Ide dan Inspirasi Kado Ulang Tahun Anak Tercinta Yang Unik (2018)

Ide dan Inspirasi Kado Ulang Tahun Anak Tercinta Yang Unik (2018)

Orang tua pasti akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anaknya, Termasuk ketika akan memberikan kado ulang tahun. Kado apa saja yang cocok untuk anak Anda? Temukan jawabannya melalui artikel BP-Guide berikut ini.

Di hari spesialnya inilah inspirasi yang bisa Anda gunakan

Salah satu momen spesial sebagai orang tua adalah ketika anak kesayangan berulang tahun. Ini adalah momen yang tepat untuk menunjukkan rasa sayang sebagai orang tua. Apa saja yang bisa dilakukan untuk membahagiakan si buah hati di hari ulang tahunnya? Berikut ini beberapa pilihan kejutan yang bisa dijadikan inspirasi hadiah spesial sang buah hati.

  • Ulang tahun kurang berkesan tanpa kue ulang tahun. Di momen spesial ini ajak sang anak untuk sama-sama membuat kue ulang tahun dirinya. Biarkan anak menuangkan imajinasi dan kreativitasnya saat menghias kue. Bantu anak untuk membuat kue yang meriah dan berwarna-warni.
  • Adakan pesta ulang tahun kejutan dengan mengundang teman-temannya tanpa sepengetahuan anak Anda. Siapkan juga mahkota khas yang berulang tahun agar dia menjadi "Raja/Ratu Sehari".
  • Bantu anak Anda saat membuka hadiah. Jangan lupa kasih tahu setiap kado itu diberikan oleh siapa saja.
  • Di malam menjelang ulang tahunnya, siapkan balon-balon warna-warni dan pasang dengan diam-diam di kamarnya. Anak Anda akan sangat senang ketika bangun esok hari.
  • Di hari ulang tahunnya, ajak sang buah hati makan siang di restoran yang dia pilih. Untuk kegiatan ini cukup keluarga inti saja yang ikut.
  • Bisa juga mengajak anak Anda bermain di taman dan membelikan permen favoritnya.
  • Tata ulang kamar anak dan lakukan hal ini bersama dirinya. Bisa mengecat kamar pribadinya akan membuat anak merasa dihargai.

Tips mencari kado ulang tahun anak

Momen ulang tahun bisa menjadi saat-saat yang menyenangkan dan mengasyikkan tapi sekaligus membingungkan. Terutama ketika harus mencari dan memilih kado ulang tahun. Karena pilihan yang tersedia sangat banyak.

Jenis kado yang paling sering diberikan orang tua kepada anaknya adalah mainan. Tapi mainan seperti apa yang cocok untuk anak Anda? Inilah hal-hal yang harus Anda cermati sebelum menentukan mainan yang akan dijadikan kado ulang tahun sang buah hati.

  • Anak 1 tahun
  • Jangan beri mainan terlalu kecil juga terlalu besar. Terlalu kecil akan mudah bagi dia untuk dimasukkan ke dalam mulut. Mainan yang terlalu besar akan memberatkan lengannya. Sebaiknya pilih bahan mainan yang lunak seperti karet atau plastik.
  • Anak 2 tahun.
  • Di usia ini anak mulai mengembangkan motoriknya. Mainan yang dapat didorong dan ditarik akan sangat membantu dia melatih otot dan motoriknya.
  • Anak 3 tahun.
  • Kontrol dan koordinasi tubuhnya sudah lebih baik. Hadiah berupa sepeda roda tiga, masak-masakan, atau mobil-mobilan akan cukup bermanfaat bagi dia.
  • Anak 4 tahun.
  • Kemampuan otaknya sudah lebih berkembang. Latih otak anak dengan memberikan hadiah puzzle. Tentu bukan puzzle yang rumit. Cukup puzzle dengan 10-20 kepingan saja.
  • Anak 5 tahun.
  • Sebuah PlayStation bisa dijadikan hadiah yang pas bagi anak usia 5 tahun dalam melatih daya ingat. Tapi cermati juga game yang dimainkan memang yang dibuat untuk usianya. Jangan sampai mengandung unsur kekerasan.

Saat membeli mainan pastikan Anda tidak memberi yang bisa dipecah menjadi bagian-bagian kecil kepada anak berumur di bawah 3 tahun. Anak usia ini masih mengeksplorasi dengan mulut. Jadi sangat mungkin mainannya masuk ke mulut dan tertelan. Hindari juga bahan mainan yang kasar dan tajam, karena bisa melukai tangan atau badan anak.

Terakhir, jangan lupa bungkus mainan semenarik mungkin. Pasalnya, membuka kado merupakan pengalaman paling seru bagi anak yang tengah berulang tahun. Karena itu, rancang bungkus kado secara menarik dan bikin penasaran anak Anda.

Inspirasi kado ulang tahun anak

Anak-anak yang tumbuh di milenium kedua ini seperti tidak bisa lepas dari gadget. Akibat terlalu banyak bermain gadget, anak-anak menjadi malas diajak bergerak. Karena itu, saat anak berulang tahun upayakan memberi hadiah yang membuat dia mulai terlepas dari gadget dan lebih banyak mengaktifkan tubuhnya. Berikut ini beberapa inspirasi kado pengganti gadget yang bisa diberikan di hari spesialnya:

  • Sepeda
  • Dengan memberikan sepeda anak-anak akan lebih aktif bermain di luar rumah. Bahkan bisa menjadi alat transportasi jika jarak sekolah dan rumah tidak terlalu jauh. Jangan lupa untuk mengajarkan aturan lalu lintas dan menjaga kewaspadaan di jalan raya.
  • Puzzle
  • Bermain puzzle dapat menstimulasi fokus dan konsentrasi anak. Terutama dalam kaitannya dengan problem solving. Selain itu, daya ingat anak juga akan terlatih dengan memainkan puzzle.
  • Alat musik
  • Anak-anak umumnya senang mendengar nada dari alat musik. Untuk itu berikan dia sebuah alat musik yang memang diminatinya. Sebuah pianika bisa menjadi awalan yang baik. Bagi anak di atas umur 8 tahun, biola bisa menjadi alat musik yang menarik untuk dimainkan.
  • Kostum karakter
  • Bisa memerankan tokoh kartun favoritnya adalah sebuah hal yang menyenangkan bagi seorang anak. Karena itu sebuah kostum karakter dari tokoh kartun favoritnya bisa dijadikan pilihan. Anak pasti akan lebih aktif bergaya seperti tokoh favoritnya.
  • Buku cerita
  • Ajarkan anak untuk lebih gemar membaca dengan memberikan buku cerita. Dengan buku cerita anak akan distimulasi dalam mengembangkan imajinasi. Latih juga anak untuk merawat buku-bukunya sehingga bisa awet.
  • Perlengkapan sekolah
  • Sebuah perlengkapan sekolah lengkap dari mulai tas hingga alat tulis juga bisa menjadi kado menarik. Terutama bagi anak yang sudah berusia sekolah dasar. Pastikan perlengkapan sekolah tersebut memiliki gambar dari tokoh kartun favoritnya.

Sepatu Roda Lampu

Inilah hadiah yang tepat bagi anak yang aktif. Sebuah sepatu roda berlampu bisa menjadi alat untuk menyalurkan energinya dalam hal yang positif. Sebelum membeli sepatu roda, pastikan dulu berapa ukuran kaki anak Anda. Kemudian beli sepatu roda dengan satu nomor lebih besar dari ukuran kakinya.

Untuk anak yang agak takut untuk mencoba sepatu roda, Anda bisa membelikannya yang model 2 roda depan dan 2 roda belakang. Sehingga, anak tidak terlalu sulit untuk berdiri di atas sepatu roda dan mulai belajar berlari dengan alat ini.

Jika anak Anda termasuk yang tidak takut jatuh, bisa langsung membelikan model In-line Skate. Sepatu roda ini mempunyai 3-5 buah roda dalam satu baris sejajar. Model ini butuh waktu lebih lama untuk bisa mengendalikannya.

Jangan lupa untuk melengkapi hadiah sepatu roda ini dengan safety gear yang terdiri dari helm, pelindung siku, pelindung telapak tangan, dan pelindung lutut. Akan lebih baik jika sepatu roda dan safety gear punya kesamaan model dan warna. Ada banyak pilihan sepatu roda yang dijual di Lazada dengan harga mulai dari Rp 142.000.

Tenda Bola

Tenda anak bisa menjadi pilihan kado ulang tahun anak Anda. Tentu ini berbeda dengan tenda yang biasa dipakai untuk berkemah. Ini hanyalah sebuah tenda yang digunakan anak-anak untuk belajar berperan yang bisa meningkatkan daya imajinasi mereka. Selain itu, anak-anak juga bisa dilatih mengembangkan keterampilan psikomotorik mereka dan emosional mereka ketika bermain bersama-sama.

Sebagai tambahan menarik, Anda bisa meletakkan bola-bola kecil berwarna-warni ke dalam tenda. Bola-bola ini bisa menjadi alat main ketika mereka berada di dalam tenda.

Pilihan tenda anak

  • Tenda terowongan super tent
  • Tenda ini mempunyai tiga bagian yang bisa dibongkar pasang dengan mudah. Ukurannya cukup besar (240 x 74 x 84 cm). Harganya Rp 285.000 dan bisa didapatkan di tendaanakonline.com.
  • Tenda mobil merah
  • Tenda ini dirancang untuk mudah dipasang dan dibongkar oleh anak-anak. Rangka tenda terbuat dari bahan stainless dan kain untuk tendanya. Dijual di blibli.com seharga Rp 217.000.
  • Tenda kotak motif kartun
  • Tenda ini mempunyai satu pintu yang bisa digulung. Berbahan parasit dengan alas dari terpal. Ukurannya 120 x 120 x 85 cm. Dijual seharga Rp 165.000 di tokopedia.com.

Kaos Flanel

Kain flanel dengan warna-warna yang menarik mata juga bisa dikreasikan sebagai kado ulang tahun anak. Kain flanel ini bisa dibentuk menjadi berbagai macam hiasan. Dari mulai huruf yang menyusun nama anak Anda hingga hiasan bunga, mobil, maupun pesawat terbang. Proses pembuatannya pun relatif mudah dan Anda bisa langsung mencobanya di rumah.

Cara membuat kaos flanel

  • Siapkan satu buah kaos dari bahan katun yang lembut. Kaos ini banyak dijual di toko-toko pakaian anak dengan harga yang murah.
  • Siapkan beberapa lembar kain flanel dengan warna yang sesuai kebutuhan. Pastikan Anda sudah memiliki rancangan bentuk dan desain dari hiasan yang akan dibuat, sehingga tahu berapa banyak kain flanel yang dibutuhkan.
  • Buat pola berdasarkan gambar yang sudah dibuat lalu potong.
  • Jahit kain flanel yang sudah berbentuk hiasan tersebut ke atas badan kaos. Gunakan benang sulam untuk menjahit kain flanel agar terlihat lebih artistik.

Board Book

Buku memang menjadi pilihan yang tidak pernah habis untuk dijadikan kado ulang tahun anak. Untuk anak-anak sebaiknya pilihlah buku dengan sedikit tulisan tapi banyak gambar. Karena anak-anak bakal cepat tertarik dengan sesuatu yang bersifat visual. Salah satu buku yang bisa dijadikan pilihan adalah board book.

Perbedaan board book dari buku biasa adalah bahan pembuatnya yang berupa karton tebal. Buku ini biasanya hanya terdiri dari 1-2 kalimat dalam setiap halaman. Ketebalan buku ini membuatnya bisa bertahan lama meski kerap dibuka dan dimainkan. Tapi memang harganya sedikit lebih mahal dibanding buku biasa.

Board book bisa menjadi sarana anak untuk mulai mengenal huruf. Sekaligus mendekatkan hubungan orang tua dan anak saat keduanya terlibat dalam membaca buku bersama-sama. Ceritakan isi buku sambil melatih imajinasi anak melalui gambar yang ada di dalamnya.

Sepatu Lukis Karakter

Ingin memberikan kado yang spesial buat anak Anda yang akan berulang tahun? Coba buat sepatu lukis dengan gambar karakter kartun favorit mereka. Tidak perlu harus jago melukis untuk bisa membuat sepatu lukis. Yang penting Anda tahu karakter kartun favorit anak Anda dan menyiapkan gambar yang akan dijadikan contoh untuk dijadikan sepatu lukis.

Bahan-bahan yang harus disiapkan

  • Sepatu kanvas
  • Belilah sebuah sepatu kanvas polos. Penggunaan sepatu baru akan memudahkan dalam proses melukis karena masih kaku dan tidak kotor.
  • Cat akrilik
  • Gunakan cat akrilik ukuran kecil saja, karena memang kebutuhannya tidak banyak. Anda pun bisa berkreasi dengan mencampurkan warna sehingga menghasilkan warna yang menarik.
  • Cat pelapis
  • Cat ini digunakan sebagai pelapis ketika gambar dan pewarnaan sudah selesai. Bisa menggunakan cat semprot jenis spray clear.
  • Kuas
  • Kuas yang digunakan antara nomor 2 - 4 untuk kuas pipih dan nomor 0, 00, dan 000 untuk kuas bulat. Harganya berkisar Rp 5.000 - Rp 10.000. Gunakan kuas dengan kualitas bagus untuk menghasilkan gambar yang detail.
  • Pensil dan penghapus
  • Lem
  • Hiasan pelengkap
  • Bisa menggunakan pita, manik-manik, atau kancing.

Cara membuat sepatu lukis

  • Lepas tali sepatu dan bersihkan sepatu dari debu dan kotoran.
  • Gambar pola atau karakter kartun yang sudah dipilih sebelumnya. Sepatu kanan dan kiri bisa digambar berbeda tapi tetap dalam tema yang sama.
  • Mulailah mewarnai gambar yang merupakan latar belakang. Gunakan kuas pipih atau bulat ukuran kecil. Kemudian perkuat detail dengan memberi gradasi warna.
  • Beri outline pada gambar dengan menggunakan kuas ukuran 00 atau 000.
  • Tambahkan detail pada bagian samping dan belakang sepatu. Bisa juga dengan menerapkan glitter pada bagian-bagian tersebut.
  • Keringkan gambar dengan bantuan hairdryer. Setelah kering, sepatu bisa mulai ditambah hiasan pelengkap seperti kancing dan manik-manik. Akhiri dengan menyemprotkan cat pelapis secara merata. Semprot tipis-tipis saja, dan ulangi proses pelapisan setelah cat pertama mengering.
  • Setelah sepatu benar-benar kering, ganti tali sepatu dengan pita sehingga tampil lebih cantik.
  • Membersihkan sepatu lukis cukup dengan disikat halus dengan menggunakan air sabun. Jika cat pelapis mulai menipis bisa dicat ulang dalam kondisi sepatu sudah bersih.

Sepeda Anak

Meski terbilang standar, memberi hadiah sepeda saat anak berulang tahun tetap akan membuat sang anak senang dan bahagia. Terutama bagi mereka yang sudah berusia sekolah. Berangkat ke sekolah bersama teman-teman merupakan pengalaman menyenangkan bagi seorang anak. Selain itu, anak juga akan dilatih untuk lebih mandiri jika berangkat dan pulang sekolah memakai sepeda.

Jika anak Anda belum mahir naik sepeda, bisa dipasangkan roda kecil di bagian belakang. Roda ini menjadi pembantu menyeimbangkan sepeda ketika dalam tahap belajar. Ketika dirasa sudah mahir, bisa dilepas dengan mudah.

Produsen sepeda nasional seperti Polygon dan Wimcycle sudah punya kualitas internasional. Wimcylce pas bagi Anda yang budget sedikit terbatas. Sepeda anak Wimcycle dijual mulai Rp 800.000. Sementara Polygon harganya mulai dari 1 juta rupiah. Anda bisa melihat langsung produk keduanya melalui situs wimcycle.com dan polygobikes.com.

Sofa Odong Anak Karakter

Ceriakan anak Anda yang tengah berulang tahun dengan memberikannya sebuah sofa odong karakter. Sofa ini memang didesain khusus untuk anak-anak. Menggunakan bahan-bahan yang lembut sehingga aman sebagai teman bermain anak Anda.

Sofa odong ini terbuat dari velboa, bahan yang biasa digunakan untuk membuat boneka. Di dalamnya diisi dengan dakron silikon yang lembut. Sama sekali tidak ada bahan keras seperti kayu di dalam sofa odong ini. Ukurannya 50 x 40 x 40 cm. Sangat pas dengan ukuran anak-anak.

Bentuknya pun pasti disukai anak. Ada bermacam karakter kartun favorit anak yang dibentuk menjadi sofa odong. Anak-anak akan merasa betah dan aman bermain di atas sofa ini. Harga sofa odong ini sangat bervariasi. Di bukalapak.com banyak dijual dengan harga mulai dari Rp 90.000 sampai Rp 160.000.

Kidzy Table

Anak Anda masih berusia sekitar 5 tahunan? Maka meja belajar lipat atau Kidzy Table bisa menjadi hadiah yang pas. Saat usia TK, anak akan lebih banyak melakukan aktivitas menggambar dan mewarnai. Karena itu, keberadaan meja belajar lipat ini bisa membantu aktivitasnya tersebut. Terlebih, meja belajar lipat ini memiliki desain gambar kartun yang menarik. Anak Anda akan lebih rajin lagi belajarnya.

Contoh meja belajar lipat:

  • Meja belajar lipat karakter Gajah.
  • Terbuat dari multipleks dengan ukuran 54 x 34 cm. Tinggi meja 21 cm. Sementara kaki meja berbahan aluminium dengan engsel dari galvalum. Meja belajar lipat ini bisa digunakan untuk anak usia 2-8 tahun. Harganya berkisar Rp 210.000 dan bisa dibeli di marketplace seperti shoppee.co.id.

Kids Smart Coupe

Mobil-mobilan yang bisa dikendarai oleh anak bisa juga menjadi hadiah menarik bagi anak yang berulang tahun. Selain menyenangkan, mobil-mobilan ini bisa melatih banyak hal yang terkait dengan tumbuh kembang anak. Sambil bermain, anak bisa belajar tentang hal-hal yang akan berguna dalam kehidupannya.

Terapis berlisensi lulusan MIchigan University, Rachel Trost, menyebutkan bahwa anak akan belajar sisi kognitif ketika bermain mobil-mobilan. Anak belajar sebab akibat dalam setiap peristiwa yang dialami bersama mobil-mobilannya.

Perkembangan anak yang bisa dilatih dengan mainan mobil-mobilan ini antara lain:

  • Meningkatkan motorik halus
    Penggunaan kedua tangan akan terlatih saat mengemudi maupun saat harus memperbaiki bagian mobil yang rusak.
  • Melatih motorik halus
    Dilatih melalui koordinasi tangan dan kaki ketika masuk dan keluar dari mobil-mobilan.
  • Meningkatkan kosakata
    Bisa mendapat kosakata baru dari benda-benda yang terkait seperti setir, roda, pintu, kunci, dan lain sebagainya.
  • Belajar konsep awal seperti cepat dan lambat, naik dan turun, jalan dan berhenti, hidup dan mati.

Jika anak Anda perempuan, hadiah mobil-mobilan ini pun masih cocok. Pasalnya, saat ini desain dan warna mobil-mobilan tidak hanya khas anak laki-laki. Mobil bernuansa pink dan gambar Hello Kity sudah banyak dijual. Sehingga anak perempuan pun bisa ikut bermain dan tetap merasa nyaman.

Mobil-mobilan jenis ini bisa Anda dapatkan di Elevenia yang menjual Ocean Toy Yotta Ride On, mobil-mobilan bergaya mobil polisi dengan pegangan untuk mendorong, harganya Rp 279.000. Ada juga yang menjual Tomindo Ride on Cow, mobil-mobilan berbentuk sapi seharga Rp 550.000 di Lazada.

Maze Tombol Geometri

Jika Anda ingin melatih kemampuan klasifikasi pada anak usia balita, mainan edukatif Maze adalah pilihannya. Motorik kasar dan halus pada anak akan terlatih ketika memainkan permainan ini. Begitu pula dengan alur berpikir secara logis pada otak anak. Warna-warni yang terdapat pada mainan ini menggunakan cat yang aman untuk anak Anda.

Permainan maze memang merangsang anak untuk berpikir dalam usahanya mencari jalan dan menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya. Dengan bentuk dan warna yang berbeda, anak akan dilatih mengklasifikasikan setiap bentuk yang sama. Tantangan bagi anak adalah bisa menjalankan tugas dengan baik meski harus melewati sejumlah rintangan.

Mainan ini umumnya terbuat dari kayu pinus yang ringan tapi tetap solid dan kuat. Dilapisi dengan MDF board dan diwarnai dengan cat nontoxic. Dimensinya 40 x 40 x 5 cm dengan harga jual Rp 69.000 di Tokopedia.

Berikut adalah cara bermainnya :

  • Minta anak mengumpulkan mainan dalam bentuk yang sama, misalnya bentuk kotak, ke satu sudut ruangan. Sebelumnya, semua mainan ini sudah diletakkan di tengah ruangan. Anak akan menemukan bentuk lain selain kotak. Untuk itu dia harus menyingkirkan bentuk yang lain dan mendapatkan bentuk kotak untuk kemudian membawanya ke tempat yang diperintahkan.
  • Sekarang giliran anak memisahkan warna. Seperti halnya poin 1, anak diminta mengumpulkan satu warna tertentu ke pojok ruangan. Ini akan melatih kemampuan klasifikasi dan daya ingat.
  • Setelah anak bisa menyelesaikannya dengan baik, coba ganti dengan bentuk geometri atau warna yang lain.
  • Anda juga bisa ikut bermain seperti yang dilakukan anak. Minta anak untuk menunjuk bentuk mana yang harus dipindahkan. Dengan demikian interaksi anak dan orang tua pun bisa terbentuk melalui permainan ini.

Kado istimewa harus diiringi dengan ucapan yang istimewa

Momen spesial seperti ulang tahun anak sudah disiapkan dengan sempurna. Dari mulai kue ulang tahun, souvenir untuk undangan, hingga kado yang tak kalah spesial untuk anak yang berulang tahun. Tapi, masih belum lengkap jika tidak ada ucapan yang mengiringi ulang tahun anak Anda. Karena ucapan ini tak ubahnya doa dari orang tua kepada anak. Doa agar anak selalu mendapatkan yang terbaik dalam hidupnya.

Beberapa contoh ucapan selamat ulang tahun kepada anak yang bisa dijadikan inspirasi

  • "Selamat ulang tahun buah hatiku, semoga dengan bertambah usiamu semakin bertambah rezeki dan semoga keluarga kita menjadi keluarga yang bahagia selamanya."
  • "Sayang...senyum di wajahmu membuat mama dan papa kuat untuk selalu menjagamu dan memberikan apa yang terbaik untukmu.. selamat ulang tahun Anakku... semoga dengan semakin bertambah usiamu, membuatmu semakin dewasa."
  • "Anakku, senyum dan bahagiamu membuat kami semakin kuat, kami akan memberikan yang terbaik untukmu, dengan bertambahnya usia, kamu semakin cerdas dan semakin membuat kami bahagia. Selamat ulang tahun sayang."
From our editorial team

Kado Terbaik Adalah Doa

Banyak orang tua yang bingung harus memberi kado apa saat anaknya berulang tahun. Sampai akhirnya mereka lupa untuk menyertakan doa terbaik bagi anaknya. Kado yang mahal sekalipun umurnya mungkin tidak akan sampai bertahun-tahun. Tapi sebuah doa terbaik yang tulus dari orang tua akan selalu menyertai anak sepanjang hidup mereka.