Bebaskan Rambutmu dari Ketombe dengan 10 Rekomendasi Sampo Antiketombe yang Paling Ampuh agar Rambut Semakin Indah

Bebaskan Rambutmu dari Ketombe dengan 10 Rekomendasi Sampo Antiketombe yang Paling Ampuh agar Rambut Semakin Indah

Memiliki rambut indah memang dambaan setiap wanita, namun masalah ketombe jadi hal yang tidak bisa dihindari. Nah, ingin masalah rambut ini hilang? Yuk, simak rekomendasi sampo antiketombe dari BP-Guide!

Ketombe dan Gatal Adalah Permasalahan Rambut yang Paling Banyak Ditemui

Sumber gambar kompas.com

Untuk menyambut dan menjalani aktivitas sehari-hari dengan maksimal, kamu butuh kondisi prima luar dan dalam. Selain makan makanan yang cukup nutrisi, sebaiknya kamu juga menjaga agar tubuh tetap bugar dengan membersihkan diri mulai dari ujung kepala hingga kaki. Kamu bisa membersihkan badan dengan sabun sementara menjaga kebersihan kepala dan rambut dengan menggunakan produk perawatan rambut seperti sampo, kondisioner, tonik, serta vitamin rambut.

Meski kelihatan sepele, rambut yang bermasalah juga dapat berpengaruh terhadap penampilan dan mood kamu, lho. Bisa bayangkan rasa gatal akibat ketombe merusak konsentrasi di hari penting? Selain itu, rasa gatal diiringi ketombe yang membuat kamu ingin menggaruk juga tidak baik karena berisiko terhadap kerusakan di kulit kepala mulai dari lecet hingga luka.

Ketombe sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari iklim, perubahan cuaca, kelembapan udara yang tinggi, hormon, kotoran dan debu yang menempel di rambut hingga stres. Untuk mengatasinya, kamu bisa mulai dengan menggunakan sampo dan keramas secara teratur dengan produk yang sesuai dengan masalah ketombe dan gatal ini.

Cara Memilih Sampo Antiketombe Paling Ampuh

Bahan Alami untuk Membasmi Ketombe

Sumber gambar vemale.com

Ketombe bisa jadi masalah besar jika tidak ditangani secara tepat dan cepat. Bukan hanya menimbulkan rasa gatal, ketombe juga bisa merusak penampilan. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami. Misalnya, bawang putih yang biasanya tersedia di rumah.

Ternyata, bawang putih memiliki sifat antimikroba yang bisa menghilangkan bakteri penyebab ketombe di rambut. Kamu bisa menghancurkan beberapa siung bawang putih dan gosokkan di rambut bersama madu untuk mengurangi aroma yang menyengat.

Selain bawang putih, kamu juga bisa memanfaatkan cuka yang bisa membantu mencegah iritasi karena pengelupasan kulit akibat ketombe. Jika tidak ada cuka, coba gunakan baking soda yang dapat membantu mengelupas sel kulit mati tanpa menimbulkan iritasi.

Kamu juga bisa memanfaatkan aspirin yang mengandung zat salicylic acid. Kamu cukup menghancurkan sekitar dua buah aspirin dan campur bersama sampo lalu gunakan untuk keramas.

Sesuaikan dengan Kondisi Kulit Kepala

Sumber gambar www.seruni.id

Masing-masing orang mungkin saja memiliki kondisi kulit kepala serta karakteristik rambut berbeda. Ada yang rambutnya cenderung kering sehingga perlu memilih produk perawatan yang bisa mempertahankan kelembutannya, ada juga rambut mudah patah sehingga sebaiknya produk perawatan rambut diiringi dengan kandungan yang bisa membantu memperkuat rambut.

Saat memilih sampo antiketombe, sebaiknya juga disesuaikan dengan kondisi kulit kepala. Jika kamu memiliki masalah ketombe dan juga dermatitis seboroik, sebaiknya memilih sampo dengan kandungan zinc pyrothione atau kandungan tar yang bersifat antijamur serta antibakteri. Selain itu, kamu bisa memilih sampo dengan kandungan asam salisilat yang dapat dibarengi dengan pemakaian kondisioner atau produk pelembab rambut untuk mengatasi efek samping keringnya.

Ada juga sampo dengan kandungan ketoconazole bila kamu memiliki masalah ketombe dan gatal yang tidak bisa diatasi dengan sampo antiketombe lain. Kandungan ini memiliki spectrum lebih luas dan bisa diperoleh dengan resep dokter.

Asam Amino dan Nonsilikon

Sumber gambar kompas.com

Ingin membeli sampo antiketombe? Ada baiknya membaca label terlebih dahulu dan perhatikan kandungan kemasan. Belilah sampo antiketombe yang mengandung asam amino serta bersifat nonsilikon. Kedua kandungan ini memiliki peran penting karena asam amino sendiri cenderung bersifat lebih aman dan meminimalkan iritasi pada kulit kepala.

Sementara, sifat nonsilikon pada produk sampo mengurangi efek kering dan kasar pada rambut. Bagi kamu yang memiliki rambut kering, sebaiknya mempertimbangkan sampo antiketombe yang memiliki kandungan non-silikon agar rambut tidak semakin kering dan rusak.

10 Rekomendasi Sampo Antiketombe dan Gatal untuk Permasalahan Rambutmu

Selsun Blue 5

Sumber gambar www.perfectbeauty.co.id

Pilihan pertama untuk sampo antiketombe adalah Selsun Blue 5. Sekilas, sampo ini memang berkesan seperti obat. Namun, aromanya tidak demikian. Sampo ini memiliki kandungan selenium sulfide 1 persen yang bisa mengurangi ketombe di rambut dan bisa digunakan setelah dikocok terlebih dahulu. Sebaiknya, kamu membiarkan sampo meresap selama kurang lebih 2-3 menit agar formulanya bisa bekerja secara maksimal.

Selain itu, sampo ini juga diperkaya dengan kandungan lidah buaya untuk membantu menjaga kelembapan serta kesuburan rambut. Kamu bisa memperoleh sampo Selsun Blue 5 dengan ukuran 120 mililiter di Watson seharga Rp 55.500 atau yang berukuran 60 mililiter di Bukalapak seharga Rp 25.000.

Head & Shoulders Anti Dandruff for Men

Berolahraga memang asyik dan bisa membuat tubuh bugar. Setelah melakukan aktivitas ini, kamu dianjurkan untuk membersihkan diri dari keringat yang bisa berpotensi menyebarkan bakteri sehingga menimbulkan masalah kulit termasuk di kepala. Saat kamu berolahraga, keringat bisa saja membuat rambut terasa lepek dan debu serta kotoran yang menempel dapat menyebabkan munculnya ketombe.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan sampo Head & Shoulders Anti Dandruff for Men ini. Selain memberi kesegaran di rambut, sampo dengan kandungan zinc carbonate ini juga membantu membersihkan serta merawat kulit kepala dari ketombe dan cocok bagi semua jenis rambut. Bisa diperoleh di Bukalapak seharga Rp 35.000 dan di Tokopedia dengan harga Rp 40.000.

Dove Shampoo Dandruff Care

Sumber gambar amazon.com

Salah satu keengganan wanita menggunakan sampo antiketombe adalah rasa kering setelah pemakaian dan hal ini bisa berdampak lebih besar pada mereka yang memiliki jenis rambut kering. Namun, hal ini bisa disiasati dengan memilih produk sampo yang bisa tetap menjaga kelembutan rambut serta menjauhkannya dari ketombe seperti Dove Shampoo Dandruff Care.

Sampo ini tidak hanya diperkaya dengan ZPTO yang membantu mengurangi ketombe tapi juga dilengkapi micromoisture untuk membantu menjadikan permukaan rambut hingga terasa lebih halus dan lembut. Bisa dibeli di Blibli seharga Rp 26.300 untuk ukuran 160 mililiter atau di Shopee dengan harga Rp 10.500.

Sebamed Anti Dandruff Shampoo

Sumber gambar amazon.com

Meski mencuci rambut setiap hari tampak lebih bersih, ternyata hal ini kurang tepat dan justru bisa menghilangkan kelembapan alami rambut. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu keramas setiap 2-3 hari sekali dan gunakan sampo yang tepat. Jika memiliki masalah ketombe, kamu bisa menggunakan Sebamed Anti Dandruff Shampoo.

Sampo ini mengandung pH ideal untuk kulit dan busa sedikit yang mengindikasikan minimnya deterjen. Memiliki tekstur yang kental sehingga pemakaiannya bisa lebih irit dan awet, sampo ini bisa diperoleh di Blibli seharga Rp 142.500 per 200 mililiter atau di Kalbe Store dengan harga Rp 133.000 untuk volume yang sama. Sementara, produk ini dibanderol dengan harga Rp 165.000 di Shopee per 400 mililiter.

Mustika Ratu Shampo Merang

Sumber gambar gogobli.com

Produk-produk Mustika Ratu dikenal dengan kandungan bahan alami yang kebanyakan tumbuh di Indonesia. Maka, tidak heran jika sampo antiketombenya juga diperkaya dengan kandungan bahan alami seperti ekstrak merang. Bahan ini kabarnya juga digunakan oleh orang-orang di masa silam untuk membersihkan rambut mereka. Sekarang, kamu juga bisa merasakan manfaatnya melalui Mustika Ratu Shampoo Merang.

Produk ini tidak hanya mengandung ekstrak merang tetapi juga diperkaya dengan ekstrak jeruk nipis dan climbazole yang bisa membantu menghilangkan ketombe serta mengurangi rasa gatal di kulit kepala. Produk ini juga cocok bagi kamu yang memilih sampo berbahan herbal dan mendambakan rambut halus nan lembut. Sampo bisa diperoleh seharga Rp 20.000 di Tokopedia atau di Bukalapak dengan harga Rp 21.000.

Lifebuoy Shampoo Anti Dandruff

Sumber gambar femaledaily.com

Mencari sampo yang bisa digunakan oleh seluruh anggota keluarga? Coba Lifebuoy Shampoo Anti Dandruff. Produk ini diperkaya dengan protein lock formula serta zinc aktif yang dapat menutrisi rambut, merawat kesehatan kulit kepala serta membantu mengatasi ketombe. Gunakan secara teratur untuk mendapat rambut yang berkilau, lebat, sehat serta bebas rasa gatal serta ketombe.

Produk ini bisa diperoleh di Blibli seharga Rp 17.000 untuk kemasan 170 mililiter dan bisa juga diperoleh dalam kemasan 340 mililiter di Shopee dengan harga Rp 23.500.

Rejoice Anti Dandruff 3 in 1

Sumber gambar seroyamart.com

Perlu diketahui kalau efek kegunaan sampo bisa saja terjadi dalam kurun waktu berbeda tergantung pada kondisi kulit kepala serta seberapa parah ketombe yang ada. Untuk itu, jangan heran bila pada pemakaian pertama, mungkin saja kamu belum merasakan efek yang berarti. Ada baiknya kamu tetap melanjutkan perawatan dengan produk rekomendasi dan jangan mudah berganti-ganti sampo terlalu sering karena hal ini juga bisa berdampak pada kondisi kesehatan rambut.

Sebagai pilihan sampo antiketombe berikutnya, kamu bisa coba Rejoice Anti Dandruff 3 in 1 yang dapat membantu mengatasi masalah ketombe serta membantu menjaga kehalusan serta kelembapan rambut. Produk ini hadir dalam kemasan 170 mililiter yang dapat diperoleh di Blibli seharga Rp 21.000 dan di Tokopedia dengan harga Rp 20.000.

American Crew Men Trichology

Sampo antiketombe berikutnya berasal dari perusahaan terkemuka yang menghasilkan produk-produk perawatan rambut bagi pria. Salah satunya adalah American Crew Men Technology Anti Dandruff Plus Sebum Control Shampoo. Produk ini berfungsi untuk mencegah rasa gatal serta membantu mencegah pengelupasan akibat ketombe.

Tak hanya itu saja, sampo ini juga bisa memberi rasa segar dan memperbaiki kerusakan pada rambut serta membantu memperkuat helainya sehingga terasa lebih kuat. Produk dengan kandungan zinc pyrithione ini bisa didapatkan seharga Rp 668.000 di Lazada dan juga di Strawberry Net dengan harga Rp 211.410.

Syoss Anti-Dandruff Control

Sumber gambar bukalapak.com

Pilihan sampo antiketombe berikutnya adalah Syoss Anto-Dandruff Control yang mengandung zinc, asam amino, serta keratin. Produk ini bisa membantu mengangkat ketombe dari kulit kepala dan membunuh bakteri penyebab ketombe. Selain membersihkan, sampo ini juga bisa membantu mencegah ketombe, menghilangkan rasa gatal, lepek, lengket serta memberi rasa segar, sehat, dan bersih.

Kamu bisa memperoleh produk ini dalam beberapa kemasan yang tersedia. Untuk bobot 400 mililiter, bisa dipesan di Inkuiri seharga Rp 20.000 sementara untuk kemasan 190 mililiter dapat diperoleh di Tokopedia seharga Rp 17.000.

Mane ‘n Tail Daily Control Anti Dandruff

Sumber gambar manentail.com

Sampo yang memiliki label ikonik ini juga menghadirkan varian perawatan untuk rambut berketombe, Mane ‘n Tail Daily Control Anti Dandruff. Produk mengandung minyak zaitun serta zinc pyrithione yang bisa membantu meredakan rasa gatal, menghilangkan ketombe sekaligus menjaga kelembutan rambut, membuat rambut jadi berkilau dan mencegah kulit kepala menjadi kering akibat paparan sinar matahari.

Produk ini juga cocok bagi kamu yang gemar mewarnai rambut dan bisa dipesan melalui Lazada dengan harga Rp 190.000. Tersedia juga di Tokopedia dalam kemasan 355 mililiter dengan harga Rp 125.000.

Infografik berikut ini bisa kamu cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Lawan Ketombe dengan Benar!

Ketombe menyebabkan masalah rambut yang sangat mengganggu. Bagaimanapun juga, rambut harus mendapatkan perawatan yang maksimal agar terhindar dari ketombe. Menggunakan sampo yang tepat adalah kunci dari perawatan rambut indah bebas ketombe.