Atasi Kutu Rambut dan Rasa Gatal di Kulit Kepala dengan 10+ Rekomendasi Sampo Anti Kutu Berikut Ini

Atasi Kutu Rambut dan Rasa Gatal di Kulit Kepala dengan 10+ Rekomendasi Sampo Anti Kutu Berikut Ini

Sumber gambar vimeo.com

Kutu rambut jadi salah satu masalah yang kadang-kadang menghampiri. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun dapat terkena kutu rambut. Jika dibiarkan, kutu rambut dapat berkembang biak dan menjadi masalah besar karena dapat menimbulkan rasa gatal di kepala. Rasa gatal yang kemudian dihilangkan dengan cara digaruk pun berpotensi memunculkan luka di kulit kepala sehingga diperlukan penanganan dengan cara yang lebih tepat seperti penggunaan sampo anti kutu.

Kutu Rambut Kalau Sudah Parah Akan Sangat Menjengkelkan

Kutu merupakan hewan yang sering menjadi permasalahan rambut. Keberadaan kutu bisa disebabkan karena perubahan pola hidup dengan penggunaan peralatan modern, bahkan di Amerika Serikat sebanyak 6-12 juta anak terserang permasalahan kutu. Meski, kutu tidak menyebabkan penyakit, tetapi dapat membuat kepala menjadi tidak nyaman.

Kutu sering membuat kepala terasa gatal dan muncul bintik-bintik kecil (telur kutu) yang hinggap dan melekat kuat di helai rambut. Dari gatal tersebut sering membuat munculnya luka karena garukan yang terlalu kuat. Umumnya anak-anak dan remaja sering terkena kutu karena belum terbiasa mengurus rambut dengan baik.

Cara Mengatasi Kutu Rambut

Gunakan Sisir Serit

Sumber gambar vetrxdirect.com

Sisir serit merupakan sisir yang efektif dan cepat untuk menghilangkan kutu rambut. Sisir ini mudah untuk ditemukan di toko yang menjual alat-alat kosmetik. Saat membeli sisir, usahakan untuk memilih gigi sisir yang memiliki jarak antar gigi sekitar 0,2 mm atau gigi yang lebih sempit lagi karena semakin sempit gigi sisir dapat menghilangkan kutu semakin optimal.

Untuk penggunaannya sebaiknya basahi rambut terlebih dahulu, kemudian lakukan penyisiran rambut. Kondisi rambut harus basah agar dapat memperlambat gerakan kutu di kulit kepala dan kutu menjadi mudah terlihat. Lakukan penyisiran secara rutin selama 4 hari sekali sampai kutu benar benar hilang dari kulit kepala Anda.

Gunakan Bahan Alami

Sumber gambar mytonic.com

Beberapa bahan alami yang dapat dipergunakan untuk membersihkan permasalahan di kepala adalah:

  • Almond
    Kacang ini sangat berguna untuk membantu Anda membersihkan kutu rambut beserta telurnya. Selain itu, almond juga dapat dipergunakan untuk merawat kesehatan rambut, membuat rambut lebih kuat, sehat, hitam berkilau dan tidak bercabang. Proses pembuatannya cukup mudah yaitu dengan merendam almond selama 10-12 jam, kemudian kupas dan haluskan dengan blender. Lalu tambahkan air perasan lemon atau jeruk nipis dan campurkan sampai merata. Cara mengaplikasikannya dengan mengoleskan krim tadi pada kulit kepala sampai merata sembari berikan pijatan agar rileks. Setelah itu tunggu selama kurang lebih 2 jam, kemudian bilas dengan air bersih sampai benar benar bersih. Untuk hasil maksimal lakukan secara rutin seminggu sekali.
  • Air beras
    Air beras merupakan obat alami dan sederhana untuk membasmi kutu. Proses pembuatannya sangat sederhana yaitu cukup dengan merendam beras selama semalam dan menyiramkan air rendaman beras ke kepala Anda, namun sebelum melakukannya pastikan Anda telah keramas terlebih dahulu. Kemudian setelah rambut Anda basah dengan air rendaman beras, lalu bungkus dengan penutup kepala atau shower cap dan diamkan selama 1 jam. Setelah selesai bilas dengan air bersih dan untuk hasil maksimal lakukan cara ini beberapa kali sehari.
  • Minyak kelapa
    Minyak kelapa sudah terkenal dapat merawat rambut karena memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Selain itu minyak kelapa dapat merangsang pertumbuhan rambut sekaligus mengembalikan warna hitam alami rambut. Cara penggunaannya sangat mudah yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa pada rambut dan kulit kepala sebelum Anda tidur malam, kemudian bungkus dengan handuk atau shower cup dan diamkan selama semalaman. Setelah itu pada pagi hari, lakukan penyeritan rambut dan bilas dengan shampo sampai bersih.

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Sampo Anti Kutu

Sumber gambar sisirkuturambut.com

Apabila Anda terserang kutu rambut sebaiknya segera diatasi agar tidak cepat berkembang biak. Kutu yang telah mengalami perkembangbiakan dapat membuat kepala terasa gatal yang sangat parah, bahkan dapat membuat luka atau muncul infeksi.

Untuk membasmi kutu rambut dapat menggunakan obat khusus yang diaplikasikan langsung di kulit kepala. Umumnya obat pembasmi kutu rambut berbentuk krim, losion, atau sampo yang diformulasikan khusus untuk melawan kutu rambut.

Ketika Anda membeli obat kutu rambut harus mencermati label komposisi didalamnya sebelum membeli, karena obat anti kutu yang andal ada yang mengandung dengan atau pun tanpa insektisida.

Selain itu hindari atau jangan pergunakan terlalu sering, obat anti kutu yang mengandung organoklorin (lindane), organofosfat (malathion), karbamat (karbamat), piretrin (piretrum), piretroid (permetrin, phenothrin, bioallethrin), dan spinosad (spinosyn A dan spinosyn D).

Kalau Memang Sudah Parah, Bisa Gunakan 10 Sampo Anti Kutu Berikut Ini

Lice Not Nice Family Care Shampoo

Sumber gambar shopee.co.id

Perkembangbiakan kutu sangatlah cepat sekali dan dapat dengan mudah menular ke keluarga atau pun teman. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan sampo anti kutu Lice Not Nice Family Care Shampoo.

Sampo ini mempunyai kemampuan efektif membasmi kutu rambut dan telur kutu, selain itu menyehatkan kulit kepala dan rambut, menyehatkan dan menyuburkan rambut, mempercepat pertumbuhan rambut, dan menebalkan rambut.

Cara pemakaiannya cukup mudah yaitu dengan membasahi rambut terlebih dahulu, kemudian pijatlah ke bagian kulit kepala dan rambut, lalu bilas sampai bersih dan apabila diperlukan Anda dapat mengulanginya kembali agar semakin bersih.

Untuk memperoleh hasil maksimal, Anda dapat menggunakan sampoo ini setiap kali keramas. Lice Not Nice Family Care Shampoo dapat dibeli di Shopee dengan harga Rp 30.000.

Freshy Anti Lice Shampoo

Sumber gambar fjb.kaskus.co.id

Anti Lice Freshy Shampoo merupakan sampo anti kutu dengan ukuran 60 ml yang dapat mengatasi permasalahan kutu rambut sekaligus menjaga kelembaban rambut. Sampo ini memiliki berbagai kelebihan, seperti tidak menimbulkan alergi dan iritasi pada kulit, harga ekonomis, aman untuk segala usia, efektif membunuh kutu rambut sampai ke telurnya dan menghilangkan bakteri.

Selain itu mempunyai aroma fresh tropical fruit. Untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakan sampo ini secara teratur. Anti Lice Freshy Sampo dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 25.000.

Lice Shield Shampoo & Conditioner in 1

Sumber gambar www.walmart.com

Lice Shield Shampoo & Conditioner in 1 merupakan rangkaian perawatan rambut yang diformulasi khusus dengan menggunakan campuran eksklusif dari 5 minyak esensial alami. Rangkaian produk anti kutu ini efektif mengusir kutu, aman, dan mudah dipergunakan sehari hari. Lice Shield Shampoo & Conditioner in 1 dapat dibeli di Walmart dengan harga $7.15 atau setara dengan Rp 110.000 di Walmart.

LiceLogic Clear & Free Shampoo

Sumber gambar www.logicproducts.com

LiceLogic Clear & Free Shampoo merupakan sampo anti kutu yang efektif membunuh kutu beserta telurnya. Sampo ini memiliki formula lembut yang berasal dari peppermint essential oil dengan campuran enzim tumbuhan yang aman dipergunakan untuk anak-anak usia di atas 2 tahun.

Selain itu sampo ini non-toxic dan telah diuji secara independen, sehingga tak ragu untuk dipergunakan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda dapat menggunakan LiceLogic Clear & Free Shampoo bersama dengan LiceLogic Clear & Free Nit Comb.

LiceLogic Clear & Free Shampoo dapat dibeli di website Logic Product dengan harga $24.95 atau setara dengan Rp 380.000 di website Logic Product.

Maple Holistics Tea Tree Shampoo

Sumber gambar www.mapleholistics.com

Maple Holistics Tea Tree Shampoo merupakan sampo anti kutu yang efektif membasmi kutu beserta ketombe yang menyebabkan kulit kepala gatal dan iritasi. Sampo ini mengandung tea tree oil yang dapat memberikan sensasi rasa dingin di kulit kepala, ketika digunakan.

Selain itu sampo ini juga mengandung argan oil, lavender oil, rosemary oil, jojoba oil, botanical keratin, shea butter serta aloe leaf. Formula pada sampo ini antijamur dan antibakteri serta tidak mengandung sulfat dan zat kimia lainnya, sehingga cocok untuk dipergunakan anak anak ataupun orang dewasa. Maple Holistics Tea Tree Shampoo dapat dibeli di website Maple Holistic dengan harga $10.95 atau setara Rp 160.000.

Peditox

Sumber gambar www.blibli.com

Peditox merupakan obat anti kutu yang sudah sangat dikenal masyarakat luas. Obat ini dapat dengan mudah Anda tembukan di berbagai tempat, seperti toko obat, apotek atau pun supermarket di sekitar Anda. Peditox merupakan obat anti kutu produksi oleh PT. Combiphar yang memiliki kandungan bahan aktif Hexachlorocyclohexane 0,5%.

Cara penggunaan obat ini sangat mudah yaitu dengan menyiapkan obat Peditox, sarung tangan plastik dan shower cap, kemudian keluarkan sedikit Peditox pada telapak tangan dan usapkan ke bagian rambut dari batang sampai ke ujung rambut secara merata.

Setelah itu tutuplah rambut dengan menggunakan shower cap dan diamkan selama kurang lebih 12 jam, lalu keramaslah seperti biasa dengan menggunakan sampo. Untuk mendapatkan hasil maksimal dan benar-benar bersih, Anda dapat menggunakan obat ini selama beberapa kali. Peditox dapat dibeli di Blibli dengan harga RP 34.000.

Tumoklin

Sumber gambar www.tokopedia.com

Tumoklin merupakan obat anti kutu yang terbuat dari bahan-bahan herbal, sehingga aman untuk digunakan pada kulit kepala Anda. Selain itu, obat ini memiliki kemasan unik dan menarik yaitu dalam bentuk spray, sehingga sangat praktis, ekonomis dan mudah dipakai.

Cara pemakaian obat ini cukup dengan menyemprotkan pada setiap helai rambut sampai merata dan diamkan selama beberapa saat, kemudian bilas dengan menggunakan air sampai bersih. Produk ini belum dapat dijumpai di sembarang toko, sehingga untuk mendapatkannya Anda dapat membeli di toko online Tokopedia dengan harga Rp 12.000.

Tumbonan

Sumber gambar alansport.xyz

Tumbonan merupakan obat anti kutu berbahan herbal yang efektif membasmi kutu rambut. Obat ini memiliki kandungan daun dan kulit batang dari tumbuhan pipturus incanus. Tumbuhan tersebut mempunyai kandungan senyawa sapinin, tanin, dan flavonoid yang baik untuk memberantas kutu rambut.

Tumbonan tersedia dalam bentuk spray dengan botol ukuran 25 cc yang mudah untuk diaplikasikan di kepala. Obat ini aman untuk digunakan semua kalangan, baik anak-anak atau orang dewasa, serta tidak menyebabkan iritasi, menghilangkan ketombe dan menghilangkan gatal gatal. Tumbonan dapat dibeli di Lazada dengan harga Rp 59.000.

Ketomed

Sumber gambar shopee.co.id

Sampo Ketomed merupakan obat kutu yang efektif mengatasi kutu rambut sekaligus mengatasi ketombe di kulit kepala. Obat ini tergolong obat anti parasit tropical dan memiliki 2 varian yang dapat dipilih, yaitu Ketomed shampoo dan Ketomed gel.

Ketomed gel merupakan pelengkap dari Ketomed shampo dan digunakan setelah keramas dengan sampo tersebut. Untuk memperoleh hasil maksimal, Anda dapat menggunakannya 2 kali sehari atau sebelum tidur. Ketomed shampoo dijual dengan harga Rp 51.764 dan Ketomed gel Rp 33.650 yang dapat dibeli di K24Klik.

Nizoral

Sumber gambar farmaku.com

Nizoral Shampoo merupakan obat anti parasit topical yang efektif untuk membasmi kutu rambut. Shampo ini mempunyai 2 jenis yaitu Nizoral Shampoo 1% dan 2% dengan masing masing memiliki persentase bahan aktif berbeda.

Untuk Nizoral Shampoo 1% memiliki kandungan Nizoral 1% dan Ketoconazole 1%, sedangkan Nizoral Shampoo 2% mempunyai kandungan Nizoral 2% dan Ketoconazole 2%. Anda dapat membeli Nizoral Shampoo 1% di Tokopedia dengan harga Rp 85.000 dan Nizoral Shampoo 2% di K24Klik dengan harga Rp 156.088.

From our editorial team

Basuh Rambut dengan Air Hangat

Saat membersihkan kutu dari rambut, Anda bisa menggunakan air hangat. Basahi rambut dengan air hangat kemudian aplikasikan sampo anti kutu. Anda bisa mendiamkan sampo beberapa saat, sekitar 10 menit agar formula sampo bisa meresap dan bekerja lebih maksimal. Setelah itu, bilas hingga bersih dan Anda juga boleh keramas dengan sampo biasa jika ingin atau sesuai petunjuk penggunaan sampo anti kutu. Sebagai pencegahan, Anda sebaiknya tidak bertukar barang-barang pribadi seperti karet rambut, helm, bantal, handuk dan sisir.