7 Rekomendasi Hadiah Coklat di Hari Spesial (2018)

7 Rekomendasi Hadiah Coklat di Hari Spesial (2018)

Perlambang kasih sayang dan cinta kasih. Dengan hadiah cokelat, momen Natal dan Tahun Baru akan menjadi lebih indah dan syahdu. Hadirkan keistimewaan itu di rumahmu.

Rekomendasi Hadiah Cokelat di Hari Spesial

Siapa yang tak suka cokelat? Kiranya akan sulit berkata tidak ketika kita mendapatkan hadiah berupa makanan hasil olahan dari buah kakao ini. Selain rasanya yang lezat, cokelat diyakini juga berkhasiat fisiologis, yakni mampu memperbaiki mood dan menyenangkan hati.

Karenanya banyak orang menjadikan cokelat sebagai hadiah hari raya khusus untuk orang-orang terkasih. Buktinya, produksi makanan dan minuman dari cokelat selalu lebih tinggi setiap bulan Februari. Di Jepang misalnya, para gadis biasa menyerahkan hadiah cokelat buat pria-pria pujaan mereka, sebagai ungkapan kasih sayang. Maka tidak salah jika Anda memilih untuk memberikan hadiah cokelat saat memperingati momen-momen suci, seperti Natal dan Tahun Baru. Natal dan Tahun baru adalah momen yang indah untuk berbagi hadiah cokelat kepada orang-orang terkasih.

Rekomendasi Hadiah Cokelat Istimewa

Sumber gambar www.chocolatepath.com

Anda termasuk pecinta cokelat? Tentu Anda tahu bahwa banyak jenis makanan hasil olahan cokelat yang ada di pasaran, seperti cake, kue kering, es krim, selai, dan lain sebagainya. Anda bebas memilih sesuai selera. Bisnis cokelat juga cukup menggiurkan karena tidak mengenal musim. Maka tidak heran jika banyak orang beralih terjun ke dunia bisnis kuliner berbahan dasar cokelat. Cokelat pun hadir dalam banyak rasa dan bentuk yang inovatif, seperti beberapa varian unik berikut ini.

Cokelat Buah

Banyak orang menyukai paduan rasa antara pahit dan manis khas coklat dengan rasa buah-buahan. Banyak varian cokelat rasa buah, seperti cokelat rasa stroberi, jeruk, mangga, dan sebagainya. Produsen satu dengan yang lain pun punya cara berbeda dalam memadukan unsur buah-buahan dalam varian cokelat.

Jika kamu ingin mencari cokelat berkualitas yang dibuat dengan sepenuh hati, Coklat Monggo bisa jadi pilihan bijak. Perusahaan cokelat yang dibangun oleh pria asal Belgia ini dikenal karena kualitas dan kelezatan berbagai varian rasa cokelatnya. Ada banyak pilihan, kamu bisa memilih bentuk cokelat batangan, hingga praline yang bermotif khusus di permukaannya. Tahu praline, kan? Itu, permen cokelat dengan macam-macam isian di dalamnya.

Perusahaan cokelat yang berdiri sejak 2001 ini memiliki produk unggulan terbaru, yaitu Coklat Monggo Coconut. Rasa gurih kelapa berpadu cokelat yang manis ini bisa kamu nikmati seharga Rp 48 ribu saja. Tak perlu jauh-jauh pergi ke Jogja untuk membelinya, kamu bisa memesannya lewat Tokopedia.

Kamu juga harus mencicipi varian Cramello Praline, yaitu cokelat susu dengan isian kacang mete. Varian rasa stroberi, durian, cokelat putih, mangga, cokelat susu, dan marzipan juga tidak kalah menggoda. Masih kurang? Rasakan kelezatan varian lainnya, seperti creamy chocolate, cranberry, extra dark chocolate, cafe mocha, salted peanut, honeycomb, coklat tugu, dan orange cocholate yang bisa kamu dapatkan melalui Blibli.com.

Mi Cokelat

Sumber gambar www.tokopedia.com

Pernah mencoba varian mi berbahan cokelat? Kalau belum, barangkali kamu patut mencoba mi cokelat unik ini. Nina Misnawati, salah satu produsen cokelat asal Bogor ini berinovasi dengan memadukan mi dan cokelat. Berbeda dengan mi yang biasa kita temui di pasaran, mi bikinan Mbak Nina ini telah melalui proses khusus sehingga mi bisa tercampur rata dengan adonan cokelat. Perpaduan ini menghasilkan tekstur mi yang renyah dan menggoyang lidah.

Saat ini belum banyak produsen cokelat yang berkreasi dengan mi. Jadi kalau kamu penasaran, sebaiknya pilih Nindira Mi Coklat, produsen varian cokelat unik ini. Kelezatan mi cokelat dari Nindira hadir dalam lima varian rasa, yaitu rasa susu, dark pekat, dark manis, green tea, dan stroberi. Mi cokelat Nindira berbentuk batangan, dalam satu kemasan dus kecil berisi 4 batang, harganya Rp 20.000 saja. Dua varian mi cokelat lainnya, yakni pangsit mi cokelat dan kukis mi cokelat dihargai sebesar Rp 50.000 per satu kemasan toplesnya.

Selain itu, Nindira juga memproduksi cokelat dengan bentuk-bentuk unik lainnya, seperti cokelat biji kopi yang dibanderol seharga Rp 50.000 per kemasan toples. Cokelat berbentuk hati, batangan, dan cokelat pipih berbentuk oval dengan harga Rp 60.000 per toples.

Kudapan unik yang menjadi salah satu makanan khas Bogor ini bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat. Berminat? Pesan sekarang juga lewat Tokopedia dan manjakan lidahmu dengan sensasi baru coklat khas Bogor.

Rujak Cokelat

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kalau kamu pernah tahu atau mencicipi es krim rujak, bagaimana dengan rujak cokelat? Pasti penasaran, kan? Cokelat rasa rujak ini tentu memunyai keunikan yang menggoda. Pedasnya rujak berpadu dengan manis dari cokelat akan memberikan sensasi rasa unik tersendiri.

Cokelat rujak ini merupakan hasil inovasi produsen asal Garut. Komposisinya sederhana, yakni campuran dari dodol rujak dan cokelat. Kemasan yang menarik menjadikan penganan ini cocok dijadikan hadiah untuk momen-momen spesial. Bahkan kalau mau, kamu bisa menjualnya kembali. Pasti jajanan ini belum ada di kotamu, bukan?

Selain Garut, baru Kota Subang yang punya produsen cokelat dengan varian serupa bernama Sari Kumetap. Keduanya pun dibanderol dengan harga yang sama, yaitu Rp 15.000 saja. Kunjungi laman tokopedia.com untuk mendapatkannya.

Fried Adamame Cokelat

Sumber gambar www.bukalapak.com

Produsen cokelat asal Jember, Jawa Timur, berusaha menciptakan rasa baru menggunakan bahan edamame atau kedelai. Hasilnya? Menggiurkan.

Tidak berbeda jauh dengan cokelat mete, varian dari kedelai goreng ini juga memiliki tekstur renyah. Selain nikmat, cokelat edamame produksi Fondre ini juga baik untuk kesehatan, loh. Kamu bisa menyantapnya di kala santai dan menjadikannya mood booster saat harimu buruk.

Fondre menghadirkan cokelat dalam berbagai vaian rasa, seperti Edamame in Milk Chocolate, Edamame in Dark Chocolate, Edamame and Oreo in Milk Chocolate, serta Edamame and Raisin in Milk Chocolate. Kalau sudah tidak sabar ingin segera mencicipinya, produk ini ada di Shopee.id dan dijual seharga mulai dari Rp 9.000 hingga Rp 35.000.

Kamu juga bisa langsung memesannya di www.cokelatedamame.com jika ingin mencoba varian lain, seperti Fried Edamame and Rice Crispy in Milk Chocolate yang renyah dan lezat. Tunggu apa lagi? Yuk, pesan sekarang.

Suwar Suwir Cokelat

Sumber gambar www.perutgendut.com

Satu lagi inovasi kudapan ringan dari Jember. Kali ini tape menjadi salah satu bahan camilan top tersebut, selain cokelat berbahan dodol. Suwar suwir adalah makanan ringan asli Kabupaten Jember. Terbuat dari tape (fermentasi dari singkong) yang diolah sedemikian rupa hingga berbentuk persegi panjang pipih berukuran 3-4 sentimeter.

Awalnya cokelat suwar suwir hanya memiliki 2 varian rasa, yakni cokelat dan vanili. Namun sejak tahun 2002, jajanan ini mulai dikreasikan dengan berbagai macam rasa buah, dan tampilannya dipercantik dengan berbagai warna. Kini ada banyak pilihan rasa, mulai dari durian, nanas, mangga, jeruk, apel, semangka, melon, anggur, pepaya, stroberi, sirsak, pandan, dan lain sebagainya.

Sekilas bentuknya mirip dodol, tetapi cokelat suwar suwir punya rasa lebih manis dan legit. Siapkan kocek Rp 26.000 dan buka laman Tokopedia untuk segera memesannya. Dan nikmati legitnya tape berpadu cokelat, camilan khas Jember ini.

Cokelat Bekatul

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Eits, kamu enggak salah baca, kok. Inovasi cokelat yang satu ini mungkin nyaris tidak terbayangkan. Bagaimana rasa cokelat dicampur dengan bekatul alias kulit ari beras? Salah satu produsen makanan asal Bandung berhasil membuat terobosan baru dalam pembuatan biskuit dari campuran bahan bekatul dan cokelat. Rasanya renyah dan berkhasiat baik untuk kesehatan.

Bekatul berbeda dengan dedak, loh. Bekatul merupakan sisa penggilingan atau penumbukan padi yang dihasilkan pada proses tahap kedua. Saat padi digiling, kulitnya yang biasa kita kenal dengan gabah akan terpisah dari bulirnya. Nah, bekatul adalah lapisan kedua setelah gabah yang berada tepat di permukaan endosperma beras.

Produk kreasi Bionic Farm, Bandung ini mengandung banyak serat, sehingga baik untuk pencernaan. Selain itu akan membuat siapa pun yang memakan biskuit ini merasa kenyang lebih lama, cocok dijadikan bekal ke sekolah atau kantor.

Kamu bisa mendapatkan varian biskuit cokelat sehat ini di Bukalapak seharga Rp 30.000 saja. Atau kunjungi www.elevenia.co.id jika ingin merasakan Kukis Bekatul Organic (Organic Rice Bran Cookies), cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp 23.000.

Berondong Cokelat

Sumber gambar www.brilio.net

Bandung memang kota kuliner, kamu bisa menemukan varian berondong berlapis cokelat yang berbentuk menyerupai permen lolipop ini. Berondong merupakan makanan khas Jawa Barat, terkenal sejak zamannya Kabayan dan Nyi Iteung. Orang asing biasa menyebutnya popcorn, biasanya menjadi camilan saat menonton film di bioskop.

Berondong tidak hanya terbuat dari jagung, melainkan juga beras. Berbalut karamel gula putih, makanan asal daerah Majalaya, Bandung Timur, ini memunyai rasa yang gurih sekaligus manis. Bentuk yang unik membuatnya mudah dikenali, ada yang menyerupai bola tenis dan potongan balok. Harganya pun terjangkau, mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 5.000 saja.

Kalau kamu ingin berkreasi sendiri, cobalah membuat popcorn rasa cokelat yang lezat. Caranya dengan menambahkan tiga sendok makan cokelat bubuk, satu sendok makan bubuk kakao dan seperempat sendok teh kayu manis, ke dalam mangkuk kecil. Aduk sampai rata. Untuk rasa yang lebih kuat, kamu bisa mencampurkan sedikit sirup cokelat. Tapi kalau tidak mau repot, langsung saja pesan cokelat ini di www.tokopedia.com.

Saat ini East Vali Cashews menawarkan popcorn cokelat dengan harga Rp 29.000 dan Rp 32.200.
Premium Popcorn Cacao ini berbahan baku jagung pilihan yang diolah bersama kacang mete kualitas terbaik dari kaki Gunung Agung di Bali. Kombinasi menggoda dari popcorn bersalut coklat yang manis dan kacang mete panggang ini tentunya bisa menambah keseruan kamu saat menonton film bersama teman-teman. Asyik!

Tips Menghadiahkan Cokelat di Hari Istimewa

Menghadiahkan makanan kreasi sendiri untuk orang terkasih memang memberikan kepuasan.Kerja kerasmu yang penuh cinta saat membuatnya, akan membuat si dia terharu saat menerimanya. Kalau kamu berencana menghadiahkan camilan cokelat bikinan sendiri, berikut sedikit tips memilih cokelat.

Pilih Cokelat yang Berkualitas

  • Pilih cokelat berkualitas baik
    Bahan baku yang dipakai akan memengaruhi kesempurnaan makanan. Untuk itu berhati-hatilah saat memilih cokelat. Cara paling sederhana untuk mengetahui cokelat yang baik adalah dengan mengecek kemasan untuk melihat komposisinya. Semakin tinggi persentase kakao, berarti semakin banyak kandungan lemak kakao yang baik untuk tubuh dan berarti kadar gulanya juga rendah. Pilihlah cokelat yang memiliki rasa pahit, seperti dark chocolate. Untuk mendeteksi kualitas cokelat kamu juga bisa memanfaatkan panca indera dengan memperhatikan langkah berikut.
  • Lihat cokelat baik-baik
    Cara lain mengecek kualitas cokelat adalah dengan memeriksa tampilannya. Cokelat masak batangan dengan kualitas baik memiliki warna mengilap di permukaan, tanpa retakan, gelembung udara, goresan, dan tidak ada serbuk putih menempel. Ciri-ciri ini mengindikasikan kalau cokelat masih segar. Meski dark chocolate dianggap sebagai cokelat paling baik ketimbang white chocolate dan milk chocolate, bukan berarti setiap dark chocolate itu pasti bagus. Kamu harus cermat, karena terkadang dark chocolate sengaja dimanipulasi agar warnanya tampak lebih hitam dengan cara memanggang biji kakao secara berlebihan. Warna hitam yang diperoleh dari cara seperti ini bukan disebabkan kandungan massa kakao yang tinggi dan warna dark chocolate yang baik haruslah polos. Kurang lebih menyerupai warna kayu mahoni yang kemerah-merahan.
  • Aroma
    Cokelat yang baik biasanya memiliki aroma khas nan klasik dan kompleks. Bila aroma terlalu kuat, kamu justru harus curiga karena bisa jadi sudah ditambah dengan bahan lain.
  • Suara dari cokelat yang patah
    Cara ini kurang lebih sama seperti saat memeriksa roti berkualitas apik. Saat cokelat berkualitas baik dipatahkan, biasanya akan menghasilkan bunyi yang nyaring.
  • Tekstur cokelat
    Cokelat dengan kualitas oke seharusnya tidak lengket, tetapi licin seperti porselain saat kita sentuh dengan tangan telanjang.
  • Rasa
    Lidah tidak akan berbohong. Ungkapan ini rasanya cocok jika dihubungkan dengan cara mengetahui cokelat berkualitas dengan indera perasa ini. Cokelat yang bagus akan lumer dengan mulus dalam mulut dan perlahan larut menjadi cairan kental. Sesaat setelah ditelan, aromanya akan tertinggal menjadi jejak, bukan rasa lengket yang menempel di langit-langit mulut. Kalau cokelatmu tetap hinggap di sana, bisa jadi disebabkan karena penggunaan lemak dalam proses pembuatannya. Lemak yang digunakan bisa berasal dari kakao asli atau lemak pengganti. Biasanya, jika menggunakan lemak kakao asli, maka harga cokelat akan lebih tinggi dan berkualitas premium.

Cokelat dengan Lemak Baik itu Sehat

Sumber gambar www.huffingtonpost.com

Cokelat yang baik menggunakan cocoa butter dan bukan lemak trans. Cocoa butter merupakan sumber asam stearate menyehatkan jantung. Pemerintah Amerika Serikat melarang produsen cokelat untuk menjual produk mereka kecuali mengandung cocoa butter sebagai salah satu bahannya. Namun masih diperbolehkan jika menggabungkan cocoa butter dengan minyak murah atau emulsifier.

Agar kamu tidak terjebak cokelat palsu, sebaiknya amati kemasan dengan seksama. Perhatikan apabila tertulis “partially hydrogenated”, yang berarti lemak trans. Lemak ini berkaitan dengan penyakit jantung. Hindari cokelat yang terlalu banyak mengandung gula, karena selain rasa otentik yang hilang, kandungan ini juga berbahaya bagi kesehatan. Pilihlah cokelat yang tidak banyak mengandung bahan tambahan seperti fruktosa, sirup jagung, dan lemak yang terhidrogenasi (hydrogenated fat).

Baca Kemasan dengan Seksama

Sumber gambar www.amazon.com

Seperti sudah disinggung sebelumnya, dark chocolate diklaim sebagai bahan baku paling baik ketimbang jenis lainnya. Hal ini disebabkan kandungan kakaonya yang tinggi, tidak seperti jenis cokelat putih. White chocolate kurang cocok menjadi bahan makanan, karena mengandung gula dan susu, sehingga kadar lemak jenuhnya tinggi yang berarti kurang sehat. Meski dark chocolate memiliki rasa lebih pahit, ini justru pertanda baik karena mengindikasikan kandungan kakao yang lebih banyak, sekitar 60%-85%. Antioksidan dan kandungan gizi lain pada cokelat sebagian besar berasal biji kakao.

Kamu harus menghindari cokelat berlabel "dutch chocolate" atau yang diproses dengan alkali. Metode ini mengurangi kandungan flavanol dalam cokelat. Flavanol adalah zat yang membuat rasa cokelat semakin pekat, jika melalui proses tersebut maka kadarnya akan berkurang bahkan hilang.

Cokelat memang cocok dan mudah dikombinasikan dengan bahan apa pun, baik itu untuk makanan maupun minuman. Banyak penggemar rasa manis yang mencampurkan minuman cokelat dengan marshmallow untuk mendapatkan sensasi membahagiakan. Kalau kamu juga ingin membuatnya, sebaiknya memilih cokelat bubuk berkualitas baik.

Pilihlah cokelat bubuk yang tidak melalui proses bernama "dutch process". Cara mendeteksinya cukup mudah, perhatikan warna bubuknya. Cokelat bubuk yang melalui dutch process biasanya memiliki warna lebih gelap ketimbang cokelat bubuk alami. Sebuah studi dalam Journal of Agriculture Food Chemistry menunjukkan bahwa kandungan flavanol pada cokelat alami sembilan kali lebih besar dari jenis cokelat olahan. Kamu sebaiknya tidak sering-sering mengonsumsi cokelat yang memiliki keterangan “dutch process” pada kemasan, sebab istilah tersebut merujuk pada cokelat olahan yang secara substansial mengurangi senyawa jantung-sehat.

Kamu juga sebaiknya tidak mencampur susu ke dalam minuman cokelat atau makan cokelat sambil minum susu. Mengapa? Kandungan lemak yang tinggi dalam susu dapat menghambat penyerapan antioksidan dalam tubuh dan ini disayangkan karena justru kandungan kakao terbaik tersebut yang kita butuhkan. Selain itu, sebaiknya konsumsi cokelat dalam jumlah kecil. Cukup sekitar 15-30 gram dalam satu kali makan serta jangan lupa untuk melakukan olahraga teratur agar energi yang masuk dan keluar bisa seimbang.

Cara Membuat Hadiah Cokelat yang Istimewa

Cokelat dapat diolah menjadi beraneka ragam bentuk makanan, minuman, produk kesehatan, bahkan kecantikan. Kreasi cokelat pun tidak ada habis-habisnya dikulik. Nah, bila kamu tertarik untuk membikin varian cokelat sendiri dan menjadikannya hadiah, simak panduan untuk membuat cokelat praline berikut.

Sumber gambar youtube.com

Bahan yang Disiapkan

Untuk membuat cokelat praline, berikut alat dan bahan yang harus dipersiapkan:

  • 50 Gram cokelat compound. Bisa lebih banyak sesuai kebutuhan. Cokelat compound merek Mercolade ini bisa kamu beli di Shopee seharga Rp 55.000 per kilogram.
  • Pasta makanan atau pewarna makanan (opsional). Pastikan hanya menggunakan pewarna berkualitas, seperti Pewarna Kue dan Makanan Cap Koepoe yang bisa diperoleh di Tokopedia dengan harga Rp 12.500.
  • Selai untuk isi. Kamu bisa menambah isian sesuai selera, seperti cokelat nutella, stroberi,, bluberi, dan sebagainya
  • Cetakan. Bisa memakai cetakan khusus atau cetakan es batu. Jika dimaksudkan untuk hadiah, sebaiknya kamu menggunakan cetakan dengan bentuk unik agar tampilan cokelat praline-mu lebih menarik.
  • 1 Panci ukuran sedang dan 1 mangkuk, sebaiknya yang tahan panas. Pilihlah panci atau mangkuk berbahan stainless steel karena baik untuk mengolah makanan.
  • Paning pag atau plastik segitiga. Kamu bisa menggunakan plastik bekas gula atau sejenisnya, lalu menggunting sedikit bagian ujungnya. Jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dulu, ya.

Cara Pembuatan

Sumber gambar www.swisseducation.co.uk

Setelah semua alat dan bahan sudah siap, kini saatnya beraksi di dapur. Awali dengan menyiapkan mood yang tepat, karena membuat praline cokelat harus dengan perasaan gembira. Oke, sekarang mari kita mulai.

  • Langkah pertama, pastikan cetakan yang akan kamu gunakan sudah bersih.
  • Kedua, panaskan panci yang sudah berisi air. Tunggu hingga suhunya cukup tinggi, kemudian letakkan mangkuk di atasnya. Masukkan cokelat batangan yang sudah dipotong-potong dan aduk hingga meleleh. Cara melelehkan cokelat dalam mangkuk ini disebut juga dengan "air mandi". Patut diingat, jangan mencairkan cokelat langsung saat suhu air sudah panas. Bisa-bisa cokelatmu jadi lengket dan tidak bisa dipakai.
  • Setelah cokelat meleleh, kamu tinggal memasukkannya ke dalam cetakan yang sudah disiapkan di awal tadi. Cukup separuh saja, lalu ketuk-ketuk agar cokelat merata, sisakan sebagian yang lain untuk penutup. Kemudian simpan dalam lemari es dan dinginkan selama kurang lebih 3 menit hingga sedikit membeku.
  • Siapkan plastik segitiga dan isi dengan bahan selai yang sudah tersedia. Jangan lupa untuk memotong sedikit bagian ujungnya, lalu masukkan selai sesuai dengan selera. Bila kurang menyukai selai, kamu bisa menggantinya dengan buah kering atau kacang panggang. Bagi kamu penyuka nutella, boleh banget loh menambahkan bahan ini. Kamu bisa memesan Nutella Selai Kacang dan Coklat melalui www.bukalapak.com seharga Rp 38.000 dalam kemasan 200 gram.
  • Ambil cokelat dalam cetakan yang sudah agak membeku tadi dari lemari es, lalu isi dengan selai sesuai porsi yang diinginkan. Tutup dengan lelehan cokelat yang tersisa dan dinginkan kembali ke dalam freezer selama kurang lebih 5 menit atau hingga membeku dan keras sempurna.
  • Setelah itu, baru keluarkan cokelat dari cetakan, dan praline kamu siap disajikan. Sebagai pemanis, kamu boleh menghias cokelat buatan tangan ini dengan lelehan cokelat putih atau cokelat yang sudah diberi pewarna makanan.

Bungkus dengan Cantik

Sumber gambar couponclippingcook.com
  • Kamu bisa menggunakan mason jar atau botol selai. Sesuaikan dengan ukuran cokelat yang akan dimasukkan. Cucilah mason jar hingga bersih dan pastikan kering sebelum kamu masukkan cokelat ke dalam botol. Jangan lupa bungkus cokelat dengan alumunium foil khusus makanan, ya. Kalau tidak punya mason jar, kamu bisa membelinya di Bukalapak seharga Rp 32.500 untuk ukuran 300 miligram. Sudah termasuk tutup toples dan seal berbahan seng dengan warna perak.
  • Tutup botolmu dengan kain bersih. Kamu bisa berkreasi dengan corak kain, lho. Kalau teman atau pasanganmu suka dengan warna biru, gunakan kain berwarna biru laut dengan motif polkadot. Atau bisa juga membalutnya dengan kain bercorak bunga sakura agar tampak lebih cantik. Bila punya ide tak terbatas, kamu bisa membeli kain kanvas dan membubuhkan ucapan di atasnya, melukis sendiri corak kainnya.
  • Untuk tampilan lebih memukau, kamu bisa menambahkan bunga artifisial dari berbagai macam bahan, seperti flanel dan lainnya di permukaan tutup botol. Percanik dengan hiasan pita kecil di tepian tutup botol. Supaya merekat kuat, kamu bisa menggunakan lem tembak. Tambahkan pita besar dengan warna perak atau keemasan sebagai sentuhan akhir pada badan botol bila ingin lebih indah. Voila! Coklat cantik nan lezat sudah siap dihadiahkan!
From our editorial team

Yuk bikin cokelat praline sendiri!

Kamu tidak perlu ragu untuk segera berkreasi membuat cokelat praline sendiri di rumah. Tidak membutuhkan banyak biaya, kamu hanya perlu meluangkan waktu dan inisiatif untuk membuatnya. Segera siapkan bahan-bahannya. Dengan biaya kurang dari Rp 200.000, kamu sudah bisa menghadiahkan cokelat istimewa di hari Natal dan Tahun Baru kepada orang-orang tercinta. Murah, bukan?