30 Rekomendasi Krim Pereda Nyeri Otot Pilihan Para Ahli untuk Atasi Otot Kaku dan Tegang (2022)

30 Rekomendasi Krim Pereda Nyeri Otot Pilihan Para Ahli untuk Atasi Otot Kaku dan Tegang (2022)

Aktivitas fisik yang terlalu berat seringkali bikin ototmu jadi terasa tegang dan nyeri. Akibatnya, kegiatanmu pun terganggu dan terasa tak nyaman jika dipaksakan. Karena itu, banyak produsen yang menciptakan krim pereda nyeri otot guna mengurangi rasa nyeri pada ototmu selama beraktivitas. Mari cari tahu, krim apa saja yang mampu meredakan nyeri otot di artikel ini!

Nyeri Otot Bisa Menyerang Siapa Saja, Kapan Saja

Sumber gambar health.detik.com

Nyeri otot bisa menyerang siapa saja. Hal ini sangat umum dan biasanya terjadi secara tiba-tiba. Dalam bahasa medis, nyeri otot disebut juga dengan myalgia dan merupakan sebuah kondisi di mana bagian otot terasa nyeri atau sakit. Nyeri otot juga bisa terjadi di hampir semua bagian tubuh. Biasanya, nyeri ini terasa di sekitar ligamen, tendon, dan fasia. Nyeri ini seringkali muncul saat kamu sedang beraktivitas.

Berbagai Jenis Obat yang Digunakan untuk Meredakan Nyeri Otot

Tablet

Sumber gambar www.flexfreeclinic.com

Untuk menghilangkan nyeri otot dengan cepat, banyak orang menjatuhkan pilihan pada obat minum. Obat nyeri otot yang terbuat dari berbagai bahan herbal ini masih murni tanpa tambahan bahan kimia lainnya. Konsumsi obat ini harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Patch

Sumber gambar www.illicopharma.com

Patch transdermal atau koyo adalah jenis obat pereda nyeri otot yang paling banyak digunakan. Karena ditempelkan langsung pada bagian yang nyeri, koyo dianggap sangat manjur. Koyo mengandung berbagai macam bahan kimia yang dirancang untuk menyembuhkan nyeri otot, pegal linu, dan nyeri sendi. Glycol salicylate, menthol, dan biofreeze adalah beberapa bahan yang ada di dalam koyo.

Spray

Sumber gambar dermaworld.es

Jika kamu suka menonton sepak bola, pasti sudah tidak asing dengan obat yang disemprotkan ke para pemain saat mengalami nyeri otot. Obat nyeri otot berupa spray memang diakui keampuhannya, karena tidak hanya digunakan di dunia olahraga saja tetapi juga oleh dokter gigi dan dokter bedah.

Krim

Sumber gambar www.summitcbd.com

Obat oles (topikal) yang berupa krim khusus untuk meredakan nyeri otot memiliki kandungan analgesik (anti-nyeri) yang dapat diserap oleh kulit secara langsung. Cara penggunaannya tentu saja langsung dioleskan ke otot yang terasa nyeri sambil diberi pijatan ringan.

30 Rekomendasi Krim Pereda Nyeri Otot

1. Balsem Otot Geliga, Panas Berganda

Sumber gambar apotikcentury.id

Balsem Otot Geliga adalah obat oles untuk nyeri otot yang memberikan sensasi panas yang tahan lama dan memberikan rasa nyaman pada otot yang nyeri. Efek panas dari balsem ini bahkan masih terasa hingga beberapa jam setelahnya. Rasa panas balsem Geliga dihasilkan dari bahan-bahan seperti peppermint oil, white champhor oil, dan methyl salicilate. Dapatkan Balsem Otot Geliga dengan harga Rp 7.600 di Tokopedia untuk kemasan 20 gram.

2. Counterpain Cool Analgesic Gel, Sensasi Sejuk di Kulit

Sumber gambar www.tokopedia.com

Obat analgesik oles Counterpain Cool mampu meredakan nyeri otot dengan sensasi sejuk yang nyaman. Obat ini bisa menjadi alternatif bagi seseorang yang tidak menyukai efek panas balsem atau krim otot lainnya. Counterpain Cool berbentuk gel transparan yang cepat meresap, tidak lengket, dan tidak berminyak. Counterpain Cool Analgesic Gel ukuran 5 gram dijual di Lazada dengan harga Rp 11.900.

3. Mipi Cream, Mengandung Ekstrak Cabai dan Cengkeh

Sumber gambar www.goapotik.com

Mipi Cream adalah obat oles untuk nyeri otot atau pijat yang mengandung esktrak cabai dan cengkeh alami, memberikan efek panas yang menenangkan dan tahan lama. Obat ini cepat meresap dan tidak berminyak di kulit. Oleskan krim ini ke bagian yang terasa nyeri, dan rasakan khasiatnya dalam waktu singkat. Mipi Cream 30 gram dijual di K24 Klik dengan harga Rp 42.748.

4. Hot in Cream Aromatherapy, Berbahan Herbal Pilihan

Sumber gambar www.tokopedia.com

Hot in Cream tidak hanya mampu meredakan pegal, nyeri sendi, dan nyeri otot saja. Manfaat lain yang bisa dirasakan dari obat ini adalah meredakan masuk angin, mabuk perjalanan, flu, perut kembung, sakit kepala, dan kesemutan. Bisa juga untuk mengobati penyakit kulit seperti panu, kutu air, dan eksem. Obat ini cepat meresap dan tidak lengket di kulit. Hot in Cream Aromatherapy dijual di Tokopedia dengan harga Rp 15.000.

5. Neo Rheumacyl Cream, Tidak Lengket di Kulit

Sumber gambar www.bukalapak.com

Neo Rheumacyl, obat nyeri sendi yang sudah dikenal sejak lama kini hadir dalam bentuk krim. Obat ini mampu meredakan nyeri otot, keseleo, nyeri sendi, dan pegal linu. Dapat meresap dengan cepat di kulit tanpa meninggalkan rasa lengket dan berminyak. Dapatkan NEO Rheumacyl Cream salep ukuran 30 gram dengan harga Rp 10.000 di Lazada.

6. Synplus Heat Cream, Formulasi Cajuput dan Peppermint Oil

Sumber gambar www.blibli.com

Synplus Heat Cream adalah obat pereda nyeri otot, kaku otot, nyeri sendi, pegal linu, dan rematik. Cocok untuk kamu yang sering mengalami nyeri setelah berolahraga. Dengan kandungan bahan methyl salisilate, menthol, cajuput oil, capcaisin, dan peppermint oil, krim ini memberikan rasa hangat yang menenangkan. Dapatkan krim ini dengan ukuran 30 gram seharga Rp 36.000 di Blibli.

7. Stop-X Cream, Melemaskan Otot yang Tegang

Sumber gambar www.apotikcentury.id

Krim otot Stop-X berfungsi untuk meredakan nyeri otot, pegal linu, nyeri sendi, dan keseleo dengan zat aktif yang bekerja ganda. Stop-X adalah satu-satunya krim otot yang meredakan nyeri dengan cara melebarkan pembuluh darah sehingga mengobati bengkak dengan lebih cepat. Stop-X Cream berukuran 30 gr dijual dengan harga Rp 18.720 per tube di apotek Century.

8. Salonpas Hot Koyo, Redakan Nyeri Seketika

Sumber gambar shopee.co.id

Salonpas Hot Koyo Pereda Nyeri dapat membantu mengatasi nyeri sendi dan otot. Memberikan rasa panas khas dan meredakan nyeri dengan seketika. Mengandung ekstrak cabai alami sehingga memberikan aroma yang menenangkan. Dapatkan Salonpas Koyo Hot 10x10s di Lazada dengan harga Rp 8.500.

9. Capsaicin Cream, Sensasi Panas di Kulit

Sumber gambar www.tokopedia.com

Capsaicin Cream adalah krim yang berfungsi meredakan nyeri otot, nyeri sendi, encok, rematik, keseleo, dan memar. Krim ini memberikan sensasi panas yang tahan lama serta cepat meresap di kulit tanpa meninggalkan rasa lengket. Krim ini juga membantu melancarkan peredaran darah sehingga nyeri dapat sembuh lebih cepat. Dapatkan Capsaicin Cream dengan harga Rp 30.000 di Tokopedia.

10. Galpain Cream, Panasnya Tahan Lama

Sumber gambar www.g-store.id

Galpain Cream adalah krim untuk mengobati nyeri otot yang memiliki kandungan metil salisilat, eugenol, dan menthol yang bekerja dengan cepat. Segera oleskan krim ini di bagian tubuh yang terasa nyeri atau pegal-pegal setelah beraktivitas. Galpain Cream bisa didapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 20.500.

11. Counterpain Cream, Terasa Hangat di Kulit

Counterpain Cream mampu meredakan nyeri sendi atau otot yang disebabkan oleh keseleo, cedera, atau radang sendi. Krim yang mengandung metil salisilat, menthol, dan eugenol ini bekerja dengan cara memberikan sensasi dingin yang sejuk di awal, diikuti dengan sensasi hangat pada kulit. Dikemas dalam bentuk tube berukuran 5 sampai 120 gr, krim ini sangat praktis untuk digunakan.

Harga Rp. 10.000-115.000

12. Hot in Cream Strong, Panasnya Ekstra

Hot in Cream Strong memiliki sensasi panas yang lebih kuat dibanding dengan varian aromaterapinya. Selain mengandung menthol dan methyl salicylate, krim ini juga diformulasikan dengan pine oil dan ekstra cabai yang panasnya terasa mantap di kulit. Kamu bisa menggunakan krim ini untuk meredakan nyeri otot, pegal-pegal, dan sakit kepala. Tersedia dalam bentuk tube dan botol berukuran 60 gr dan 120 gr.

Harga Rp. 14.000-29.000

13. Neo Rheumacyl Hangat Otot dan Sendi, Bikin Rileks

Neo Rheumacyl juga punya produk lain yang diformulasikan khusus untuk meredakan nyeri dan pegal di area otot dan sendi. Krim ini cepat meresap dan tak lengket di kulit sehingga nyaman digunakan. Aroma eucalyptus-nya pun terasa segar dan memberikan efek relaksasi saat dioleskan. Tersedia dalam bentuk tube yang praktis berukuran 30 gr.

Harga Rp. 13.000-16.500

14. Salonpas Cream, Efektif Atasi Nyeri Otot

Salonpas Cream merupakan krim pereda nyeri otot dan nyeri sendi yang tersedia dalam ukuran 15 gr dan 30 gr. Kandungan utama pada krim ini adalah metil salisilat dan I-mentol yang bekerja secara efektif. Saat dioleskan pada area yang nyeri, kamu akan merasakan sensasi dingin dan sejuk yang diikuti dengan rasa hangat yang nyaman.

Harga Rp. 15.000-30.500

15. Hot in Cream, Panasnya Pas di Kulit

Jika varian strong terlalu panas untuk kulitmu, kamu bisa mencoba Hot in Cream varian original yang panasnya lebih ringan. Cukup oleskan secukupnya ke daerah yang terasa nyeri atau pegal, kandungan menthol dan methyl salicylate-nya langsung bekerja untuk meredakan. Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan krim ini untuk meredakan masuk angin, perut kembung, dan sakit kepala. Tersedia dalam kemasan tube dan botol ukuran 60 gr dan 120 gr.

Harga Rp. 13.000-29.000

16. Aclonac Cool Gel 1%, Salep Anti Inflamasi

Jika ototmu mengalami trauma akibat aktivitas fisik, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menggunakan Aclonac Cool Gel 1%. Salep anti inflamasi non streoid ini menggunakan sodium diklofenak sebagai kandungan utamanya. Setelah dioleskan pada area yang bengkak, kandungan ini pun langsung bekerja secara efektif untuk mengurangi nyeri dan bengkak. Salep ini merupakan obat keras yang hanya boleh digunakan sesuai dengan resep dokter.

Harga Rp. 32.000-41.000

17. Zeropain Gel, Redakan Nyeri Punggung dan Leher

Untuk yang sering merasakan nyeri punggung, leher terasa kaku, serta pegal linu, kamu bisa mencoba meredakannya dengan Zeropain Gel. Dikemas dalam bentuk tube 15 ml, Zeropain Gel juga mampu meredakan nyeri otot dan sendi akibat aktivitas fisik yang cukup berat. Kandungan mentol dan metil salisilatnya mampu bekerja secara efektif setelah dioleskan ke kulit.

Harga Rp. 10.000-21.000

18. Tiger Balm Neck & Shoulder Rub, Krim Pijat yang Tak Berminyak

Jika pundak dan lehermu terasa pegal atau nyeri akibat duduk terlalu, Tiger Balm Neck & Shoulder Rub bisa jadi pilihan yang tepat untukmu. Kandungan mentol dan metil salisilat-nya mampu bekerja secara efektif untuk mengatasi otot di area leher dan bahu yang tegang, letih, dan kaku. Teksturnya tidak berminyak sehingga nyaman saat digunakan. Tersedia dalam kemasan tube 50 gr.

Harga Rp. 70.000-99.000

19. Neo Rheumacyl Neck & Shoulder Cream, Mengandung Eukaliptus

Produk lainnya yang mampu mengatasi otot yang tegang di area bahu dan leher adalah Neo Rheumacyl Neck & Shoulder Cream. Terbuat dari mentol dan camphora, kamu bisa merasakan sensasi hangat yang pas di kulit. Ada pula kandungan minyak eukaliptus yang memberikan efek aroma segar. Tersedia dalam kemasan tube ukuran 30 gr.

Harga Rp. 15.000-19.000

20. Salonpas Cream Hot, Panasnya Lebih Terasa

Jika hangat dari krim Salonpas biasa terasa tak cukup untuk meredakan nyeri otot di daerah pinggang, leher, dan pundak, kamu bisa mencoba Salonpas Cream Hot yang panasnya lebih kuat. Krim ini efektif meredakan rasa nyeri di otot akibat encok, keseleo, ataupun memar. Bahan aktifnya menggunakan I-mentol, metil salisilat, dan ekstrak capsicum yang dapat bekerja secara efektif setelah dioleskan. Tersedia dalam ukuran 15 gr dan 30 gr.

Harga Rp. 13.000-27.500

21. Fleximuv Cream, Membantu Melumasi Sendi

Fleximuv Cream merupakan obat oles yang mampu mengurangi nyeri dan pegal pada otot serta sendi. Tak hanya itu, krim ini juga bermanfaat untuk meredakan nyeri pada otot yang bengkak akibat terkilir atau keseleo. Krim ini juga bekerja sebagai analgesik dan antiinflamasi topikal serta membantu pelumasan sendi. Tersedia dalam kemasan tube berukuran 30 gr.

Harga Rp. 90.000-198.000

22. Chondromax Krim Hot untuk Penderita Radang Sendi

Chondromax Krim diformulasikan dengan glukosamin sulfat dan kondroitin sulfat yang jauh lebih efektif dalam mengurangi nyeri otot pada penderita radang sendi. Krim topical ini juga bekerja optimal untuk mengatasi rasa sakit pada sendi dan syaraf, serta mampu memperbaiki fungsi sendi. Diproduksi oleh Pharos Indonesia, krim ini tersedia dalam bentuk tube ukuran 30 gr dan 60 gr.

Harga Rp. 47.000-115.000

23. Voltaren Emulgel, Atasi Trauma Pada Otot

Voltaren Emulgel dapat digunakan sebagai gel terapi untuk mengatasi trauma pada otot, persendian, ligamen, dan tendon. Gel ini mengandung zat aktif berupa natrium diklofenak yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada area yang cedera dan mendukung proses penyembuhan. Diproduksi oleh Novartis Indonesia, gel ini tersedia dalam kemasan 5 gr hingga 50 gr.

Harga Rp. 40.000-231.000

24. Tiger Balm, Balsem Serbaguna

Berbahan dasar herbal, Tiger Balm merupakan pereda nyeri topikal yang memberikan sensasi hangat saat dioleskan pada area yang nyeri. Tak hanya berkhasiat untuk nyeri otot dan sendi, Tiger Balm juga mampu meredakan perut kembung, hidung tersumbat, bahkan gatal-gatal akibat gigitan serangga. Balsem produksi Haw Par Corporation asal Singapura ini dikemas dalam ukuran 20 gr.

Harga Rp. 16.000-28.000

25. Neuralgin Pain Cream, Mengandung Lavender Oil

Jika kamu mengalami cedera pada otot setelah berolahraga, kamu bisa mengoleskan Neuralgin Pain Krim untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan. Krim analgesik ini juga mampu meredakan nyeri sendi dan otot kaku, sehingga kamu bisa melanjutkan kembali akvitias yang sempat tertunda. Selain mengandung mentol dan metil salisilat, krim ini juga mengandung lavender oil dengan aroma yang menenangkan.

Harga Rp. 29.000-34.000

26. Krim Otot Geliga, Tidak Lengket di Kulit

Area pundak dan punggung terasa kaku karena terlalu lama duduk di depan komputer? Redakan rasa nyerinya dengan krim otot Geliga! Kandungan mentol-nya memberikan sensasi dingin di kulit, sementara metil salisilat bekerja untuk mengurangi rasa nyeri pada otot yang tegang dan kaku. Krim ini tidak lengket di kulit sehingga nyaman digunakan setiap kali otot terasa nyeri.

Harga Rp. 9.500-22.000

27. Lafalos Plus, Solusi Tepat untuk Nyeri Otot

Kandungan menthol, eugenol, methyl salicylate, capsicum oleoresin, dan vitamin E acetate pada Lafalos Cream merupakan kombinasi yang tepat untuk masalah nyeri otot. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengoleskan krim ini untuk meredakan nyeri punggung, nyeri sendi, dan nyeri akibat terkilir. Krim topikal analgetik ini tersedia dalam kemasan 20 gr.

Harga Rp. 20.000-27.000

28. Neo Rheumacyl Anti Inflammation Gel, Atasi Radang pada Otot

Jika ototmu meradang karena memar, terkilir, keseleo, atau salah urat, kamu bisa mengoleskan Neo Rheumacyl Anti Inflammation Gel untuk mengurangi rasa nyerinya. Produk ini mengandung diclofenac diethylammonium, bahan aktif yang biasa digunakan untuk mengobati peradangan akibat trauma dan cedera otot. Gel ini tersedia dalam ukuran 30 gr.

Harga Rp. 23.000-49.500

29. Cap Lang GPU Cream Minyak Pala, Hangat dan Nyaman di Kulit

Produk lain yang mampu mengatasi nyeri otot adalah Cap Lang Gpu Cream Minyak Pala. Tak hanya itu, krim ini juga mampu mengatasi pegal linu, nyeri sendi, sakit punggung, dan keseleo. Krim ini juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Saat dioleskan ke area kulit, kandungan di dalamnya langsung meresap dan bekerja secara optimal. Krim ini tersedia dalam ukuran 150 gr.

Harga Rp. 16.000-25.000

30. Lespain Cream, Bekerja Optimal Atasi Nyeri Otot

Rekomendasi krim topikal terakhir yang mampu mengatasi nyeri otot adalah Lespain Cream. Krim ini menggunakan methyl salicylate, menthol dan eugenol yang berfungsi untuk mengurangi radang dan meredakan nyeri pada otot. Saat dioleskan pada bagian yang nyeri, kamu akan merasakan sensasi hangat yang membuat nyaman. Krim ini tersedia dalam ukuran 15 gr.

Harga Rp. 6.000-12.000
From our editorial team

Harga Terjangkau Mampu Meredakan Nyeri Otot

Sebagai penggemar olahraga, kamu tentu membutuhkan krim untuk meredakan nyeri otot yang dialami. Variasi produknya banyak sehingga memudahkanmu dalam memilih krim cocok untuk digunakan. Harga yang relatif terjangkau membuatmu tak perlu menguras isi kantong. Gunakanlah sesuai dengan kebutuhan agar hasilnya maksimal.