Gatal di Area Wajah? Atasi dengan 10 Bahan Alami Berikut Ini! (2020)

Gatal di Area Wajah? Atasi dengan 10 Bahan Alami Berikut Ini! (2020)

Wajah gatal karena kulit kering hingga alergi? Kamu bisa andalkan bahan alami untuk mengatasi gatal di wajah. Intip aneka bahan alaminya di sini, ya!

Wajah Gatal Sangat Mengganggu dan Menurunkan Rasa Percaya Diri

Setiap orang pasti pernah merasa gatal di bagian wajahnya. Hal ini tentu sangat mengganggu. Apalagi jika posisi kita sedang bekerja, berada di transportasi umum atau sedang berada diantara orang banyak.

Wajah yang gatal bisa bikin wajah terkesan memerah. Ada yang disertai ruam ada pula yang disertai benjolan. Hal ini tentu bikin rasa percaya diri kita jadi menurun. Rasa gatal yang mengganggu bikin kita ingin menggaruknya. Namun jika digaruk, maka gatal akan semakin menjadi.

Gatal di wajah harus segera diatasi dan jangan dibiarkan begitu saja. Kamu bisa menangani gatal dengan beberapa bahan alami yang bisa kamu dapatkan di rumah. Namun sebelum menangani gatal, ketahui dulu aneka penyebab gatal di wajah supaya kamu bisa tahu obat apa yang paling pas untuk kamu.

Beberapa Penyebab Gatal di Area Wajah

Alergi Musiman

Salah satu penyebab gatal adalah karena alergi musiman. Suhu yang berubah dari dingin ke panas atau sebaliknya bisa bikin kulit sulit menyesuaikan dengan suhu yang ada. Ini bisa jadi penyebab wajah gatal dan bentol.

Beberapa orang memiliki alergi terhadap perubahan suhu. Namun hal ini bisa segera disembuhkan dengan memakai obat-obatan tertentu. selain itu cara lainnya adalah dengan menghindari lingkungan yang terlalu dingin dan panas.

Kosmetik

Wajah gatal bisa juga disebabkan karena alergi terhadap kosmetik yang digunakan. Wanita adalah makhluk yang selalu igin tampak sempurna dalam penampilan. Tak jarang mereka berganti-ganti kosmetik untuk mendapatkan hasil yang instan dan menarik. Seringnya berganti kosmetik bisa jadi penyebab alergi. Bisa saja dalam kosmetiknya ada zat kimia yang kurang cocok dengan jenis kulit.

Jika sudah begini, biasanya muncul reaksi alergi seperti biduran. Bisa juga muncul rasa perih dan panas pada wajah. Bahkan yang parah bisa saja wajah membengkak. Wajah yang terkena alergi dari kosmetik bisa segera reda dalam 24 jam. Jika belum reda, kamu bisa segera berkonsultasi pada dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Kulit Kering

Penyebab lain kulit wajah gatal adalah karena kulit terlalu kering atau kurang lembab. Kulit yang kering bisa jadi karena kurang konsumsi air putih. Selain itu, bisa juga karena hawa yang terlalu dingin sehingga membuat kulit jadi kering dan bersisik. Untuk mengatasinya, kamu bisa gunakan pelembab wajah secara rutin. Dan jangan lupa juga untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh supaya kulit bisa terhidrasi denagn baik.

Alergi Obat atau Makanan

Berikutnya gatal di wajah juga bisa disebabkan karena alergi terhadap obat ataupun makanan. Tingkat keparahan gatal akibat obat maupun makanan bisa berbeda-beda. Ada yang bisa menyebabkan bengkak, gatal ruam hingga menyebabkan reaksi anafilaksis. Jika sudah terlalu parah maka sebaiknya langsung ke unit gawat darurat untuk segera dilakukan tindakan medis.

10 Rekomendasi Bahan Alami untuk Meredakan Gatal di Area Wajah

Gel Lidah Buaya

Bahan alami pertama yang bisa digunakan untuk meredakan gatal di area wajah adalah gel lidah buaya. Gel dalam lidah buaya mengandung antioksidan. Bahan ini bisa memberikan sensasi rasa dingin saat diaplikasikan pada kulit.

Sensasi dingin dari lidah buaya bisa menenangkan kulit yang sedang gatal. Kamu bisa membuat masker lidah buaya dan mengaplikasikannya pada wajah hingga 15 menit. Kaya akan vitamin E, lidah buaya juga bisa membuat kulit jadi lebih lembut dan kenyal.

Minyak Zaitun

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah minyak zaitun. Bahan yang satu ini mengandung bahan anti peradangan. Minyak zaitun juga bisa menutrisi kulit dengan baik. Minyak yang satu ini bisa melembabkan wajah secara alami. Kaya akan vitamin E, minyak zaitun bisa meningkatkan regenerasi kulit.

Campurkan minyak zaitun dengan madu lalu oleskan pada ruam supaya cepat sembuh. Cara lainnya adalah dengan mencapur minyak zaitun dengan kunyit bubuk lalu menempelkan pada ruam di wajah. Kunyit bersifat anti bakteri dan anti inflamasi sehingga bisa menenangkan ruam dan mengurangi rasa gatal.

Es Batu

Gatal di area wajah bisa juga diredakan dengan es batu. Suhu rendah dari es bisa meredakan rasa gatal yang sangat mengganggu. Es batu juga mampu mengecilkan pembuluh darah dan bisa mengurangi ukuran ruam pada wajah.

Namun ingat untuk tidak mengaplikasikan es batu secara langsung pada kulit, ya. Kamu bisa bungkus es batu pada kain atau handuk kecil. Hindari juga menempelkan es batu terlalu lama pada wajah karena dapat menyebabkan frost bite.

Cuka Apel

Bahan alami berikutnya yang bisa kamu andalkan untuk meredakan gatal di wajah adalah cuka apel. Cuka apel mengandung asam asetat yang bisa melawan infeksi kulit atau alergi kulit.

Selain itu, cuka apel mempunyai efek antijamur dan antiseptik sehingga bisa mengatasi gatal di wajah dengan baik. Kamu bisa mencelupkan kapas pada cuka apel lalu tempel pada kulit yang gatal.

Jika kamu takut cuka apel bisa menyebabkan iritasi, encerkan dengan air sebelum dioleskan pada kulit.

Minyak Calendula

Minyak calendula adalah salah satu bahan alami yang bisa kamu andalkan. Bahan yang satu ini berasal bunga yang berasal dari Eropa. Minyak yang satu ini bisa meredakan ruam, iritasi kulit, bisul, eksim dan kulit kering.

Minyak calendula bersifat antijamur, antibakteri dan antivirus. Cukup oleskan minyak calendula pada kulit yang gatal dan biarkan selama beberapa jam. Kamu bisa juga menambahkan beberapa tetes minyak calendula ke air mandi lalu berendam di dalamnya.

Daun Mint

Daun mint adalah bahan alami berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk meredakan gatal di area wajah. Daun ini kaya akan mentol yang bersifat anestetik dan antiinflamasi. Rasa dingin daun mentol bisa menyegarkan dan menenangkan kulit yang gatal.

Daun mentol ini bisa meredakan iritasi kemerahan akibat gigitan serangga atau tanaman beracun. Didihkan air bersama daun mint lalu diamkan hingga dingin. Selanjutnya ambil kapas lalu celup pada air dan tempel pada kulit yang gatal.

Daun Intaran atau Neem

Daun intaran bisa juga jadi pilihan pereda gatal di wajah. Daun ini bersifat anti inflamasi dan analgesik. Bahan alami ini juga antijamur dan antibakteri. Kamu bisa memakai daun ini untuk mengobati sejumlah penyakit kulit termasuk eksim, ruam, jerawat hingga infeksi.

Kaya akan antioksidan, daun yang satu ini juga bisa merevitalisasi sel-sel kulit. Cukup rebut daunnya lalu saring dan biarkan dingin. Ambil bola kapas lalu rendam sebentar pada air rendaman dan tempel pada kulit yang gatal setidaknya selama 10 menit.

Mentimun

Mentimun bisa juga jadi andalan saat wajah menjadi gatal. Buah yang satu ini bisa mendinginkan dan melembabkan wajah secara alami. Mentimun bisa meredakan peradangan pada kulit alergi atau gatal-gatal.

Caranya mudah saja, kamu tinggal menghaluskan mentimun bersama kulitnya. Selanjutnya rendam kapas pada mentimun dan masukkan dalam kulkas beberapa menit. Selanjutnya gunakan kapas yang sudah direndam sebagai masker supaya wajah terbebas dari alergi.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan alami berikutnya yang bisa kamu andalkan. Minyak yang satu ini bisa meredakan masalah kulit gatal pada wajah. Mulai dari jerawat, psoriasis, dan eksim bisa diatasi dengan bahan alami ini.

Di dalam minyak kelapa terdapat protein yang bersifat antibakteri dan antiradang. Bahan ini bisa membantu meregenerasi sel-sel kulit dan membantu memperbaiki kulit yang rusak. Selain itu minyak ini juga bisa mencegah iritasi kulit.

Air Mawar

Air mawar bisa juga jadi pilihan untuk meredakan kulit wajah yang gatal. Kamu bisa membasuh wajah memakai air mawar untuk meredakan kulit yang gatal. Selain itu kamu bisa juga memakainya sebagai masker.

Cukup rendam kapas di air mawar, dan tempelkan sebagai masker pada wajah dan bagian yang terkena alergi. Pijat perlahan supaya cepat meresap dan gatal bisa cepat hilang.

From our editorial team

Gunakan Bahan Alami untuk Meredakan Gatal di Area Wajah.

Area wajah adalah area yang berharga bagi setiap orang. Seseorang bisa kehilangan rasa percaya diri saat wajahnya mengalami masalah. Jika terjadi gatal di wajah, jangan asal memakai obat. Kamu tentu tak ingin terjadi hal yang membahayakan kulit wajah. Ada baiknya kamu memakai bahan alami untuk mengatasi gatal di wajah. Intip aneka bahan alaminya di atas, ya!

Tag