Mau Bikin Acara Ulang Tahun Anak Makin Meriah? Ini 7 Rekomendasi Kue Ulang Tahun Anak yang Bisa Dicoba! (2018)

Mau Bikin Acara Ulang Tahun Anak Makin Meriah? Ini 7 Rekomendasi Kue Ulang Tahun Anak yang Bisa Dicoba! (2018)

Disukai oleh hampir semua anak kecil, kue ulang tahun anak jadi hal tak terlupakan sewaktu pesta ulang tahun digelar. Dari berbagai macam jenis kue ulang tahun anak, berikut saran-saran kami agar Anda mendapatkan kue ulang tahun terbaik untuk anak Anda.

Anak Pasti Menyukai Semua Jenis Kue Ulang Tahun

Anak kecil biasanya menyukai makanan yang terasa manis dan memiliki tekstur empuk. Mungkin itu sebabnya dari dulu hingga sekarang, kue ulang tahun jadi kegemaran anak-anak kecil untuk disantap di pesta ulang tahun. Jika diamati, tak peduli apapun jenis kue ulang tahunnya, semua anak akan dengan gembira memakannya.

Hiasan fondan yang jadi topping kue ulang tahun selalu menarik hati si anak untuk mencoba mengambil dan mencicipinya. Ya, anak-anak hampir pasti menyukai semua jenis kue ulang tahun. Keuntungannya bagi orang tua, memilih kue ulang tahun anak jadi tak terlalu sulit asalkan kue tersebut menarik dan penuh warna.

Tips Membuat Kue Ulang Tahun Anak

Pada dasarnya hampir semua anak menyukai semua jenis kue ulang tahun. Tetapi ada beberapa tips penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih kue ulang tahun anak yang paling tepat.

Pertama, kue ulang tahun anak laki-laki berbeda dengan anak perempuan. Hal ini sesuai dengan karakteristik anak perempuan yang berbeda dengan anak laki-laki. Kue ulang tahun untuk anak perempuan perlu didesain agar tampak cantik dan anggun.

Kedua, umumnya anak-anak akan lebih suka dengan kue ulang tahun mereka jika diberi hiasan karakter kartun favorit. Tentu, karakter idola anak perempuan dan laki-laki jelas beda. Anak perempuan suka jika karakter yang ada di kuenya adalah tokoh-tokoh wanita atau tokoh kartun lucu seperti Sofia the First, Barbie, Disney Princess, Mickey Mouse, Winnie the Pooh, atau Frozen. Di sisi lain, anak laki-laki menyukai Superman, Iron Man, Spiderman, Batman, Captain America, Ben 10, atau karakter kartun lucu kendaraan seperti Thomas & Friends, Tayo the Little Bus, atau Robocar Poli.

Ketiga, anak-anak biasanya tak terlallu memedulikan soal rasa. Asalkan terasa manis dan rotinya empuk, pasti mereka makan. Jadi, tak masalah jika Anda ingin membuat sendiri sebab ada banyak resep kue ulang tahun anak yang cukup enak di internet yang bisa Anda coba.

Terakhir, Anda juga harus mempertimbangkan budget. Bagi dana Anda agar bisa membuat atau membeli kue ulang tahun, sekaligus juga untuk membeli yang lainnya seperti snack untuk dibawa pulang, suvenir, dan lain-lain.

Kalau Anda Sibuk, Pergi ke Toko Kue Adalah Pilihan Tepat

Banyaknya resep kue ulang tahun anak yang mudah dilihat dan dicoba di internet, memang menarik baik dari segi budget maupun kepuasan. Tetapi jika kesibukan pekerjaan menjadi penghalang Anda untuk membuatkan kue sendiri bagi si buah hati, membeli atau memesan dari toko kue adalah pilihan yang terbaik.

Ada beberapa toko kue recommended yang sudah terkenal dan berpengalaman dalam membuat kue ulang tahun anak, antara lain The Harvest Cake, Holland Bakery, Bradtalk, dan Dapur Cokelat.

Harga Menjadi Faktor Utama

Tak bisa dipungkiri, budget adalah penentu dalam memilih kue ulang tahun anak. Apapun keputusan akhir nanti, harus diperhitungkan betul agar Anda tidak kehabisan uang dan pusing setelah ulang tahun anak selesai. Tidak sedikit lho toko kue yang menjual kue ulang tahun mahal namun rasa dan kualitasnya mengecewakan.

Hiasan dan Toping

Dalam membuat kue ulang tahun, membuat fondasi kue mungkin tidak terlalu menjadi masalah. Tapi lain halnya dengan topping dan hiasan kue. Untuk menghasilkan topping dan hiasan yang bagus sesuai keinginan, Anda harus memperhatikan langkah demi langkah dalam membuatnya.

Saat topping sudah selesai dibuat, perlu diberikan hiasan agar kue ulang tahun anak Anda makin terlihat menarik. Fondan bisa juga jadi hiasan jika dibentuk sedemikian rupa. Bisa juga Anda membuat hiasan dari mainan yang tidak berbahaya bagi anak. Tentu semua ini butuh kesabaran dan sedikit repot jika Anda mau hasilnya maksimal.

Tak ingin repot dan makan waktu? Tenang aja, kini sudah ada kok topping dan hiasan siap pakai. Salah satunya, Anda bisa menggunakan cokelat praline sebagai topping. Tinggal ambil lalu taruh. Jika ingin lebih kecil lagi, tinggal dipotong-potong sesuai selera Anda. Selain itu, banyak juga kok topping buah siap pakai yang tersedia di pasaran. Ada buah ceri, blueberry, strawberry, kiwi, dan lainnya.

Inilah 7 Kreasi Pilihan Kue Ulang Tahun Anak

Buat Anda yang tidak terbiasa membuat kue ulang tahun, mencari ide untuk berkreasi dengan topping dan hiasan kue ulang tahun mungkin tidak mudah. Meski demikian, Anda bisa mencobanya mulai dengan memikirkan kira-kira apa yang cocok untuk anak seusia anak Anda. Juga, tanyakan padanya apakah yang ingin dia jadikan tema untuk ulang tahunnya. Masukan anak juga bisa jadi pertimbangan yang baik lho.

Tart Minnie Mouse Lucu

Sumber gambar www.cakecentral.com

Karakter Minnie Mouse dari Disney telah mencuri hati anak-anak perempuan selama berpuluh-puluh tahun. Wajar saja jika anak perempuan Anda juga menggemarinya di masa kini. Imutnya si Minnie terasa lucu sekali buat si anak dan selalu membawa keceriaan buatnya, sehingga dia tidak akan menolak untuk menjadikan karakter ini sebagai tema ulang tahunnya. Dalam bentuk tart, Minnie Mouse akan menularkan keceriaan tersebut ke pesta ulang tahun anak Anda.

Tart Minnie Mouse bisa dalam bentuk tart biasa dengan dekorasi dan hiasan boneka Minnie Mouse, atau tart yang berbentuk kepala si Minnie. Tak masalah yang mana yang Anda pilih, asalkan perhatikan warna khas Minnie yaitu telinga besar berwarna hitam dan alis mata cute serta pita merah yang lucu.

Tart Tema Binatang

Mengenal hewan dan memperhatikan tingkah lakunya adalah kesenangan tersendiri bagi anak Anda. Terlebih bila Anda mengajaknya pergi ke kebun binatang, ia akan bertemu binatang kesukaannya. Nah, jika si anak sudah senang dengan binatang, kenapa tidak untuk memilih tema binatang?

Kue ulang tahun anak dengan tema binatang mudah didapatkan. Jika membuat sendiri, banyak dekorasi dan mainan binatang yang bisa dipilih. Jika membeli, tidak sedikit pula toko kue yang menjual kue tart bertema binatang. Anda bisa membayangkan di dalam kue tart tersebut, ada binatang kesukaan anak Anda. Juga ada gua tempatnya tinggal, lengkap dengan rumput, pepohonan, dan bebatuan. Atau jika mau menggunakan konsep kebun binatang, Anda bisa memberikan juga boneka si penjaga kebun binatang untuk menemaninya. Tart kebun binatang cocok untuk anak laki-laki maupun perempuan.

Tart T-rex

Sumber gambar www.flickr.com

Kalau anak Anda tahu tentang dinosaurus, satu jenis yang pasti dihapalnya di luar kepala adalah Tyranosaurus Rex atau T-Rex. Sebagai ikon dunia dinosaurus, T-Rex disukai banyak anak, khususnya anak laki-laki. Kalau sudah demikian, kenapa tidak jika Anda memilih kue tart T-Rex sebagai kue ulang tahun anak Anda?

Kue tart T-Rex bisa dibuat dengan tart biasa yang diberi hiasan 3D berbentuk T-Rex. Hiasi sekeliling kue tart dengan bebatuan, pepohonan, dan jika memungkinkan, tambahan sungai kecil atau danau bisa jadi dekorasi yang menarik. Untuk membuat kue tart makin menarik, pastikan dekorasi yang Anda pilih penuh warna dan terlihat lucu buat si kecil.

Tart My Little Pony

Sumber gambar www.pinterest.com

My Little Pony saat ini sedang booming di Indonesia. Anak-anak perempuan pasti tak akan melewatkannya saat film ini tayang di televisi. Karakter-karakternya yang lucu-lucu, warna-warni filmnya yang cerah dan penuh efek indah, membuat anak perempuan tak bisa melepaskan pandangannya dari si Little Pony. Karena itu, Little Pony bakal sangat cocok untuk tema kue tart anak Anda.

Kue tart dengan tema My Little Pony bisa dihias dengan karakter-karakter kuda poni lucu yang disukai anak Anda. Dekorasi latar belakangnya bisa dibuat dari fondan yang dibuat berwarna-warni agar terlihat cerah. Dan yang paling penting, jangan lupa untuk memberikan hiasan pelangi yang merupakan ikon film ini.

Tart Pororo

Sumber gambar www.faradyscake.com

Siapa sih anak kecil yang tak kenal dengan si Pororo? Penguin kecil ini mungil di film kartun dari Korea yang mengajak anak belajar mengenai persahabatan dan kasih sayang antar teman. Karakter-karakter yang lucu dan memberikan kesan kuat dan mudah diingat anak, baik laki-laki maupun perempuan. Kalau memang anak Anda juga suka Pororo The Little Penguin, pilih saja kue ulang tahun anak bertema film ini.

Kue tart Pororo yang lucu pasti akan menyertakan Pororo sebagai hiasan utama di toppingnya. Pilih hiasan Pororo yang warna biru dan kuningnya cerah, lengkap dengan helm pilot berkacamatanya. Kalau masih ada tempat, bisa juga tambahkan karakter lainnya yang ada dalam film tersebut seperti Crong, teman setia Pororo yang berwujud bayi dinosaurus, atau Eddy, serigala ecil ahli mekanik, atau lainnya. Anda bisa memesannya secara langsung di faradyscake.com

Tart Barney

Sumber gambar www.pinterest.com

Meski di Indonesia karakter Barney tidak sepopuler Sofia the First atau Frozen, tapi masih banyak anak kecil yang gemar si T-Rex ungu ini. Apalagi kalau anak Anda masih balita, tentu bakal senang sekali melihat Barney yang lucu dan gembul.

Tart Barney cocok untuk balita baik laki-laki maupun perempuan. Tart dengan boneka kecil Barney di atasnya akan menarik minatnya untuk terus memperhatikan kue tart. Jika mau menambahkan karakter agar lebih ramai, bisa coba teman-teman Barney seperti BJ, Riff, dan Baby Bop.

Tart Panda

Di antara berbagai jenis hewan di kebun binatang, rasanya hewan Panda adalah yang paling terlihat manis dan lucu. Keunikan tubuhnya yang terdiri dari warna hitam dan putih membuat banyak orang suka terhadapnya, termasuk di kecil. Bayangkan jika si kecil mendapatkan kue tart panda, maka dia akan jadi anak paling bahagia saat ulang tahun.

Kue tart panda bisa dibuat dari tart kotak atau bundar biasa, maupun dengan kue tart berbentuk kepala Panda. Jika memilih Panda sebagai topping di atas kue tart, lebih lucu jika jumlah panda lebih dari satu ekor. Beberapa ekor panda yang saling bergulat akan terlihat lebih menarik buat si anak. Jangan lupa pula sertakan background khas panda yaitu bambu hijau segar sebagai latar belakangnya.

Trik Supaya Kue Ulang Tahun Anak Jadi Lebih Menarik

Kue tart dengan hiasan tema kesukaan si kecil di bagian luarnya tentu terlihat menyenangkan dan menarik. Tapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya Anda bisa membuatnya menjadi lebih menarik lagi dengan sebuah trik yang unik? Ya, saat ini sedang booming kue tart yang di bagian dalamnya juga dihias atau didesain secara unik agar tak kalah menariknya.

Salah satu contohnya adalah kue tart yang ketika dipotong, ternyata bagian dalamnya ada tulisan "Selamat Ulang Tahun" atau tulisan lainnya. Ada juga kue tart yang terdiri dari dua lapisan, lapisan yang bawah diberi icing sugar dan dihias sedemikian rupa, jadi ketika dipotong, barulah terlihat dekorasi yang sudah dibuat tadi. Anda bisa mencoba-coba sesuai kreasi Anda. Semakin unik tart Anda, semakin menarik pula bagi si kecil.

Iringi dengan Pesta Ulang Tahun Kecil yang Menyenangkan

Bagi si kecil, bukan hanya kue ulang tahun saja yang membuatnya bahagia di hari ulang tahunnya. Kedatangan teman-temannya untuk merayakan hari ulang tahunnya sangat berarti buat si kecil. Jadi, sangat penting untuk mengadakan pesta ulang tahun buat si kecil. Selain membuat ia bahagia, juga mengajarinya bersosialisasi.

Pesta ulang tahun si kecil tak harus mewah, yang penting seru dan anak-anak bahagia. Jika si kecil masih berusia dua atau tiga tahun, buat pesta yang singkat dan tak terlalu lama. Jika terlalu lama, anak akan bosan dan stres. Anda harus menentukan budget terlebih dahulu, lalu membatasi pesta sesuai budget. Tentunya, jenis pesta disesuaikan dengan usia si anak ya.

Beberapa ide pesta sederhana yang bisa Anda coba antara lain pesta cokelat, pesta kebun di rumah, pesta di sekolah, atau jika ingin lebih private, Anda bisa pesta kecil sekeluarga saja. Intinya adalah, dengan mengadakan pesta, si anak belajar menghargai hari ulang tahunnya, sekaligus berbagi kebahagiaan dengan sesama.

Pesan dan Harapan Dalam Sebuah Kue Ulang Tahun Anak

Jika anak Anda sudah bisa membaca, ucapan ulang tahun akan sangat berarti baginya. Dalam sebuah ucapan ulang tahun pula terkandung harapan dan doa orang tua bagi masa depan si anak. Tak perlu berlebihan dengan ucapan-ucapan yang muluk-muluk, yang penting kesungguhan dalam ucapan tersebut.

Berikut ini ada beberapa contoh ucapan ulang tahun yang bisa Anda berikan pada buah hati Anda.

  • "Selamat ulang tahun..!! Hanya inilah seutas doa yang dapat kami berikan sebagai orang tuamu, , Ya Tuhanku, jadikanlah anakku menjadi insan yang berguna bagi bangsa dan mendapat ridho-Mu, selamat uang tahun anakku."
  • "Selamat ulang tahun buah hatiku, semoga dengan bertambah usiamu semakin bertambah rezeki dan smoga keluarga kita menjadi keluarga yang bahagia."
  • "Sayang...senyum di wajahmu membuat mama dan papa kuat untuk selalu menjagamu dan memberikan apa yang terbaik untukmu.. selamat ulang tahun yah nak... semoga semakin bertambah usiamu, membuatmu semakin dewasa."
  • "Tak ada yang bisa mama/papa berikan di hari ulang tahunmu selain doa ini sayang...." Semoga dengan bertambah usiamu semakin berlimpah rejeki & kebaikan yang Allah karuniakan.. amiin."
  • Seutas doa Mama dan papa di hari ulang tahunmu sayang: "Ya Allah,.. jadikanlah anakku sebagai "pandangan mataku" yang selalu membahagiakanku saat kesedihan datang... dan yang mengingatkan ku saat di uji kebahagiaan...serta jadikanlah ia orang yang kau pilih untuk menabur kebaikan.... amiin.."
From our editorial team

Buat anak, kue ulang tahun terbaik memang layak untuknya..

Anak adalah sumber kebahagian tak terhingga bagi keluarga Anda. Memperingati hari kelahirannya sama dengan mengingat kembali betapa besar anugerah Sang Pencipta. Biarlah dengan ide dan inspirasi kue ulang tahun anak terbaik yang kami berikan, Anda tak meluputkan kebahagian di hari ulang tahun buah hati Anda. Selamat Ulang Tahun!