Ketombe di Kepala Bikin Risih? Atasi dengan 10 Rekomendasi Sampo Antiketombe untuk Pria dan Wanita Ini

Ketombe di Kepala Bikin Risih? Atasi dengan 10 Rekomendasi Sampo Antiketombe untuk Pria dan Wanita Ini

Pasti menyebalkan tiap memakai baju warna gelap dan ketombe-ketombe jatuh dari kepala, apalagi jika terlihat dengan jelas oleh orang lain. Bisa jadi Anda dianggap jorok padahal mungkin Anda sudah mencoba untuk menyingkirkannya. Nah, kalau ketombe yang bandel itu masih mengganggu dan Anda belum menyerah untuk mengenyahkannya, ayo cek rekomendasi beberapa sampo antiketombe ini.

Apakah Anda Saat Ini Memiliki Masalah dengan Ketombe?

Masalah rambut yang hampir dialami semua orang adalah ketombe. Serpihan putih di kulit kepala ini biasanya menempel di batang rambut atau bahkan terlihat di bahu baju Anda. Munculnya ketombe biasanya dibarengi dengan rasa gatal yang amat sangat di kulit kepala. Tentunya meski gangguan ini tak menular, tetap saja ketombe bikin Anda jadi kurang percaya diri, ya.

Bukan hanya orang dewasa saja loh yang mengalami masalah ketombe. Anak bayi baru lahir pun bisa berketombe karena merupakan sebuah kondisi kelainan yang mengakibatkan kulit kepala bayi menjadi bersisik.

Sebal memang jika ketombe terus kembali padahal sudah memakai aneka sampo antiketombe. Nah, cermati dulu cara supaya ketombe tak balik lagi. Setelahnya, baru intip rekomendasi produk sampo anti ketombe dari BP-Guide.

Cara Mencegah Ketombe Datang

Keramas dengan Benar

Langkah awal dalam membasmi ketombe tentu saja dengan cara keramas. Biasanya usai keramas, ketombe akan pergi, namun sehari kemudian sudah balik lagi dan kepala terasa gatal lagi.

Keramaslah dengan cara yang benar untuk membuat ketombe kapok datang lagi. Gunakan sampo antiketombe dan juga lakukan keramas dengan mengikuti petunjuk pada label sampo tersebut. Basahi rambut, oles merata sampo pada kulit kepala lalu pakailah bantalan jari untuk menggosok kulit kepala dengan lembut. Diamkan sebentar sebelum Anda membilas rambut.

Jangan Gonta-ganti Sampo

Kita sering merasa kurang puas dengan satu sampo jika ketombe tak langsung hilang. Atau kadang kita tipikal orang yang suka mencoba segala sesuatu yang baru. Hal ini membuat Anda berganti-ganti sampo dengan sering. Padahal sering mengganti sampo justru bisa bikin ketombe balik lagi, loh. Kulit kepala kita mudah iritasi, apalagi jika penggunaan samponya tak tepat.

Saat menemukan produk sampo yang tepat maka jangan mudah berganti sampo lagi. Namun, jika sampo yang biasa Anda gunakan sudah tak lagi efektif seperti pemakaian pertama kali, maka Anda bisa mencoba ganti sampo antiketombe lainnya. Sebaiknya Anda hanya mengganti sampo jika kondisi kulit kepala dan rambut berubah. Perubahan pada kulit kepala dan rambut terjadi bisa jadi karena gaya hidup maupun usia.

Jangan Mengikat Rambut Saat Basah

Saat jadwal kita begitu padat, tak jarang kita terburu-buru dan akhirnya kita mengikat rambut kala basah. Atau bahkan lebih parahnya lagi, kita memakai hijab kala rambut masih basah. Sebisa mungkin hindari hal ini supaya tak terjadi, ya.

Mengikat rambut kala basah bisa berpengaruh pada kondisi dan kesehatan rambut. Ketombe bisa muncul karena kulit kepala lembap dan sirkulasi udara tak berganti sehingga air tak dapat menguap dan akhirnya bikin kulit kepala jadi gatal. Selain itu mengikat rambut kala basah bisa menyebabkan rambut jadi rapuh dan akhirnya mengalami kerontokan.

Mencoba Menggunakan Bahan Alami

Anda bisa juga memakai bahan alami untuk menghilangkan ketombe, loh. Ini akan jauh lebih aman dibanding memakai berbagai bahan kimia yang bisa merusak rambut.

Anda bisa coba memakai lemon untuk menghilangkan ketombe. Dalam lemon terdapat bahan yang bisa menyeimbangkan pH kulit kepala sekaligus bisa menyingkirkan ketombe. Cukup peras air lemon lalu usap ke kulit kepala. Pijat sebentar lalu bilas hingga bersih.

Bahan lainnya untuk menghilangkan ketombe adalah bawang putih. Cukup hancurkan beberapa siung lalu campurkan dengan madu agar baunya tak terlalu tajam. Aplikasikan di kulit kepala lalu pijat sebentar sebelum membilasnya. Dalam bawang putih ada kandungan anti bakteri yang ampuh untuk menghilangkan ketombe.

Kalau Ketombe Masih juga Muncul, Anda Bisa Memakai 9 Sampo Antiketombe Berikut Ini

Sebamed Anti Dandruff Shampoo

Sumber gambar www.tokopedia.com

Sebamed Anti-Dandruff Shampoo bisa menjadi pilihan Anda untuk membasmi ketombe. Produk yang satu ini paling tepat untuk Anda yang memiliki rambut berminyak dan cenderung berketombe. Bahannya bebas alkali sehingga tak akan membuat kulit kepala kehilangan pH alaminya.

Dengan kandungan Piroctone Olamine, sampo bisa mencegah mikroorganisme penyebab ketombe. Iritasi pada kulit kepala juga bisa teratasi dengan sampo ini. Aroma produk sedikit wangi dan teksturnya keruh kekuningan. Sampo ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 150.000 dalam kemasan 200 ml.

Sunsilk Hijab Recharge Shampoo Anti Dandruff

Sumber gambar www.blibli.com

Sunsilk Hijab Recharge Shampoo Anti Dandruff ini jelas paling pas untuk Anda yang memakai hijab. Memang ketombe adalah masalah yang akrab bagi para hijabers. Maka dari itu, Sunsilk menghadirkan sampo yang bisa memberi solusi untuk para wanita berhijab yang berketombe.

Shampo ini hadir dengan kandungan citrus dan zinc pyrithione. Kedua bahan tersebut begitu lembut di kulit kepala dan membuat rambut bebas ketombe. Hadir dalam botol berwarna biru air yang segar, ukuran kemasannya adalah 170 ml. Tekstur samponya kental dan lembut sehingga nyaman digunakan. Sampo ini bisa dibeli di Blibli pada harga Rp 21.400.

TRESemme Shampoo Scalp Care

Sumber gambar www.lazada.co.id

TRESemme Shampoo Scalp Care ini bisa jadi pilihan Anda. Hadir dengan kandungan vitamin E dan zinc essence, sampo ini bisa mencegah ketombe datang kembali. Tanpa ketombe, rambut jadi lebih kuat dari pangkal hingga ujung. Kerontokan bisa dicegah dan rambut jadi lebih indah. Anda bisa membelinya di Lazada dengan harga Rp 34.000.

Angel Green Tea Anti Dandruff Shampoo

Sumber gambar www.lazada.co.id

Angel Green Tea Anti Dandruff Shampoo ini merupakan rekomendasi selanjutnya. Anda bisa memakai produk ini untuk menghilangkan ketombe secara efektif. Tanpa memakai bahan kimia, sampo ini aman untuk Anda yang memiliki alergi pada bahan kimia.

Sampo ini tak akan membuat kulit kepala jadi kering karena tidak mengandung sodium laureth sulfate. Selain itu juga bisa menghilangkan kelebihan minyak di kulit kepala. Anda bisa mendapatkannya di Lazada dengan harga Rp 190.000.

Emeron Dandruff Control

Sumber gambar www.blibli.com

Emeron Dandruff Control juga merupakan rekomendasi shampo antiketombe dari kami. Dalam sampo ini terkandung bahan active provit amino dan ZPTO+lime. Kandungan tersebut mampu mengatasi ketombe dan mengurangi lelebihan minyak pada kulit kepala. Rambut harum dan sehat bisa jadi milik Anda. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 15.500.

Pantene Pro V Anti Dandruff

Sumber gambar www.bukalapak.com

Pantene Pro V Anti Dandruff ini juga bisa jadi pilihan terbaik Anda. Hadir dalam kemasan menarik, aroma dari sampo ini begitu segar dan wangi. Dengan kandungannya, sampo ini bisa menghilangkan ketombe dengan maksimal. Gunakan secara rutin untuk mengurangi minyak pada kulit kepala dan juga kerontokan rambut. Anda bisa membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 25.000.

Dove Dandruff Care

Sumber gambar www.blibli.com

Dove Dandruff Care ini juga merupakan produk unggulan untuk sampo antiketombe. Sampo ini teksturnya cair dan hadir dengan warna putih. Gunakan secara teratur supaya hasilnya cepat terlihat. Ketombe berkurang dan kerontokan juga berkurang. Anda bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 26.300.

Clear Ice Cool Menthol

Sumber gambar www.lazada.co.id

Clear Ice Cool Menthol ini juga bisa jadi pilihan Anda. Dengan teknologi terbaru, Clear memakai bahan nutrium 10 untuk sampo antiketombe yang satu ini. Bahan ini bisa menutrisi rambut dan mengembalikan kesehatan kulit kepala. Hadir dengan sensasi mentol, sampo ini bisa menyegarkan kulit kepala. Selain itu, kotoran dan minyak di kulit kepala bisa teratasi sehingga ketombe tak balik lagi. Anda bisa membelinya di Lazada dengan harga Rp 43.700.

Head & Shoulders Cool Menthol

Sumber gambar www.watsons.co.id

Head & Shoulders Cool Menthol ini adalah rekomendasi terakhir dari kami. Sampo ini mampu memberi sensasi dingin berkat kandungan mentolnya. Kulit kepala terasa segar dan sejuk usai keramas. Mengandung zinc pyrithione, sampo ini mampu mengatasi ketombe secara efektif. Anda bisa membelinya di Watson dengan harga Rp 30.500.

Infografik berikut ini bisa Anda cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Sabar dan Telaten Ialah Kunci Mengatasi Ketombe

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel ini, ketombe memang sering tak bisa diusir dalam waktu cepat. Jadi jika Anda punya masalah ketombe yang sudah parah, lebih baik pilih salah satu sampo yang terbaik untuk kondisi kulit kepala Anda dari rekomendasi di atas. Jangan cepat berganti-ganti sampo kecuali Anda sudah yakin kalau sampo yang dipakai memang tak membantu sama sekali. Anda tidak akan mau diingat orang sebagai 'yang ketombean itu' kan?