Kelebihan Menstrual Cup dan 10 Rekomendasinya untuk Kamu (2020)

Kelebihan Menstrual Cup dan 10 Rekomendasinya untuk Kamu (2020)

Masih menggunakan pembalut konvensional? Kini saatnya kamu beralih ke menstrual cup. Selain ramah lingkungan, menstrual cup juga lebih nyaman dan hemat dipakai. Yuk, kenalan dengan manfaat dan rekomendasi terbaiknya dari BP-Guide berikut ini.

Kini, Menstrual Cup Semakin Dikenal para Wanita Indonesia

Sumber gambar medicalnewstoday.com

Bagi wanita, momen datang bulan membutuhkan perawatan khusus. Pada periode itu, area kewanitaan cenderung lembab dan rawan ditumbuhi kuman. Jika dulu pembalut adalah satu-satunya alat untuk menampung darah menstruasi, kini ada berbagai inovasi baru yang semakin praktis dan nyaman digunakan.

Salah satunya adalah menstrual cup. Produk ini makin familiar di kalangan wanita Indonesia lho. Menstrual cup berbeda dengan pembalut atau tampon yang menyerap darah. Alat ini hanya menampung saja, tetapi lebih praktis saat dipakai.

Kelebihan Menstrual Cup Dibandingkan Pembalut

Menampung Lebih Banyak

Sumber gambar baggout.com

Kamu pasti merasa risih karena pembalut yang mudah lembab saat menstruasi bukan? Apalagi di hari-hari pertama saat sedang deras-derasnya. Selain itu, penggunaan pembalut yang hanya sekali pakai dan bisa ganti berkali-kali dalam sehari sangat tidak ramah lingkungan. Berbeda dengan menstrual cup yang terbuat dari bahan silikon ini.

Menstrual cup dapat menampung lebih banyak cairan, hingga mencapai 40 ml. Ini lebih banyak dari tampon yang hanya bisa menyerap darah sekitar 7 ml saja. Menstrual cup juga punya durasi pakai yang lebih lama sekitar 6-12 jam.

Tidak Perlu Sering-Sering Mengganti

Sumber gambar lunette.store.com

Bayangkan betapa repotnya harus bolak-balik kamar mandi 2 sampai 3 kali sehari untuk mengecek apakah tampon atau pembalutmu sudah penuh atau belum. Menstrual cup yang punya daya tampung besar bisa bertahan lama. Meskipun ini tergantung pada banyaknya cairan yang keluar, pemakaiannya masih jauh lebih praktis.

Kamu tidak perlu menggantinya jika cairan dalam menstrual cup sudah penuh. Tinggal keluarkan saja dari dalam vagina, buang cairannya, dan cuci dengan air hingga bersih. Menstrual cup tetap aman untuk kamu gunakan lagi.

Mudah untuk Dibersihkan

Sumber gambar themenstrualmovement.com

Menstrual cup punya bentuk mirip lonceng mungil dan dimasukkan ke dalam vagina. Berbeda dengan pembalut atau tampon yang biasanya agak susah dibersihkan dan tidak bisa dipakai kembali, menstrual cup mudah dibersihkan.

Cukup dengan air mengalir saja menstrual cup sudah bersih dari darah dan semua bakteri yang menempel. Kamu bisa memasukkannya lagi ke dalam vagina setelah membilasnya hingga bersih.

Ramah Lingkungan

Berkontribusi untuk mengurangi sampah di bumi bisa dimulai dari dirimu sendiri. Salah satunya mengganti pembalut dengan menstrual cup yang bisa dipakai berulang kali. Harga menstrual cup memang sangat mahal, yaitu sekitar Rp 450 ribuan. Tetapi masa pakainya sangat panjang, mencapai 10 tahun.

Bandingkan dengan jumlah uang yang harus kamu keluarkan setiap bulan sebesar Rp 20 ribu untuk 1 pak pembalut selama 10 tahun. Selain lebih murah, juga ramah lingkungan bukan?

Lebih Aman

Sumber gambar thejakartapost.com

Pembalut dan tampon sangat rawan lembab karena menyerap darah menstruasi yang keluar dari vagina. Berbeda dengan menstrual cup yang hanya menampung darah saja sehingga risiko infeksi bakteri lebih rendah. Kamu juga akan terbebas dari ruam kulit dan lecet karena gesekan dengan pembalut.

Rekomendasi Menstrual Cup Terbaik

DAYLIEE PREMIUM MENSTRUAL CUP

Yuk, bersama kurangi sampah di Bumi dengan beralih ke menstrual cup yang lebih ramah lingkungan. Dayliee Premium Menstrual Cup terbuat dari bahan silicon medical grade atau latex rubber yang aman. Kamu bisa menggunakan produk ini selama 10 tahun lamanya.

Tersedia dalam 2 ukuran berbeda, yaitu S untuk wanita yang belum pernah melahirkan dan L untuk wanita yang sudah melahirkan. Produk ini bisa dibeli di marketplace seperti Shopee, Bukalapak, dan Lazada.

Harga Rp. 149.000-208.600

INTIMINA LILY CUP

Intimina Lily Cup hadir dengan inovasi sebagai mentrual cup pertama di dunia yang bisa dilipat rata. Disertai dengan wadah pelindung kecil, kamu bisa membawanya dengan mudah di dompet, saku, atau tas.

Menstrual cup ini bisa memberikan perlindungan non-stop selama 12 jam. Bahan pembuatnya adalah silicon medical grade BPA-Free yang disetujui oleh FDA. Produk ini juga bebas flatat, bebas bahan kimia, dan hipoalergenik.

Ringan dan tidak berbau, dijamin kamu akan sangat nyaman memakainya. Dapatkan produk ini hanya di Shopee, Bukalapak, dan Lazada.

Harga Rp. 425.000-820.000

RHEA MENSTRUAL CUP

Kamu harus mulai mempertimbangkan penggunaan menstrual cup demi kesehatan area kewanitaanmu. Rhea Menstrual Cup terbuat dari silicon medical grade yang aman dan tidak membahayakan tubuh. Produk ini sangat ramah lingkungan dan mendukung program minimal waste.

Tersedia dalam ukuran S dan L buat kamu yang belum pernah dan sudah pernah melahirkan. Kamu juga akan mendapatkan tropical pouch bag yang cantik. Yuk, dapatkan hanya di Shopee dan rheaofficial.id.

Harga Rp. 250.000

THE DIVACUP MENSTRUAL CUP

The Divacup Menstrual Cup akan memberikan perlindungan maksimal selama 12 jam. Bekerja menampung aliran menstruasi untuk memastikan kamu tetap nyaman sepanjang hari. Bahan pembuatnya adalah silikon yang aman dan tidak berbahaya. Tidak mengandung plastik, lateks, akrilik, PVC, BPA, ftalat, hingga pewarna dan pemutih.

Menstrual cup dengan diameter 46 mm ini mampu menampung hingga 25 ml cairan dengan panjang 70 mm. Kamu bisa membelinya di Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia.

Harga Rp. 600.000-894.000

BLOSSOM CUP MENSTRUAL

Blossom Cup Menstrual terbuat dari medical grade silicon yang aman, lembut, higienis. Produk ini hipoalergenik dan tanpa pori sehingga mencegah bakteri tumbuh di dalamnya. Untuk mensterilkannya, kamu cukup merebusnya selama 5-7 menit dan hanya perlu dilakukan setiap beberapa bulan sekali. Masa gunanya pun sangat panjang yaitu 10 tahun. Produk ini dapat dibeli di Shopee, Bukalapak, dan Lazada.

Harga Rp. 465.000-529.920

LUNAR CUP

Lunar Cup hadir dalam desain yang unik dan menarik. Ada warna merah muda, ungu, dan putih yang lucu dan menggemaskan. Bahan pembuatnya adalh silikon kesehatan berkualitas tinggi yang bebas lateks dan hipoalergenik.

Produk ini tidak memberikan efek samping apapun, aman digunakan, dan ramah lingkungan. Tersedia dalam ukuran S dan L yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Kamu bisa mendapatkannya di Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia.

Harga Rp. 90.000-203.000

ECOTALK MENSTRUAL CUP

Ecotalk Menstrual Cup adalah corong fleksibel untuk memberikan kamu kenyamanan selama masa menstruasi. Dengan volume 34 ml dan tinggi 7 cm, cairan yang bisa ditampung oleh alat ini cukup banyak lho.

Kamu bisa mensterilkan menstrual cup ini setiap beberapa bulan sekali dengan cara merebusnya dalam air mendidih. Untuk menjaga kebersihannya, simpan menstrual cup ke dalam kantong yang sudah disediakan.

Produknya bisa kamu beli di Shopee, Bukalapak, dan Lazada.

Harga Rp. 175.000-217.000

ORGANICUP MENSTRUAL CUP

Organicup Menstrual Cup hadir dalam warna putih transparan. Tersedia dalam tiga ukuran untuk wanita yang sudah pernah melahirkan, belum melahirkan, dan remaja yang ukuran vaginanya lebih kecil.

Sterilkan menstrual cup ini di awal dan akhir periode menstruasi dengan cara merebusnya. Sementara pada masa menstruasi cukup dibilas saja dengan air mengalir. Dapatkan produknya hanya di Shopee, Bukalapak, dan Lazada.

Harga Rp. 334.900-440.000

LENA MENSTRUAL CUP

Lena Menstrual Cup dibuat langsung di California menggunakan medical grade silicone dengan warna pastel yang cantik menggemaskan. Produknya dapat dibersikan dengan air dan sabun ringan. Menstrual cup ini juga bebas dari bau dan dapat mencegah iritasi pada kulit,

Kamu akan mendapatkan pouch mungil yang cantik untuk menyimpan alat ini saat sedang tidak digunakan. Karena ramah lingkungan, kamu bisa menggunakannya hingga 10 tahun mendatang.

Dapatkan produknya di Shopee, Bukalapak, dan Lazada.

Harga Rp. 485.000-919.320

MELUNA MENSTRUAL CUP

Me Luna Menstrual Cup adalah buatan asli Jerman dengan menggunakan bahan TPE yang aman bagi kesehatan. Tidak mengandung lateks, ftalat, alkifenol, dan bisfenol A. Tidak meninggalkan bau dan tidak perlu khawatir tembus.

Tersedia dalam ukuran S hingga XL untuk disesuaikan dengan kebutuhanmu. Produk ini bisa dibeli di Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia.

Harga Rp. 375.000-399.900
From our editorial team

Yuk, Mulai Gunakan Menstrual Cup dari Sekarang

Setelah mengetahui berbagai manfaat menstrual cup, yuk mulai gunakan sebagai pengganti pembalut. Meski harganya mahal, namun menstrual cup lebih ramah lingkungan dan lebih aman untuk kesehatan. Pilih menstrual cup yang paling sesuai dengan kebutuhanmu dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!

Tag