Inilah Ide Kue Ulang Tahun Coklat Super Lezat (2017)

Inilah Ide Kue Ulang Tahun Coklat Super Lezat (2017)

Hi readers, kali ini kita bakal bahas kue ulang tahun yang abadi dan disukai semua orang, yaitu kue coklat. Karena itu kue ulang tahun coklat bisa jadi salah satu alternatif hadiah ulang tahun yang ekonomis dan lezat. Belum pernah membuatnya?Tenang, BP-Guide bakal membantu kalian dengan artikel berikut ini. Yuk, simak tips dan trik dari kami.

Coklat yang sempurna adalah yang meleleh di lidah

Saat keluarga atau orang tersayangmu berulang tahun, pasti kamu ingin memberi mereka hadiah istimewa. Pastinya kamu juga pernah bingung ingin memberi hadiah apa. Bisa jadi karena mereka sudah punya banyak barang bagus, atau kamu sedang berhemat, atau sekedar enggan memberi hadiah yang itu-itu saja. Apa solusinya? Berikan kue coklat buatanmu sendiri!

Kenapa coklat? Konon, coklat dapat memberikan koneksi emosional yang positif dalam ingatan penerimanya. Selain itu, coklat juga memiliki rasa yang manis yang menggambarkan perasaan senang dan kasih sayang. Soal maknanya, coklat juga membawa makna simbolis yang identik dengan kasih sayang dan suasana romantis. Karena itu kamu pasti sering melihat iklan coklat yang menonjolkan suasana syahdu penuh cinta. Dengan semua keunggulan itu, rasanya kue coklat bisa jadi alternatif hadiah yang sempurna bagi kamu orang yang kamu kasihi.

Sudah lebih bersemangat untuk membuat kue coklat? Kalau iya, yuk segera simak tips, trik dan resep yang sudah disiapkan BP-Guide di bawah ini.

Tips membuat dan menyajikan kue ulang tahun coklat

Sumber gambar hipfoodiemom.com

Kalau kamu mau membuat kue coklat, bahan yang paling penting adalah coklat itu sendiri. Daripada cuma membeli coklat yang sudah jadi di toko, lebih baik kamu buat sendiri coklat sebagai bahan dasar kue. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan rasa dan tekstur terbaik yang kamu inginkan. Untuk membuat coklatmu sendiri, kamu dapat mengikuti cara dibawah ini.

Pertama-tama, kamu harus membeli bahan dasar coklat untuk dimasak. Biasanya bahan ini dijual di supermarket atau pasar dengan nama coklat blok atau cooking chocolate. Atau, kamu juga dapat menggunakan coklat yang biasa kamu makan seperti Toblerone, Silverqueen, dan lain-lain. Setelah itu, parut coklat atau potong hingga kecil-kecil agar mudah meleleh. Sebaiknya jangan menyimpan coklat dalam kulkas agar tidak keras dan mudah meleleh.

Kemudian siapkan panci yang diisikan air sebanyak kurang lebih setengah panci. Lalu didihkan air tersebut. Siapkan wadah berupa mangkuk tahan panas seperti kaca atau stainless yang memiliki diameter lebih besar daripada panci sehingga tidak akan masuk ke dalam panci ketika diletakkan diatasnya.

Sambil mendidihkan air, masukkan parutan atau potongan coklat ke dalam wadah tadi sambil sesekali mengaduknya agar tidak menggumpal. Jenis coklat yang kamu lelehkan akan mempengaruhi api yang kamu gunakan. Gunakan api sedang untuk dark chocolate. Tapi kalau kamu menggunakan milk chocolate, coklat putih atau coklat yang diberi warna, cukup gunakan api kecil. Kenapa? Karena dark chocolate memang lebih keras dan padat jadi butuh waktu lebih lama untuk dilelehkan.

Kalau kamu ingin menambahkan topping dalam coklatmu seperti kacang mede, corn flakes, dan lainnya, masukkan dan aduk bersama coklat ketika coklat sudah meleleh. Usahakan agar topping tidak menggumpal menjadi satu di dalam larutan coklat. Kamu juga dapat menambahkan susu atau mentega agar tekstur coklatmu menjadi lebih lembut. Namun coklat yang ditambahkan susu atau mentega ini lebih cocok digunakan untuk isian cake karena lebih lembek dan sulit mengeras.

Setelah coklat meleleh seluruhnya, kamu dapat menuangkan coklat cair tersebut keatas cetakan yang kamu inginkan, lalu dinginkan beberapa saat dalam kulkas agar mengeras. Setelah benar-benar mengeras, coklat ini bisa kamu pakai sebagai bahan dasar kue coklat ulang tahun kreasimu.






Bereksperimenlah dengan Rasa

Sumber gambar www.hungryforever.com

Dalam membuat cake, jangan pernah takut berkreasi dengan rasa.

Contohnya, biasanya kue kering hanya memiliki rasa "mentega" yang gurih dan renyah, namun apabila ditambahkan kacang atau karamel cair diatasnya, rasanya akan bertambah kuat dan lezat. Contoh lainnya seperti kue dadar gulung, cukup menambahkan isinya dengan bahan sederhana seperti aneka buah atau kacang-kacangan maka rasanya akan semakin menggoyang lidah.

Apabila kamu mengkombinasikan berbagai rasa yang berbeda, kamu akan membuat semua orang tak sabar ingin mencicipi kue kreasi barumu. Jadi, jangan malu-malu memperkenalkan rasa tambahan saat membuat kue. Silakan campur kue ulang tahun coklat dengan buah-buahan segar atau kacang-kacangan renyah. Dengan kreativitas, kamu dapat menyulap kue yang biasa-biasa saja menjadi lebih nikmat dan lezat!

Paduan Rasa untuk Kue Ulang Tahun Coklat

Sumber gambar chocoloverscake.com

Ada banyak cara untuk menambahkan rasa pada coklat karena coklat merupakan salah satu bahan yang paling mudah dipadukan dengan bermacam-macam rasa, lho! Caranya pun tidak sulit, kamu hanya memerlukan sedikit kreativitas. Misalnya, untuk menghasilkan kue mint buttercream, kamu hanya perlu menambahkan aroma mint ke dalam buttercream yang kamu gunakan untuk melapisi kue. Kalau kamu sudah membuat cake dengan bahan coklat berkualitas, kamu masih bisa menambahkan sesuatu yang ekstra seperti buah-buahan, kacang-kacangan, hingga kulit jeruk.

Mengenai cara menambahkan rasa, semua tergantung kepada cara pembuatan kue itu sendiri. Ada yang bisa kamu tambahkan kapan saja, ada yang sebaiknya kamu tambahkan sejak awal pembuatan kue, tapi ada juga yang harus kamu tunggu sampai kue hampir jadi baru bisa kamu tambahkan. Perhatikan saja instruksi dari resep yang ada karena biasanya semua instruksi dalam resep pembuatan kue sudah teruji.

Untuk cake coklat buatan sendiri, bahan-bahan yang biasa ditambahkan adalah:

  • Kulit jeruk dari jenis apapun seperti lemon, jeruk sunkist, jeruk nipis, dan lain-lain. Kalau kamu tidak suka kulit jeruk, tambahkan sedikit perasan jeruk lemon untuk tetap mendapatkan aroma jeruk segar.
  • Kacang-kacangan seperti kacang mede, kacang tanah, dan sebagainya agar rasa kue menjadi semakin gurih. Pastikan kacang yang kamu pakai bermutu dan jangan ada yang busuk (berubah warna atau berlubang) karena kacang yang busuk akan membuat kue beraroma apek.
  • Aneka macam selai seperti selai kacang ataupun selai buah-buahan. Pilih yang berkualitas agar tidak menggumpal saat ditambahkan ke dalam coklat.
  • Buah-buahan yang manis dan agak keras atau kandungan airnya relatif rendah seperti pir, stroberi atau apel, dapat ditambahkan ke dalam coklat. Untuk penambahan buah-buahan sebaiknya dilakukan menjelang akhir pembuatan cake agar buah tidak hancur duluan.

Chocolate Cheesecake

Sumber gambar festivalartculinaire.com

Salah satu jenis kue coklat yang banyak diminati adalah chocolate cheesecake. Proses pembuatannya pun mudah, cukup campurkan dan aduk semua bahan adonan brownies menggunakan mixer lalu panggang hingga jadi. Agar rasa coklat lebih kuat, sebaiknya gunakan coklat berkualitas tinggi seperti merk Bensdorp, atau merk lainnya sesuai selera. Setelah matang, anda dapat menaburkan chocolate chips diatasnya untuk sensasi coklat ekstra yang lezat. Kalau bingung, kamu bisa tonton tutorial di bawah.

Untuk topping kejunya, campurkan adonan keju dan aduk merata dengan mixer. Kalau kamu menggunakan cream cheese padat, sebaiknya kamu biarkan beberapa saat dalam suhu ruangan agar lebih lembek dan siap digunakan. Setelah diaduk rata dengan mixer, adonan keju tersebut dioleskan pada permukaan kue sambil dibentuk dengan pola-pola yang kamu inginkan. Bagaimana kalau kamu tidak mau repot atau tak punya waktu? Beli saja chocolate cheesecake yang sudah jadi. Kamu bisa dapatkan kue jenis di the Harvest dengan harga mulai dari Rp.160.000,00 untuk ukuran 20 x 10 cm.

Red Velvet Chocolate Cake

Sumber gambar main.colavita.com

Kamu sudah pernah mencoba Red Velvet Cake? Kue yang terbuat dari campuran terigu, coklat, susu, dan cream cheese frosting ini belakangan amat populer di kalangan pecinta kue. Dengan tekstur yang padat, moist, sekaligus lembut, cake ini memiliki warna merah yang khas dengan lapisan krim yang manis pada setiap lapisan bolunya.

Untuk membuatnya bisa dengan cara dikukus atau dipanggang. Karena kandungan mentega kue ini cukup tinggi, kue akan mudah hancur sehingga kamu harus amat berhati-hati mengeluarkannya dari loyang terutama ketika kue baru saja matang. Dasar loyang sebaiknya dialasi dengan kertas khusus kue atau kertas minyak sewaktu memanggang agar lebih mudah melepaskan kue dari loyang.

Kamu tertarik? Untuk kamu yang tidak ingin repot membuat sendiri, the Harvest menyediakan berbagai ukuran untuk kue Red Velvet ini mulai dari harga Rp.340.000,00 untuk diameter 20cm. Tapi kalau kamu punya cukup waktu luang dan ingin berkreasi dengan red velvet chocolate cake karyamu sendiri, BP-Guide sudah siapkan resep menarik sebagai berikut.

Untuk membuat Red Velvet Chocolate Cake kamu perlu menyiapkan bahan:

  • ¼ kg tepung terigu low protein
  • 2 sendok makan coklat bubuk
  • 115 gr unsalted butter
  • Garam
  • 2 btr telur ayam
  • 1 sdt vanilla bubuk
  • 240 ml campuran susu skim
  • Perasan jeruk lemon sekitar 1 sdm
  • Pewarna makanan merah
  • 1 gelas belimbing gula pasir
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sendok teh cuka
  • Butter cream

Untuk membuatnya, pertama-tama ayak terigu, coklat bubuk, dan garam lalu sisihkan. Kemudian kocok mentega hingga halus dan masukkan gula lalu aduk hingga lembut. Masukkan telur sambil mengaduk, lalu aduk hingga merata. Campurkan susu dengan pewarna merah dan cuka dengan baking soda sampai mengeluarkan busa. Masukkan tepung terigu ke dalam adonan mentega bergantian dengan susu, lalu aduk hingga seluruhnya berwarna merah. Setelah itu campurkan campuran cuka dan baking soda tadi, lalu aduk kembali hingga tercampur. Panggang adonan dalam loyang dengan suhu sekitar 180 derajat celcius sekitar 45-50 menit hingga adonan matang. Setelah matang, olesi setiap lapisan dengan butter cream lalu tumpuk dan hias bagian atasnya dengan butter cream lagi. Red velvet cake pun siap disajikan.

Kalau masih bingung, tutorial berikut bisa membantu upaya kamu.

Oreo Chocolate Cake

Sumber gambar www.ericasweettooth.com

Kalau kamu memerlukan kue untuk memeriahkan suasana ketika teman-temanmu datang atau ada keluarga yang akan berkunjung, kamu dapat membuat Oreo Chocolate Cake yang lezat ini. Rasa manis khas krim Oreo bisa memperkaya rasa keseluruhan cake, jadi jelas cake yang satu ini sangat layak coba. Mau tahu bagaimana membuatnya? Yuk, simak resep spesial dari BP-Guide di bawah ini.

Bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membuat cake ini adalah:

  • Crust
  • 32 buah (330g) biskuit Oreo utuh
  • Chocolate Filling
  • 1/2 cup (110g) mentega
  • 7 oz (200g) Milk Chocolate
  • 3.5 oz (100g) Dark Chocolate
  • 7 oz (200 ml) Full Cream

Untuk topping, kamu dapat menambahkan buah-buahan seperti stroberi, ceri, dan lain-lain sesuai selera kamu. Atau kamu juga dapat menggunakan kacang-kacangan seperti almond, mede, dan lain-lain.

Setelah kamu menyiapkan semua bahan, yang harus kamu lakukan adalah giling dan haluskan biskuit oreo menggunakan mixer hingga menjadi butiran. Tambah mentega lalu aduk kembali hingga merata.
Keluarkan cetakan untuk kue yang telah kamu persiapkan sebelumnya, lalu masukkan seluruh adonan hingga memenuhi cetakan lalu padatkan menggunakan sendok. Taruh di tempat dingin seperti kulkas hingga beku.

Sementara menunggu adonan mengeras, kamudapat menyiapkan filling coklat. Caranya yaitu panaskan krim kental dalam api kecil hingga panas, lalu tuangkan keatas coklat yang sudah dipotong kecil-kecil. Setelah menunggu selama 1-2 menit, aduk krim dan coklat hingga merata.

Setelah adonan Oreo mengeras, tuangkan filling coklat ke dalamnya, lalu hias dengan menggunakan topping yang telah kamu persiapkan sebelumnya. Kemudian dinginkan kembali dalam kulkas selama kurang lebih 2 jam sebelum kue coklat Oreo ini siap disantap. Total biaya yang perlu kamu keluarkan untuk membuat Oreo Chocolate Cake ini kurang lebih sekitar Rp. 50.000,00 hingga Rp. 80.000,00.

Untuk demonstrasi visual, tonton saja tutorial berikut.

Peanut Butter Chocolate Cake

Sumber gambar chocolateandcarrots.com

Varian kue coklat lain yang rasanya sudah terbukti lezat dan nikmat adalah Peanut Butter Chocolate Cake yang dibuat menggunakan kombinasi selai kacang dan cokelat leleh. Sebenarnya kue jenis ini mungkin lebih mudah didapat jika kamu membelinya di toko, namun jika kamu membuatnya sendiri kamu bebas memilih jenis kacang yang gurih dan cocok untuk dibuat selai sesuai kesukaanmu, juga jenis coklat sesuai seleramu seperti dark, milk, white chocolate, dan lain-lain. Perkiraan harga jika kamu membuatnya sendiri adalah sekitar Rp.100.000,00, sedangkan yang sudah jadi harganya berkisar kurang lebih antara Rp.200.000,00 hingga Rp.400.000,00.

Bagaimana soal rasa? Sensasi manis-gurih selai kacang berpadu dengan cokelat pekat yang meleleh dalam mulut saat digigit. Dijamin semua orang menyukainya! Nah, buat kamu yang ingin membuat cake sendiri, yuk ikuti resep Peanut Butter Chocolate Cake dari BP-Guide yang sudah kami siapkan di bawah ini.

Bahan yang kamu perlukan:

  • 200 gr tepung terigu
  • 30 gr coklat bubuk
  • 50 gr kacang tanah, panggang sebentar, cincang halus
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdt baking powder

Campurkan semua bahan diatas hingga merata. Lalu siapkan bahan dibawah ini:

  • 75 gr butter, lelehkan
  • 100 gr peanut butter
  • 270 ml air hangat
  • 1 sdt cuka
  • 200 gr gula

Campurkan air, mentega, dan cuka lalu tambahkan gula dan selai kacang, kemudian aduk hingga semuanya rata. Masukkan campuran terigu yang sudah kamu buat sebelumnya lalu tuangi dengan campuran mentega dan peanut butter tadi, kemudian aduk hingga merata. Oles loyang dengan margarin lalu masukkan adonan dan panggang kurang lebih selama 30 menit atau hingga matang.

Berikut tutorial yang bisa kamu tonton.

Chocolate Fudge Cake

Sumber gambar assets.bonappetit.com

Chocolate Fudge Cake yang siap menggoyang lidah ini memiliki permukaan yang lembab dengan tekstur yang lembut. Hal itu tidak mengherankan mengingat sebuah Chocolate Fudge Cake berkualitas memang dibuat dengan coklat dan mentega berlimpah. Oleh karena itu coklat ini sudah pasti bukan untuk dikonsumsi mereka yang sedang diet atau membatasi asupan kalori, karena kandungan kalorinya sangat tinggi.

Namun jika kamu merupakan pecinta coklat, Chocolate Fudge Cake ini justru merupakan makanan yang wajib kamu konsumsi karena menebarkan rasa dan aroma coklat yang kuat. Cake tipe ini dapat disimpan di kulkas, namun sebelum dipotong sebaiknya didiamkan dahulu pada suhu ruangan agar lebih lunak dan mudah dipotong

Untuk kamu yang mau membuat Chocolate Fudge Cake sendiri, bahan-bahan yang harus kamu siapkan adalah:

  • 150 gram butter/margarine
  • 250 gram coklat blok
  • 4 sendok makan krim kental (bisa diganti susu cair)
  • 40 gram gula palem atau gula bubuk

Total biaya yang dibutuhkan untuk membuat sebuah chocolate fudge cake adalah sekitar Rp 100.000,00 hingga Rp 150.000,00 tergantung merk dan di toko mana kamu membelinya. Kalau kamu perlu tutorial visual, simak saja video berikut.

Buatlah Kue Ulang Tahun yang Penuh Makna

Sumber gambar www.goodtoknow.co.uk

Agar kue ulang tahun pemberianmu lebih bermakna, sebaiknya disertai dengan pesta kecil bersama teman-teman atau keluarga yang lain. Tak perlu bermewah-mewah, tapi sebisa mungkin ajak anggota keluarga dan sahabat dekat si penerima kue untuk ikut serta. Dengan begitu, orang yang akan mendapat kue akan merasa lebih dihargai dan berkesan. Apalagi jika kue ulang tahun tersebut dibuat olehmu sendiri, tentu akan memberikan nilai lebih.

Namun, sebaiknya kamu memperhatikan bahan-bahan dalam pembuatan kuemu. Usahakan jangan menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan, ataupun yang sudah mendekati kadaluwarsa.Sesuaikan semua dengan budget, selera orang yang akan diberi kue, dan berapa orang yang akan ikut menikmati kue itu. Percuma juga kalau kamu membuat kue ulang tahun yang terlalu besar untuk sedikit orang, ujung-ujungnya akan banyak sisa dan terbuang. Gunakan bahan-bahan berkualitas tinggi yang tentunya akan membuat rasa kuemu menjadi jauh lebih lezat.

Tips Mempercantik Kue Ulang Tahun Coklat

Sumber gambar www.youtube.com

Menghias kue merupakan kegiatan yang mengasyikkan sekaligus menyenangkan. Meski terlihat mudah, kegiatan ini memang membutuhkan kreativitas dan keahlian yang baik. Bahkan tak jarang pekerjaan meenghias kue memakan waktu lebih lama daripada proses pembuatan kue itu sendiri. Saran BP-Guide, mulailah menghias dengan bentuk-bentuk yang simpel. Banyak laman resep kue yang mengajarkan step by step cara membuat bermacam-macam hiasan kue yang sebaiknya kamu baca dan ikuti dengan teliti.

Agar kamu semakin lancar dalam menghias kue, kami akan memberikan beberapa tips yang semoga berguna:

1.Pilihlah loyang yang mendukung tema kue yang akan kamu buat dan hiasan yang akan kamu gunakan. Misal jika kamu ingin membuat kue bertema lapangan sepakbola, gunakan loyang berbentuk kotak atau persegi panjang.

2.Pastikan semua bahan sudah lengkap dan tersedia. Kamu tidak mau harus mendadak membeli bahan yang kurang ketika sedang memanggang kue, 'kan?

3.Buat kamu yang baru belajar menghias kue, gunakan kue tipe sponge cake. Kue ini teksturnya ringan, lembut, dan biasanya tidak terlalu manis jadi tetap enak disantap meskipun krimnya banyak.

4.Maksimalkan kreativitas dan jelajahi imajinasimu seluas mungkin dengan mencari sebanyak mungkin ide dan inspirasi dari mana saja.

5.Dalam menghias tidak perlu terlalu rumit, yang penting sederhana namun menarik.

6.Jangan lupa apa tujuan dan kepada siapa kamu akan memberikan kue tersebut.


Harapan dalam Sepotong Kue Ulang Tahun Coklat

Sumber gambar media.gettyimages.com

Tanpa kue ulang tahun, perasaanmu tidak akan tersampaikan dengan sempurna ketika merayakan hari peringatan seseorang yang spesial bagi kamu. Dengan merayakan hari ulang tahun bersama teman-temanmu dan memberikannya kue, pesan ketulusan cintamu akan tersampaikan dengan baik. Maka dari itu kue ulang tahun merupakan sesuatu yang wajib dalam setiap perayaan momen spesial. Selamat berkreasi menciptakan kue ulang tahun coklat sesuai seleramu dan be happy!

From our editorial team

A special cake for a special moment

Itu tadi beberapa resep kue ulang tahun coklat dari BP-Guide yang semoga bisa membantu kamu semua. Yang penting kamu tak perlu takut mencoba, mulailah dari resep kue sederhana dan perlahan kamu pasti makin jago membuat kue coklat untuk ulang tahun. Jangan lupa selalu gunakan bahan paling berkualitas yang bisa kamu dapatkan karena kualitas bahan menentukan rasa dan tampilan akhir kue kreasimu. Dan yang paling penting, berusahalah sebaik mungkin karena ini adalah momen spesial untuk orang yang kamu sayangi. Jadi tunggu apa lagi, happy baking with chocolate dan sampai jumpa dalam artikel berikutnya!