Aneka Cara Membungkus Kado Boneka yang Mudah tetapi Unik (2018)

Aneka Cara Membungkus Kado Boneka yang Mudah tetapi Unik (2018)

Kado boneka yang bakal diberikan kepada teman atau pacar sudah ada. Masalahnya, bagaimana cara membungkusnya agar terlihat menarik dan beda dari biasanya? Jangan khawatir, readers. BP- Guide akan mengajarkan kamu cara unik untuk membungkus kado boneka kamu agar terlihat menarik dan sweet!

Beli kado boneka tapi bingung bagaimana bembungkusnya?

Siapa sih yang nggak suka dikasih kado? Apalagi yang dikasih adalah barang kesukaan yang sudah lama diidam-idamkan atau sesuatu yang sedang dibutuhkan banget, senangnya pasti double. Kado memang sudah menjadi tanda cinta dan bentuk perhatian yang diberikan kepada orang-orang terkasih di momen spesialnya, tujuannya adalah untuk melihat orang terkasih senang dan bahagia.

Saat ini merupakan momen spesial pacar atau sahabat wanitamu, dan kamu ingin memberikan kado berupa boneka. Pilihanmu sudah sangat tepat karena boneka memang identik dan sangat digemari oleh wanita, memberikan boneka dapat membuat mereka bahagia.

Boneka sudah ada, saatnya kamu membungkusnya. Kado yang istimewa akan terlihat kurang wah jika tidak dibungkus dengan menarik. Bungkusan yang menarik akan membuat kado terlihat semakin spesial. Masalahnya, kadang kamu tidak tau bagaimana sih cara membungkus boneka yang tepat. Nggak perlu khawatir, berikut ini kami akan berikan beberapa tips membungkus boneka agar kadomu terlihat istimewa.

Tips membungkus kado boneka yang baik

Membungkus boneka menjadi kado yang menarik memang gampang-gampang susah. Sebenarnya akan mudah jika hanya mengandalkan kardus, namun pastinya kamu ingin memberikan kado dengan tampilan yang beda dan berkesan bukan? Nah, kami akan memberikan beberapa tips dan tutorial membungkus boneka kepadamu, cekidot!

    Tips Umum Cara Bungkus Kado Agar Terlihat Beda dan Menarik:

  • Jika kamu tidak mau repot, kamu bisa mengandalkan kardus supaya bentuk kadomu terlihat rapi. Namun kardus saja tentu tidak cukup, untuk menambahkan kesan menarik, kamu bisa menambahkan hiasan bunga, pita atau sentuhan kain lace. Asesoris ini bisa menjadikan kado boneka yang hanya bermodal kardus menjadi lebih menarik.
  • Pernah melihat bungkusan tanaman? Kamu bisa menggunakan ide ini untuk membungkus boneka menjadi kado yang menarik dengan menggunakan selembar kertas kado yang cantik. Caranya, cari kertas tebal dengan motif yang cantik. Lalu bentuk kertas tersebut seperti wadah popcorn yang kamu beli di bioskop, kemudian masukkan si tanaman. Voila! bungkus tanaman cantik sudah selesai!
  • Bisa juga membuat tas sendiri untuk dijadikan bungkusan boneka yang menarik. Caranya siapkan kertas kado yang bermotif indah, lalu lipat hingga membentuk wadah. Kemudian, beri tali dari kertas di bagian atasnya sebagai pegangan.
  • Jika tidak mau menggunakan plastik, kertas minyak bermotif bisa dijadikan alternatif. Caranya, masukkan boneka ke dalam kardus terbuka atau keranjang, lalu bungkus dengan kertas minyak tadi. Kumpulkan semua sisi atau sudut kertas ke atas dan ikat dengan pita warna-warni. Meskipun sederhana, tapi hasilnya akan terlihat sangat istimewa.
  • Selain itu kamu juga bisa membuat paperbag untuk mempermudah membungkus boneka. Jika bonekanya kecil, manfaatkan toples bekas sebagai wadah boneka.
  • Jika boneka berbentuk binatang dan memiliki kaki dan lengan yang menonjol, bungkuslah dengan menggunakan pita dikedua ujungnya menyerupai bungkusan permen.

10 Cara membungkus kado boneka yang simpel tapi unik

Paperbag DIY

Umumnya, untuk boneka berukuran kecil dan sedang, kamu bisa menggunakan paperbag sebagai pembungkusnya. Bisa lho membuat paperbag sendiri! Dengan membuat paperbag sendiri, maka kado kamu akan jadi lebih berarti dan makin personal. Yuk simak caranya di bawah ini.


Bahan:

  • Kertas kado yang menarik, gunting, cuter, pensil, lem, pita dan penggaris. Akan lebih bagus jika menggunakan kertas yang agak tebal namun tetap dengan motif yang unik.

Cara:

  • Pertama, bagilah kertas menjadi dua bagian, lalu masing-masing kertas dibagi menjadi dua bagian lagi.
  • Rekatkan kedua ujung kertas dengan menggunakan lem.
  • Lipat salah satu ujung kertas lalu bentuk menyerupai kubus.
  • Rekatkan kedua sisi yang telah dibentuk dengan menggunakan lem.
  • Kemudian lipatlah bagian sisi terpanjang, jangan lupa dirapikan agar paperbag dapat berdiri sempurna.
  • Terakhir, membuat penutup di bagian atas. Buatlah dua buah garis berjarak untuk membuat lubang pada penutup. Gunakan cutter untuk melubangi bagian penutup. Setelah itu, masukkan pita pada lubang untuk dijadikan tali jinjingan paperbag.
  • Paperbag sudah jadi, masukkan boneka ke dalamnya.
  • Kado istimewa siap diberikan kepada wanita terkasih.

Biaya

  • Kertas kado : Rp. 1.500 – Rp. 5.000
  • Pita :Rp. 3.000

Kertas atau Plastik Kado Warna-warni

Tidak sama dengan buku yang bisa langsung dibungkus dengan rapi, membungkus boneka memang sedikit lebih susah. Bentuk boneka yang tidak beraturan membuat kamu harus ekstra sabar untuk membuat bungkusan yang rapi. Namun ada lho cara mudah dan fleksibel dalam membungkus boneka, yaitu dengan menggunakan plastik kado warna-warni dan menarik yang banyak dijual di pasaran. Simak ya cara membungkusnya.

    Bahan:
  • Plastik (sesuaikan ukurannya dengan besar boneka), selotip atau isolasi bening, pita dan kartu ucapan.

  • Cara:

  • Bentangkan plastik kado lalu letakkan boneka dalam posisi duduk di atasnya
  • Satukan bagian ujung plastik kado di atas kepala boneka, lalu ikat dengan menggunakan selotip ata isolasi. Lakukan seperti kamu mengikat ujung karung
  • Tutup isolasi dengan ikatan pita agar terlihat cantik
  • Jika ujung kertas kado terlalu panjang, kamu bisa memotongnya supaya terlihat lebih rapi
  • Jangan lupa sematkan kartu ucapan dengan kalimat-kalimat terbaikmu.

  • Biaya:

  • Plastik kado bermotif ukuran 50 x 32 Rp. 22.000, ukuran 60x35 Rp 35.0000, Plastik motif full lace Rp 28.000
  • Pita motif berwarna Rp 20.000 - Rp 35.000, pita berenda Rp 6.000 - Rp 9.000 per meter

Box Mika Transparan DIY

Selain kertas kado, boneka juga bisa kamu bungkus dengan menggunakan mika transparan dan ditambahkan hiasan agar terlihat lebih menarik. Banyak box mika dijual di pasaran untuk boneka kecil berukuran 10 - 20 cm, lalu bagaimana jika boneka yang ingin kamu jadikan kado berukuran besar? Tenang, kamu bisa lho bikin box mika sendiri.

    Bahan:

  • Duplex, mika lembaran, selotip, lem kayu, kertas kado, cutter, pensil dan penggaris besi.

  • Cara:

  • Pertama, tentukan ukuran box yang sesuai dengan ukuran boneka.
  • Buatlah pola alas dan tutup yang sesuai dengan ukuran duplex. Ketebalan alas dan tutup umumnya minimal 2 cm untuk box tinggi sedang dan minimal 2,5 cm untuk box yang lebih tinggi. Tapi tingginya bisa disesuaikan dengan keinginanmu.
  • Potong duplex sesuai pola yang sudah dibikin, iris sedikit saja di tiap garis lipatan dan rekatkan dengan selotip setiap sambungannya.
  • Bungkus rangka alas dengan menggunakan kertas kado dan lem di seluruh permukaan duplex.
  • Lalu potong plastik mika sesuai ukuran. Usahakan ukurannya tidak lebih besar dari ukuran alas di bagian dalam karena saat dipasang akan menggelembung. Lebihkan ukurannya kira-kira 1 cm untuk dijadikan sambungan dan pastikan sambungan mika ini berada dibagian yang tidak terlihat.
  • Pada setiap garis lipatan mika, potong sedikit saja (jangan sampai putus) untuk mempermudah melipat mika.
  • Selanjutnya merangkai box. Pertama, siapakan alas, masukkan boneka ke dalam box atau tepat di atas alas, lalu pasang lembaran mika, bagian sambungan mika bisa dilem menggunakan doubletape. Kemudian pasang penutupnya.
  • Terakhir, tambahkan pita untuk mempercatik kadomu.

  • Biaya:

  • Kardus mika Rp 1.500 – Rp 2.000 (mika + alas)
  • Pita kaca Rp 2.000 – Rp 5.000 ukuran 2,5 cm

Keranjang Bekas Parcel

Bekas keranjang parcel sisa lebaran kemarin bisa lho dijadikan pembungkus boneka yang cantik. Jika keranjangnya sudah agak usang maka harus dicat dulu agar terlihat menarik. Cara membungkusnya mudah sekali, pertama siapkan terlebih dahulu barang-barang yang dibutuhkan seperti keranjang parcel, plastik pembungkus yang ukurannya 3x lipat lebih besar dari ukuran keranjang dan pita.


    Cara:

  • Masukkan boneka ke dalam keranjang.
  • Berikan pita agar terlihat cantik.
  • Bentangkan plastik lalu taruh keranjang yang sudah berisi boneka di dalamnya.
  • Ambil semua ujung plastik bawa ke arah atas keranjang, lalu ikat menggunakan pita.
  • Lilitkan juga tali yang lain secara melingkar ke permukaan keranjang dan ujungnya diikat berbentuk pita.
  • Selesai!

  • Biaya

  • Harga keranjang boneka Rp 20.000 – Rp 65.000

Kain Tile Transparan

Sumber gambar www.blogspot.com

Bosan dengan bungkusan kado yang gitu-gitu aja? Kamu bisa membuat kado dengan bungkusan yang berbeda yaitu dengan menggunakan kain tile dan tetap dipercantik dengan tambahan pita. Selain unik, kain tile juga memiliki beragam warna sehingga kamu bebas memilih warna yang sesuai. Simak cara membungkusnya di bawah ini!

    Bahan:

  • kain tile, gunting dan pita

  • Cara:

  • Bentangkan kain tile dan letakkan boneka di atasnya.
  • Bungkus boneka dengan cara merekatkan seluruh ujung kain tile dibagian atas kepala boneka.
  • Sematkan pita dibagian ikatan kain tile untuk mempermanisnya.
  • Selesai.

  • Biaya:

  • Kain tile transparan bergliter Rp 15.000 per meter.
  • Pita ukuran kecil Rp 1.000 per meter.

Toples Bekas

Membungkus kado dengan kertas kado mungkin sudah terlalu mainstream ya, bagaimana jika kamu membungkusnya dengan toples bekas? Kamu bisa menggunakan mason jar atau botol selai untuk mengemas boneka yang berukuran kecil, dijamin kadomu kali ini nggak cuma unik tapi juga meninggalkan kesan yang mendalam bagi penerimanya, apalagi jika ditambahkan dengan hiasan pita dan tempelan kertas berbentuk hati!

    Bahan:

  • Mason jar atau botol bekas selai, kain persegi empat, pasir atau bunga, pita dan potongan kertas berbentuk hati.

  • Cara:

  • Cuci mason jar atau botol selai sampai benar-benar bersih, lalu keringkan.
  • Masukkan boneka ke dalamnya.
  • Tambahkan pasir atau bunga agar kadomu semakin menarik.
  • Tutup botol dengan menggunakan sehelai kain persegi empat, lalu pasang tutup botol di atas kain tersebut.
  • Tambahkan pita yang dibuat melingkar pada tutup botol.
  • Tempelkan beberapa guntingan kertas berbentuk hati di badan botol.
  • Selesai!

  • Biaya:

  • Toples kaca ukuran sedang Rp 42.000
  • Kain flanel berwarna ukuran 100 x 92 (1 meter) Rp 25.000
  • Pita berenda Rp 6.000 - Rp 9.000 per meter

Kain Furoshiki

Pernah dengar istilah furoshiki? Ini merupakan seni membungkus kain dari Jepang. Orang Jepang menggunakan teknik ini untuk membungkus barang apa saja terutama bekal makanan dengan menggunakan kain sutra atau nylon berbentuk persegi. Saat ini teknik furoshuki sudah mulai dikenal diberbagai negara untuk membungkus barang-barang mereka, termasuk kado.

Jika kamu ingin memberikan kado dengan bungkusan yang berbeda, kamu bisa menggunakan teknik furoshiki ini. Selain ramah lingkungan, teknik ini menghasilkan bungkusan kado yang cantik dan yang pasti bungkusannya dapat digunakan kembali oleh si penerima.

Untuk kainnya, kamu bisa memilih motif apa saja yang kira-kira sesuai dengan kesukaan si dia. Cara membungkusnya juga cukup sederhana, hampir sama dengan cara membungkus kado menggunakan kertas kado.

1. Pertama bentangkan kain persegi di atas meja, lalu letakkan boneka di atasnya tepat di bagian tengah kain.
2. Tutup boneka dengan cara menarik dua sudut kain yang saling berhadapan ke bagian tengah
3. Lalu tarik lagi dua sisi yang masih tersisa dan ikatkan juga pada bagian tengah
4. Selesai.

Gimana? Mudah banget kan?

Sweater Bekas

Banyak cara kreatif untuk menjadikan kado terlihat semakin spesial dan unik, salah caranya adalah dengan menggunakan ujung lengan sweater-mu. Ya, jika punya sweater yang tidak terpakai lagi atau sweater bekas, kamu bisa menggunakannya menjadi bungkusan kado yang sangat unik dan lucu.
Hanya berbekal jarum, benang dan sedikit pita, kamu bisa membuat si dia berbunga-bunga karena kado darimu sangat berbeda dan istimewa. Caranya sangat mudah, tinggal menggunting ujung lengan sweater yang disesuaikan dengan ukuran boneka—tentunya boneka dengan ukuran kecil—lalu jahit salah satu sisinya. Kemudian masukkan boneka di dalamnya dan ikat sisi yang lain dengan menggunakan pita atau renda agar kado terlihat semakin manis. Tadaaaaaa… Karung boneka sudah jadi, saatnya diantarkan kepada dia yang kamu kasihi dan siap-siap melihatnya terharu karena bahagia mendapatkan kado darimu.

Vacuum

Kamu ingin memberikan boneka ukuran jumbo kepada si dia, tapi boneka dengan ukuran yang besar, selain sulit membungkusnya juga susah dibawa. Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa membungkusnya dengan menggunakan vacum. Tapi sebelum membungkusnya, harus dipastikan terlebih dahulu jika di dalam kardus tidak ada benda yang bisa merusak plastik karena jika plastik rusak, boneka akan kembali ke bentuk semula. Bagaimana cara membungkusnya? Simak tipsnya berikut ini.

    Bahan:

  • Plastik kantong bening jumbo (90 cm x 60 cm), vacum cleaner dengan kekuatan sedang, 2 lembar kertas kado, karsud ukuran sedang, gunting, isolatip, lakban dan gunting.

  • Caranya:

  • Masukkan boneka ke dalam plastik.
  • Lalu masukkan ujung vacum cleaner ke dalam ujung kantong plastik, pastikan tidak ada udara yang tersisa.
  • Nyalakan vacum cleaner dan pukul-pukul boneka agar tidak ada udara yang tersisa di dalam plastik. Tidak perlu khawatir boneka akan rusak karena saat plastik dibuka boneka akan kembali ke bentuk semula.
  • Kemudian masukkan boneka ke dalam kardus dan bungkus dengan kertas kado sesuai selera.
  • Selesai.

  • Biaya:

  • Vacum bag nylon Rp 67.500 isi 100
  • Kertas kado Rp 1.000 - Rp 2.000

Kantong kain kanvas

Cara simple lainnya yang dapat kamu lakukan untuk memungkus kado boneka adalah dengan menggunakan kain kanvas tipis. Kadomu akan terlihat sederhana namun cantik jika dibungkus dengan rapi. Langkah ini bisa dlakukan untuk membungkus boneka kecil ataupun besar, kamu tinggal menyesuaikan kain kanvasnya dengan ukuran boneka.

Membungkusnya juga sangat mudah lho, kamu tinggal membeli kantong kanvas yang banyak dijual di pasaran. Masukkan boneka ke dalam kantong kanvas, lalu ikat bagian atasnya dengan menggunakan tali dengan warna senada dan tambahkan bunga yang terbuat dari kain. Jika ingin terlihat lebih cantik, kamu bisa menambahkan gambar hati, tapi jika kamu ingin terlihat simple dan minimalis biarkan polos saja, keduanya sama-sama cantik kok. Mudah banget kan?

Oh ya, sekarang banyak kok yang menjual kantong kanvas dengan beragam ukuran dan motif. Ada kantong kanvas polos, kanvas gendong dan kanvas bermotif.

Biaya:
Tas kanvas ukuran besar Rp. 65.000

Kalau masih bingung juga bisa mencoba cara terakhir yang paling mujarab

Sumber gambar www.bobvila.com

Hmm… Semua cara terlihat mudah, namun bagi kamu yang tidak terbiasa dengan kreasi seni membungkus kado, tetap saja terasa sulit. Tenang, jurus terakhir ini dijamin nggak bakal bikin kamu merasa kesulitan.

Kado itu yang penting isi dan keikhlasan dari pemberinyaa bukan? Namun bukan berarti juga kamu membungkusnya asal-asalan Karena bagaimanapun juga kado yang dibungkus rapi akan terlihat lebih istimewa. Nah, jika memang tidak bisa membungkus kado dengan beberapa cara di atas, kamu bisa menggunakan kertas Koran sebagai pembungkus kado. Untuk tetap menambahkan kesan cantik, tinggal menambahkan hiasan bunga atau kain lace pada boneka yang sudah dibungkus dengan Koran tadi. Maka kadomu akan terlihat sederhana namun tetap cantik.

Masukkan ke dalam kotak

Jurus terakhir yang paling ampuh yang bisa kamu lakukan untuk membungkus kado boneka adalah dengan memanfaatkan kardus. Cukup menyiapkan kertas kado, lem dan gunting. Masukkan boneka ke dalam kardus, lalu bungkus seperti biasa dengan kertas kado. Cara ini sangat mudah dilakukan karena membungkus kardus sangat gampang dan hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat.

Jika masih ingin cara yang simple, kamu bisa memanfaatkan kardus piring atau gelas bekas. Tinggal masukkan saja boneka ke dalam kardus tanpa perlu membungkusnya, permanis dengan hiasan pita atau sticker fancy, kalau nggak punya keduanya, kamu bisa gambar pita pada kardus tersebut. Taraaaaa… kado cantik siap diantarkan.

Kado terbaik dari kamu harus disertakan ucapan terbaik

Nah, boneka spesial sudah terbungkus dengan cantik dan rapi. Namun kadomu belum lengkap rasanya jika tidak dibarengi dengan ucapan spesial dari dirimu. Ucapan darimu bisa membuat si dia senang, bahagia, merasa dihargai, bahkan ucapan bisa merubah seseorang lho. Apalagi jika kamu memberikan kado kepada pacar, sertakanlah ucapan yang manis di dalamnya yang membuat dia semakin sayang padamu. Ucapannya tentu saja menyesuaikan dengan momennya, misalnya ketika dia berulang tahun,

    Beberapa ucapan ini bisa kamu tuliskan di kartu ucapan:

  • “Selamat ulanga tahun, terima kasih sudah hadir dan mengisi kekosongan hidupku”
  • “No one in my life has created more beautiful memories than you have. On your birthday, I want to tell you how grateful I am and hope we create many more together”
  • “Di hari ulang tahunmu ini ku kan berdoa bagi diriku sendiri, semoga disaat kau meniup lilin dan disaat kamu mengucapkan doa, kan ada namaku dalam doa mu itu. Happy B'day"
From our editorial team

Kado Boneka Plus Ucapan Sayang adalah Kado Terindah Buat Cewekmu

Kado dan ucapan spesial telah ada di tanganmu, waktunya bagimu untuk mendatanginya dan berikan kejutan yang manis. Lihat saja bagaimana bahagianya dia menerima kado boneka dan ucapan manis darimu, dijamin dia akan semakin sayang dan tidak akan melupakanmu!