9 Rekomendasi Minuman dari Bahan Alami Ini Bisa Membantu Memperlancar Haid Lho!

9 Rekomendasi Minuman dari Bahan Alami Ini Bisa Membantu Memperlancar Haid Lho!

Haid sering menjadi masalah bagi para wanita. Tak heran, emosi wanita yang sedang haid bisa lebih tinggi dari biasanya. Agar tidak terlalu menderita saat mengalami haid, kenapa tidak mencoba sejumlah minuman yang bisa memperlancar haid? BP-Guide menyajikannya khusus untuk kamu.

Haid Adalah Siklus Normal yang Dialami Semua Wanita Setiap Bulan

Haid adalah siklus bulanan semua wanita yang terjadi akibat lapisan pada dinding rahim yang berisi banyak darah atau cairan akan meluruh dan keluar melalui vagina karena tidak terjadinya pembuahan. Namun, bila terjadi pembuahan (sperma membuahi sel telur), maka menstruasi akan berhenti sampai persalinan terjadi. Itulah sebabnya jika datang bulan terlambat, maka akan dihubungkan dengan kehamilan.

Menstruasi mulai terjadi pada wanita yang telah masuk masa pubertas, yakni di usia 8-12 tahun. Ciri pubertas adalah tumbuhnya payudara juga tumbuhnya rambut pada kemaluan dan ketiak. Lama menstruasi biasanya sekitar 5 hingga 7 hari dan jumlah darah tidak melebihi 80 ml. Menstruasi normal akan berulang setiap 21-35 hari dengan rata-rata setiap 28 hari.

Haid Kamu Tidak Lancar? Inilah Faktor yang Mempengaruhi Siklus Haid Kamu Setiap Bulannya

Sebagian besar wanita terkadang mengalami siklus haid yang tidak lancar. Menstruasi dikatakan tidak lancar apabila lama menstruasi berubah-ubah setiap bulan atau jumlah darah yang keluar kadang banyak atau kadang sedikit. Biasanya, menstruasi yang tidak lancar ini dikarenakan hormon yang belum seimbang. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan menstruasi tidak lancar, diantaranya adalah:

Kelelahan Psikis

Faktor pertama adalah kelelahan psikis. Ketika seorang wanita mengalami stres, maka tubuhnya akan memproduksi hormon yang mempengaruhi keluarnya hormon menstruasi. Hypothalamus yang merupakan bagian dari otak tempat hormon yang mengatur periode menstruasi akan terganggu.

Banyak hal yang menyebabkan stres, seperti tekanan kerja, pergaulan sosial, urusan rumah tangga, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, jangan biarkan diri kalian larut dalam stres berlebihan. Cobalah berlatih teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga juga mengubah gaya hidup dan rutin berolahraga.

Alat Kontrasepsi

Faktor kedua adalah alat kontrasepsi. Penggunaan IUD, pil KB, suntik KB, atau KB hormonal dapat menyebabkan menstruasi dalam jumlah sedikit maupun banyak. Bagi kalian yang akan menggunakan alat kontrasepsi ini, sebaiknya berada dalam pengawasan dokter. Bertanyalah terlebih dahulu seputar alat kontrasepsi tersebut sebelum memakainya.

Peningkatan Hormon Prolaktin

Peningkatan hormon prolaktin juga menjadi pemicu menstruasi tidak lancar. Hormon prolaktin yang tinggi akan menjadi pemicu produksi GnRH dan FSH terbatas. Tingginya hormon prolaktin akan mengganggu kesuburan wanita sehingga sulit hamil dan menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Wanita yang sedang menyusui akan memproduksi prolaktin sehingga menstruasi biasanya tidak terjadi kepada mereka.

Pra Menopouse

Pra menopouse adalah kondisi transisi antara usia produktif dengan usia nonproduktif. Menstruasi kerap tidak teratur, terkadang banyak, sedikit, atau bisa juga lama dan sebentar. Siklus yang tidak teratur juga terjadi di periode perimenopouse dimana seorang wanita masuk pada masa menopouse. Perdarahan yang terjadi setelah mencapai menopouse bukanlah hal yang normal sehingga harus diperiksa ke dokter.

Menopouse dialami oleh wanita pada rentang usia 45 hingga 55 tahun. Ada juga yang mengalami menopaose dini, yakni sebelum usia 40 tahun. Ketika seorang wanita berada di masa sebelum menopouse, hormon progesteron di dalam tubuh menjadi tidak seimbang sehingga menstruasi tidak teratur. Menstruasi bisa berlangsung lebih pendek atau lebih panjang.

9 Rekomendasi Minuman Berikut Ini Bisa Membantu Memperlancar Haid Kamu

Air Kunyit

Air kunyit sejak dulu dipercaya sebagai antiseptik dan antibakteri alami. Kunyit diyakini sebagai obat alami dalam meredakan sakit ketika haid karena mengandung zat antiperadangan.

Untuk membuatnya, ambil 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok ketumbar, 1/2 sendok biji pala, dan 1/2 genggam daun srigading. Rebus bahan-bahan tersebut ke dalam 1 liter air hingga mendidih, saring, lalu minum.

Jika malas untuk membuatnya, kamu bisa membeli Sidomuncul Kunyit Asam Minuman Kesehatan yang banyak dijual di toko online.

Harga Rp. 7.500-12.000

Yoghurt

Produk olahan susu ini dapat memperlancar menstruasi dan meredakan nyeri ketika menstruasi. Yoghurt kaya akan kalsium dan protein serta mempunyai cita rasa asam manis.

Jika ingin mengonsumsinya, kini tersedia berbagai macam produk yoghurt, seperti Elle & Vire Dessert Lacte Light Prune 125 gram yang dijual di iLotte seharga 14.700 atau Cimory Yoghurt Drink Strawberry 250 ml yang dijual di Shopee, Lazada, atau Bukalapak.

Harga Rp. 7.500-349.300

Minyak Ikan

Selain air kunyit dan yoghurt, kamu juga bisa mengonsumsi minyak ikan. Minyak ikan kaya omega-3 yang berperan dalam melindungi pembuluh darah di ovarium dari kerusakan yang dapat mengganggu siklus haid.

Oleh karena itu, minyak ikan dapat memperlancar siklus menstruasi. Kamu juga bisa mengonsumsi produk suplemen minyak ikan seperti Fishqua. Produk ini berasal dari ekstrak hati ikan hiu.

Harga Rp. 65.375-80.000

Asam Jawa

Pilihan lainnya adalah asam jawa, baik berupa minuman atau permen. Asam jawa dipercaya dapat melancarkan darah haid yang menggumpal sehingga menjadi lancar dan tidak menyebabkan rasa nyeri saat haid. Kamu bisa menemukan asam Jawa ini di supermarket terdekat atau membuatnya sendiri di rumah.

Caranya, rendam buah asam yang telah dikupas ke dalam air hangat. Lalu campurkan dengan 1 sendok gula dan sedikit garam selama 1 jam. Minum ramuan tersebut dua kali sehari, dimulai dari seminggu sebelum haid.

Ada juga minuman dari bahan alami asam jawa yang kini tersedia di supermarket. Seperti Ultra Sari Asem Asli yang terbuat dari buah asam berkualitas dan menghasilkan rasa yang segar dan nikmat.

Harga Rp. 4.000-6.000

Cuka Apel

Cuka apel juga mampu mempercepat proses menstruasi. Bisa langsung diminum dengan cara menyeduhnya atau dicampur dengan buah-buahan yang dijadikan sebagai saus salad. Cuka apel merangsang dinding rahim sehingga cepat meluruhkan sel telur yang menempel pada dinding rahim ketika terjadi menstruasi.

Selain itu, cuka apel ini mampu mengurangi insulin dan menyeimbangkan kadar gula dalam darah serta menyeimbangkan hormon. Bagi kamu yang mempunyai sakit maag, tidak perlu khawatir karena minuman ini tidak berbahaya untuk pencernaan. Saat ini, produk obat haid dari bahan cuka apel dapat ditemukan di apotek maupun supermarket.

Beberapa produk cuka apel ini di antaranya adalah Heinz Apple Cider Vinegar yang dapat diminum setiap hari untuk menjaga kesehatan.

Harga Rp. 59.000-70.000

Jus Pepaya

Jus pepaya juga bermanfaat dalam merangsang sel telur pada dinding rahim agar cepat meluruh karena kaya serat dan vitamin. Selain itu, jus ini juga berperan untuk melancarkan buang air besar atau mengatasi sembelit. Minumlah jus pepaya satu minggu sebelum datang bulan. Bisa juga langsung mengonsumsi 150 gram pepaya setiap hari.

Agar nyeri haid hilang, bisa juga memanfaatkan daun pepaya. Rebus beberapa lembar daun pepaya yang telah dibersihkan, lalu campur dengan asam jawa dan garam secukupnya. Minumlah selagi hangat dan nyeri haid kalian akan berangsur pulih.

Air Tebu

Sumber gambar https://hellosehat.com

Tanaman tebu di Indonesia dapat dijumpai di banyak tempat. Khususnya di wilayah pegunungan. Tanaman ini sangat baik ditanam di udara yang sejuk. Tebu juga kaya nutrisi, seperti kalium, fosfor, zat besi, kalsium, magnesium, dan vitamin yang terdapat di dalam airnya. Minumlah air tebu satu hingga dua minggu sebelum siklus menstruasi datang agar lebih lancar.

Wedang Jahe

Siapa yang enggak tahu wedang jahe? Minuman yang terbuat dari bahan utama jahe ini juga mempunyai khasiat mengobati nyeri haid dan memperbaiki siklus haid yang tidak teratur. Kemampuan melebarkan pembuluh darah yang dimiliki dengan cara merangsang pelepasan hormon adrenalin, mampu melancarkan peredaran darah. Terutama ketika sedang mengalami haid.

Jahe ini mengandung enzim protease dan lipase yang berkhasiat dalam mencerna protein serta lemak dalam tubuh. Karena berat badan yang berlebih juga diduga menjadi faktor menstruasi tidak teratur. Zat anti peradangan yang terdapat dalam jahe mampu meredakan peradangan pada ovarium sehingga tidak menimbulkan nyeri haid.

Minumlah wedang jahe dengan madu dua kali sehari secara teratur untuk mengatur siklus menstruasi. Kalian juga dapat membuat wedang jahe ini di rumah dengan menyiapkan jahe segar yang telah dibersihkan, gula merah (bisa diganti dengan madu), dan 1 gelas air matang. Didihkan air dan jahe, lalu tambahkan gula merah serut atau madu dan minumlah selagi hangat.

Susu Kedelai

Minuman yang juga bisa kamu konsumsi untuk menghilangkan nyeri haid atau melancarkan siklus menstruasi adalah susu kedelai. Susu olahan dari kacang kedelai ini mempunyai nilai gizi yang tinggi dengan kandungan 7 gram protein dan 9 asam amino yang berperan penting bagi tubuh. Protein dalam susu kedelai sangat baik untuk proses pertumbuhan anak, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tidak hanya sebagai sumber protein yang lengkap, susu kedelai juga mengandung vitamin dan mineral, termasuk kalsium, riboflavin, zat besi, dan vitamin B1. Susu kedelai sudah banyak tersedia di pasar tradisional maupun pasar swalayan. Harga yang ditawarkan bervariasi, mulai dari Rp 5.000.

Nah, itulah beberapa daftar minuman yang dapat memperlancar haid yang kami rekomendasikan untuk kalian. Bagi yang memiliki masalah seputar menstruasi yang tidak teratur, silakan coba minuman-minuman berbahan alami di atas.

Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan ya. Enjoy your days!

From our editorial team

Cermati Tanggal Kedaluwarsa agar Minuman Tetap Sehat Dikonsumsi

Buat kamu yang ingin praktis karena tidak punya waktu untuk membuat sendiri, minuman-minuman di atas sudah banyak tersedia di berbagai minimarket. Namun, tetap perhatikan tanggal kedaluwarsa dalam setiap kemasannya. Jangan sampai kamu membeli produk yang sudah tidak layak minum. Bisa-bisa malah nyeri saat haid jadi bertambah.