesehatan janin terganggu.

MenstabilkanTekanan Darah

Sumber gambar easyhealthoptions.com

Bagi ibu hamil dengan tekanan darah rendah, secangkir kopi menjadi solusi yang tepat. Alasannya, secangkir kopi dapat menstabilkan tekanan darah. Berbagai zat nikmatnya dapat memampukan secangkir kopi memompa aliran darah. Sebagai hasilnya, kinerja jantung dalam memompa darah akan meningkat.

Menjaga Suasana Hati

Sumber gambar formaternity.com

Merupakan sesuatu yang lumrah untuk ibu hamil memiliki mood yang berubah-ubah. Mood ibu hamil yang berubah-ubah ini disebabkan oleh stres. Stres sendiri dipicu oleh perubahan hormon. Perubahan hormon dapat dilawan dengan minum kopi dalam jangka panjang.

Hasil dari minum kopi jangka panjang adalah mood yang bagus. Minum 2-3 cangkir kopi akan meningkatkan 15% keadaan mood. Bila jumlah tersebut ditambah, maka peningkatannya menjadi 20%. Karena itu, minum kopi justru diperbolehkan untuk ibu hamil. Bagaimanapun juga, mood yang membaik tidak akan membuat orang di sekitar menjadi stres.

Cara Aman Mengonsumsi Kopi Bagi Ibu Hamil

Sumber gambar scarymommy.com

NSW Health menyarankan konsumsi ideal kopi bagi ibu hamil pada 200 mg sehari. Patokan keamanan tersebut berubah tergantung dengan jenis kopi instan atau seduh. Misalnya, 1 gelas kopi instan (100 mg kafein) berbeda dengan 1 cangkir seduh (100-350 mg). Selain itu, perhatikan juga bijinya. Biji kopi Arabika memiliki kafein lebih sedikit dibandingkan biji kopi robusta.

Cara aman minum kopi saat hamil ini perlu Anda amalkan. Alasannya, cara minum kopi saat hamil demikian aman untuk kesehatan Anda dan bayi Anda. Cara ini tidak hanya dapat diaplikasikan pada kopi, namun juga saat minum cokelat. Apalagi, bila cokelatnya mengandungi campuran kopi atau kafein. Sebaiknya, konsumsi kopi sesuai takaran yang dianjurkan agar Anda bisa menikmati dengan aman.

8 Rekomendasi Produk Kopi yang Aman Bagi Ibu Hamil

Sumber gambar theatlantic.com

Anda bingung memilih produk kopi bagi ibu hamil yang pas? Wajar saja, kok, dengan adanya banyak rasa kopi bagi ibu hamil yang aman. Misalnya, Anda dapat menemui kopi rasa cokelat, jeruk, atau rempah. Beberapa kopi seperti poin rekomendasi di bawah ini juga dapat menambah energi Anda. Jadi, Anda pun layak mencoba produk kopi yang aman untuk ibu hamil seperti yang berikut ini.

Kopi Sehat Health Coffee HPAI

Sumber gambar halalmart-bandung.com

Spesialnya Kopi Sehat Health Coffee HPAI ini tidak hanya didapatkan lewat biji kopi alami. Alih-alih, Anda dapat memperoleh manfaat stamina dan kesehatan yang lebih. Radikal bebas pun akan pergi dengan produk kopi yang dapat meningkatkan daya tahan ini. Kopi seharga Rp 125.000 pada marketplace online Halalmart ini kualitasnya juga baik. Komitmen kualitas tersebut dapat menenangkan tubuh yang kelelahan.

Kopi Radix Pak Haji

Sumber gambar hpainternational.id

Produk Kopi Radix Pak Haji ini dapat berguna sebagai tonik bagi tubuh. Hal ini dapat berfungsi sebagai penstabilan tekanan darah. Adanya elemen detoksifikasi juga membuatnya dapat menawar racun. Kopi ini juga mengandung afrodisiak yang dapat meningkatkan mood. Anda dapat memperolehnya di marketplace online Tokopedia seharga Rp 113.500. Untuk khasiat terbaik, Anda dapat meminum kopi ini secara rutin.

Kopi Sevel HPAI

Sumber gambar hpaindonesia.net

Sinergi 7 herba yang membuat tubuh rileks dan fit dapat ditemui pada Kopi Sevel HPAI. Racikan khususnya dapat memberi berbagai manfaat kesehatan. Contohnya, Anda dapat bebas dari rematik, asma, masuk angin, kanker, atau tumor. Ketujuh elemen tanaman yang ada juga memperlancar metabolisme. Adapun 7 elemen tersebut adalah biji, akar, batang, kulit, daun, bunga, dan buah. Minuman kopi ini dapat Anda peroleh di marketplace online Lazada seharga Rp 110.000.

Kopi Pracampuran Radix Sinergi

Sumber gambar lazada.co.id

Kebalikan kopi pada umumnya, Kopi Pracampuran Radix Sinergi dapat menyembuhkan maag. Kopi ini berkhasiat tinggi dan mampu menangani berbagai masalah stamina. Asam urat, demam, batuk, atau masuk angin pun dapat pergi dengan kopi bagi ibu hamil ini. Harga kopi sehat ini adalah Rp 120.000 pada marketplace online Lazada.

Kopi Radix Habbatus Sauda

Akar dan tongkat ali dari HPAI yang menjadi bahan Kopi Radix Habbatus Sauda menyehatkan. Tidak hanya mampu menyembuhkan maag, kopi ini juga dapat mengobati diabetes. Yang lebih menarik, pertumbuhan sel kanker dapat dihambat lewat kopi satu ini. Anda dapat membeli seharga Rp 6.000 pada marketplace online Tokopedia untuk kopi satu ini.

Kopi Jebug Sumber Alam

Sumber gambar bukalapak.com

Kopi Jebug Sumber Alam yang terbuat dari biji kopi jebug ini dapat melancarkan haid. Bagi ibu hamil, kopi ini juga dapat mengatasi sakit pinggang. Hal ini berguna karena sakit pinggang dialami tiap ibu hamil. Pegal linu dan masuk angin pun dapat diatasi dengan minum kopi ini. Adanya gula aren alami pada kopi ini juga menambah kenikmatannya. Harga kopi ini adalah Rp 70.000 pada marketplace online Lazada.

Kopi Aren Sumber Alam

Sumber gambar tokopedia.com

Tidak adanya pemanis buatan pada Kopi Aren Sumber Alam membuatnya aman dikonsumsi. Keamanan ini terutama dirasakan penderita diabetes. Penderita penyakit gula pun dapat memperoleh keuntungan dari minum kopi ini. Ibu hamil juga dapat merasakan gula aren alami padanya. Kopi Aren Sumber Alam juga mampu mengatasi stres ibu hamil. Kopi ini ada pada marketplace online Tokopedia seharga Rp 50.000.

Min Kaffe

Sumber gambar tokopedia.com

Mineral Coffee atau Min Kaffe memiliki aroma unik biji kopi Robusta yang memikat. Kandungan magnesium bambu alaminya juga dapat menjadi energy booster di pagi hari. Selain itu, rasa kenyang yang ditimbulkan lebih lama, sehingga mempercepat program diet. Proses alami diet dengan Min Kaffe beserta Garlic Tablet ini dapat dilakukan ibu hamil. Harganya sendiri mencapai Rp 130.000 di marketplace online Tokopedia.

From our editorial team

Pilih Kopi Decaf

Ada kalanya Anda yang sedang hamil ingin ngopi di kedai atau kafe. Untuk tetap aman, sebaiknya Anda menghindari kopi-kopi kuat yang memiliki kadar kafein tinggi. Anda bisa meminta kepada barista untuk mengganti kopi biasa dengan kopi decaf atau decaffein. Kopi decaf umumnya memiliki kadar kafein yang lebih rendah daripada kopi biasa. Tetap batasi konsumsi per hari sesuai anjuran dokter kandungan agar kopi yang Anda nikmati juga aman bagi janin.