Ingin Tetap Sehat? Simak 10 Tips Gaya Hidup Sehat Berikut Ini

Ingin Tetap Sehat? Simak 10 Tips Gaya Hidup Sehat Berikut Ini

Sumber gambar pixabay.com

Sehat itu mahal. Karena itu, Anda harus terus menjaga kesehatan kalau tidak ingin terkena penyakit yang berbahaya. Berikut ini, BP-Guide akan memberikan tips untuk menjaga kesehatan agar Anda bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar.

Menjaga Kesehatan Sangat Penting untuk Mencegah Datangnya Penyakit

Perkembangan zaman yang semakin cepat dan membuat kesibukan semakin padat, membuat banyak orang lupa tentang pentingnya kesehatan. Anda harus sadar, jika Anda sakit, maka Anda juga tidak bisa bekerja. Tidak hanya mengganggu pekerjaan, sakit juga membutuhkan obat dan perawatan yang tentunya memerlukan banyak dana. Karena itulah, mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Tips Gaya Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan

Hindari Tidur Larut Malam dan Lakukan Minimal 6 Jam Dalam Sehari

Tidur adalah aktivitas yang paling penting, karena ketika tidur Anda bisa mengistirahatkan semua organ tubuh yang telah lelah bekerja seharian. Jika Anda tidak mendapatkan jam tidur yang cukup, maka tubuh Anda tetap lelah ketika bangun paginya.

Tentunya hal itu sangat mengganggu Anda, apalagi jika Anda harus kembali menjalani rutinitas yang padat. Maka dari itu, Anda harus memberikan waktu istirahat kepada tubuh dengan cara menghindari tidur larut malam. Minimal Anda harus tidur 6 jam untuk mengistirahatkan tubuh.

Jalan Bertelanjang Kaki untuk Kontak Langsung dengan Permukaan Tanah

Berjalan tanpa alas kaki atau bertelanjang kaki, kenapa tidak? Anda harus mencobanya dan membiasakannya, karena jalan tanpa alas kaki memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Berjalan bertelanjang kaki ternyata dapat memperbaiki postur tubuh dan mengurangi stres pada kaki dan sendi.

Semua manfaat tersebut didapatkan dari efek pijatan yang dapat memberikan kenyamanan untuk tubuh Anda. Anda bisa melepaskan alas kaki ketika sedang berjemur. Namun medan yang Anda lalui perlu juga diperhatikan, jangan sampai ada batu yang runcing atau benda tajam lainnya.

Berjemur untuk Mendapatkan Asupan Vitamin D yang Cukup

Vitamin D adalah salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D dari berbagai jenis makanan, seperti ikan salmon, telur, jamur, hati sapi, ikan cod, ikan tuna, dan yoghurt.

Tetapi tahukah Anda, ada cara yang lebih simpel untuk mendapatkan asupan vitamin D? Yaitu berjemur di pagi hari dan membiarkan tubuh terpapar oleh sinar matahari pagi. Anda bisa menjadikan kebiasaan berjemur ini sebagai salah satu aktivitas Anda di pagi hari.

Mengonsumsi Makanan Fermentasi untuk Kesehatan Usus dan Pencernaan

Pencernaan adalah salah satu bagian penting dari tubuh, tetapi terkadang disepelekan. Salah satu organ penting yang mendukung proses pencernaan adalah usus. Jika usus Anda bermasalah, maka pencernaan Anda pasti akan bermasalah. Hal ini juga akan berakibat kepada kebugaran dan kesehatan tubuh Anda.

Agar usus selalu sehat, Anda bisa mengonsumsi makanan fermentasi seperti yoghurt. Bakteri baik di dalam makanan atau minuman fermentasi dapat menyeimbangkan kadar bakteri baik dan bakteri buruk di dalam usus Anda.

Beberapa Pola Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan dalam Keseharian

Perbanyak Minum Air Putih dan Gosok Gigi Secara Teratur

Anda juga harus memperhatikan kesehatan mulut Anda. Kondisi mulut yang selalu lembap membuat bakteri semakin mudah berkembang biak. Jika bakteri tersebut semakin berkembang, tidak hanya kesehatan mulut Anda yang terancam tetapi juga kesehatan tubuh Anda. Anda bisa menjaga kesehatan mulut dengan cara rajin menggosok gigi dan minum air putih.

Berpikir Positif

Berpikiran positif tidak hanya berpengaruh kepada pikiran Anda, tetapi juga kepada tubuh Anda. Berpikir positif dipercaya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Tidak hanya itu, kondisi tubuh Anda secara keseluruhan juga akan menjadi lebih baik dan membuat umur Anda menjadi lebih panjang. Maka dari itu, mulai dari sekarang kurangilah berpikiran buruk tentang apapun demi kesehatan tubuh Anda.

Jangan Lupa Sarapan Pagi

Meskipun Anda sibuk, jangan pernah melewatkan sarapan pagi. Saat pagi, tubuh membutuhkan banyak energi agar dapat beraktivitas seharian. Energi awal bisa Anda dapatkan dari sarapan. Melewatkan sarapan dapat memicu diabetes tipe dua dan memicu resistensi insulin kronis. Maka dari itu, sesibuk apapun Anda, jangan sampai melewatkan sarapan pagi.

Katakan Tidak pada Junkfood

Junkfood atau makanan cepat saji memang telah tersebar di mana-mana dan sering dikonsumsi banyak orang. Cepat dan praktis adalah keunggulan yang ditawarkan oleh junkfood dan membuat makanan ini selalu digemari.

Tetapi, untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, mulailah mengatakan tidak pada junkfood. Selain karena kandungan gizi dan vitaminnya yang rendah, junkfood juga mengandung berbagai kandungan yang tidak baik untuk tubuh, salah satunya pengawet. Bagi Anda yang sering makan junkfood, Anda harus mulai mengontrol atau membatasi konsumsi makanan ini agar tubuh lebih sehat.

Hindari Stres

Stres sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh Anda. Jika Anda sedang banyak masalah atau memiliki beban hidup yang berat, fisik Anda akan terganggu dan mengakibatkan sakit kepala, sakit perut, dada terasa sakit, susah tidur, dan tekanan darah tinggi.

Maka dari itu, Anda perlu mengelola stres untuk kesehatan tubuh. Caranya adalah dengan bersantai, melakukan hobi, atau melakukan yoga atau meditasi agar pikiran kembali tenang.

Makan Secara Sehat dan Seimbang

Langkah utama dalam menjaga kesehatan tubuh adalah mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang atau dikenal dengan konsep empat sehat lima sempurna. Makanan yang sehat dan seimbang dapat memberikan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh dalam beraktivitas seharian sehingga tubuh pun menjadi sehat.

Kurangi Konsumsi Garam

Makanan tanpa garam tentunya akan sangat hambar, tetapi Anda harus mengurangi konsumsi garam untuk kesehatan tubuh Anda. Garam adalah sumber sodium dan rata-rata setiap orang mengonsumsi sodium mencapai 2.300 miligram setiap hari.

Perlu Anda ketahui, bahwa sodium dapat meningkatkan tekanan darah dan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu, kurangilah mengonsumsi makanan dengan garam, agar Anda terhindar dari beberapa penyakit mematikan.

Olahraga Teratur

Olahraga adalah salah satu kunci dari kesehatan dan kebugaran badan Anda. Sayangnya, olahraga semakin jarang dilakukan ketika kesibukan semakin padat. Agar kesehatan Anda tetap terjaga, Anda bisa melakukan olahraga kecil-kecilan di sela-sela kesibukan Anda.

Seperti berkeliling-keliling sekitar rumah ketika baru bangun atau setelah mandi pagi. Atau juga Anda bisa melakukannya dengan cara memilih naik tangga dibandingkan naik lift ketika berada di kantor.

Hindari Alkohol dan Rokok

Jika Anda mencintai tubuh Anda dan ingin menjaga kesehatan badan, maka Anda harus menghindari alkohol dan rokok. Hal ini dikarenakan keduanya mengandung bahan-bahan yang tidak baik untuk tubuh, salah satunya adalah zat adiktif yang membuat Anda menjadi ketergantungan.

Beberapa organ penting di dalam tubuh Anda, seperti paru-paru dan lambung menjadi menurun performanya jika Anda tidak bisa berhenti mengonsumsi rokok dan alkohol. Jika Anda memang tidak bisa menghindarinya, maka mulailah untuk mengurangi porsinya.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Banyak orang sangat menyukai makanan yang mengandung gula, karena rasanya yang manis. Tetapi tahukah Anda, setiap kali mengonsumsi makanan yang memiliki kadar gulang yang tinggi, berbagai penyakit selalu menghantui Anda salah satunya penyakit diabetes.

Tidak hanya itu, mengonsumsi gula yang berlebih juga dapat mengurangi kebugaran tubuh Anda. Maka dari itu, bagi Anda para pencinta makanan manis, Anda harus mengganti gula biasa dengan gula yang rendah gula dan rendah lemak, agar tetap sehat.

From our editorial team

Gaya Hidup Sehat, Jadikan Anda Tidak Gampang Sakit

Usia memang takdir Tuhan. Tetapi, menjaga tubuh tetap sehat dengan gaya hidup sehat, tentunya menjadikan Anda memiliki kemungkinan hidup lebih lama. Jadinya, jangan sampai tidak melakukan gaya hidup sehat. Nah, dari beberapa gaya hidup sehat yang direkomendasikan BP-Guide di atas, mana yang sudah Anda lakukan?