Cara Membungkus Kado Kotak yang Cantik dan Kekinian Di 2018

Cara Membungkus Kado Kotak yang Cantik dan Kekinian Di 2018

Bagi sebagian orang, membungkus kado kotak tidak selalu mudah. Kalau kamu tergolong orang yang demikian, berikut cara membungkus kado kotak agar terlihat cantik dan kekinian yang telah BP-Guide rangkum!

Cara Membungkus Kado Kotak yang Cantik

Ketika memberikan kado kepada seseorang, maka kita akan berusaha untuk membungkusnya dengan cantik. Dari bungkus kado yang terlihat menarik, tentu hal tersebut akan membuat sang penerima kado menjadi lebih senang dan mengantisipasi apa gerangan isi kado yang kita berikan.

Meskipun demikian, tak jarang pula banyak orang yang merasa membungkus kado merupakan hal cukup sulit. Beberapa toko banyak yang menawarkan jasa langsung membungkus hadiah setelah dilakukan pembayaran barang di kasir.

Beragam cara dikreasikan untuk membungkus kado, mulai dari hanya memberikan kotak yang cantik, membentuk hadiah menjadi beraneka macam hewan dan bunga hingga memberikan hiasan tambahan yang dapat membuat kado tampak semakin menarik.

Supaya Lebih Simpel, Kado Kotak Lebih Sederhana untuk Dibungkus Kado

Kadang kala sesuatu yang simple malah akan menunjukkan kesan elegan. Kreasi membungkus kado yang paling sering diaplikasikan adalah membungkus kotak. Kotak yang dipakai juga beragam. Kita dapat membungkus kado dengan kotak yang cantik yang memiliki desain cantik hingga kotak bekas pembungkus yang kartonnya cukup keras dapat kita manfaatkan.

Jika kita memanfaatkan kertas karton bekas pembungkus makanan/sereal maka kita dapat melapisi hadiah kita dengan kertas kado. Kita dapat memilih motif kertas kado sesuai dengan selera orang yang hendak kita beri hadiah. Misalkan kita ingin memberikan kado kepada adik, maka motif kertas kado yang desainnya lucu dapat kita pilih.

Sisipkan pula secarik kertas yang berisi kata-kata indah untuk menambah nilai personal pada kado. Mungkin kado yang dibungkus dengan kertas kado kelihatan cukup simple, akan tetapi kita juga dapat menghiasnya dengan beragam bentuk mulai dari bentuk seperti kipas, permen, dan bentuk lainnya. Penambahan pita dan aplikasi bunga dapat pula kita tambahkan untuk mempercantik kado kita.

Ada Banyak Cara untuk Mempercantik Kado Bentuk Kotak

Jika kamu ingin mempermanis tampilan kadomu agar lebih menambah nilai wah, maka kamu dapat menerapkan beragam cara. Mulai dengan menambahkan stiker di depan kadomu. Jika kamu pernah melakukan foto stiker bersama sahabatmu tentu foto stiker yang belum termanfaatkan dapat kamu tempelkan ke kado untuk sahabatmu.

Kamu juga bisa memberikan pesan-pesan manis pada kadomu. Kamu dapat berkreasi dengan potongan kertas yang membentuk hati lalu kamu lipat menjadi dua. Setengah dari hati kamu bisa tempelkan di atas kado kamu dengan menuliskan pesan singkat nan mengena dan setengah hati lainnya dapat kamu manfaatkan menjadi tutup.

Hiasan kado yang paling sering ditemui adalah membuat tali mengelilingi kado. Di ujung tali disimpul menjadi bentuk pita yang cantik. Kadomu juga bisa kamu tambahkan barang-barang lama yang sudah tidak kamu pakai lagi. Misalkan gantungan kunci mungil dapat kamu copot dan pasang diantara pita. Hiasan lainnya adalah menambahkan pita yang ukurannya lebih besar. Aplikasi pita juga dapat kita beli di toko pernak pernik dan tugas kita hanya tinggal mengelemnya.

Hiasan dan Ornamen Cantik akan Membuat Kado Lebih Menawan

Berkreasilah dalam membungkus kado. Kertas kado tidak hanya bisa membungkus bentuk segi empat polos. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan dengan kertas kado adalah menambahkan ornament cantik diatas kado kamu. Kamu bisa saja membungkus kado kamu dengan kertas kado berwarna polos, lalu kamu hias dengan kertas kado lain. Semisal kamu punya kertas kado dengan motif bunga-bunga yang cantik, maka kamu dapat menggunting bunga-bunga tersebut dan menatanya pada kado yang kamu bungkus kertas kado polos tadi.

Jika kamu cukup terampil dalam membuat bunga dari pita kado, kamu dapat membuat bunga untuk hiasan kadomu. Jika kamu kurang terampil dalam berkreasi dengan kertas kado, maka bunga segar di pekaranganmu dapat kamu manfaatkan juga sebagai ornament penghias kadomu. Alternatif lainnya adalah menggunakan bros berbentuk bunga untuk menghias kadomu.

Ini Dia yang Harus Dipersiapkan dalam Membungkus Kado Kotak

Tentu Saja Kotak Kado

Ditempat yang menyediakan barang-barang untuk kado dan souvenir biasanya juga menjual kotak. Jika memang kamu ingin membungkus kadomu dengan kotak, maka sebaiknya ketika kamu membeli kado sekalian membeli kotaknya. Dengan cara tersebut kamu dapat langsung mencoba kotak kado tersebut dan memilih yang paling pas sebagai tempat kadomu.

Jika kamu suka berkreasi, tentu saja kamu juga bisa berkreasi membuat kotak kado sendiri. Bahan utama kotak kado biasanya kertas karton yang berukuran tebal, dilem dengan kertas kado.

Apa Tema yang Digunakan

Dalam pemilihan kado, tentu penting untuk memperhatikan tema yang ada. Tema tersebut bisa saja tema pesta atau perayaan yang hendak kamu hadiri atau mungkin tema moment yang akan kamu berikan kado.

Misalkan saja orang tuamu akan merayakan hari jadi pernikahan mereka. Mungkin tidak ada perayaan besar hanya makan malam bersama anggota keluarga. Kamu bisa saja memberikan hadiah sepasang kimono handuk yang sangat cocok dipakai ayah dan ibumu.

Contoh lainnya, misalkan temanmu mengundangmu menghadiri pesta ulang tahunnya yang berkonsep bahari. Maka selain kamu berpakaian seperti sedang pergi ke pantai kamu juga bisa membawa kado yang dibungkus dengan kertas kado bermotif ikan, kerang, laut, ikan duyung, atau kapal.

Teknik Membungkus Kado

Sumber gambar lifestyle.liputan6.com

Beragam cara untuk membungkus kado, Kamu bisa menyimak video dibawah ini untuk melihat bagaimana lihainya orang jepang membungkus kado yang simple tapi tetap menghasilkan kado yang elegan. Jika diamati, tentu cukup mudah untuk kamu tiru dalam membungkus kadomu. Hanya lipatan-lipatan kertas kado sederhana yang dibantu plester lalu dihias dengan bunga yang sudah jadi.

Teknik membungkus kado lain yang banyak diterapkan oleh khalayak umum antara lain adalah membungkus kado menggunakan toples bening, atau toples bermotif cantik, menggunakan karton yang biasanya ada di tengah-tengah tisu toilet dibentuk mirip permen, lalu membungkus kado dengan kain Furoshiki ala Jepang.

Cara Membentuk Kado Kotak Supaya Tidak Membosankan

Bentuk Kipas

Sumber gambar bisikan.com

Salah satu cara membungkus kado yang mudah tetapi menghasilkan hasil akhir yang menarik adalah dengan membentuk kipas.

Bahan yang perlu dipersiapkan :

  • Kado yang bentuknya persegi
  • Kertas kado
  • Gunting
  • Plester perekat/selotip
  • Pita jepang yang telah dibentuk bunga

Cara Membungkus kado berbentuk kipas:

  • Pertama, jabarkan kertas kado lalu lipat ujung kertas kado sekitar 3 cm ke arah dalam dan lipat lagi 3 ke arah luar. Lakukan berulang-ulang untuk membuat kipas hingga mencapai sepertiga bagian kertas kado
  • Kedua, gunting menyerong bagian lipatan kipas.
  • Ketiga, tata lipatan kipas hingga salah satu ujungnya menumpuk, amankan lipatanmu dengan selotip/lem
  • Keempat, bungkus kadomu dengan menempatkan kertas kado yang berbentuk kipas di bagian atas
  • Terakhir, tempelkan bunga dari pita kado sebagai pemanis dan kadomu tampil cantik

Bentuk Tas

Sumber gambar bisikan.com

Membentuk pembungkus kado menjadi tas merupakan cara mudah lain yang dapat kamu tiru untuk mendapatkan tampilan kado yang menarik. Peralatan yang dibutuhkan hanya sederhana, antara lain : kado berbentuk kotak, kertas kado, gunting, lem dan kancing baju.

Cara pembuatannya seperti membungkus kertas kado biasa. Bedanya pada bagian atas kado, kamu harus membentuknya menjadi segitiga. Lalu lekatkan kancing baju polos di bagian ujung segitiga. Untuk selempang tas kamu bisa membuatnya dari kertas kado panjang yang kamu rapikan ujungnya dengan melipat ujung kertas ke bagian dalam dan mengelemnya kedua belah ujung kertas agar tidak kelihatan.

Lebih jelasnya silahkan simak video berikut :

Bentuk Paperbag

Paperbag merupakan tas yang terbuat dari kertas. Paperbag adalah cara lain yang dapat kamu lakukan untuk membungkus kadomu. Caranya cukup mudah. Peralatan yang dibutuhkan juga sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan kertas kado dengan motif yang menarik atau kertas karton yang agak tebal. Tingkat ketebalan kertas akan mempengaruhi tingkat kekuatan tas yang akan kamu buat.

Cara membuat tas dari kertas kado :

  • Tentukan seberapa besar tas yang hendak kamu buat sesuai dengan besarnya kado yang kamu punyai.
  • Lipat kertas kado menjadi dua bagian.hingga kertas kado berbentuk persegi panjang lalu rekatkan ujungnya yang bagian sisi yang lebih panjang.
  • Lipat kembali kertas bagian yang lebih panjang ke dalam. Besarnya lipatan bagian ini akan menentukan seberapa luas tas hendak kamu buat.
  • Bagian bawah, kamu dapat melipat kertas secara bersama ke satu arah. Lalu lipatan tersebut kamu kumpulkan menjorok ke arah dalam. Rapikan dengan lem.
  • Untuk bagian atas kamu hanya tinggal melipat ke bagian dalam lalu dengan alat pembuat lubang kamu dapat membuat lubang dan menyisipkan tali yang berfungsi untuk pegangan tas kertas kamu.
  • Paperbag telah berhasil dibuat dan kamu hanya tinggal memasukkan kadomu.

Bentuk Pom-pom

Sumber gambar www.molliemakes.com

Gambaran mudahnya, pompom adalah benda bulat berumbai-rumbai yang sering dipakai para cheerleaders untuk menyemangati tim basket. Pembuatan pom-pom berukuran mini cukup mudah,peralatan utama yang kamu butuhkan hanyalah benang. Kamu dapat membuat pom pom menggunakan benang wol atau benang yang sering dipakai untuk menyulam. Peralatan lain yang perlu kamu siapkan adalah buku dan gunting.

Pilihlah buku tang berukuran kecil. Lalu lilit benang yang kamu punya mengelilingi buku hingga tali yang terlilit lumayan banyak. Lalu perlahan-lahan keluarkan benang dari buku. Tali bagian tengah dengan benang lain yang lebih panjang. Gunting kedua bagian dan rapikan hingga membentuk bola melingkar.
Pom pom yang sudah jadi bisa kamu pakai langsung menghias kadomu.

Bentuk Kemeja

Membungkus kado dengan bentuk kemeja juga dapat kamu terapkan untuk membuat kadomu semakin unik. Peralatan yang dibutuhkan juga cukup simple. Kamu hanya membutuhkan kertas kado, gunting dan double tip.

Cara membuat kemeja :

  • Mulai melipat kertas kado menjadi dua bagian dan satukan dengan selotip.
  • Lipat ujung kertas kado bagian kanan dan kiri sekitar 5 cm.
  • Lipat pula ujung kanan dan kiri ke arah dalam.
  • Lipat Bagian bawah sekitar 7 cm dan rapikan bagian bawah kado dengan double tape.
  • Gunting bagian atas untuk membentuk kerah sesuai dengan besar kerah yang kamu inginkan.
  • Gunting bagian atas sebelah kanan kiri lalu eratkan dan satukan untuk membentuk kerah baju.

Cara mengkreasikan dasi :

  • Cara termudah adalah dengan membuat dasi kupu-kupu, kamu hanya perlu menggunting kertas kado berbentuk kupu-kupu lalu menempelkannya di kado yang berbentuk kerah kemeja.
  • Untuk membentuk dasi panjang, kamu bisa membuatnya dengan kertas persegi.
  • Bagi kertas membentuk garis diagonal lalu lipat kertas menuju garis diagonal tersebut dari kedua sisinya.
  • Lipat bagian atas yang runcing ke dalam dan kamu bisa menempelkan dasi panjang ke kado yang telah kamu bentuk kemeja.

Untuk Mempercantik, Ini Hiasan yang Bisa Kamu Gunakan

Bunga

Hiasan paling banyak dipilih untuk mempercantik kado adalah bunga. Jika memang ingin membuatnya sendiri, banyak bentuk bunga yang cukup mudah dibuat. Bahan untuk membuatnya juga banyak tersedia dan gampang di cari. Kamu bisa berkreasi membuat hiasan bunga mulai dari kertas koran, kertas kado yang berwarna terang, hingga kain flannel.

Hiasan bunga lain yang bisa kamu aplikasikan pada kadomu adalah bunga asli. Jika ingin tampilan kado klasik fan elegan, kamu bisa membungkus kadomu dengan kertas kado warna polos lalu menggunakan tali warna coklat mengelilingi kado. Selanjutnya kamu bisa menyisipkan setangkai mawar merah serta secarik catatan romantis. Setangkai bunga awar segar dapat kamu beli seharga Rp. 15.000 hingga Rp.20.000. dan jika ingin membeli satu buket mawar, kamu harus menyisihkan dana sekitar Rp. 300.000.

Bunga yang terbuat dari kertas rose paper flower juga bisa kamu beli. Harganya berkisar Rp. 135.000. ukuran bunga cukup panjang yakni 50 cm. warna bunga yang dapat kamu pilih antara lain : merah, putih, peach,lavender, emas, hitam, krem, coklat, item, biru dan abu-abu.

Pita

Sumber gambar www.hobbycraft.co.uk

Pita merupakan bahan lain yang tentu bisa membuat kadomu lebih menarik. Dengan banyaknya pilihan warna tentu akan memudahkan kamu untuk berkreasi mempercantik kadomu. Jika memang ingin membuat pita yang unik maka kamu bisa membuatnya dari kertas krep.

Dan jika kamu tidak mau repot, kamu juga bisa membeli pita IKEA yang dijual dengan harga Rp. 39.900. memiliki ukuran yang cukup panjang yakni 20 meter dengan lebar pita 0.7 cm. bahan pembuat pita IKEA ini menggunakan polipropilena. Memiliki tiga varian warna yakni baby pink, fanta, dan emas.

Untuk pita kado polos biasa harganya cukup terjangkau. Rata-rata hanya Rp. 4000 setiap satu rol untuk ukuran tiga perempat inch. Varian warnanya juga cukup banyak. Mulai dari baby pink, fanta, merah, hijau, biru, kuning, oranye. Putih dan warna salem.

Daun Kering

Sumber gambar sen1budaya.blogspot.my

Tahukah kamu guguran daun di pekarangan yang perlu dirapikan dan dibuang, ternyata dapat dimanfaatkan untuk hiasan kado. Jika bunga biasa akan layu dalam beberapa hari dan warnanya berubah. Maka bunga kering akan lebih tahan lama. Cara memanfaatkan daun kering adalah dengan cara menempelkannya di permukaan kado kamu.

Kamu dapat membuat daun kering sendiri dengan cara menaruh daun di dalam buku yang tebal seperti kamus. Ya memang memerlukan waktu lama untuk menunggu hingga bunga benar-benar kering dan siap digunakan untuk hiasan.

Jika kamu malas menunggu, maka ada pula online shop yang menyediakan daun kering buatan Daun Press. Untuk tiga lembar daun kering, dibanderol dengan harga Rp 6.500. Warna yang dapat kamu pilih berupa hijau dan merah marun. Ukuran daun kering cukup kecil yakni 5 - 12 cm.

Selotip Hias

Sumber gambar wonderfulengineering.com

Banyak model selotip yang tersedia di pasaran. ada yang bermotif cantik seperti bunga-bunga di sepanjang selotip, ada pula yang bermotif hewan, ada pula selotif yang berwarna warni tanpa hiasan apapun.

Kamu bisa memilih selotip Washi tape buatan Karmoi Paper dengan ukuran 15 mm x 10 m. harga per rolnya dibanderol dengan harga Rp. 35.000. kelebihan utama dari selotip ini adalah terbuat dari kertas jepang dan tidak beracun. Kamu juga bisa menghias kadomu dengan selotip biasa yang terbuat dari vinyl seharga Rp. 35.000 untuk ukuran 15 mm x 10 m. Kelebihan selotip vinyl ini adalah mudahnya dipotong dan dapat ditempel untuk menghiasi apa saja, termasuk kadomu.

Lilitan Benang

Sumber gambar perongratis.blogspot.my

Salah satu cara unik untuk membungkus kado adalah dengan menggunakan benang berwarna warni. banyak toko yang menyediakan benang beragam warna ini. Kamu juga dapat membeli benang berwarna warni lewat online shop Lazada dan Tokopedia. harganya berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp. 50.000.

Membungkus kado dengan lilitan benang dapat kamu lakukan secara asal-asalan mengelilingi kadomu hingga tertutup sempurna. kreasi lainnya adalah dengan melilitkan benang ke seluruh kadomu secara rapi.

Oleh-oleh Bakal Makin Cantik Jika Dibungkus Dengan Bentuk Kotak

Bungkusan berbentuk kotak cantik tidak cuma bagus buat kado lho, tapi kamu juga bisa membungkus oleh-oleh yang kamu beli dari perjalanan wisata atau kerja agar makin menarik. Jika dibungkus dengan bentuk kotak cantik, oleh-oleh yang kamu bawa bakal lebih berkesan dan membuat penerimanya makin senang.

Ngomong-ngomong soal oleh-oleh, ada beberapa tautan di BP-Guide yang bisa kamu jadikan panduan untuk memilih dan membeli oleh-oleh lho. Cek aja yang di bawah ini ya!

From our editorial team

Kado kotak bisa elegan atau lucu, semua tergantung kamu!

Beragam variasi cara membungkus kado kotak bisa dilakukan dengan mudah selama kamu mengikuti petunjuk yang ada. Tak perlu khawatir hasilnya buruk, sebab membungkus kado sambil melihat tutorial itu tidak sulit kok. Selamat mencoba variasi yang kamu suka!

Tag