10+ Minuman Herbal yang Menyehatkan dan Enak Dikonsumsi

10+ Minuman Herbal yang Menyehatkan dan Enak Dikonsumsi

Lebih sehat setiap hari dengan minum minuman herbal. Selain membantu tubuh tetap sehat, juga bagi yang sakit akan memudahkan proses penyembuhan. Dalam tulisan kali ini BP-Guide akan memaparkan minuman herbal terbaik yang menyehatkan dan nikmat ketika dikonsumsi.

Minuman Herbal yang Kaya Akan Manfaat

Meski jaman telah modern namun masih banyak orang yang memilih menggunakan minuman herbal untuk menjaga kesehatan. Minuman herbal terbuat dari bahan bahan alami yang penuh khasiat. Tentu minuman ini dibuat dengan ekstrak alami yang diproses higienis untuk menghasilkan khasiat menyehatkan tubuh.

Setelah minum ramuan herbal tentu beda dengan minum biasa yang nonherbal. Anda akan sedikit merasa ada kandungan herbal yang tertinggal pada gigi dan mulut. Umumnya minuman herbal digunakan untuk meredakan pegal linu hingga detoksifikasi.

Dengan mengkonsumsi ramuan herbal daya tahan tubuh lebih terjaga. Umumnya di cuaca tak menentu khasiat ramuan herbal sangat dibutuhkan. Rempah rempah alami dalam minuman herbal kaya akan manfaat sehingga baik dikonsumsi saat merasa daya tahan tubuh menurun.

Kelebihan Minuman Herbal

Minuman bervitamin atau suplemen memang praktis dan banyak dipilih untuk menjaga kesehatan tubuh. Kendati demikian tak menutup kemungkinan juga untuk menggunakan minuman herbal sebagai pelengkap untuk membuat tubuh lebih bugar.

Minuman herbal dijamin jauh lebih aman ketimbang obat obatan yang banyak mengandung bahan kimia. Minuman herbal ini memiliki banyak kelabihan. Inilah yang membuat banyak orang masih berminat meminum ramuan ini.

Tidak Menimbulkan Efek Samping

Kelebihan menggunakan minuman herbal untuk menjaga daya tahan tubuh adalah adalah minuman ini tak memiliki efek samping bagi peminumnya. Karena bahannya alami dan prosesnya alami maka tak ada bahaya kesehatan yang mengancam bisa mengkonsumsinya secara rutin. Malah minuman herbal ini memberi efek baik untuk tubuh.

Tubuh serasa lebih bugar dan segar setelah minum minuman herbal. Tentu minumnya pada kadar dan dosis yang dianjurkan ya. Beda dengan obat farmasi yang banyak mengandung reaksi pada peminumnya. Oleh karenanya minuman herbal jadi pilihan utama bagi mereka yang ingin sehat secara alami.

Sebagai Pengobatan Alternatif

Pengobatan herbal memang kerap digunakan sebagai cara alternatif untuk sehat. Ini karena banyak juga yang berhasil dengan cara tradisional ketimbang cara medis. Tak heran jika banyak yang mencoba beralih ke cara alternatif karena kandungan alami bahannya.

Pengobatan alternatif secara herbal lebih diminati. Efek obatnya langsung hingga ke akar penyebabnya. Tak hanya berfokus pada menghilangkan penyakitnya. Namun juga untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Mudah & Murah Dibuat

Minuman herbal lebih mudah dibuat. Tak ribet dan tak perlu banyak waktu. Selain itu harga yang terjangkau membuat banyak orang tak ragu menggunakan minuman herbal untuk mendukung kesembuhannya.

Bahan alami dari minuman herbal sanagt mudah didapat. Dibuat sendiri pun bisa. Beberapa cara pengolahannya seperti ditumbuk dan dibakar. Bisa juga dengan menyeduhnya dengan air hangat.

Resep Minuman Herbal dengan Beragam Khasiat

Anda tertarik dengan minuman herbal, mengapa tidak? Minuaman ini memnag berbahan dasar alami dan mudah pengolahannya. Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Bisa juga membeli yang praktis di toko terdekat. Yuk intip rekomendasi minuman herbal dengan segala khasiatnya dari BP Guide.

Teh Hijau

Teh satu ini memang dikenal khasiatnya. Mengandung antioksidan tinggi yang alami yang disebut polifenol. Zat ini bisa menyehatkan tubuh dan kulit serta melebatkan rambut. Bisa juga loh untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Rajin mengkonsumsi teh hijau bisa membuat tubuh terhindar dari dehidrasi. Teh ini juga bisa meminimalisir kerusakan hati karena alkohol. Menurunkan tingkat strees serta meningkatkan kekuatan otak juga jadi khasiat teh hijau.

Siapkan serai dan jahe 100 gram. Kupas jahe dan serai lalu masukkan dalam panci bersama dua kantong teh hijau. Masak sampai mendidih, saring lalu minum tiap pagi usai sarapan.

Wedang Secang

Sumber gambar sajiansedap.com

Minuman tradisional satu ini juga mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Sebagai minuman herbala alami, secang berbahan dasar kulit kayu pohon secang. Cara membuatnya cukup sederhana yakitu dengan merebus kayu secang yang telah diserut dan dicampur beberapa bahan layaknya kayu manis dan kapulaga. Tambahkan pula serai dan sedikit jahe agar rasa wedangnya lebih berasa.

Rutin mengkonsumsi wedang secang bisa meningkatkan stamina serta atasi perut yang kembung. Bisa juga untuk mengatasi masuk angin karena ramuan ini menghangatkan tubuh. Untuk memperlancar aliran darahpun bisa loh.

Mari siapkan cabe jawa dan kemukus serta kapulaga dan cengkeh masing masingnya 5 biji. Lalu sediakan juga seruas jahe bakar dan sebatang sereh. Ambil sepotong kayu main dan 5 gelas air putih. Campur semua bahan dan rebus hingga keluar aromanya. Masukkan sejumput secang dan biarkan hingga mendidih. Tambah gula secukupnya sebelum disajikan.

Serbat Asam Jawa

Sumber gambar zonakesehatan.com

Asam memang kerap ali dipakai dalam suatu masakan. Asam Jawa tak ahnay terkenal akan rasanya yang khas namun juga khasiatnya untuk tubuh. Umumnya digunakan juga untuk membuat minuman berkhasiat.

Jamu jamuan herbal layaknya kunyit asam juga menggunakan asam jawa. Bisa juga untuk meredakan batuk yang berkepanjangan. Yuk segera bikin serbat asam jawa. Siapkan asam jawa 10 gram yang diseduh dengan air panas segelas. Tambah gula merah secukupnya sebelum dihidangkan.

Beras Kencur

Sumber gambar vemale.com

Minuman khas Indonesia ini rasanya segar loh. Apalagi kalau diminum dingin. Bisa meningkatkan nafsu makan karena rasanya manis dan juga segar.

Beras kencur ini dibuat dari beras yang sudah dihaluskan dengan kencur yang banyak kndungan vitamin B nya. Yuk buat sendiri minuman ini. Siapkan 200 gram beras dan kencur 500 gram. Siapkan juga sebuah jeruk nipis dan cengkeh secukupnya serta setengah sendok teh garam. Lalu kayu manis secukupnya dan gula pasir 200 gram beserta 1,5 liter air.

Pertama rendam dulu beras selama 4 jam lalu tiriskan. Kupas kencur dan cuci hingga bersih. Tumbuk si beras sampai halus lalu campur cengkeh dan kayu manis. Rebuslah semua bahan dan campur gula pasir dan garam. Aduk dan tunggu hingga mendidih. Sebelum disajikan tambah perasan jeruk nipis ya.

Kunyit Asam

Sumber gambar cantikalamiku.com

Minuman ini sering ditemui. Fungsinya untuk detoksifikasi hingga mencerahkan kulit. Yang ingin diet dan menghilangkan bau badan bisa juga mengkonsumsi minuman herbal satu ini.

Mari segera buat minuman penuh manfaat ini. Rebuslah pada 2 liter air yakni setengah kilogram kunyit bersama setengah kilogram asam jawa. Tambahkan seperempat gula jawa dan sepucuk sendok teh garam. Aduk hingga mendidih. Bisa disajikan hangat dan bisa juga disajikan dingin.

Wedang Jahe

Sumber gambar hidayatullah.com

Jahe memang rempah khas Indonesia yang penuh manfaat. Berbentuk rimpang umumnya dipakai bumbu masakan hingga obat herbal. Aromanya khas dan rasanya pedas. Tak sedikit yang mengolahnya sebagai minuman herbal. Ini karena jahe bisa menghangatkan tubuh dan meredakan pegal linu.

Mari buat wedang jahe dengan merebus 50 gram jahe segar dengan segelas air dan 30 gram gula merah. Minuman ini bisa untuk meredakan nyeri otot. Ini karena ada kandungan antioksidan tinggi pada jahe loh.

Wedang Temulawak

Sumber gambar hobimemasak.com

Temulawak juga salah satu rempah Indonesia yang sering dipakai untuk minuman herbal. Umumnya untuk minuman herbal anak yang kurang nafsu makan. Selain itu rempah satu ini bisa untuk mengatasi gangguan pencernaan dan mengatasi kolesterol jahat loh. Bisa juga untuk meredakan rematik ya.

Anda bisa buat wedang ini dirumah. Simple tinggal menyangrai 100 gram temulawak yang diiris tipis dengan 50 gram kencur yang juga sudah diiris tipis. Setelahnya blender dengan 40 gram asam jawa dan 20 gram jintan. Tambahkan air 100 ml dan blender sampai halus. Tuang ke panci lalu rebus hingga mendidih. Masukkan gula aren 200 gram dan 8 daun pandan agar rasa dan aroma lebih nikmat.

Wedang Sereh

Sumber gambar blogspot.com

Sereh umumnya digunakan untuk masakan. Namun untuk minuman pun sereh bisa jadi sangat nikmat loh. Ada kandungan citronella yang bisa membuat kita lebih rileks dari rasa stres. Bisa juga meredakan masuk angin serta demam dan pilek.

Siapkan 3 batang sereh lalu memarkan ujungnya. Rebus pada 500 ml air sampai mendidih. Masukkan 3 lembar daun jeruk lalu rebus 10 menit. Tambah gula batu secukupnya lalu aduk dan sajikan hangat.

From our editorial team

Yuk, Buat Sendiri Minuman Sehat di Rumah

Berbagai resep yang diberikan oleh BP-Guide di atas adalah jenis minuman herbal menyehatkan yang bisa dibuat sendiri di rumah. Yuk, coba membuat sendiri minuman herbal menyehatkan di rumah dan mulai dengan pola hidup sehat agar bisa terus prima ketika beraktifitas setiap hari.