10 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Jantung yang Berharga

10 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Jantung yang Berharga

Tentunya kita tidak ingin terkena penyakit jantung yang mematikan. Karena itu kita harus menjaga jantung tetap sehat dengan mengonsumsi makanan yang sehat untuk jantung. Yuk, simak apa saja daftar makanan yang bagus untuk jantung yang sehat.

Jantung Sehat Membutuhkan Makanan yang Sehat

Jantung merupakan salah satu organ dalam tubuh yang sangat penting karena berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Penyakit jantung termasuk dalam daftar penyakit mematikan di dunia sehingga dengan menjaga kesehatan jantung, kita pun dapat terhindar dari risiko kematian. Salah satu cara menjaga jantung agar tetap sehat adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat agar metabolisme tubuh berjalan lancar.

Makanan sehat yang kaya nutrisi dapat memperlancar sirkulasi darah yang dapat membuat kita terhindar dari penyakit jantung. Kita juga harus menghindari makanan pembentuk kolesterol jahat penyebab pembuluh darah menyempit yang bisa menyebabkan stroke dan memicu penyakit jantung.

Kebiasaan yang Wajib Diterapkan agar Jantung Tetap Sehat

Rutin Olahraga

Agar jantung tetap sehat kita harus rutin berolahraga minimal 30 menit setiap harinya atau paling sedikit 15 menit. Kita bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan dengan kecepatan tinggi, lari, atau bisa juga dengan melakukan berbagai aktivitas fisik lainnya yang bisa meningkatkan detak jantung, seperti membersihkan rumah, mendayungm dan bersepeda.

Biasakan juga untuk banyak bergerak dan pertimbangkan untuk berjalan kaki daripada naik kendaraan jika pergi ke tempat tujuan yang tidak terlalu jauh. Dengan rutin olahraga dapat menjaga tubuh tetap ideal dan terhindar dari tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol jahat yang semua itu juga bisa memicu masalah pada jantung.

Batasi Asupan Kolesterol

Kolesterol memang berperan dalam pembentukan vitamin D, hormon, dan produksi empedu, tetapi kalau sudah berlebihan kolesterol bisa menjadi jahat dan mengganggu kesehatan. Kolesterol tinggi juga berisiko memicu penyakit jantung sehingga kadar kolesterol jahat dalam darah juga harus dijaga.

Batas aman kadar kolesterol dalam tubuh adalah 160mg-200mg. Kalau sudah melebihi dari batas normal bahkan sudah mencapai lebih dari 240mg bisa menyebabkan tubuh terkena stroke.

Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Banyak mengonsumsi buah dan sayur baik untuk kesehatan jantung dan dapat menjaga tekanan darah serta kolesterol dalam tubuh. Namun, buah yang baik dikonsumsi adalah buah segar karena tidak mengandung banyak kalori dan kaya serat. Hindari mengonsumsi buah kalengan yang kandungannya tidak lagi sehat karena sudah ditambahkan pemanis dan pengawet.

Menghentikan Kebiasaan Merokok

Kita pun juga tahu bahwa kebiasaan merokok memberikan dampak besar dalam memicu penyakit jantung bahka penyakit berbahaya lainnya. Kandungan bahan kimia dalam tembakau jadi penyebab rusaknya jantung, penyempitan arteri akibat aterosklerosis, atau penumpukan plak yang jadi pemicu utama serangan jantung.

Sementara kandungan karbon monoksida dalam asap rokok membuat jantung bekerja lebih keras dalam memasok oksigen ke seluruh tubuh. Jadi, bagi Anda yang merokok mulailah mengurangi dan menghentikan kebiasaan merokok dan gantilah dengan mengonsumsi camilan sehat seperti buah kering rendah gula, kacang almond, atau kedelai.

Makan Makanan yang Sehat untuk Jantung

Apa saja makanan yang sehat untuk jantung? Tentunya makanan yang tidak mengandung lemak dan gula tinggi, yakni buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, gandum utuh seperti beras merah atau karbohidrat kompleks lainnya, dan sayuran.

Dalam pengolahannya pun juga dengan tidak menambahkan keju atau mentega yang mengandung kolesterol jahat (LDL). Untuk daging konsumsilah daging ikan tanpa lemak atau daging padat yang memiliki kandungan lemak sedikit.

Selain itu makanan terbaik untuk jantung adalah makanan yang dimasak dengan cara dikukus, direbus, dipanggang, atau ditumis. Sebaiknya gunakan minyak zaitun yang kandungan lemaknya lebih sedikit. Penting sekali mengurangi makanan berlemak seperti gorengan yang junkfood yang umumnya mengandung lemak jahat.

10 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Jantung Kita yang Berharga

Olahan Telur

Kuning telur dikatakan sebagai salah satu makanan yang bisa meningkatkan kolesterol jahat dalam darah. Namun sebenarnya, mengonsumsi telur tidak akan berdampak langsung pada kolesterol dalam darah.

Namun perlu diperhatikan jumlah porsi dan cara pengolahannya, yakni telur harus dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan serta tidak dimasak dengan cara digoreng. Kuning telur juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung, sistem saraf dan otak, yakni kolin.

Penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi telur juga bisa membuat seseorang terhindar dari penyakit stroke dan jantung serta dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun sayangnya kolin juga berhubungan dengan kadar homosistein dalam darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Karena itu konsumsilah telur dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan, yakni 1 butir per harinya.

Pisang

Kandungan lemak jenuh dalam pisang yang rendah dapat mengurangi risiko kolesterol tinggi dalam darah. Kandungan kaliumnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Studi kesehatan baru yang dilakukan oleh University of Alabama Amerika Serikat menyatakan bahwa mengonsumsi buah pisang secara rutin setiap harinya dapat mencegah penyakit stroke dan serangan jantung.

Pisang mengandung potasium tinggi yang dapat menghindari penyempitan pembuluh darah dan penyumbatan sehingga darah dapat mengalir dengan baik yang bagus untuk otot jantung. Pisang juga bermanfaat untuk meredakan denyut jantung yang terlalu cepat dan lemah.

Oatmeal

Oatmeal menjadi makanan sehat untuk jantung yang berasal dari biji-bijian yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Oatmeal mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan kandungan lainnya sehingga sehat untuk dikonsumsi setiap hari dan juga dapat menjaga kadar gula dalam darah agar tetap stabil.

Kandungan serat berupa beta-glucan dalam oatmeal selain berfungsi menjaga kadar kolesterol juga berperan sebagai antioksidan. Sekarang ini sudah banyak produk olahan oatmeal yang dijual namun pilihlah yang tidak mengandung pemanis buatan.

Tidak heran kenapa oatmeal banyak dijadikan sebagai makanan favorit untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol. Saat membuat muffin, pancake, ataupun kue lainnya Anda bisa mengganti sepertiga tepung yang digunakan dengan oatmeal ini untuk mendapatkan otot jantung yang lebih sehat tentunya.

Salmon

Salmon dikenal juga sebagai makanan super karena mengandung omega 3 tinggi yang baik untuk kesehatan jantung. Rachel Johnson yang merupakan seorang pakar nutrisi dari Universitas Vermont menyatakan bahwa ikan salmon bermanfaat untuk menjaga aliran darah tetap lancar. Kandungan omega-3 dalam ikan salmon dapat menurunkan level trigliserida di dalam tubuh yang merupakan salah satu jenis lemak jahat pemicu penyakit jantung.

Cara terbaik dalam mengolah ikan salmon adalah dengan memanggangnya bersama rempah dan sayuran dalam aluminium foil atau bisa juga diolah menjadi salad atau taco.

Avokad

Avokad merupakan makanan sehat dengan rasa enak dan lezat yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Dalam buah avokad terkandung, potasium, antioksidan, kalium, asam olea,t dan lemak tak jenuh tunggal yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol dan membuat risiko terkena penyakit jantung jadi lebih rendah.

Penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Cardiology pada tahun 2005 silam, mengatakan bahwa minyak avokad juga dapat mengatasi pengerasan pembuluh darah dan mampu memodifikasi asam lemak yang terdapat pada jaringan sekitar jantung. Buah avokad yang lezat ini bisa dikonsumsi dengan mencampurkannya pada makanan lain, dibuat menjadi jus atau bisa juga dengan memakannya secara langsung.

Kacang Kenari

Kacang-kacangan juga disebut sebagai makanan yang sehat untuk jantung, salah satunya adalah kacang kenari. Kacang kenari kaya akan kandungan vitamin E, asam folat, asam lemak omega-3, serta nutrisi lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kacang kenari berperan dalam melindungi arteri jantung dari peradangan karena mengandung serat dan lemak tak jenuh tunggal.

Tidak hanya itu, antioksidan dan mineral lain yang terkandung dalam kacang kenari juga dapat mengurangi kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan dapat mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya lainnya seperti diabetes, kanker, parkinson, dan alzheimer.

Beras Merah

Beras merah mengandung anthocyanin yang telah terbukti dapat mencegah obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung karena memiliki sifat antiinflamasi atau antiperadangan. Karena itu beras merah lebih aman dikonsumsi dibandingkan beras putih bagi penderita penyakit jantung.

Beras merah ini kalorinya lebih rendah dan juga mengandung banyak nutrisi mineral dan serat yang sehat tubuh. Mengonsumsi beras merah juga dianjurkan bagi Anda yang sedang berdiet untuk membantu menurunkan berat badan karena beras merah mengandung serat yang tinggi.

Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dalam beras merah juga bermanfaat untuk menghindari penyakit gagal jantung karena dapat membersihkan plak yang bertumpuk di dalam arteri sehingga peredaran darah menjadi lancar sekaligus juga bisa melancarkan pencernaan.

Tahu

Tahu yang merupakan produk olahan kedelai dengan kandungan protein yang sangat tinggi ini sudah biasa diolah menjadi berbagai aneka makanan lezat yang disukai banyak orang. Tahu merupakan sumber protein bagi vegetarian karena mengandung mineral, vitamin K, riboflavin, tiamin, niasin, kolin, fosfor, vitamin B6, vitamin E, folat selenium, mangan, lemak tak jenuh ganda, dan serat yang juga bagus untuk jantung.

Tahu juga kaya akan protein, kalsium, zat besi serta rendah kolesterol, kalori dan bebas gluten. Setengah potong tahu dapat memenuhi 44% kebutuhan kalsium harian, 40% kebutuhan zat besi, dan 9% kebutuhan magnesium dalam tubuh.

Selain bagus untuk mencegah penyakit kardiovaskular, kandungan dalam tahu juga bagus untuk membantu pembentukan hemoglobin. Sementara kandungan isoflavon di dalamnya dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Ubi Jalar

Ubi jalar juga bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung karena kaya akan serat, potasium, lycopene, vitamin A dan C, kalsium, niasin, zat besi, xantin, dan lutein. Kandungan potasium dalam ubi jalar dapat membantu pengeluaran natrium dalam urine menjadi lebih banyak sehingga dapat mengurangi tekanan darah sekaligus menjaga kesehatan jantung.

Ubi jalar memiliki kandungan indeks glisemik rendah yang bagus untuk penderita diabetes karena tidak akan membuat lonjakan gula darah. Tidak hanya pada buah, daun ubi jalar juga bagus untuk melancarkan peredaran darah pada pembuluh vena dan arteri serta dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Anggur

Anggur termasuk dalam salah satu buah yang bagus untuk jantung karena mengandung antioksidan berupa resveratrol serta senyawa quercetin yang dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah. Selain itu kandungan zat dalam buah anggur dapat menjadikan otot jantung lebih sehat dan fleksibel. Buah anggur dapat mencegah serangan jantung karena dapat membantu proses regenerasi oksida dalam tubuh.

Sementara kandungan flavonoid, resveratrol dan oksida nitrat pada anggur berfungsi mengurangi agregasi trombosit, pembekuan darah dan oksidasi LDL serta meningkatkan kesehatan sel-sel yang melapisi pembuluh darah pada jantung. Jenis anggur yang baik untuk dikonsumsi adalah anggur merah jenis cabarnet atau madiran yang kaya akan procyanidins.

From our editorial team

Terapkan Gaya Hidup Sehat Mulai dari Makanan Kita Konsumsi

Agar kesehatan jantung terjaga, mulailah beralih ke makanan sehat untuk jantung jika selama ini kita terbiasa makan makanan berlemak yang penuh dengan zat pemicu kolesterol jahat. Menghindari godaan makanan junkfood memang berat, namun ingatlah penyakit jantung bisa merenggut kenikmatan hidup yang jelas lebih berharga.