Yuk, Ngemil Sehat dengan 10 Camilan Rendah Kalori Ini!

Yuk, Ngemil Sehat dengan 10 Camilan Rendah Kalori Ini!

Sumber gambar health.com

Ngemil memang jadi kesukaan banyak orang. Makanan ringan dipilih karena bisa mengganjal perut sebelum waktu makan tapi bagaimana jadinya kalau kamu memilih kudapan yang salah? Jangan diremehkan, inilah aneka makanan ringan yang tak cuma enak tapi juga rendah kalori. Bikin kamu snacking minim worry!

bpguide_id
instagram.com

Seiring Menggeliatnya Gaya Hidup Sehat, Camilan Rendah Kalori Dicari Banyak Orang

Sumber gambar pepperfry.com

Tahukah kamu makanan enak dan lezat biasanya adalah makanan yang mengandung kalori tinggi? Ya, memang tidak semua makanan tetapi umumnya makanan dengan rasa lezat mengandung berbagai bahan dan kandungan dengan kalori cukup tinggi yang bisa menyebabkan kegemukan seperti coklat, pizza, dan aneka camilan lain. Meski tubuh juga membutuhkan kalori, namun jika jumlah yang masuk lebih banyak dari jumlah kalori yang dibajar, hal ini bisa berakibat pada peningkatan berat tubuh. Untuk itu, bagi kamu yang sedang diet atau menginginkan camilan sehat, sebaiknya beralih ke kudapan yang mengandung serat tinggi dan kaya nutrisi.

Seiring bertumbuhnya kesadaran hidup sehat di masyarakat, produsen makanan khususnya kudapan kini juga berinovasi dengan mulai membuat aneka camilan yang mengandung gizi dan rendah kalori. Umumnya, kudapan tersebut mengandung biji-bijian yang menyehatkan berpadu dengan rasa segar dan enak dari buah. Jadi, kamu pun masih bisa nyemil tanpa takut gemuk.

Keuntungan Mengonsumsi Makanan yang Rendah Kalori

Sumber gambar foodbeast.com

Jangan remehkan camilan rendah kalori karena kudapan jenis ini bisa menghindarkan kamu dari berbagai penyakit seperti diabetes, hipertensi, serangan jantung dan lainnya. Kalori yang tinggi dalam makanan bisa berakibat fatal bagi tubuh karena dapat mengganggu pernapasan, peredaran darah dan juga gangguan pencernaan. Makanan dengan kalori rendah bisa membantu kamu menjaga tubuh tetap ideal dan serat dari biji-bijian yang terkandung dalam beberapa jenis kudapan sangat baik untuk pencernaan.

Benefit Konsumsi Kudapan Rendah Kalori

  • Memungkinkan kamu mendapat bahan bakar untuk energi jadi kamu bisa menjalani aktivitas dengan asupan tenaga yang cukup.
  • Membantu mengurangi rasa lapar sehingga kamu juga terhindar dari kalap memilih banyak makanan tak sehat hanya untuk memuaskan perut. Ini disebabkan, kudapan rendah kalori biasanya mengandung air yang tinggi.
  • Makanan rendah kalori memberika vitamin dan mineral yang penting bagi metabolism tubuh kamu.
  • Selain membantu mengontrol berat badan, makanan rendah kalori juga mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, darah tinggi serta gangguan pernapasan.
  • Konsumsi buah segar, daging tanpa lemak dan makanan rendah kalori lain bisa membantu kamu mendapat kulit sehat dan segar.
  • Menakar jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh adalah cara yang tepat, bukan berdasar jenis makanan yang kamu konsumsi.
  • Makanan rendah kalori membantu tubuh memperlambat proses penuaan, meningkatkan ketajaman mental, meningkatkan energi serta menstabilkan kadar gula dan mengurangi risiko terkena kencing manis.

Mau Cemilan Rendah Kalori yang Praktis dan Tersedia di Supermarket? Ini Dia Pilihannya

Sumber gambar bbcgoodfood.com

Kebiasaan tersulit yang jadi pantangan berdiet adalah snacking alias ngemil. Kegiatan ini biasanya memang dilakukan saat orang merasa tidak terlalu lapar namun ingin mengganjal perut dengan makanan ringan. Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan ngemil, hanya saja pemilihan makanan dengan asupan gizi rendah tanpa adanya nutrisi yang cukup malah bisa membuat berat badan naik. Makanan atau kudapan cepat saji, tak terkecuali minuman yang mengandung banyak gula seperti soda harus dihindari. Kamu bisa beralih ke smoothie segar dari buah, teh hijau dengan banyak manfaat serta melengkapinya dengan kudapan rendah kalori.

Pada masa silam, makanan organik dan sehat identik dengan rasa yang tidak enak sehingga tidak banyak orang yang mau menjalani diet makanan sehat. Kini, kamu tidak perlu khawatir karena sekarang banyak jenis camilan sehat yang beredar di pasaran. Apa saja?

Soyjoy

Sumber gambar semarto.com

Salah satu bahan makanan yang mengandung serat tinggi dan nutrisi adalah kacang kedelai. Jika kamu ingin ngemil enak dan suka banget dengan kacang ini, Soyjoy jadi pilihan tepat untuk snacking time tanpa rasa bersalah.

Tersedia dalam enam pilihan rasa yang enak seperti almond chocolate, banana, peanut, hawthorn berry, raisin almond dan strawberry, kudapan satu ini mengandung energi total sebanyak 130 kilo kalori (kkal) dengan energi dari lemak sebanyak 60 kkal.

Tak hanya itu, Soyjoy juga memiliki berbagai macam vitamin seperti vitamin A, B dan E. Serat pangan yang terkandung dalam kudapan berbahan kedelai ini juga tinggi protein dan baik bagi pencernaan serta kaya dengan isoflavon, yaitu zat yang mirip dengan zat estrogen namun memiliki kandungan agak berbeda. Isoflavon ini baik untuk kulit jadi sangat cocok untuk dikonsumsi oleh kamu yang ingin mendapat kulit sehat.

Perpaduan apik antara kedelai dan buah kering yang ada dalam Soyjoy menjadikan snack ini sebagai kudapan low GI alias rendah Gylemic Index. GI adalah skala kecepatan makanan dalam meningkatkan level gula darah. Semakin kecil skalanya, semakin lambat makanan tersebut dalam menaikkan gula darah. Artinya, Soyjoy tak hanya baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet tapi juga penderita diabetes yang menerapkan pola hidup sehat.

Jadi, mau snacking tanpa worry? Kamu bisa mendapatkan SOYJOY CRISPY VANILLA 25 gr 1 Box isi 12 buah di Lazada dengan harga Rp 78.000.

Fitbar

Sumber gambar swirlingovercoffee.com

Salah satu penderitaan yang harus dijalani pelaku diet adalah menahan diri dari kudapan lezat yang biasanya mereka makan. Terlebih bagi pecinta coklat, mereka harus memantang diri untuk tidak mengonsumsi snack tersebut karena coklat dikenal memiliki kalori tinggi. Camilan tak sehat lain seperti cake, brownies dan snack kemasan mengandung banyak lemak trans yang tidak baik bagi kesehatan karena dapat meningkatkan kadar kolestrol yang berakibat pada penyakit jantung koroner. Terdengar menakutkan ya?

Buat kamu pecinta coklat yang sedang diet, kudapan satu ini bisa jadi alternatif, Fitbar. Tersedia dalam dua varian rasa yaitu nuts dan dried fruit, kandungan total energi dalam Fitbar adalah 110 kkal dari lemak sebanyak 40 kkal (nuts/fruit varian) serta 90 kkal (chocolate varian). Buat kamu yang baru pertama kali ingin menjajal kudapan sehat, Fitbar ini bisa jadi pilihan karena rasanya yang ringan dan lebih familiar sebagai kudapan. Selain lezat, Fitbar juga memiliki kelebihan lain juga loh:

  • Bebas kolestrol dan bisa menghindarkan kamu dari penyempitan pembuluh darah, jantung koroner dan baik dikonsumsi oleh orang yang telah lanjut usia.
  • Bebas juga dari lemak trans yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan.
  • Rendah kalori dan sangat cocok bagi kamu yang sedang diet atau menjaga berat badan.
  • Mengandung serat, kalsium, vitamin A, B12 dan vitamin C. Kandungan seratnya juga baik bagi pencernaan serta memberi rasa kenyang lebih lama jadi kamu bisa kontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.
  • Mengandung oat yang baik untuk kesehatan jantung.

Dapatkan Fitbar Chocolate Coklat Multigrain Sumber Serat Pangan - Isi 5 Sachet 24gr di Lazada dengan harga Rp 21.500.

Quaker Oats Oatmeal Cookies

Sumber gambar jayaintl.com

Tidak banyak orang yang suka dengan rasa bubur gandum atau roti gandum. Terlebih bubur gandum, rasanya yang hambar dan butuh sedikit kerja untuk mendapat bubur gandum dengan rasa enak menjadikan banyak orang yang enggan untuk mengonsumsi makanan sehat ini. Padahal, kandungan gandum sangat baik untuk jantung dan pencernaan. Kini, kamu tidak perlu susah-susah memasak bubur gandum atau bingung jika ingin mengonsumsi makanan sehat ini karena sekarang telah tersedia Quaker Oats Oatmeal Cookies di pasaran.

Hadir dengan tiga varian rasa yakni apple cinnamon, honey dan raisin, Quaker Oats Oatmeal Cookies bis jadi alternatif sarapan karena setiap kamu mengonsumsi dua keping biskuitnya, sudah mendapatkan 90 kalori. Protein dan seratnya yang tinggi juga membantu kamu tetap bugar dan berenergi dalam menjalani aktivitas. Untuk setiap takaran per saji, Quaker Oats Oatmeal Cookies mengandung sekitar 135 kalori dengan 2,8 gram protein, 21,3 gram karbohidrat, 4,3 gram lemak dan 1,3 gram serat.

Kudapan ini bisa kamu bawa sebagai pengganjal perut di perjalanan, bekal ke sekolah atau kantor bahkan bisa menggantikan popcorn saat kamu nonton bersama teman-teman. Rasa segar dari apel yang terkandung dalam varian apple cinnamon dan komposisi bahan yang pas menjadikan snack satu ini tidak bikin kamu merasa eneg. Sangat cocok bagi kamu yang tidak terlalu suka rasa manis.

Kuaci

Sumber gambar healthycures.org

Kaget? Ya, biji-bijian adalah salah satu jenis makanan yang baik bagi pencernaan dan membantu program diet sehat. Kuaci, yang berasal dari bunga matahari ini memiliki lebih dari 200 miligram sodium dalam setiap satu ons, sekitar 10 persen dari jumlah maksimum National Institutes of Health merekomendasikan setiap hari. Kudapan ringan ini mengandung sekitar 165 kalori per 100 gram. Bisa jadi sumber tenaga yang baik dari vitamin B dan serat dan mengandung mineral tembaga, magnesium, zinc, selenium, serta asam folat. Pilihlah biji yang tawar karena jenis ini nyaris bebas natrium. Kandungan natrium yang terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah jadi kamu harus berhati-hati dalam memperhitungkan takaran kuaci yang dimakan per hari ya.

Elle & Vire Yoghurt

Sumber gambar redmart.com

Kudapan satu ini jadi favorit banyak orang karena hadir dalam berbagai varian rasa dan penyajian, tapi tahukah kamu tidak semua yoghurt memiliki khasiat yang sama? Hanya yoghurt dengan bakteri hidup yang mempunyai manfaat besar jadi kalau kamu ingin mengonsumi yoghurt beseta kandungan baiknya, hindari frozen yoghurt dan pasteurized yoghurt karena kedua jenis ini tak mengandung bakteri hidup serta nutrisi yang sama.

Kudapan ini cocok bagi kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan karena menurut para ahli dan University of Tennessee, di Knoxville, Amerika Serikat, yoghurt dinilai bisa membantu mengurangi lemak di bagian lingkar pinggang bagi penerita obesitas. Meski begitu, sebaiknya kamu juga tidak berlebihan dalam mengonsumsi snack satu ini. Cukup 200 mililiter sampai 400 mililiter per hari, sebab jika terlalu banyak justru akan memunculkan gejala alergi laktosa.

Nah, jika kamu mencari yoghurt sehat dan lezat, kamu boleh coba Elle & Vire Yoghurt. Brand ini memproduksi dairy food seperti keju, butter dan yoghurt jadi produk best seller di Indonesia. Tersedia dalam berbagai varian rasa buah yang akan kamu suka seperti stroberi, jeruk, leci dan persik (peach). Bagi kamu yang sedang diet, bisa mengonsumsi Elle & Vire varian plain alias tanpa rasa. Produk yoghurt ini berbentuk krim dan bisa disantap bersama buah-buah segar atau granola. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai campuran smoothies yang lezat. Setiap yoghurt Elle & Vire mengandung total kalori 171 kJ atau sekitar 41 kkal dengan lemak 0,1 gram tanpa lemak jenuh, 5,9 karbohidrat, 4,6 gram gula, dan 120 miligram kalsium atau memenuhi rekomendasi harian sekitar 15 persen.

Pop Corn

Sumber gambar newhealthadvisor.com

Tidak sembarang berondong jagung yang bisa kamu konsumsi saat diet atau kalau kamu ingin bergaya hidup sehat. Jajanan ini memang populer dan jadi teman yang asyik saat nonton film seru, namun kamu harus memerhatikan kandungannya jika ingin dapat manfaat dari jagung. Kamu sebaiknya mengonsumsi sekitar enam cangkir dengan kadar 100 kalori, 0,5 gram lemak, 220 miligram sodium, 0 miligram kolestrol dan 24 gram karbohidrat. Kuncinya, jangan menambahkan butter, karamel atau garam ke popcorn kamu supaya lebih sehat karena tanpa perasa ekstra, kandungan gizi popcorn tawar lebih besar. Kalau kamu mengonsumsi popcorn dengan benar, kudapan ini juga setara dengan snack rendah kalori lain dan tentunya jadi penganan yang sehat.

Buah-buahan

Sumber gambar inlifehealthcare.com

Jenis yang satu ini lebih menyenangkan karena banyaknya jenis dan rasa yang ditawarkan. Kamu bisa memilih sesuka hati karena buah-buahan dengan aneka rasa serta tekstur bisa disesuaikan selera. Buah pada dasarnya memang baik bagi tubuh karena dapat mencukupi kebutuhan vitamin, kaya akan serat serta tidak mengandung pemanis buatan.

Lain hal bila kamu makan buah yang telah dikeringkan, maka dianjurkan hanya mengonsumsi 30 gram per hari karena sudah mengandung kadar gula tinggi juga kalori. Jika kamu ingin ngemil sehat dengan buah, kamu bisa memilih pisang yang didominasi vitamin B16, C serta kaya akan serat mengandung 90 kalori. Apel mempunyai banyak kandungan nutrisi seperti kalori, zat besi, kalsium, vitamin A, C serta air mengandung sekitar 95 kalori, jeruk dengan 65 kalori, serta kiwi sebesar 42 kalori. Buah-buahan ini bisa diolah menjadi salad segar dengan plain yoghurt atau dijadikan jus buah sebagai pengganti minuman lain saat sarapan.

Khasiat Beberapa Buah yang Bisa Kamu Coba

  • Blackberry. Jika kamu tidak mengonsumsinya secara langsung, kamu bisa mengeringkan buah beri hitam ini dan menambahkannya pada salad atau roti sesuai selera. Blackberry dengan warnanya yang gelap menandakan kaya akan antosianin dan antioksidan yang baik bagi jantung serta dapat menurunkan risiko kanker. Kaya akan vitamin A, C dan K yang berguna bagi sistem imun tubuh, serat dalam buah ini juga baik bagi proses pencernaan kamu.
  • Kismis. Sering dijadikan campuran roti atau hidangan lain, dalam setiap 100 gram-nya kismis mengandung 249 kalori dan mampu memenuhi 10 persen kebutuhan serat pada tubuh. Mengandung asam folat, vitamin C, karoten serta resveratrol bisa menurunkan risiko stroke. Antosianin yang ada di dalamnya bersifat antialergi, antiradang, antikuman juga antikanker.
  • Aprikot. Kaya akan serat, buah ini menjadi sumber vitamin A dan betakaroten yang baik untuk kesehatan. Aprikot yang telah dikeringkan pun memiliki nilai nutrisi yang baik dan tidak jauh berbeda dengan apricot segar, meski kandungan vitamin C lebih rendah. Aprikot juga sangat baik bagi kesehatan mata karena mengandung betakaroten tinggi.

Nata de Coco

Sumber gambar merdeka.com

Kudapan segar ini tergolong ke jenis makanan rendah kalori karena hanya berkisar pada 1,8 kalori sementara kolang kaling memiliki kadar 16,32 kalori. Makanan ini mengandung banyak serat, selulosa kadar tinggi yang bermanfaat dalam membantu pencernaan. Nata de coco mengandung kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B1, protein, dan air. Beberapa produsen juga menambahkan riboplavin, vitamin C dan mineral ke dalam produk nata de coco untuk menambah nutrisi.

Rendahnya kandungan gizi dalam nata de coco membuat makanan ini baik pula untuk penderita obesitas. Jika kamu ingin nata de coco yang sehat, sebaiknya menghindari olahan yang telah dicampur bersama sirup gula atau minuman manis lain dengan akdar kalori tinggi. Kombinasi ini malah bisa meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga kamu akan kehilangan manfaat nata de coco yang asli. Bila dikonsumsi berlebihan, makanan ini juga bisa mengakibatkan diabetes. Oleh sebab itu, kamu harus memerhatikan dengan baik takaran saji nata de coco per hari ya.

Oatmeal

Sumber gambar organicfacts.net

Satu lagi makanan rendah kalori yang saat ini sudah jadi bagian masyarakat bergaya hidup sehat, oatmeal. Oat sendiri adalah gandum utuh dan termasuk karbohidrat kompleks sehingga tubuh membutuhkan waktu lama untuk mencernanya. Dampak positifnya, oat bisa memberi rasa kenyang lebih lama sehingga kamu bisa terhindar dari ngemil tak sehat.

Makanan ini juga bisa jadi alternatif sarapan selain nasi dan roti. Oatmeal kaya akan serat dan tidak membuat kadar gula kamu terbang naik serta rendah kalori yang bisa membuat kamu mengonsumsi tanpa rasa bersalah. Setiap setengah cangkir oatmeal hanya mengandung sekitar 80 kalori saja dan bila kamu mengolah oatmeal polos sebanyak 250 gram dengan air, kalorinya hanya sekitar 160 kalori berserta 1,5 gram lemak. Semangkuk oatmeal yang kamu makan bisa mencukupi empat gram serat per hari dari total kebutuhan sebanyak 25 gram.

Selain itu, oatmeal juga bisa menurunkan berat badan lebih cepat loh, jadi sangat cocok untuk kamu yang sedang diet. Agar tidak terlalu hambar, kamu bisa mencampur oatmeal dengan susu segar atau buah-buahan favorit yang sehat.

Biskuit Gandum

Sumber gambar lazada.co.id

Biskuit jadi kesukaan banyak orang karena bisa jadi alternatif pengganjal perut di saat lapar. Banyak produsen makanan yang mengolah biskuit jadi kudapan lezat dan jika kamu ingin mengonsumsi biskuit enak dan sehat, cobalah biskuit gandum. Setiap keping biskuit gandum memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan dan jika dikonsumsi secara benar, kamu tidak jadi gemuk. Biskuit gandum mengandung karbohidrat kompleks dan bisa jadi sumber energi buat kamu yang memiliki segudang aktivitas. Untuk menyiasati rasanya yang tawar, kamu bisa menambahkan keju atau selai buah segar tanpa pemanis buatan.

Kamu bisa mencoba beberapa produk biskuit gandum seperti Roma Sari Gandum 240g. Rasanya enak dengan tekstur renyah, cocok ditemani secangkir teh hijau yang sehat. Setiap kepingnya memberi asupan sekitar 20 kkal dan bisa meningkat menjadi 30 kkal jika kamu menambahkan krim keju tawar. Untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang cukup, kamu hanya perlu mengonsumsi sekitar tiga hingga empat keping. Beli saja di Lazada seharga Rp 11.500.

Bagi kamu yang suka dengan rasa lain, hadir pula Biskuit Gandum Rasa Tuna. Biskuit ini mengandung protein yang bermanfaat bagi tubuh dengan total 160 kalori.

From our editorial team

Memperhatikan Kebutuhan dan Asupan Kalori

Meski sedang diet, kamu tetap butuh kalori loh dan walau terbatas, kamu juga masih diperbolehkan mengonsumsi kudapan yang sarat kalori seperti cokelat. Kuncinya adalah cermat dalam membatasi jumlah kalori yang diijinkan. Ada baiknya kamu berkonsultasi dengan ahli gizi untuk tahu takaran saji kudapan yang diperbolehkan. Selain itu, tetap bisa memilih makanan ringan yang rendah karbohidrat, kalori dan lemak. Jangan lupa berolahraga agar tubuh tetap bugar ya.