Ingin Rambut Sehat dan Berkilau Hanya dengan Sampo? Ketahui 10 Rekomendasi Produknya

Ingin Rambut Sehat dan Berkilau Hanya dengan Sampo? Ketahui 10 Rekomendasi Produknya

Mendapatkan rambut berkilau dan sehat memang perlu perawatan. Tapi perawatan tersebut bisa didapatkan dari rumah. Dengan memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut dan berkualitas, rambut indah berkilau bisa didapatkan.

Rambut Sehat Berkilau Adalah Impian Semua Orang

Sumber gambar Shutterstock

Bagi wanita, rambut merupakan bagian penting dari penampilan. Rambut yang sehat dan berkilau tentu menjadi idaman. Ternyata kamu tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan rambut secara khusus. Dengan perawatan-perawatan kecil dan rutin bisa membuat tampilan rambutmu menjadi berkilau, tebal, sehat, dan cantik.

Rambut terdiri dari sel-sel mati seperti kuku sehingga memerlukan vitamin dan nutrisi. Memiliki tekstur penuh pori, rambut sangat mudah menyerap zat eksternal, termasuk produk yang kamu gunakan. Pori-pori tersebut juga sangat mudah menyerap berbagai hal yang bersifat negatif, seperti polusi, sinar UV, zat kimia dan garam.

Cara Merawat Rambut agar Tetap Sehat Berkilau

Pilih Produk Sampo yang Cocok dengan Jenis Rambut

Sumber gambar Shutterstock

Kenalilah tekstur rambutmu, apakah termasuk dalam kering atau berminyak, tebal atau tipis, kering atau lurus, serta batangnya kuat atau rapuh. Setelah kamu mengetahuinya, pilihlah jenis sampo berdasarkan hal-hal tersebut. Pemakaian kondisioner juga menjadi salah satu hal yang bisa menyebabkan rambut menjadi kusut, kering, dan rapuh.

Sebisa mungkin hindari sampo dengan bahan-bahan keras, seperti Ammonium lauryl sulfate atau Sodium lauryl sulfate. Intensitas pencucian rambut menggunakan shampo juga harus kamu sesuaikan dengan seberapa aktif kulit kepalamu memproduksi minyak.

Penggunaan sampo dan kondisioner berbahan herbal alami bisa jadi alternatif yang bagus. Kamu dapat menggunakannya secara rutin 2-3 kali dalam seminggu.

Keramas dengan Air Dingin

Sumber gambar Shutterstock

Ternyata keramas menggunakan air hangat bisa membuat rambutmu menjadi lebih kering, kusut, dan mudah rontok. Tak hanya itu saja, rambut juga akan menjadi lebih kusam dan rusak.

Bukan tanpa alasan, air hangat ternyata bisa menghilangkan kelembaban dari kulit kepala sehingga rambut tak lagi terlindungi dan terasa kering. Usahakan keramas menggunakan air dingin. Selain berguna untuk merelaksasi otot-otot dan syaraf tubuh, penggunaan air dingin saat keramas bisa menjaga rambutmu supaya tetap berkilau dan lembut.

Suhu kepala yang dingin akan melancarkan peredaran darah sehingga nutrisi dan zat yang diperlukan sel serta jaringan di kulit kepala akan terjaga kekuatannya, termasuk akar rambut.

Gunakan Bahan Alami

Sumber gambar Shutterstock

Sampo dan kondisioner berbahan kimia bisa merusak rambut dari waktu ke waktu. Hindarilah produk perawatan rambut berbahan Sulfat yang bisa mengikis minyak alami rambut, Silikon yang bisa menumpuk pada batang rambut dan membuatnya terlihat kusam, dan alkohol yang bisa membuat rambutmu terlihat lebih kering.

Perawatan rambut dengan bahan alami bisa menjaga kesehatan rambutmu secara maksimal. Kamu dapat menggunakan bahan-bahan alami berprotein, seperti telur dan minyak zaitun. Dengan mencampur kedua bahan tersebut, mengapliaksikannya selama 30 menit, menambahkan minyak kelapa di bagian batang rambut sebelum mencucinya, tampilan rambut akan terlihat sangat berkilau dan sehat.

Perhatikan Cara Menyisir Rambut

Sumber gambar Shutterstock

Kebiasaan dalam menyisir rambut ternyata bisa berpengaruh dengan kesehatan. Usahakan untuk menyisir rambut searah, mulai dari bagian ujung rambut ke bagian atasnya. Sisirlah rambutmu seperlunya saja, karena jika terlalu sering akan membuatnya mudah rontok sedangkan terlalu jarang akan membuat rambut terlihat kusut.

Sesuaikanlah sisir dengan jenis rambutmu. Apabila rambutmu keriting maka pilihlah sisir berbentuk sikat, sisir batang untuk rambut lurus, sisir bergerigi untuk rambut tipis, dan sisir bergerigi rapat untuk rambut tebal.

Usahakan tidak menyisir rambut saat masih basah karena mudah patah. Jika masih setengah basah, kamu dapat menggunakan sisir berbentuk garpu bergerigi jarang. Setelah kering kamu bisa menggunakan sisir yang biasa kamu pakai. Saat menyisir, ambillah posisi badan agak condong ke depan supaya mudah untuk menyisir.

Dalam keadaan kusut, sebaiknya kamu tidak langsung merapikan rambut menggunakan sisir. Kamu dapat mengaturnya terlebih dahulu menggunakan jemarimu, kemudian dilanjutkan dengan merapikannya menggunakan sisir.

Kamu dapat mulai menyisir rambut dari bagian tengkuk sampai ujung rambut, lalu dilanjutkan dengan gerakan menyisir secara teratur pada bagian luar. Setiap gerakan sebaiknya selalu diakhiri dengan cara mengelus rambut dengan tangan.

Jangan Bungkus Rambut dengan Handuk

Sumber gambar Shutterstock

Penggunaan hair dryer dan handuk saat mengeringkan rambut akan berdampak buruk pada kesehatannya. Mengeringkan dengan handuk bertekstur kasar akan menimbulkan kerusakan parah pada rambut. Menggosok rambut menggunakan handuk setelah keramas juga bisa membuat rambutmu rontok dan bercabang.

Sebagian besar wanita akan membungkus rambutnya dengan handuk setelah keramas, padahal sebenarnya hal tersebut salah. Kebiasaan ini bisa membuat rambutmu rusak dan rapuh.

10 Rekomendasi Sampo yang Bagus untuk Perawatan Rambut di Rumah

Pantene Anti Dandruff 2 in 1

Sumber gambar Blibli

Sudah lebih dari 60 tahun, Pantene mengembangkan produk perawatan rambut bagi seluruh wanita di dunia. Kehadiran Pantene Pro-V Anti Dandruff Shampoo memberikan rambut yang lebih sehat dan bernutrisi. Shampo ini mampu membersihkan rambut secara lembut tanpa membuat kulit kepala kering.

Mengandung pelembab ringan, Pantene Shampoo Anti Dandruff bisa membuat rambutmu tampak lebih berkilau. Kandungan Zinc Pyrirhione akan membantu mencegah ketombe muncul lagi. Dengan berat bersih 170 ml, Pantene Shampoo Anti Dandruff dapat dibeli di Blibli seharga Rp 22.500.

Mane ‘n Tail

Sumber gambar Matahari Mall

Mane ‘n Tail atau lebih dikenal dengan nama Shampo Kuda merupakan sampo dengan formula perawatan yang baik untuk rambut. Diperkaya dengan lathering cleansing agents yang kaya moisturizer dan emollients, sampo ini dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

Kandungan protein yang kaya mikro eksklusif mampu menciptakan busa wangi nan lembut tanpa menghilangkan minyak alami pada rambut sehingga cocok untuk semua jenis rambut. Mane n Tail Original Shampoo cocok untuk jenis rambut yang rontok, mengembang, kering, dan kulit kepala yang berminyak.

Dengan busa yang lembut dan harum, sampo ini memiliki ekstra pelembab dan emolien. Untuk varian berat bersih 355 ml, kamu bisa mendapatkannya di Blibli seharga Rp 200.000 dan Matahari Mall seharga Rp 152.000.

TRESemmé Total Salon Repair

Sumber gambar Blibli

Untuk rambut kering, patah, dan rusak, nutrisi dan perbaikan menjadi hal yang sangat penting. TRESemmé Total Salon Repair Shampoo adalah produk yang masuk ke dalam rangkaian perawatan untuk rambut rusak dan rontok karena patah.

Diformulasi khusus untuk menjadikan rambut lebih kuat, halus, dan sehat, sampo ini juga dilengkapi dengan kondisioner untuk perawatan yang lebih sempurna.

Dengan teknologi salon terkini, TRESemmé Total Salon Repair Shampoo bisa digunakan bersama dengan produk rangkaiannya, yaitu TRESemmé Total Salon Repair Conditioner dan TRESemmé Flat Iron Smoothing Spray.

Diperkaya dengan Nourishing Power Ionic Complex, sampo ini akan merawat kerusakan rambut dengan cepat dan menjadikan rambut lebih kuat sehingga tidak mudah rontok. TRESemmé Total Salon Repair Shampoo 670 ml bisa dibeli secara online di Lazada seharga Rp 55.300 atau di Blibli seharga Rp 55.800.

Natur Shampo Aloe Vera Extract

Sumber gambar Blibli

Produk lokal yang satu ini terbuat dari bahan alami yang mengandung ekstrak lidah buaya. Natur Shampo Aloe Vera Extract adalah shampo yang memberi perawatan khusus bagi rambut supaya tetap sehat dan tebal.

Sampo ini dipercaya mampu mengubah rambut kusam dan kusutmu menjadi lebih bervolume dan mudah diatur. Di dalam Natur Shampo Aloe Vera Extract terkandung bahan-bahan alami yang baik bagi rambut.

Sebenarnya Nature Shampo tersedia dalam beberapa vairan, yaitu yaitu aloe vera, extract ginseng, tea tree oil, dan moringa oleifera. Di dalam aloe vera sendiri terkandung berbagai nutrisi baik, seperti enzim, mineral, asam amino, polisakarida dan vitamin.

Natur Shampo Aloe Vera Extract 140 ml dapat kamu beli secara online di Lazada seharga Rp 34.800 dan Blibli seharga Rp 25.500.

Shampoo Anti Lice

Sumber gambar Blibli

Kutu merupakan masalah menakutkan bagi hampir semua orang. Dengan Shampoo Anti Lice, kamu bisa mengusir kutu beserta telurnya di kepalamu. Sampo anti kutu ini cocok digunakan oleh segala usia. Tak hanya membasmi kutu saja, Shampoo Anti Lice juga menyehatkan rambut, kulit kepala, dan menebalkannya.

Shampoo Anti Lice mengandung berbagai bahan aktif yang sangat ampuh untuk membasmi kutu, yaitu Sodium laureth ether sulfate, sodium benzoate, diethylamino, hydroxybenzoyl, cocamidopropyl, pragrance, PEG, sidr extract, olive oil, dan masih banyak lagi. Shampoo Anti Lice 60 ml dapat kamu beli di Lazada seharga Rp 149.999.

Sunsilk Hijab Recharge Anti Dandruff

Sumber gambar Blibli

Dikreasikan bersama Jamal Hamadi, pakar perawatan rambut dengan pakar alami, Sunsilk Hijab Recharge Shampoo Anti Dandruff menjadi salah satu rekomendasi sampo yang bagus.

Diformulasi khusus untuk para hijabers, Sunsilk Hijab Recharge Shampoo Anti Dandruff memiliki kandungan citrus dan zinc pyrithione yang membuat rambut selalu segar meskipun tertutup oleh hijab. Kandungan tersebut juga bekerja dengan lembut pada kulit kepala sehingga rambut tetap halus dan tanpa ketombe.

Sunsilk Hijab Recharge Shampoo Anti Dandruff 170 ml dapat kamu beli di Blibli seharga Rp 21.400 atau di Tokopedia seharga Rp 21.950.

The Body Shop Rainforest Shine Shampoo

Sumber gambar Blibli

Menggunakan kombinasi bahan organik dan olive oil, The Body Shop Rainforest Shine Shampoo diformulasi khusus untuk rambut yang sulit diatur. Selain mengandung minyak zaitun, shampo ini dilengkapi dengan lidah buaya dan gula tebu organik yang dapat melembabkan rambut.

Karena terbuat dari bahan organik, sampo ini tak akan menimbulkan iritasi terutama bagi kamu yang memiliki kulit kepala yang cenderung sensitif dan kering. The Body Shop Rainforest Shine Shampoo 60 ml dapat kamu beli di Lazada seharga Rp 77.000.

Makarizo Hair Energy Fibertherapy Shampoo

Sumber gambar Bukalapak

Makarizo Hair Energy Fibertherapy Shampoo adalah sampo pelurus rambut terbaik. Setelah rambutmu melalui proses smoothing maupun rebonding, rambutmu akan lebih mudah rusak dan kering. Dengan Makarizo Hair Energy Fibertherapy Shampoo kesehatan rambutmu akan terjaga.

Tersedia dalam beberapa varian, Makarizo Hair Energy Fibertherapy Shampoo siap merawat rambut sesuai dengan kebutuhanmu. Varian aloe vera and melon extract untuk rambut rontok, kiwi untuk rebonding dan rambut diwarnai, olive oil untuk rambut yang rusak dan kurang ternutrisi, dan royal jelly untuk rambut rusak dan kering.

Makarizo Hair Energy Fibertherapy Shampoo 330 ml dapat dibeli secara online di Bukalapak seharga Rp 53.500.

The Caviar

Sumber gambar The Caviar

Untuk para orang tua dengan masalah rambut rontok yang sangat parah bisa memillih The Caviar sebagai samponya. Dipercaya mampu menumbuhkan rambut 40% lebih cepat, sampo ini juga bisa mengurangi kadar minyak pada kulit kepala dan memperbaiki kerusakan pada rambut yang kering, kusam, dan bercabang karena perawatan rambut yang salah.

The Caviar akan membuat rambut kembali indah den bervolume, serta bebas dari ketombe. Dengan pemakaian rutin selama 14 hari, kamu akan merasakan perubahan rambutmu secara drastis menjadi lebih sehat, kuat, dan bercahaya.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakannya selama 3 bulan berturut-turut. The Caviar dapat dijual seharga Rp 60.000 website resminya.

Wardah Hair Fall Treatment Shampoo

Sumber gambar Blibli

Wardah Hair Fall Treatment Shampoo adalah sampo dengan ekstrak ginseng yang mampu mengurangi rambut rontok. Dikombinasikan dengan Rosemary extract, shampo ini juga akan menutrisi kulit kepalamu dan kandungan keratinnya akan membantu menjaga kekuatan batang rambut.

Scentlock Fragrance pada Wardah Hair Fall Treatment Shampoo membuat rambutmu harum lebih lama. Penggunaan Wardah Hair Fall Treatment Shampoo hampir sama dengan sampo lainnya. Dengan mengusap dan memijat pada permukaan rambut yang sudah dibilas, sampo ini bisa kamu gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Kamu bisa membeli Wardah Hair Fall Treatment Shampoo secara online di Tokopedia seharga Rp 21.700.

From our editorial team

Sampo untuk Perawatan Rambut Berkilau di Rumah

Menjaga kilau rambut tak harus setiap minggu pergi ke salon. Keterbatasan bujet membuat kamu tak bisa merealisasikannya. Namun tak usah sedih, dengan produk shampo yang sesuai dan berkualitas, kilau rambut pun bisa didapatkan.