8 Minuman Sehat Ini Lezat dan Cocok untuk Ibu Hamil

8 Minuman Sehat Ini Lezat dan Cocok untuk Ibu Hamil

Demi menyehatkan perkembangan janin, ibu hamil wajib menjaga makanan dan minuman selama mengandung. Berikut ini beberapa rekomendasi minuman sehat yang BP-Guide rangkum untuk dinikmati setiap ibu hamil. Yuk cek langsung di bawah ini!

Berbagai kondisi kesehatan bisa saja terjadi pada masa kehamilan

Di belahan dunia manapun, seorang ibu hamil rentan dengan beberapa kondisi kesehatan yang agak mengganggu aktivitas mereka. Beberapa di antaranya adalah:

  • Morning sickness
    Morning sickness memang menjadi keluhan umum yang sering dirasakan ibu hamil. Ditandai dengan muntah dan mual di pagi hari. Terutama saat keadaan perut kosong.
    Sebenarnya keluhan yang satu ini wajar kok, ladies. Tetapi kamu harus tetap waspada. Apalagi jika gejala ini sudah mengganggu aktivitas keseharianmu. Karena morning sickness yang berkepanjangan dapat menyebabkan hyperemesis gravidarum yang mengganggu kandungan mineral dan kesehatan cairan ketuban.
    Ada tips bahan makanan nih yang dapat membantumu mengurangi keluhan yang satu ini. Yang pertama kamu bisa memilih makanan yang kaya akan karbohidrat. Misalnya roti, gandum , pasta, nasi dan kentang. Karena makanan yang mengandung karbohidrat dapat menyuplai energi untuk jangka waktu yang agak panjang. Kamu juga harus mengurangi makanan yang tinggi kadar lemak dan minuman – minuman yang mengandung kafein. Buat kamu yang gemar sekali kopi di pagi hari dapat menggantinya dengan air mineral atau jus buah. Lebih sehat dan dapat mengurangi gejala morning sickness yang kamu alami loh.
  • Mudah lelah
    Mudah lelah juga termasuk keluhan yang sangat menjengkelkan ya, ladies. Biasanya kamu akan selalu mengantuk di sepanjang hari atau bahkan tidak bisa tidur di malam hari. Penyebab mudah lelah ini adalah karena adanya pembentukan plasenta yang menyebabkan perubahan kadar hormon dan metabolisme secara alami.
    Ada beberapa tips yang bisa kamu coba agar gejala ini tidak menghambat produktivitasmu di masa kehamilan. Yang pertama, konsumsi setidaknya lima buah dan sayur segar setiap hari. Kedua, makanlah makanan dengan nutrisi yang cukup dan seimbang. Terakhir, tidurlah lebih awal, jika kamu mengalami kesusahan tidur di awal. Kamu dapat menyempatkan tidur di sela istirahat siangmu.
  • Sakit Kepala
    Sakit kepala maupun pening memang mengganggu aktivitas sehari-hari ya, ladies. Apalagi jika keluhan ini selalu dirasakan setiap harinya oleh ibu hamil. Meskipun keluhan Ini umum dirasakan, banyak ibu hamil yang masih khawatir jika gejala ini memberi dampak pada kesehatan bayinya.

Minuman yang harus dihindari selama masa kehamilan

Masa kehamilan memang terkadang mengkhawatirkan, menjaga pola makan bahkan mengatur bahan makanan dan minuman apa saja yang boleh dan tidak boleh diminum saat hamil menjadi hal penting yang wajib kamu ketahui. Karena makanan dan minuman ternyata dapat mempengaruhi kesehatan bayi dalam kandungan. Berikut ini minuman yang harus kamu hindari:

Susu dan Jus yang Tidak Dipasteurisasi

Untuk ibu hamil yang suka mengonsumsi susu. Ada dua tipe susu aman yang dapat kamu pilih. Yang pertama ada susu Pasteurisasi. Susu ini dipanaskan dengan suhu hingga 70-75 derajat celcius sekitar 15 detik saja. Dalam prosesnya susu pasteurisasi dapat membunuh seluruh bakteri jahat namun asih terdapat bakteri baik di dalamnya. Sayangnya, susu yang satu ini mudah basi meskipun memiliki kadar nutrisi yang lebih tinggi.

Yang kedua ada susu UHT. Susu ini dipanaskan selama 5 detik dengan suhu mencapai 150 derajat celcius. Proses tersebut dapat membunuh seluruh bakteri dalam susu, itulah kenapa susu UHT dapat bertahan lebih lama. Namun kandungan nutrisinya jelas lebih sedikit 3-5% dibanding susu pasteurisasi.

Kedua susu di atas aman kok ladies untuk dikonsumsi sehari-hari pada masa kehamilan. Kamu dapat memilih sesuai dengan keinginanmu. Yang kaya akan nutrisi tapi cepat basi. Ataupun yang bertahan lama dengan perbedaan nutrisi yang agak sedikit lebih rendah.

Minuman Beralkohol/berkarbonasi

Minuman beralkohol dapat mempengaruhi ibu hamil maupun kondisi bayi.Masalah ini menjadi perdebatan serius dikalangan para ahli. Tidak ada takaran khusus berapakah kadar alkohol yang boleh diminum oleh ibu hamil. Tapi untuk mengurangi resiko tersebut. Kamu lebih baik menghindarinya ya ladies. Karena alkohol dapat menghambat pertumbuhan bayi. Termasuk bahaya bahaya dibawah ini yaitu IQ rendah, Kekurangan berat badan, Lambat berbicara, Gagal ginjal, dan Gagal Jantung.

Minuman Berkafein

Kopi, minuman yang mengandung kafein ini sangat digandrungi ya, ladies. Tapi, tahukah kamu jika mengkonsumsi minuman berkafein dapat menimbulkan beberapa masalah pada masa kehamilan seperti Mengacaukan denyut jantung, Janin kekurangan gizi, Potensi Dehidrasi untuk ibu hamil, dan Resiko keguguran.

Sebenarnya untuk kamu yang sudah kecanduan minum kopi atau coklat ataupun semua minuman yang mengandung kafein akan lebih sulit untuk tiba-tiba berhenti. Kamu bisa mulai sedikit demi sedikit mengurangi konsumsinya, ladies. Karena jumlah total kafein yang boleh diminum ibu hamil adalah sekitar 300 mg.

Namun, kembali pada masalah pertama ya, untuk menjaga kesehatan janin dan diri kamu sendiri. Lebih baik untuk tidak mengonsumsinya terlebih dahulu .

8 Daftar minuman untuk ibu hamil yang harus ada dalam menu harian

Minuman termasuk hal yang harus dikontrol pada masa kehamilan, Berikut beberapa minuman yang aman untuk kamu minum:

Jus Jeruk

Jus jeruk memiliki manfaat yang banyak untuk kebutuhan ibu hamil. Termasuk mengurangi morning sickness di pagi hari. Jus jeruk sangat dibutuhkan untuk ibu hamil karena dapat menyumbang sebagian nutrisi bagi kesehatan dan pertumbuhan janin. Tapi untuk kamu yang memiliki masalah asam lambung disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi buah jeruk ya ladies.

Buat kamu yang khawatir dengan kebersihan jus jeruk yang kamu beli di pinggir jalan. Kamu bisa membuatnya sendiri loh dirumah. Karena Jus buah di pasaran takut mengandung bakteri e-coli.

Caranya mudah. Pertama, pastinya siapkan blender atau juicer. Dan siapkan buah jeruk yang sudah dikupas dan dibuang bijinya. Kedua, Masukkan buah jeruk, air gula dan es batu yang telah diserut kedalam blender. Ketiga, blenderlah selama 3 menit saja. Terakhir, siapkan gelas dan tuangkan jus jeruk kedalam gelas yang telah kamu siapkan. Nah, jus Jeruk segarmu siap dinikmati.

Wedang Jahe

Pasti ladies familiar dengan mitos jika jahe dapat mengganggu kondisi janin karena rasa panasnya, bukan? Padahal kondisi ini tidak benar loh ladies. Jahe memiliki banyak manfaat untuk kehamilan diantaranya: menurunkan tekanan darah, melancarkan sistem pencernaan, meredakan maag bagi ibu hamil, dan meredakan perut kembung. Selain itu dapat menghilangkan gas berlebih, menghilangkan mual, dan menghilangkan pusing.

Cara membuatnya pun cukup sederhana. Setelah dicuci bersih hingga tidak ada kotoran lagi yang menempel, iris sesuai kebutuhan dan buang kulitnya. Didihkan air dan jahe secara bersamaan. Kemudian tambahkan gula merah serut. Selesai, wedang jahe siap untuk dinikmati. Simpel dan bermanfaat kan, ladies?

Air Putih

Air putih memang baik untuk kesehatan , saat hamil maupun dalam keadaan normal air putih memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi ibu hamil membutuhkan lebih banyak cairan dari biasanya. Berikut manfaat air putih untuk kamu yang sedang hamil:

  • Mencegah Dehidrasi
    Ibu hamil umum mengalami keluhan-keluhan seperti sakit punggung, sakit kepala, bahkan masalah ginjal.Hal ini terjadi lantaran tubuh terserang dehidrasi. Karena itulah wajib mengkonsumsi air putih secara teratur minimal 8 gelas per harinya.
  • Menghilangkan Racun
    Makanan da minuman yang dikonsumsi dapat mengandung racun loh, ladies. Tapi kamu tenang saja. Dengan mengkonsumsi air putih dapat mengoptimalkan kinerja hati dan ginjal yang berfungsi untuk menetralkan serta mengeluarkan racun dari dalam tubuh kamu.
  • Menyerap Nutrisi Makanan
    Nutrisi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Meminum air putih yang cukup dapat membantu proses penyerapan nutrisi makanan dalam tubuh, terutama penyerapan glukosa. Air putih juga membawa nutrisi penting yang dibutuhkan dalam perkembangan janin melalui darah loh, ladies.
  • Energi
    Energi adalah point penting dalam kesehatan. Air putih juga sebagai asupan cairan yang dibutuhkan oleh setiap organ yang ada di dalam tubuh agar dapat bekerja secara optimal. Hal inilah kenapa ibu hamil diwajibkan mengkonsumsi cukup air putih
  • Menjaga Kestabilan Tekanan Darah dan Memperlancar Peredarannya
    Mengkonsumsi air putih yang cukup pada ibu hamil dapat mengontrol kestabilan darah. Air yang telah menyerap dalam sel-sel darah dapat mengindentikasi bahwa tekanan darah dalam keadaan normal.

Minuman Elektrolit

Minuman elektrolit juga termasuk minuman yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Air putih saja memang cukup untuk menggantikan cairan yang hilang didalam tubuh. Namun Kandungan sodium, potasium, dan karbohidrat pada minuman elektrolit juga bisa memindahkan cairan dari tubuh ke area yang lebih membutuhkan.

Berikut ini adalah jenis minuman elektrolit, ladies

  • Minuman Isotonik (Isotonic Drink) : Minuman ini bisa menjadi alternatif buat kamu yang merasa mudah lelah dan dehidrasi saat masa kehamilan,karena minuman isotonik mengandung glukosa dan fruktosa yang membantu memasok tubuh dengan cairan yang cukup.
  • Minuman Hipotonik (Hypotonic Drink): Minuman yang satu ini dapat membantumu untuk melembabkan dan memberi energi pada tubuh. Minuman ini pun langsung diserap oleh usus. Sehingga, ia dapat membantumu untuk menjaga keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh.
  • Minuman Hipertonik (Hypertonic Drink): Minuman yang satu ini mengandung karbohidrat tinggi, jadi kamu harus meminumnya dengan minuman isotonik ya ladies. Minuman ini disarankan untuk kamu merasa kelelahan berat. Atau setelah melakukan aktivitas yang menguras banyak energimu.

Kelapa Muda

Air kelapa sangat menyegarkan apalagi jika diminum saat siang hari ya ladies. Bukan hanya untuk melepas dahaga. Ternyata air kelapa memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Masyarakat juga percaya bahwa meminum air kelapa hijau pada trimester terakhir dapat membuat air ketuban jernih, bayi akan memiliki kulit halus dan rambut cerah.

Berikut tiga manfaat minum air kelapa :

  • Adanya kandungan elektrolit
    Ibu hamil membutuhkan cairan lebih banyak, air saja kadang tidak mencukupi seluruh kebutuhan ibu hamil. Sebagai isotonik alami yang kaya mineral dan memiliki elektrolit cair yang sama dengan kandungan cairan di dalam tubuh, tentu saja, air kelapa sangat berguna untuk menghindari dehidrasi dan sangat cepat untuk memulihkan stamina.
  • Deurutik Alami
    Air kelapa dipercaya sebagai zat deurutik alami. Tentu saja ini sangat bermanfaat bagi tubuh, karena dapat mengeluarkan zat racun yang tersisa dalam tubuh.
  • Membantu Pencernaan Selama Kehamilan
    Selama kehamilan, plasenta akan menghasilkan jenis hormon yang disebut progesteron, ladies. Hormon ini dapat memperlambat lambung sehingga pencernaan kontraksi otot melambat. Dan air kelapa terbukti membantu meningkatkan kecepatan proses pencernaan.

Smoothies

Selama masa kehamilan, penting buat kamu untuk menjaga asupan nutrisi. Rasa tidak enak untuk mengkonsumsi makanan berat bisa kamu ganti dengan smoothies loh ladies.

Ini nih 3 varian smoothies yang bisa kamu coba di rumah:

  • Red Smoothies
    Red smoothies ini terdiri dari perpaduan strawberry dan kiwi. Smoothies yang satu ini kaya akan vitamin E,C,K serta potasium. Tambahkan susu cair rendah lemak dengan parutan es.
  • Green Smoothies
    Green gak harus isinya sayuran semua loh ladies. Smoothies yang satu ini berisi bayam, avokado dan mentimun. Untuk mengurangi rasa mual, kamu bisa tambahkan irisan jahe.
  • Orange Smoothies
    Orange smoothies ini bukan smoothies jeruk ya ladies. Orange smoothies terdiri dari wortel, apel dan belimbing. Smoothies yang kaya akan vitamin C ini bisa membantumu mengatasi flu saat masa kehamilan

Susu

Ladies, susu memang sangat berguna untuk kesehatan tubuh apalagi disaat masa kehamilan. Susu dapat membantu untuk mencukupi nutrisi secara mudah. Banyak sekali susu khusus ibu hamil yang beredar di pasaran. Namun, kamu harus cermat dalam memilih. Sebaiknya pilih susu khusus ibu hamil yang diperkaya dengan vitamin, DHA, asam folat, zat besi, dan berbagai zat lain yang bermanfaat bagi tumbuh kembang janin. Susu juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk kandungan.

Yuk simak beberapa khasiat pentingnya susu untuk ibu hamil:

  • Susu Kaya akan DHA
    Banyak sekali iklan produk susu yang mengunggulkan kandungan DHA di dalamnya. DHA memang penting loh ladies untuk perkembangan janin kamu. DHA menjadi nutrisi wajib yang harus terpenuhi. Kamu pasti mendambakan anak yang tumbuh sehat dan cerdas, bukan?
  • Susu kaya akan kalsium
    Kalsium membantu memperkuat pertahanan tulang saat masa kehamilan. Oleh karena itu, setidaknya ibu hamil di anjurkan untuk minum 3 gelas susu dalam sehari.
  • Susu kaya akan protein
    protein pun juga harus terpenuhi, ladies. Jika kamu kekurangan protein pada masa kehamilan, ini akan berdampak pada perkembangan janin. Protein juga baik untuk menguatkan rahim.
  • Susu kaya akan zat besi
    Zat besi termasuk nutrisi yang harus dipenuhi oleh tubuh. Mengatur pola makan ini itu akan terlalu ribet untuk kamu yang gak punya cukup waktu. Kamu hanya perlu minum susu secara rutin, karena kandungan zat besi yang ada pada susu akan sangat membantu proses pertumbuhan janin dalam kandungan agar bisa memperoleh asupan oksigen yang cukup. Ibu hamil yang kekurangan zat besi rentan terkena anemia loh ladies.

Yoghurt

Yogurt terkenal baik untuk kesehatan, namun ladies jangan memilih sembarang yogurt ya. Hindari membeli yogurt produk rumahan karena yogurt yang baik telah di proses pasteurisasi dengan standar tinggi. Dikhawatirkan produk rumahan tidak higenis dan akan menyisakan bakteri pada yogurt. Pastikan Yogurt terbuat dari susu rendah lemak. Selalu perhatikan tanggal kadaluwarsa ya ladies, karena hal ini sangat berbahaya untuk ibu hamil.

Ada beberapa keuntungan jika ladies mengkonsumsi yogurt saat hamil:

  • Sumber kalsium
    kalsium merupakan sumber penting yang kamu butuhkan saat masa kehamilan. Kalsium bermanfaat penting untuk menguatkan tulang janin dan untuk kamu ladies, kalsium dapat membantumu untuk mencegah osteoporosis.
  • Sumber probiotik
    Sumber probiotik yang terkandung dalam yoghurt memiliki beberapa manfaat penting loh ladies,termasuk untuk membantu perkembangan syaraf bayi. Dan buat kamu, sumber probiotik dari yoghurt ini dapat membuat mu terhindar dari gangguan pencernaan
  • Sumber vitamin D
    Sumber vitamin D dalam yoghurt membantu untuk menyerap kandungan kalsium yang dibutuhkan dalam perkembangan janin. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan tulang maupun masalah jaringan serius pada bayi loh, ladies.
From our editorial team

Minuman sehat wajib diminum ibu hamil demi kesehatan janin

Memang tidak mudah menemukan minuman yang benar-benar sehat di sekitarmu saat hamil. Jujur saja, lebih banyak minuman yang kurang sehat dibandingkan dengan jumlah minuman sehat yang mudah ditemui. Tapi kamu tak perlu risau. Kami harap dengan adanya artikel ini, kamu bisa mendapatkan minuman sehat tersebut dengan mudah dan membuat sendiri. Selamat mencoba ya!

Tag