Masih Ingatkah Kamu dengan 7 Sampo Zaman Dulu Berikut yang Sudah Hilang Dari Pasaran?

Masih Ingatkah Kamu dengan 7 Sampo Zaman Dulu Berikut yang Sudah Hilang Dari Pasaran?

Sampo adalah benda wajib yang mesti ada jika kamu ingin membersihkan rambut. Meski saat ini ada banyak jenis sampo yang beredar di pasaran, kamu masih ingat tidak dengan beberapa jenis sampo jadul yang dulu pernah populer di zamannya?

Kamu Masih Ingat Tidak Sampo Jadul yang Dulu Populer?

Sumber gambar wlooks.ru

Rambut wajib dibersihkan secara menyeluruh dengan rutin. Keramas adalah hal yang wajib kita lakukan 2 atau 3 kali seminggu. Hal ini untuk menjaga rambut tetap sehat, bersih, dan berbau wangi.

Dalam kulit kepala terdapat kelenjar sebaceous yang secara alami akan menghasilkan sebuah sebum yang terakumulasi dari hari ke hari. Keramas wajib dilakukan supaya bisa mempertahankan tingkat produksi dari sebum tersebut, sekaligus juga untuk mencegah sebum berlebihan.

Produk kecantikan berupa sampo, sudah dikenal sejak dulu. Hanya saja, dulu orang hanya memakai olahan alami rempah seperti aloe vera, ginseng, dan lainnya. Kini teknologi sudah berkembang pesat, membuat para produsen banyak memproduksi aneka sampo, kita pun lebih leluasa memilih produk sampo yang sesuai dengan yang kita inginkan.

Tips Memilih Sampo yang Perlu Diketahui

Sesuaikan dengan Jenis Rambut

Sumber gambar www.frizztips.com

Memilih sampo untuk rambut jangan asal beli karena harganya murah atau karena termakan iklan, ya. Kamu bisa pilih sampo sesuai dengan jenis rambut kamu. Ini supaya kebutuhan rambut terpenuhi dan rambut kamu terkesan makin sehat.

Jenis rambut kita berbeda, ada jenis kering, normal hingga berminyak. Salah pilih sampo akibatnya akan membuat rambut cepat rusak, mengalami kerontokan bahkan cepat beruban.

Untuk jenis rambut berminyak, kamu gunakan saja sampo yang bisa menambah volume rambut atau bahkan memperkuat rambut. Bagi yang rambutnya kering bisa gunakan sampo yang bisa melembabkan rambut dan menghaluskannya.

Sementara untuk kamu yang memiliki rambut normal bisa memakai sampo yang sesuai dengan perubahan musim. Ini karena kulit kepala akan terpengaruh oleh pergantian musim juga. Jadi pastikan menyesuaikan dengan kondisi kulit kepala kamu, ya.

Perhatikan Kandungan Pelembap dan Anti Ketombe

Sumber gambar www.healthline.com

Sampo yang biasa kita gunakan belum tentu cocok jika kita hanya membelinya berdasarkan iklan yang kita lihat. Pastikan dulu kandungan dalam sampo yang kamu beli apakah sudah sesuai atau belum dengan kebutuhan rambut kamu. Perhatikan apakan kandungan pelembap dalam sampo sudah sesuai dengan kebutuhan rambut.

Selain itu teliti juga kandungan anti ketombenya. Seperti yang kita rasakan, ketombe sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri kita. Maka pilihlah sampo yang mengandung bahan seperti pyrithione zinc, selenium sulfida, ketoconazole, dan tea tree oil. Berbagai bahan tersebut ampuh untuk mengatasi ketombe.

Pilih Sampo dengan Kandungan Bahan Alami

Jika kulit kepala kamu tergolong sensitif, maka tak salah kok kalau kamu lebih selektif dalam memilih sampo. Kamu bisa gunakan sampo dengan bahan alami. Ini akan lebih aman ketimbang sampo yang mengandung bahan kimia yang mudah memicu iritasi di kulit kepala.

Kamu bisa juga menghindari sampo dengan bahan pewangi yang berlebihan supaya tak memicu reaksi alergi. Gunakan sampo dengan bahan biji-bijian, dedaunan, atau ekstrak bunga karena itu akan lebih aman digunakan.

Nostalgia Masa Lalu, Inilah 7 Sampo yang Dulu Ngehits di Zamannya!

Shampoo Dimension

Sumber gambar www.jestpic.com

Ingatkah kamu akan sampo bernama Dimension? Ini merupakan produk shampoo tahun 1980-an. Awalnya, sampo ini diperkenalkan Lever Brothers dan dipasarkan oleh Ogilvy. Begitu populer pada zamannya, sampo ini hadir dalam kemasan sachet maupun kemasan botol. Perpaduan sampo dan kondisioner ini sangat tenar kala itu karena bisa membersihkan rambut dan melembutkannya.

Sayangnya saat ini kita tak bisa lagi menemukan sampo yang satu ini. Hal ini karena terjadi reorganisasi pemasaran. Setelahnya, sampo ini menghilang dari peredaran. Sementara itu, pihak Lever Brothers tidak pernah memberi klarifikasi atas kejadian tersebut.

Kao Feather Shampoo

Sumber gambar www.upstation.id

Kao Feather Shampoo juga merupakan salah satu sampo zaman dulu. Tergolong unik, karena samponya hadir dalam bentuk berbeda dari sampo pada umumnya. Jika kita biasa menemukan sampo dalam bentuk cairan kental, maka sampo yang satu ini justru hadir dalam bentuk bubuk.

Sampo ini populer di tahun 1970 hingga 1980-an. Produksi Kao ini tergolong sebagai sampo anti ketombe. Berbentuk butiran putih dengan bintik biru dan hijau sehingga membuatnya mirip deterjen. Sampo ini begitu terjangkau harganya kala itu.

Page One Botanical Shampoo

Sumber gambar today.line.me

PT. Lionindojaya merupakan produsen dari produk shampo Page One Botanical Shampoo. Saat itu, banyak masyarakat resah dengan produk kecantikan sintetis, maka produk ini muncul untuk memberi rasa aman pada masyarakat karena bahannya alami.

Sampo ini diperkenalkan melalui iklan dengan bintangnya adalah Dina Lorenza. Sampo ini dijamin aman tak membahayakan. Ini juga selain karena bahannya alami, juga karena diolah dengan teknologi Lion Jepang.

HiTop Shampoo

Tahun 1980-an dulu pasti beberapa di antara kita ada yang mengenal HiTop shampoo. Hadir dengan kemasan yang eksklusif karena dikemas dalam kaleng bentuk kotak. Untuk membeli sampo ini kadang kita harus karena menunggu waktu distribusinya hingga tiga minggu.

Sampo ini banyak disukai loh pada masanya dulu. Sayangnya sekarang sampo ini sudah tak bisa kita temukan lagi.

Tancho Shampoo

Tancho Shampoo mirip dengan Kao Feather Shampoo karena hadir dalam bentuk bubuk. Sampo ini kemasannya juga terbilang unik dari segi desain. Ada lambang burung pada kemasannya sehingga mudah dikenali ketika membelinya.

Sampo ini hadir dalam dua varian dulu, yakni Tancho Egg Conditioning Shampoo dan Tancho Youth Shampoo. Sayangnya sampo ini kini tak bisa lagi kita temui.

Shampo Rita Lida Buaya

Rita merupakan sebuah merek asal Indonesia yang banyak dikenal di Jawa Timur. Tak heran karena pabriknya ada di Surabaya. Salah satu produk dari Rita adalah sampo lidah buaya.

Sampo ini hadir dengan kemasan sederhana dengan tulisan yang juga simpel. Rita Lida Buaya Ice Shampoo, begitulah tulisannya. Sampo ini mampu melembutkan, menyehatkan, dan menyuburkan rambut. Sampo dengan kandungan lidah buaya ini hingga kini masih bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 30.000.

Emeron

Sumber gambar www.pintaram.com

Emeron tentu sudah tak asing di telinga kita ya. Sampo yang sudah produksi sejak 1982 ini diproduksi PT. Lion Wings Indonesia. Awalnya sampo ini hadir dalam 3 varian saja yakni Shampoo Herbal Lidah Buaya, Lidah Buaya Kuning, dan Emeron Shampoo Anti Ketombe Powder.

Seiring berjalannya waktu, variannya makin banyak. Teknologi dan bahan pembuatannya juga makin diperbarui. Dengan bahan berkualitas tinggi, sampo ini masih banyak diminati sekarang. Apalagi harganya yang terjangkau, makin bikin masyarakat mencintai produk yang satu ini. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 11.000.

From our editorial team

Meski Tak Lagi Beredar, Kemasan Sampo Jadul Bisa Jadi Koleksi yang Unik!

Saat ini sampo jadul memang sudah tak beredar lagi di pasaran kecuali beberapa merek sampo seperti Emeron yang masih bisa ditemukan dengan mudah. Meski sudah tak beredar di pasaran secara luas, kemasan sampo jadul masih kerap diperjualbelikan sebagai barang koleksi yang antik lho! Kamu tertarik untuk mengoleksinya? Coba saja hunting kemasan sampo tersebut di pasar antik atau pasar yang menjual barang jadul. Selamat mencoba!