Jangan Bingung di Hari Valentine, Ini Cara Membuat Coklat Valentine Murah dan Mudah (2017)

Jangan Bingung di Hari Valentine, Ini Cara Membuat Coklat Valentine Murah dan Mudah (2017)

Hi readers, tak terasa hari Valentine sudah di depan mata! Karena Valentine identik dengan coklat, hadiah berupa coklat bisa jadi salah satu pilihan yang tepat. Nah, kamu bisa memberi hadiah coklat buatan sendiri agar hari Valentine kamu bisa menjadi semakin manis. Mau tahu cara membuatnya? Simak artikel BP-Guide berikut

Valentine Identik dengan Cokelat

Bicara soal Valentine's Day, siapa sih yang enggak kepikiran tentang cokelat? Ya, di hari kasih sayang tersebut, cokelat sudah jadi makanan yang wajib hadir. Bahkan, Valentine's Day sudah identik dengan cokelat sampai-sampai jadi tanda cinta buat orang yang dikasihi.

Secara historis sebenarnya tidak ada hubungan khusus antara cokdlat dengan perayaan Valentine. Tapi memang ada beberapa faktor sosial dan sains yang membuat orang senang memasangkan Valentine dengan pemberian cokelat. Salah satu sumber mengatakan bahwa sejak zaman dahulu, cokelat menjadi lambang rayuan dan menjadi barang yang memiliki citra eksklusif. Ini karena cokelat merangsang pelepasan hormon serotonin yang menghasilkan efek nyaman, rileks, dan memicu rasa bahagia.

Sebelum ada produksi massal, cokelat juga berkesan eksklusif karena harganya mahal dan hanya bisa dinikmati kalangan berduit. Jadi mungkin karena itulah orang memberikan cokelat yang dianggap eksklusif kepada orang yang sangat spesial. Bahkan di Jepang, berkembang kultur populer yang mewajibkan remaja putri memberikan cokelat pada remaja pria di hari Valentine, lho!

Ingin Lebih Spesial? Buat Sendiri Cokelat Valentine Kamu

Sumber gambar www.groupon.com

Sebagian orang pasti berpikir bahwa membeli cokelat yang diproduksi massal saja sudah istimewa. Kalau begitu, apalagi cokelat yang buatan sendiri. Tentu akan lebih spesial dibanding cokelat yang beredar di pasaran, bukan? Cokelat buatan sendiri mewakili kesungguhan hati si pembuat untuk memberikan cokelat yang spesial untuk orang yang dikasihi. Di dalamnya juga terkandung kerja keras untuk menyenangkan orang yang disayang.

Tapi, bagaimana kalau kamu tidak jago masak dan belum pernah membuat cokelat sendiri? Kamu bisa kok mulai dengan membuat cokelat praline yang mungil dan terlihat cute. Selain cokelat tersebut sama romantisnya dengan memberi bunga atau hadiah lain, biaya yang kamu keluarkan untuk membuat cokelat sendiri juga lebih hemat. Jadi tidak ada lagi kata bokek setelah Valentine!

Tips Membuat Cokelat Valentine yang Mudah dan Murah

Sumber gambar www.openhandweb.org

Membuat cokelat Valentine sendiri bisa dibilang lumayan mudah. Banyak resep yang bisa kamu ikuti agar cokelat buatanmu berhasil dengan citarasa lezat. Yang penting kamu tahu cara membuat cokelat Valentine yang mudah dan benar, itu saja sudah bisa menghasilkan cokelat yang spesial buat orang terkasih.

Sebelum mulai membuat cokelat valentine, kamu harus tahu bahan-bahan untuk membuatnya, dan mempersiapkan yang paling pas untuk jenis cokelat valentine yang kamu mau. Bahan cokelat Valentine bisa dibuat dari dark cooking chocolate atau dari bubuk kakao. Dark cooking chocolate memang ditujukan untuk diolah kembali menjadi berbagai jenis makanan berbahan dasar cokelat, salah satunya ya cokelat valentine ini. Di pasaran, dark cooking chocolate biasanya sudah mengandung gula dan/atau susu, sehingga rasanya lebih enak untuk langsung dimakan.

Berbeda dengan bubuk kakao yang masih pahit dan merupakan sari pati cokelat asli. Meski bisa juga digunakan untuk membuat cokelat valentine, prosesnya akan lebih rumit dan kompleks. Memang, bubuk kakao lebih banyak digunakan sebagai bahan kue dan sejenisnya. Jadi, demi kemudahan para pemula yang ingi membuat cokelat Valentine, sebaiknya gunakan dark cooking chocolate.

Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

Bahan dasar untuk membuat cokelat Valentine yang baik adalah dark cooking chocolate. Untuk jenisnya apakah itu dark chocolate, white chocolate, atau milk chocolate dan sebagainya, tentu tergantung tema dan konsep yang kamu inginkan. Tapi tenang aja, kamu enggak perlu bingung, berikut ini ada beberapa panduan untuk memilih bahan cokelat batangan yang paling pas buat cokelat kreasimu nanti.

Nah, cokelat batangan yang banyak dijual biasanya terdiri dari 2 jenis, yaitu cokelat compound dan cokelat corverture. Perbedaannya, cokelat compound memiliki kadar lemak cokelat yang rendah, sementara cokelat coverture memiliki kadar lemak cokelat yang tinggi. Di pasaran, harga cokelat compound yang per kilo-nya sekitar Rp. 36.000 lebih murah dari cokelat couverture yang per kilo-nya mencapai Rp. 88.000. Soal rasa, tentu cokelat courverture lebih lezat dan kaya rasa daripada cokelat compound. Cokelat compound maupun couverture aneka merek bisa kamu dapatkan di laman Tokowahab.com.

Selanjutnya, kamu juga harus memahami jenis cokelat menurut rasa yang dimilikinya. Jika kamu pergi ke toko bahan kue, kamu akan menemukan Milk Chocolate, White Chocolate, Dark Chocolate, dan Ekstra Dark Chocolate dengan harga dan merk bervariasi. Milk Chocolate punya banyak kandungan susu, sehingga rasanya manis dan beraroma susu. White Chocolate rasanya manis dengan hanya sedikit aroma susu, tapi sama sekali tidak pahit. Dark Chocolate dan Ekstra Dark Chocolate rasanya sangat mirip biji cokelat murni, sedikit pahit tapi cenderung digemari para penikmat cokelat sejati. Semua jenis cokelat dengan cita rasa berbeda-beda ini bisa kamu beli di Wormtaleshop.com.

Sesuaikan Cokelatmu dengan Tema Valentinemu

Sumber gambar favim.com

Sesuai dengan tema atau konsep yang sudah kamu siapkan, pilih bahan cokelat yang paling pas agar menghasilkan cokelat Valentine yang sempurna.

Siapkan bahan Milk Chocolate jika kamu hendak membuat cokelat Valentine yang akan langsung dimakan. Cokelat ini sudah mengandung susu dan manisnya pas untuk langsung disantap oleh orang dewasa dan anak-anak. Cokelat stik atau cokelat lolipop cocok dibuat menggunakan cokelat ini karena teksturnya mudah dibentuk dalam cetakan. Tapi kamu harus hati-hati agar tidak melelehkannya terlalu lama sebab cokelat ini suhu lelehnya rendah, jadi mudah hangus.

Kalau kamu memilih tema Hello Kitty dan butuh cokelat yang pas untuk membuat karakterk kucing lucu tersebut, siapkan Dark Chocolate yang lebih kokoh setelah dibentuk. Tekstur dark chocolate yang padat sangat cocok untuk cokelat yang bentuknya lebih rumit karena bisa mempertahankan bentuk dan tidak mudah melelh di suhu yang lebih tinggi. Siapkan pula cokelat warna untuk hiasannya seperti mata, hidung, kumis, mulut, pita dan baju. tentu yang beda warna dengan dark chocolate.

Setelah memilih bahan cokelat yang pas, jangan lupa selalu memeriksa tanggal kadaluarsa, mencicipi sedikit apakah manisnya sudah pas dan mengawasi suhu pelelehan cokelat. Selain itu pasti kamu harus perhatikan keterangan yang tertera pada produk cokelat batangan yang akan kamu gunakan, apakah cocok untuk cokelat praline atau untuk cokelat dekorasi.

Cara Membuat Cokelat Valentine yang Murah dan Mudah

Sumber gambar thelunacafe.com

Kalau kamu sudah menentukan tema yang ingin kamu pakai dan mempersiapkan bahan-bahannya, kini saatnya kamu mengetahui garis besar cara atau langkah-langkah untuk membuatnya.

  • Pertama, siapkan dan kumpulkan semua bahan-bahan yang kamu butuhkan.
  • Selanjutnya, tentukan jenis cokelat yang sesuai dengan tema atau bentuk cokelat yang akan kamu buat.
  • Kemudian setelah cokelat dasar siap, saatnya melelehkannya sebelum dibentuk.
  • Setelah mencapai tingkat kelelehan yang pas, masukkan cokelat ke dalam cetakan. Tentu kamu harus memilih cetakan yang sesuai tema.
  • Saat cokelat sudah tercetak, kini saatnya memaksimalkan kreasi. Hiaslah cokelat sesuai seleramu.
  • Selesai dihias, saatnya memasukkan cokelat ke dalam kulkas.
  • Terakhir, setelah cokelat dingin dan keras, kamu bisa melakukan finishing terakhir untuk mempercantik cokelatmu. Kamu bisa memberi glaze atau lapisan pengilap kalau suka. Jika tidak, kamu bisa lanjut ke proses membungkus sebelum kamu berikan pada si dia.

Kalau kamu mau membuat coklat yang lebih istimewa dan sedikit lebih susah, kamu boleh menyimak video berikut.

Cokelat Leleh dan Pencetakannya

Sumber gambar www.lovethispic.com

Proses selanjutnya setelah pelelehan adalah pencetakan. Proses ini relatif mudah, tinggal tuang cokelat ke cetakan yang sudah kamu siapkan sesuai dengan tema dan konsepmu. Kamu bisa cari cetakan yang sesuai keinginan dan budgetmu di toko bahan kue terdekat. Toko bahan kue juga bisa memberi saran cetakan cokelat bahan apa yang cocok dengan jenis cokelat yang akan kamu buat. Tapi seandainya kamu tidak menemukan cetakan yang sesuai seleramu, kamu harus sedikit putar otak dengan memanfaatkan apapun bentuk cetakan yang ada. Coba saja mengombinasikan dua atau lebih cetakan untuk menghasilkan bentuk yang kamu inginkan and be creative!

Di pasaran, ada beberapa jenis cetakan yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • Cetakan Metal. Cetakan yang terbuat dari metal ini tahan lama, namun sulit didapat. Selain itu perawatannya juga susah dan mudah berkarat. Sebaiknya tidak memilih cetakan ini.
  • Cetakan Polycarbonate. Cetakan yang dibuat dari bahan polycarbonate ini memudahkan kamu untuk melihat bagian bawah cokelat karena bahan cetakan ini transparan. Jadi kamu bisa tahu apakah sudah waktunya melepas cokelat atau belum. Bahan ini juga dikenal tahanlama, sehingga sangat disarankan untuk menggunakan cetakan berbahan ini.
  • Cetakan Plastik. Kalau menyasar harga murah dan bentuk yang variatif, cetakan plastik bisa jadi pilihan. Sayangnya cetakan ini relatif tidak tahan lama.

Jangan Ragu Maksimalkan Kreativitasmu

Sumber gambar www.wowcher.co.uk

Pada proses pencetakan pula, kamu bisa berkreasi lebih lanjut terhadap cokelat valentine kamu agar makin dekat dengan tema dan konsep yang kamu siapkan sebelumnya. Di sinilah proses filling, topping, dan desain bisa dikembangkan lebih lanjut.

Kalau kamu ingin cokelat kacang, coba deh memasukkan kacang yang telah dihancurkan ke dalam cetakan cokelat kamu sebagai filling. Selain kacang, kamu juga bisa memasukkan almond, hazelnut, mete, dan jenis kacang lain yang paling kamu suka. Jangan lupa untuk memanggang kacang-kacang tersebut terlebih dahulu ya. Kamu juga bisa memilih untuk mengisi cokelat dengan kismis, selai buah, buah kering, selai strawbery, selai kacang, kelapa kering, madu, dan berbagai bahan lainnya.

Ingin berkreasi dengan topping? Mudah, caranya, buatlah outline di cetakan terlebih dahulu sebelum cokelat dimasukkan ke dalam cetakan. Cara membuat outlinenya, kamu bisa mengugnakan cokelat dekorasi yang sangat mudah cair dan cepat mengeras. Lelehkan cokelat dekorasi, kemudian masukkan ke dalam plastik lalu gunting ujungnya sedikit. Setelah itu, tekan plastik agar cokelat dekorasi keluar dari ujung plastik dan siap kamu gunakan untuk membuat outline sesuai selera.

Apa yang harus diperhatikan dalam membuat coklat valentine

Untuk diingat kembali, ada beberapa poin penting yang menentukan keberhasilanmu dalam membuat cokelat valentine impianmu. Tak peduli bagaimana cara membuat cokelat valentine yang paling pas untuk tema dan konsepmu, jika hal-hal penting berikut terlupakan, maka hasil akhir cokelat valentine-mu tak akan maksimal.

Yang harus kamu perhatikan saat berkreasi dengan cokelat valentine:

  • Jika ingin membuat cokelat praline, biasakan untuk memotong-motong coklat batangan terlebih dahulu sebelum ditim. Ini akan mempercepat proses pelelehan.
  • Proses pelelehan dengan cara ditim harus memperhatikan tetes air. Jangan sampai tetes air masuk ke cokelat.
  • Jika mendinginkan cokelat dalam freezer kulkas, 2-5 menit saja sudah cukup. Kalau terlalu lama, cokelatmu bakal mengeras seperti batu dan sulit dikeluarkan dari cetakannya.
  • Jangan melepas cokelat dari cetakan jika belum keras benar. Melakukan hal itu akan membuat cokelat retak atau bahkan patah.
  • Cokelat putih mudah sekali leleh. Jadi, tak perlu mendidihkan di atas kompor, cukup taruh wadah berisi cokelat putih di atas air panas.
  • Jangan menyimpan cokelat di bawah terik matahari langsung. Cokelatmu pasti meleleh, bahkan rasanya bisa berubah karena cahaya matahari bisa mengubah susunan kimiawi cokelat.

Penyajian Spesial untuk Cokelat Valentine Spesial

Sumber gambar www.ghyslain.com

Setelah semua usaha keras kamu untuk membuatkan cokelat buat orang terkasih, kini saatnya menyiapkan cokelat valentine kamu lewat sebuah penyajian yang juga penuh kasih sayang--dan romantis jika untuk pacar. Meski harga cokelat yang kamu buat tidak begitu mahal, namun dengan sentuhan bungkus kado yang indah, dan elegan, maka pemberianmu akan terlihat lebih berkelas.

Seperti biasa, kamu bisa membeli gift box yang sudah jadi dan dihias lengkap. Kalau kamu tidak ingin repot, Tokopedia.com menyediakan gift box aneka warna, bahan dan ukuran dengan harga mulai dari Rp 7.500,00 per kotaknya. Tapi kalau kamu ingin membuat gift box kreasi pribadi, Tokopedia.com juga menyediakan beragam pita pembungkus kado yang bisa kamu beli mulai dari harga Rp 750,00 per meter dan kertas kado aneka motif seharga mulai Rp 1.150,00 per lembarnya.


Iringi Cokelat Istimewa dengan Kata-kata Cinta Istimewa

Sumber gambar www.india.com

Cokelat valentine sudah siap. Gift box-nya pun sudah dibuat semenarik mungkin. Penyajian sudah disiapkan sedemikian rupa agar si dia bisa menikmati lebih lagi cokelat yang kamu buat dengan tulus. Lalu apa lagi? Satu yang masih kurang, yaitu ucapan istimewa yang melengkapi isi hatimu di hari valentine ini. Bagaimana kalau kamu sudah menuliskan dekorasi berbunyi "I Love You" di cokelatmu? Tak masalah, kamu bisa memberikan ucapan yang senada tapi kata-katanya bisa kamu variasikan.

Beberapa contoh ucapan romantis yang bisa kamu berikan antara lain:

  • Tanpa hadirnya dirimu hari valentine akan terasa tidak istimewa, aku sangat menyayangimu. Hati ini selalu berbunga-bunga yang menebarkan warna cinta nan indah. I LOVE U sayangku.
  • Sayang..!! kamu taukan besar cintanya romeo kepada Juliet..? tapi rasa cinta dan sayang aku ke kamu jauh lebih besar dibandingkan mereka.
  • Cinta dan coklat sama-sama dinikmati. Jika cinta tidak ada apakah cokelat masih manis?
From our editorial team

Best Gifts of Love are from The Heart

Semoga sederet tips, trik dan resep dari BP-Guide bisa membantu kamu yang ingin menyajikan cokelat spesial buatan sendiri di hari valentine, ya. Ingat, tidak ada salahnya belajar dengan proses trial and error, yang penting kamu mau berusaha sepenuh hati. Dijamin pasangan tercinta pasti bisa menghargai perjuanganmu memberikan cokelat buatan sendiri untuk merayakan Valentine bersama. Happy Valentine dear readers dan sampai jumpa di kesempatan istimewa yang lain!

Tag