Cara Membuat 4 Jenis Kue Ulang Tahun Favorit Untuk Hari Istimewa (2018)

Cara Membuat 4 Jenis Kue Ulang Tahun Favorit Untuk Hari Istimewa (2018)

Membuat kue ulang tahun tidak segampang membalikkan telapak tangan, tapi bukan berarti mustahil. Berikut ini BP-Guide sajikan cara lengkap membuat 4 jenis kue ulang tahun populer yang bisa kamu coba.

Kue Ulang Tahun yang Meriah Akan Membuat Ulang Tahun Makin Berwarna

Hari ulang tahun adalah hari yang spesial. Maka dari itu, di hari spesial tersebut banyak orang yang tak ingin melewatkan hari ulang tahun begitu saja. Agar semakin berkesan maka diadakanlah pesta ulang tahun. Dalam pesta ulang tahun tentu hal yang paling penting adalah kue ulang tahun. Tanpa kue ulang tahun tentu saja perayaan pesta ulang tahun sepertinya akan sia-sia.

Jika kita melihat ke masa lalu, tradisi perayaan ulang tahun ini sebenarnya sudah ada sejak zaman Romawi. Bangsa Romawi memulai perayaan ulang tahun untuk masyarakat. Mereka juga mengenal tradisi memberi kado. Pada masa itu kado yang spesial adalah tepung terigu, minyak zaitun, madu, dan keju parut.

Uniknya disana perayaan ulang tahun hanya boleh dilakukan oleh Pria saja. Wanita baru boleh merayakan hari ulang tahun ketika sudah berusia 12 tahun. Di era sekarang ini siapapun boleh merayakan ulang tahun, baik itu wanita atau lelaki. Bahkan orang tua maupun anak kecil.

Ada Banyak Cara Membuat Kue Ulang Tahun yang Meriah

Ketika menghadiri acara ulang tahun, pasti kamu akan kagum dengan kue ulang tahun yang indah. Ternyata pada dasarnya kue ulang tahun itu memiliki bahan dasar yang sama. Hanya saja yang membedakannya adalah pada seni menghias kue. Jadi jika kamu akan berulang tahun, kamu bisa membuat kue ulang tahun sendiri dirumah. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah menghias kue ulang tahun berikut ini :

Lapisan yang Meriah

  • Butter Cream
    Butter cream merupakan bahan yang paling banyak digunakan untuk menghias kue. Fungsi butter cream adalah sebagai bahan dasar untuk menempelkan hiasan pada kue. Sebelum melapisi kue dengan butter cream, kue harus didinginkan terlebih dahulu. Setelah itu potong bagian kue yang berwarna kecokelatan agar permukaannya rata.
  • Icing Royal
    Icing royal merupakan bahan penghias kue yang terbuat dari campuran gula dan putih telur. Untuk menggunakannya maka sebaiknya icing royal diaduk menggunakan mixer dengan durasi waktu 4-5 menit. Jangan terlalu lama mengaduk karena akan membuat tekstur icing royal berlubang kecil dan kasar.
  • Fondant
    Fondant merupakan pasta gula yang juga digunakan untuk mendekorasi kue. Rasanya manis dan mudah dibentuk. Agar lebih menarik biasanya fondant diuleni terlebih dahulu dan diberi pewarna makanan.
  • Coklat
    Coklat juga bisa digunakan untuk menghias kue. Caranya adalah dengan memanaskan blok coklat terlebih dahulu dengan air kemudian didinginkan. Teksturnya lebih keras daripada fondant. Jika ingin menghias dengan coklat maka bisa menggunakan cetakan yang terbuat dari plastik atau silicon.

Topper yang Seru

  • Ucapan Selamat Ulang Tahun
    Kue ulang tahun akan lebih berkesan jika diatasnya terdapat ucapan. Biasanya untuk membuat tulisan pada kue menggunakan krim kocok atau butter cream. Untuk menghiasnya maka kamu bisa menggunakan spuit yang berbentuk garis lurus.
  • Hiasan dari Butter Cream
    Untuk membuat hiasan seperti berbentuk binatang, pagar, daun, bunga atau hiasan lainnya maka bisa menggunakan alat yang bernama spuit. Spuit adalah alat untuk membentuk butter cream. Bentuknya kerucut dengan potongan di ujungnya. Cara menggunakannya yaitu masukkan spuit kedalam piping bag yang ujungnya dilubangi. Setelah itu butter cream dimasukkan kedalam piping bag agar butter cream bisa dibentuk sesuai dengan selera.
  • Hiasan dari Buah-buahan
    Buah-buahan juga bisa digunakan sebagai hiasan atau topping kue ulang tahun. Buah tropical seperti anggur, cherry, strawberry, kiwi biasanya sering digunakan untuk menghias kue. Buah-buah berwarna terang tersebut bisa membuat kue semakin cantik.
  • Edible Image
    Jika kamu ingin kue buatanmu terlihat istimewa maka hiaslah menggunakan edible image yang bisa dimakan. Edible image selain bisa dijadikan sebagai hiasan juga aman untuk dimakan. Anak-anak biasanya sangat menyukainya. Edible image dengan ukuran 20 x 20 cm biasanya seharga Rp 35.000. kamu bisa mendapatkannya di toko kue langgananmu.

Variasi Lilin Unik

Kue ulang tahun tanpa lilin pasti rasanya akan kurang. Apalagi prosesi tiup lilin merupakan prosesi terpenting ketika ulang tahun karena kita biasanya berdoa mengharap sesuatu sebelum meniup lilin. Karena pentingnya lilin tersebut tentu kamu harus memikirkan hiasan lilin seperti apa yang cocok untuk kue ulang tahun buatanmu.

Hiasan lilin angka dan huruf ini pasti sudah popular di kalangan kita. Kita bisa menggunakan angka sebagai representasi dari umur orang yang berulang tahun. Huruf juga bisa digunakan untuk memperlihatkan siapa orang yang sedang berulang tahun. Harga lilin pun bervariasi mulai dari Rpp 15.000 yang bisa kamu dapatkan di Partugaga.com dengan berbagai warna. Hingga lilin silinder dengan harga Rp 35.000 yang bisa kamu dapatkan di Gudily.

Jika kamu ingin membeli lilin dengan bentuk unik seperti mahkota, bunga dan lainnya maka kamu bisa membelinya di Partygaga.com. Di Tokopedia juga menjual lilin yang bisa menyala kembali ketika ditiup. Harganya pun murah kira-kira hanya Rp 7.500 saja.

Beberapa Resep dan Cara Membuat Kue Ulang Tahun Sederhana

Brownies Coklat atau Keju Kukus Ulang Tahun

Membuat brownies sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah untuk didapatkan tentu akan menyenangkan. Apalagi dengan estimasi dana Rp 15.000-Rp. 30.000 saja kamu sudah bisa membuat brownies kukus sendiri dengan rasa yang nikmat. Apa saja yang kamu butuhkan sebelum memulainya ?
Bahan : Gula pasir (75 gram), mentega (75 gram), coklat (150 gram), tepung terigu (75 gram), strawberry, dan telur (2 butir).

Langkah untuk membuat brownies kukus adalah :

  • Siapkan semua bahan yang dibutuhkan.
  • Masukkan gula dan 2 butir telur ke dalam wadah. Aduk menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga merata.
  • Setelah mengembang dan berwarna putih kemudian masukkan terigu dan mentega cair.
  • Tetap aduk adonan perlahan-lahan dan masukkan coklat cair kedalamnya.
  • Setelah adonan rata kemudian kamu bisa memasukkan ke dalam Loyang yang sudah diolesi dengan mentega terlebih dahulu sebelumnya.
  • Kemudian kukus selama 30 menit dengan api kecil.
  • Kini brownies kukus buatanmu sudah siap dan silahkan dihias menggunakan strawberry yang sudah kamu siapkan tadi.

Rainbow Cake

Rainbow cake atau kue pelangi menjadi primadona kue ulang tahun bagi setiap orang. Namun jika membelinya sendiri biasanya harganya lebih mahal dari kue lainnya. Kamu bisa menghemat budget dengan membuat rainbow cake sendiri dirumah. Dengan modal Rp 150.000 saja untuk membeli bahannya, kamu sudah bisa membuat rainbow cake spesial. Sebelum membuatnya siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan.

Bahan : tepung terigu (200 gram), Gula pasir (300 gram), Telur (8 butir), Cream butter (1/2 sendok the), minyak goring (300 ml), vanili bubuk (1/2 sendok teh), pewarna makanan.

Berikut cara membuatnya :

  • Kocok 8 butir telur dengan gula pasir yang kamu siapkan.
  • Masukkan 1 sdt emulsifier, ½ sdt garam, ½ vanili bubuk dan aduk adonan kembali hingga mengembang.
  • Ambil sedikit adonan lalu campur menggunakan minyak goreng.
  • Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.
  • Setelah merata masukkan kembali adonan yang sudah diberi minyak.
  • Bagi adonan menjadi 6 bagian dengan wadah yang berbeda-beda.
  • Tambahkan pewarna makanan secukupnya dengan warna yang berbeda-beda pada tiap wadah.
  • Masukkan adonan ke dalam Loyang yang sudah dilapisi kertas roti dan mentega.
  • Kemudian masukkan adonan ke dalam oven selama 20 menit.
  • Setelah jadi kemudian susun kue sesuai dengan warna yang diinginkan.
  • Lapisi dengan butter cream tipis pada tiap lapisan kue.
  • Setelah tersusun rapi maka langkah selanjutnya kamu tinggal menghias agar lebih menarik.

Blackforest Cake Ulang Tahun

Tidak suka kue ulang tahun yang aneh-aneh? Maka kamu bisa memilih Blackforest sebagai kue ulang tahun. Rasanya yang manis namun tidak bikin eneg pasti akan disukai oleh semua orang. Dinamakan Blackforest, karena cake ini warnanya hitam. Selain itu, dibagian luar untuk hiasannya pun hitam serta diselimuti cokelat. Untuk membuat sendiri estimasi biaya yang kamu keluarkan antara Rp 75.000-Rp. 150.000.

Untuk membuatnya kamu memerlukan bahan-bahan berupa tepung terigu protein sedang (100 gram), gula pasir (200 gram), coklat bubuk (60 gram), mentega (100 gram), telur (8 butir), tepung maizena (40 gram), vanili (1/4 sendok teh), emulsifier (1 sendok makan).

Untuk lebih menarik kamu bisa menghiasnya menggunakan bahan-bahan berikut ini : Dark Cooking Chocolate (DCC), cherry merah, krim kocok / butter cream, cherry hitam.

Cara membuatnya tidak begitu susah. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Campurkan bahan-bahan seperti tepung maizena, tepung terigu, dan coklat bubuk ke dalam wadah dan aduk merata menggunakan mixer.
  • Kocok telur dan gula hingga mengembang. Tambahkan emulsifier agar lebih mengembang dan kental.
  • Masukkan campuran tepung yang sudah diayak ke dalam adonan.
  • Masukkan juga lelehan mentega kedalam adonan secara perlahan.
  • Aduk terus adonan hingga mengembang.
  • Masukkan adonan yang sudah jadi ke dalam 3 buah Loyang.
  • Panggang ke dalam oven dengan suhu 180 derajat celsius dengan waktu 20-25 menit.
  • Angkat dan dinginkan kue terlebih dahulu sebelum menghiasnya.
  • Setelah dingin kemudian basahi permukaan kue dengan air.
  • Susun setiap kue dan lapisi atasnya dengan butter cream sebagai perekat.
  • Setelah tersusun rapi maka kamu bisa menghiasnya menggunakan butter cream dan kreasikan imajinasimu dalam sebuah kue.

Puding Cake Ulang Tahun

Bagi kamu yang bosan untuk membuat kue ketika berulang tahun, maka kamu bisa mencoba untuk membuat pudding cake agar tidak bosan dan unik. Pudding cake ini dibuat seperti bentuk menyerupai pudding. Dengan estimasi biaya paling mahal Rp 150.000, kamu sudah bisa mendapatkan pudding cake yang spesial. Dalam membuatnya kamu membutuhkan bahan-bahan seperti :
1 buah sponge cake, krim kental/whipping, cream cheese, gula halus, vanila ekstrak, bubuk coklat, buah-buahan (cherry, strawberry, dll).

Cara membuatnya ikuti step di bawah ini :

  • Siapkan bahan utama seperti cream cheese, whipping cream, ekstrak vanilla dan gula halus dalam satu wadah. Kemudian kocok dengan kecepatan tinggi hingga mengembang.
  • Potong cake dengan ketebalan 1 cm dan diameter sesuai dengan cup yang digunakan untuk membuat pudding cake.
  • Ambil 1 sendok makan cheese cream dan oleskan pada permukaan. Taburi dengan coklat bubuk diatasnya.
  • Agar taburan coklatnya rata maka gunakan saringan.
  • Tutup permukaan pudding cake dengan memberikan hiasan buah-buahan sebagai pemanis seperti cherry atau strawberry.

Jangan Lupa Iringi Kue Ulang Tahun Sederhanamu dengan Ucapan Istimewa

Ulang tahun akan lebih spesial jika diiringi dengan doa atau ucapan dari orang-orang tersayang. Ucapan di bawah ini dapat menjadikan perayaan ulang tahun semakin spesial.

  • Untuk Kekasih
    “Selamat ulang tahun kekasihku tersayang. Semoga di usiamu yang bertambah ini kamu semakin dewasa dan bisa menjadi kekasihku selamanya”
  • Untuk Sahabat
    "Selamat ultah untuk sahabat terbaikku, Semoga diberi usia yang panjang dan penuh kebahagiaan, Waktu terus berjalan tiada henti, mengiringi sinar rembulan dan mentarihingga saat ini, terus mengiringi usiamu yang terus bertambah dari hari ke hari, Selamat hari jadi kawan baikku."
  • Untuk Orang Tua
    "Kami mungkin bukan anak yang sempurna, tapi Ayah adalah Ayah yang paling sempurna. Perasaan sabar Ayah sungguh luar biasa, betapa tulus menghabiskan waktunya untuk menafkahi dan menanggung beban hidup kami. Semoga dengan bertambahnya umur Ayah, semakin bertambah kasih sayang kepada kami, Selamat ulang tahun Ayah, Kami selalu menyayangimu."
From our editorial team

Membuat kue ulang tahun jadi mudah dengan panduan yang tepat

Mudah bukan untuk membuat kue ulang tahun sendiri? Memang sedikit repot, tapi untuk membuat hari ulang tahun jadi benar-benar istimewa, kenapa tidak? Kami berharap panduan di atas bisa membantu mempermudah kamu membuat kue tersebut. Selamat mencoba!