Jangan Digaruk! Redakan Gatal dengan 10 Rekomendasi Krim Pereda Gatal Rekomendasi BP-Guide

Jangan Digaruk! Redakan Gatal dengan 10 Rekomendasi Krim Pereda Gatal Rekomendasi BP-Guide

Saat tubuh gatal, aktivitas bisa saja terganggu dan rasa gatal yang berlebihan tentu tak boleh dibiarkan begitu saja. Obati dengan cara yang tepat dan jika perlu, kamu bisa gunakan krim gatal rekomendasi BP-Guide berikut ini!

Rasa Gatal yang Datang Tiba-tiba Bisa Sangat Mengganggu Aktivitas

Sumber gambar www.rd.com

Rasa gatal adalah suatu gejala yang bisa bikin kita jadi kurang nyaman kala beraktivitas. Gatal bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya saja karena digigit serangga, infeksi, gangguan jamur kulit hingga biang keringat.

Penyebab gatal bisa diketahui dengan cara meneliti kulit lebih seksama. Dengan demikian, kamu jadi tahu apa penyebabnya dan segera mencari cara untuk mengobatinya dengan benar.

Gatal sudah pasti bikin kita jadi gelisah dan ingin terus menggaruk area yang gatal. Padahal sebenarnya jika menggaruk area gatal malah bisa memperparah kondisi gatalnya, loh. Bersama BP-Guide mari ketahui tips meredakan gatal yang menyerang.

Tips Meredakan Gatal yang Menyerang

Usap Perlahan Bagian Tubuh yang Gatal

Sumber gambar manado.tribunnews.com

Saat kulit terasa gatal, tentu kita otomatis menggaruknya. Sebaiknya ganti cara ini dengan cara mengusap perlahan. Cari area yang gatal lalu usap dengan lembut. Ini bisa membantu meringankan rasa gatal yang timbul tanpa melukai tubuh kamu.

Untuk membantu meredakan gatalnya, kamu juga bisa mengusap dengan memakai krim berbahan lidah buaya. Dalam gel lidah buaya ada kandungan yang bisa mendinginkan kulit sehingga rasa gatal perlahan berkurang dan hilang.

Mandi dengan Air Dingin

Sumber gambar xvideohubes.com

Gatal memang bikin kita jadi merasa bad mood. Maka dari itu kala gatal menyerang dan menyebar, sebaiknya kamu bisa segera mandi. Hindari mandi memakai air hangat karena hal ini bisa membuat gatal semakin parah. Air hangat hanya akan membuat suhu tubuh meningkat dan pada akhirnya bikin rasa gatal semakin memburuk.

Gunakan saja air dingin untuk mandi kala gatal menyerang. Air dingin bisa membantu melancarkan peredaran darah. Selain itu, air dingin bisa mengurangi rasa gatal.

Ganti Produk yang Biasa Kamu Gunakan

Sumber gambar www.websoothe.com

Selain pakaian, ada hal lain yang bisa dibilang sebagai penyebab gatal kulit. Bisa jadi gatalnya berasal dari kosmetik yang kamu gunakan. Coba perhatikan kembali komposisi dari kosmetik yang kamu gunakan. Mungkin saja dalam kandungannya ada hal yang bikin kamu alergi.

Selain itu sampo atau sabun yang kamu gunakan juga bisa menjadi penyebab gatal di kulit. Maka dari itu, segera ganti sampo dan sabun jika rasa gatal masih terus berlanjut usai kamu keramas dan mandi.

Menggunakan Krim Pereda Gatal

Sumber gambar www.cosmo.ph

Untuk meredakan gatal secara cepat, kamu bisa menggunakan bantuan obat. Umumnya obat gatal hadir dalam bentuk krim atau gel. Kamu bisa membeli krim ini dengan mudah di apotek. Namun tentu saja ketahui dulu penyebab gatalnya. Dengan demikian kamu jadi bisa segera meredakan gatal jika tahu penyebab dan obat yang tepat.

BP-Guide membantu kamu dengan menghadirkan sederet rekomendasi krim pereda gatal yang bisa kamu coba nih.

10 Merek Krim Pereda Gatal yang Bisa Kamu Gunakan

Dermades Cream

Sumber gambar www.tokopedia.com

Dermades Cream merupakan krim pereda gatal yang bisa kamu andalkan. Dikemas dalam ukuran 10 gram, krim ini mengandung desonide. Cocok untuk gatal seperti psoriasis, dermatitis, hingga pruritus. Penggunaannya cukup mudah, yakni cukup dioles tipis pada bagian kulit yang terinfeksi sebanyak 2 hingga 4 kali dalam satu hari. Jangan memakainya pada permukaan kulit yang akan ditutup kasa pembalut.

Ada gangguan efek samping jika memakai obat ini dalam jangka panjang. Efek sampingnya berupa kulit terasa terbakar, dermatitis kontak, kulit yang mengelupas dan eritema. Dapatkan obat ini di Bukalapak dengan harga Rp 28.000.

Konicare Gel Pengurang Gatal

Sumber gambar www.bukalapak.com

Konicare Gel Pengurang Gatal ini bisa banget jadi andalan seluruh keluarga. Hadir dalam bentuk gel sehingga memudahkan pengaplikasian. Gel pengurang gatal ini memiliki tekstur lembut dan sangat adem di kulit kala dioleskan.

Gel yang satu ini bisa bikin nyaman karena berbahan ekstrak bunga hammamelis, ekstrak aloe vera, etanol, dan carbomer. Diformulasikan secara khusus, gel ini bisa mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga, iritasi, biang keringat, dan alergi. Mudah dibawa kemana saja, produk ini dikemas dengan praktis. Kamu bisa membelinya di Lazada dengan harga Rp 13.000.

Elopro Cream

Sumber gambar www.tokopedia.com

Elopro Cream ini adalah obat gatal dalam bentuk salep. Krim yang dikemas dalam ukuran 10 gram ini bisa dipakai untuk psoriasis, eksem rekalsitrans, liken planus, dan lupus. Ampuh mengurangi gatal secara cepat, kamu bisa mengandalkan produk yang satu ini.

Ada efek samping juga dari pemakaian obat gatal ini. Kamu akan merasa kulit terbakar, perih, dan mengakibatkan hiperkosteroid. Kamu bisa membeli obat yang satu ini melalui Tokopedia dengan harga Rp 32.000.

Pure Kids Itchy Cream

Sumber gambar www.yensbabyshop.com

Pure Kids Itchy Cream hadir dalam kemasan 10 gram. Krim gatal ini dikemas rapi dalam tube yang imut dan mudah dibawa kemana saja. Hadir dengan berbagai bahan aktif pengurang gatal, kamu jadi tidak perlu terganggu lagi dengan gatal. Ada bahan seperti calamine, oat kernel dan juga chamomile dalam produk ini.

Cocok untuk semua jenis kulit, obatnya bisa dipakai untuk meredakan gatal akibat gigitan serangga dan biang keringat. Namun, hindarkan obat ini untuk dipakai anak di bawah usia 2 tahun. Dapatkan produknya di Bukalapak dengan harga Rp 16.000.

Krim Gatal Caladine

Sumber gambar kirimbelanja.com

Krim Gatal Caladine merupakan obat yang bisa kamu andalkan. Hadir dengan kandungan bahan seperti calamine dan champora, produk ini bisa membantu mengatasi gatal akibat gigitan serangga. Di dalam krim yang satu ini juga ada kandungan zinc oxide yang berfungsi sebagai antiseptik. Ada juga kandungan menthol di dalam krim ini sehingga saat digunakan krim terasa dingin di kulit. Produk ini tidak mengandung parfum sehingga aman untuk anak-anak. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 6.450.

Ceradan Cream

Sumber gambar asibayi.com

Ceradan Cream boleh juga untuk dipilih menjadi obat antigatal. Dikemas dalam tube berukuran 30 gram, produk ini bisa mengatasi kulit gatal karena kering. Bisa juga digunakan untuk menangani dermatitis atopik. Mampu memperkuat pelindung kulit dengan mengembalikan komponen alami kulit, krim ini bisa mencegah hilangnya air dari kulit. Diformulasikan dengan tiga komponen lemak kulit alami yakni ceramide, kolesterol, dan asam lemak bebas, produk ini teruji klinis hypoallergenic jadi aman untuk kulit sensitif. Kamu bisa membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 138.000.

New Astar Cream

Sumber gambar www.halodoc.com

New Astar Cream juga sayang untuk kamu lewatkan sebagai pilihan krim antigatal. Produk yang dikemas pada ukuran 15 gram ini hadir dalam bentuk salep. Ampuh mengobati aneka penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur maupun bakteri.

Kamu bisa memakainya untuk mengobati eksem, kadas, panu, kurap, gatal akibat keringat, hingga gatal di sekitar alat kelamin. Infeksi jamur dan juga gatal akibat zat kimia juga bisa diatasi dengan krim yang satu ini.

Hadir dengan kandungan undecylenic acid yang berfungsi sebagai fungisida untuk melawan infeksi jamur pada kulit, produk ini juga mengandung zat aktif yang mampu mempercepat penyembuhan penyakit kulit. Dapatkan di Shopee dengan harga Rp 9.500.

Ezerra Cream

Sumber gambar www.amazon.com

Ezerra Cream juga bisa menjadi obat krim gatal tepercaya. Hadir dengan formula stimutex AS, produk ini bisa mengurangi kekeringan dan rasa gatal akibat kulit sensitif. Kaya akan saccharide isomerate, krim gatal ini bisa melembapkan kulit pada semua kondisi cuaca sehingga mencegah kulit dari kekeringan.

Bisa digunakan untuk anak-anak karena krimnya aman digunakan. Bekerja seperti pelembap alami kulit, produk ini dijamin tidak akan bikin kulit jadi kering. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 65.000 untuk kemasan 25 gram.

Thecort Krim Gatal

Sumber gambar shopee.co.id

Thecort Krim Gatal hadir dalam kemasan 5 gram. Produk penghilang gatal ini memiliki kandungan Miconazole dan Hydrocortisone. Bisa berfungsi sebagai krim antibiotik, produk ini akan mengobati infeksi kulit seperti panu, kurap, dan berbagai gatal karena jamur. Krim gatal ini juga dipakai mengobati infeksi jamur yang bikin area kulit menggelap. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 55.000.

Inerson Desoximetasone

Sumber gambar www.farmaku.com

Inerson Desoximetasone ini tidak boleh kamu lewatkan sebagai pilihan krim gatal. Produk ini digunakan untuk obat luar. Krimnya bekerja dengan cara mengurangi peradangan kulit dengan menghentikan produksi bahan kimia tertentu dalam tubuh. Berbagai gejala seperti iritasi, bengkak dan kemerahan bisa diatasi dengan krim yang satu ini.

Cuci tangan sebelum memakai krim ini. Oles krim sebanyak satu atau dua kali sehari sesuai dengan anjuran dokter. Oles setipis mungkin dan gosok perlahan. Kurangi frekuensi pemakaian jika sudah mulai membaik. Dapatkan di Shopee dengan harga Rp 41.900.

From our editorial team

Pilih Baju yang Tepat untuk Menghindari Rasa Gatal

Salah satu penyebab gatal bisa datang dari bahan pakaian yang kita kenakan. Ada bahan pakaian yang tidak bisa menyerap keringat dengan baik sehingga menimbulkan biang keringat. Maka dari itu sebelum membeli atau memakai pakaian, ada baiknya kamu memperhatikan jenis bahan pakaiannya agar kamu terhindar dari rasa gatal. Ganti pakaian kamu kala gatal datang menyerang dan hindari baju berbahan wol atau jenis bahan yang bisa menyebabkan gatal.