Atasi Rambut Kering dengan 10 Rekomendasi Sampo yang Mampu Kembalikan Kesehatan dan Kilaunya Rambut (2018)

Atasi Rambut Kering dengan 10 Rekomendasi Sampo yang Mampu Kembalikan Kesehatan dan Kilaunya Rambut (2018)

Rambut sehat dan berkilau pasti jadi dambaan setiap perempuan, tapi jika rambut Anda sudah bermasalah, apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya, ya? Nggak perlu panik, karena BP-Guide punya solusi perawatan rambut kering dengan menggunakan sampo yang tepat. Yuk, cari tahu informasinya!

Rambut Sehat dan Berkilau Adalah Dambaan Semua Orang

Sumber gambar tribunnews.com

Rambut bagaikan sebuah mahkota yang menghiasi penampilan kita, terutama, bagi para perempuan. Demi memancarkan kecantikan yang maksimal dari “mahkota” tersebut, banyak perempuan yang kemudian rela melakukan berbagai jenis perawatan rambut. Perawatan itu dilakukan untuk menjaga agar rambut tetap sehat, kuat (tidak rontok), berkilau, dan memukau. Rambut yang sehat dan terawat tersebut akan sangat menunjang penampilan kita.

Tantangan terbesar dalam melakukan perawatan rambut adalah polusi dan sinar matahari. Kedua faktor tersebut adalah faktor yang paling banyak menimbulkan permasalahan-permasalahan pada rambut dan kulit kepala yang seringkali dihadapi oleh kaum perempuan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga rambut dari paparan polusi dan sengatnya sinar matahari atau minimal meminimalkan dampak kedua hal tersebut.

Cara Mengatasi Rambut Kering

Hindari Paparan Matahari Terlalu Lama

Salah satu permasalahan rambut yang seringkali dihadapi oleh kaum perempuan adalah rambut kering. Rambut yang kering akan membuatnya susah diatur dan cenderung mengembang menjadi berantakan. Hal ini, tentu saja, dapat mengurangi rasa percaya diri Anda dan mengurangi fleksibilitas Anda karena Anda akan sangat mengkhawatirkan rambut Anda akan menjadi berantakan.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kondisi kering pada rambut Anda. Kondisi pertama berasal dari dalam diri Anda sendiri, yaitu ketika Anda memang memiliki kulit kepala dan/atau rambut yang cukup kering. Kemungkinan ini sangat bisa terjadi. Kondisi kedua karena adanya faktor luar, salah satunya yaitu sengatan sinar matahari.

Sengatan sinar matahari sangat berpotensi merusak rambut Anda, membuatnya semakin kering, terutama apabila rambut Anda tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk melindungi dirinya sendiri selama aktivitas di luar ruangan.

Pilih Produk yang Tepat untuk Rambut Anda

Sumber gambar grid.id

Tips kedua untuk mendapatkan rambut yang sehat adalah tidak asal dalam memilih produk. Menggunakan produk yang tidak cocok dengan kondisi rambut Anda justru akan membuatnya semakin kering dan kusam. Bahkan, bukan tidak mungkin apabila dampaknya menimbulkan masalah rambut yang baru, seperti rambut bercabang, rambut rontok, ketombe, dan lain-lain.

Jadi, untuk menghindari atau meminimalkan kemungkinan memilih produk yang tidak cocok, lakukanlah survei sederhana terlebih dahulu sebelum membeli sebuah barang. Dengan demikian Anda dapat mengetahui kira-kira zat apa yang dibutuhkan oleh kondisi rambut yang Anda miliki. Contoh pertama, jika Anda memiliki rambut kering, mengembang, dan bercabang, maka sebaiknya Anda memilih produk yang dapat melembabkan (moisturizing).

Manfaatkan Berbagai Masker Alami dan Vitamin Rambut

Sumber gambar suarabojonegoro.com

Perawatan rambut tidak harus dilakukan di salon-salon kecantikan. Anda dapat melakukan perawatan yang sederhana di rumah Anda sendiri. Meski sederhana, bentuk perawatan di rumah ini tetap dapat memberikan manfaat bagi rambut Anda, tak kalah dengan perawatan di salon kecantikan.

Salah satu bentuk perawatan sederhana yang patut Anda coba adalah menggunakan masker rambut. Perawatan dengan menggunakan masker rambut ini rata-rata dilakukan sebanyak sekali dalam seminggu. Anda dapat mencoba masker rambut dari bahan-bahan alami. Meski terlihat merepotkan, namun membuat masker sendiri dari bahan alami akan memudahkan Anda dalam menyesuaikan bahan dengan kebutuhan rambut Anda.

Misalnya, Anda dapat memanfaatkan alpukat matang dan telur untuk mengatasi rambut kering, bercabang, ataupun kusam. Sebab alpukat dikenal kaya akan vitamin dan mengandung sejumlah asam lemak esensial yang dapat membuat rambut terlihat semakin berkilau. Menurut Stephen Sanna, ahli mewarnai rambut dari New York, campuran alpukat dan telur sangat efektif untuk mencegah kerusakan rambut karena banyak mengandung mineral dan vitamin.

Hindari Penggunaan Air Hangat dan Keringkan Rambut dengan Bahan Lembut

Sumber gambar gazeta.pl

Mencuci rambut menggunakan air panas adalah kebiasaan yang seharusnya ditinggalkan. Sebab, suhu tinggi dapat memperburuk kondisi rambut yang kering dan kasar. Air panas akan membuat batang rambut tidak mampu menyerap atau mempertahankan kelembaban alaminya. Akibatnya, setiap helai rambut menjadi semakin rapuh dan bercabang. Untuk menghindari hal tersebut, gunakanlah air dingin untuk mencuci rambut. Mencuci rambut dengan air dingin akan membuatnya terlihat lebih licin dan berkilau ketika sudah kering.

10 Rekomendasi Sampo untuk Rambut Kering yang Bisa Anda Jadikan Pilihan

TRESemme Shampoo Keratin Smooth

Sumber gambar www.tresemme.com

TRESemme Keratin Smooth adalah salah satu produk perawatan rambut berkualitas baik. Sesuai namanya, produk ini mengandung keratin yang dapat mengembalikan protein rambut. Hasilnya adalah rambut Anda akan terasa lembut dan tidak kusut hingga 48 jam lamanya.

Selain itu, rambut yang lembut tentu saja akan lebih mudah diatur. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi rambut yang mengembang, berantakan, dan sulit diatur. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menggunakan rangkaian perawatan shampoo dan kondisioner dari TRESemme Keratin Smooth. Dapatkan produk ini dengan harga Rp 32.500 di Watsons.

Dove Nourishing Oil Care

Sumber gambar amazon.com

Rekomendasi produk perawatan rambut kering berikutnya yaitu Dove Nourishing Oil Care Shampoo. Produk dari Dove ini dapat mengatasi rambut kusut secara cepat dan menjadikannya sehat ternutrisi. Keunikan dari produk ini adalah kandungan Weightless Nutri-Oils yang dapat membersihkan rambut dengan lembut dan menutrisinya dari dalam.

Unggulan lain dari produk ini yaitu formulanya ringan, sehingga tidak membuat rambut menjadi lepek. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat menggunakan Dove Nourishing Oil Care Conditioner atau Treatment Mask. Dapakan produk ini di Watsons dengan harga Rp 53.900.

Sunsilk Soft & Smooth

Sumber gambar www.sunsilk.co.id

Berikutnya yaitu produk dari Sunsilk yang dinamai Sunsilk Soft and Smooth. Produk ini mampu melembutkan rambut kering Anda dan menutrisinya hingga ke dalam helai rambut. Sampoo yang diformulasikan langsung oleh para penata rambut profesional ini mengandung 5 natural oil dan Moisture-Lock Technology yang dapat mempertahankan kelembaban rambut, sehingga tetap sehat, halus, dan lembut. Dapatkan Sunsilk Soft and Smooth secara online di Shopee dengan harga Rp 22.700.

L’Oreal Paris Smooth Intense Caring Shampoo

Sumber gambar zalora.com

L’Oreal Paris Smooth Intense Caring Shampoo khusus diciptakan untuk mengatasi rambut yang kusut, kasar, dan sulit diatur. Produk ini mampu menjadikan rambut empat kali lebih halus dan anti kusut selama 48 jam. Produk ini mengandung Argan Oil yang menjadikan rambut kusut tampak tetap halus.

Selain itu, kandungan lainnya yaitu Thermo-Protect agent yang dapat merawat dan melindungi rambut dari efek lembab, seperti rambut kusut dan mengembang tidak beraturan. Apabila Anda ingin mencoba produk yang satu ini, Anda dapat membelinya secara online di JD dengan harga Rp 49.000.

Pantene Total Damage Care 10

Sumber gambar asmaraku.com

Pantene telah mengeluarkan sebuah produk yang sangat berguna untuk para pemilik rambut kering. Produk tersebut dinamakan Pantene Total Damage Care 10. Sebenarnya, produk ini tidak hanya baik untuk pemilik rambut kering, namun juga untuk menghadapi masalah rambut lain.

Sebab, Pantene Total Damage Care 10 membantu mencegah 10 tanda kerusakan rambut, melindungi rambut dari kerusakan di kemudian hari, dan membuat rambut terasa lebih halus dan lembut. Hasilnya akan maksimal apabila digunakan setiap hari secara teratur.

Uniknya, produk ini mengandung Teknologi Keratin Damage Blockers yang memiliki persentase setinggi 99% untuk melindungi rambut dari kerusakan dan membuat rambut lebih lembut serta mudah diatur. Selain itu, ia juga diformulasikan dengan Pro-V Complex, pelembab ringan yang menutrisi rambut hingga ke dalam dan membuat rambut sehat berkilau.

Dengan keunikan yang ditawarkan tersebut, sampoo ini sudah cukup dijadikan pertimbangan untuk membantu Anda mengatasi permasalahan rambut kering Anda. Dapatkan produk ini secara online di Shopee dengan harga Rp 45.900.

Herbal Essences Shampoo Hello Hydration Dry & Damage

Sumber gambar www.beautyheaven.com.au

Produk yang diformulasikan khusus untuk mengatasi masalah rambut kering dari Herbal Essences dinamai Herbal Essences Shampoo Hello Hydration Dry and Damage. Sampoo ini akan membuat rambut Anda menjadi lebih indah, tidak kering, dan lebih nyaman dilihat oleh mata. Produk ini mengombinasikan pelembab yang esensial dengan ekstrak anggrek dan santan, sehingga membuat rambut Anda menjadi lebih halus dan lembut. Dapatkan sampoo ini di Lazada dan Watsons dengan harga Rp 42.500.

Wardah Daily Fresh Shampoo

Sumber gambar www.wardahbeauty.com

Tak mau ketinggalan, Wardah juga mengeluarkan produk perawatan rambut yang patut dicoba oleh para pemilik rambut kering, yaitu Wardah Daily Fresh Shampoo. Produk ini memiliki aroma yang menyegarkan.

Dari segi konsistensi, sampo dari Wardah ini sangat mirip dengan Wardah White Secret Facial Wash namun sedikit lebih encer. Kombinasi antara bahan-bahan alami dan scentlock fragrance yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi masalah rambut rontok, ketombe, dan menjaganya agar tetap wangi sepanjang hari.

Selain itu, Wardah Daily Fresh Shampoo juga mengandung aloe vera dan seaweed yang menjaga rambut agar segar dan lembut setiap hari. Kandungan ini juga dapat membuat rambut Anda tampak lebih bervolume. Jika Anda tertarik untuk mencoba, dapatkan Wardah Daily Fresh Shampoo secara online di Shopee dengan harga Rp 19.434.

Furatasse Moist Shampoo

Sumber gambar amazon.com

Furatasse Moist Shampoo mampu memperbaiki rambut kering, rusak, dan bercabang menjadi rambut yang lebih sehat, indah, dan berkilau. Sampoo ini sangat direkomendasikan untuk orang-orang yang sedang menghadapi masalah rambut kering.

Bahkan, ia dapat digunakan setiap hari dan tetap menjaga kelembaban rambut karena mengandung moisturizer untuk rambut. Bagi yang memiliki kulit kepala normal, hasil setelah penggunaan shampoo ini adalah rambut lebih ringan dan lembut. Dapatkan produk ini dari Lazada dengan harga Rp 349.000.

L’Occitane Body & Strength Shampoo

Sumber gambar loccitane.com

L’Occitane Body and Strength Shampoo membantu memperkuat dan mencegah rambut rontok. Selain itu, ia juga membuat rambut lebih tebal dan bervolume. Keunikan dari produk ini adalah formulanya yang mengombinasikan lima keunikan esensial dari oil yang menyegarkan dan asam amino yang menguatkan bagian-bagian rambut. Dapatkan sampoo ini di JD dengan harga Rp 125.000.

Shiseido Tsubaki Damage Care

Sumber gambar www.takaski.com

Rekomendasi yang terakhir adalah Shiseido Tsubaki Damage Care. Produk ini menggunakan nama tsubaki yang merupakan salah satu seri produk rambut Jepang terpopuler. Tsubaki banyak dikenal karena minyaknya yang berkualitas tinggi dan bunga tsubaki (camellia) yang kaya akan asam oleat serta linoleat.

Kedua zat tersebut sangat mudah diserap oleh kulit dan rambut. Produk ini dapat memperbaiki masalah kulit kepala (kering atau berminyak), membersihkan, melembabkan, dan menjaga kesehatan kulit kepala, serta membuat rambut terlihat lebh bervolume. Dapatkan Shiseido Tsubaki Damage Care dengan harga Rp 200.000 di Shopee.

From our editorial team

Yuk, Kembalikan Rambut Sehat dan Berkilau Anda!

Rambut yang kering tidak terjadi dengan tiba-tiba. Pasti ada yang menyebabnya demikian. Oleh karena itu, rambut Anda perlu perawatan khusus dengan produk yang juga tidak sembarangan. Anda pasti menginginkan rambut yang sehat dan berkilau seperti semula, kan? Jangan asal pilih produk perawatan rambut, ya.

Tag