Girls, Rawatlah Payudaramu dengan 10 Perawatan Sederhana yang Dapat Menjaga Keindahannya

Girls, Rawatlah Payudaramu dengan 10 Perawatan Sederhana yang Dapat Menjaga Keindahannya

Girls, tahu nggak sih kalau payudara kamu nggak bisa diabaikan begitu saja. Payudara yang tidak mendapat perawatan justru akan cepat mengendur dan kehilangan keindahannya. Wah, jangan sampai itu terjadi padamu, ya. Yuk, dari sekarang rawatlah payudara dengan cara sederhana ini. Simak, ya.

Agar Tetap Sehat dan Indah, Payudara Perlu untuk Dirawat

Sumber gambar lelong.my

Payudara adalah salah satu bagian dari tubuh wanita yang dianggap paling indah dan sensual. Namun, bukan hanya dari segi estetika semata, payudara juga memiliki peran penting lain dalam kehidupan wanita sehari-hari. Payudara bagi seorang ibu adalah bantuan untuk memberi air susu pada bayi secara alami sehingga penting dijaga kebersihan serta kesehatannya.

Bagi mereka yang sudah menikah, payudara indah bisa jadi daya tarik bagi sang suami serta mendukung keintiman juga keharmonisan rumah tangga. Tidak heran jika kemudian banyak perempuan yang berusaha menjaga payudara baik-baik karena bagian ini juga tidak lepas dari risiko penyakit berbahaya.

Untuk penampilan sendiri, banyak wanita yang berusaha menjaga agar payudara tetap terlihat penuh, bulat, dan tidak kendur. Payudara indah juga bisa menunjang kepercayaan diri bahkan proporsi payudara juga bisa berpengaruh pada kesehatan dan kenyamanan lainnya seperti punggung.

Hal-hal yang Harus Dilakukan Sehari-hari untuk Menjaga Kesehatan Payudara

Istirahat Cukup

Sumber gambar thenypost.com

Meski tampak sepele, ternyata waktu tidur atau istirahat dapat berpengaruh terhadap kesehatan payudara wanita. Sebaiknya, tidak membiasakan diri tidur terlalu larut alias begadang jika ingin mendapat payudara sehat dan indah. Kebiasaan buruk dari begadang dapat berdampak pada produksi hormon melatonin.

Peran hormon ini cukup penting mengingat hormon melatonin berpengaruh pada kadar hormon estrogen. Selain tidur cukup, kamu dianjurkan untuk makan makanan yang bergizi seperti sayur dan buah serta minum air putih sesuai kadar yang dibutuhkan oleh tubuh.

Hindari Stres

Sumber gambar www.bonobology.com

Wanita lebih rentan stres daripada laki-laki dan hal ini juga dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan payudara. Stres, meski tampak sepele bahkan terkadang tidak terasa, bisa memicu terjadinya kanker termasuk kanker payudara. Apalagi, jika hal ini didorong juga oleh kebiasaan buruk lainnya seperti merokok, minum minuman beralkohol atau makan makanan secara berlebihan.

Untuk menyiasati stres, lakukan hal-hal yang bisa membuat rileks. Kamu bisa melakukan hobi seperti membaca, sekadar jalan-jalan di taman, liburan atau lakukan langkah-langkah mudah seperti menarik dan mengembuskan napas secara bergantian secara perlahan.

Kamu juga bisa melakukan relaksasi menggunakan minyak aromaterapi atau mandi air hangat agar tubuh dan pikiran bisa lebih terasa santai.

Olahraga

Sumber gambar www.mobiefit.com

Olahraga dianjurkan agar tubuh kamu senantiasa aktif dan juga dalam kondisi prima. Olahraga juga memiliki dampak positif bagi kesehatan payudara terlebih jika dilakukan dalam cara yang tepat. Kamu bisa melakukan olahraga favorit seperti push up atau sit up secara rutin.

Lakukan olahraga yang mudah jika kamu tidak punya waktu untuk datang ke pusat kebugaran. Kamu juga bisa melihat panduan olahraga melalui aplikasi pemandu yang saat ini bisa dengan mudah dipasang di ponsel pintar atau melihat dari tayangan televisi.

10 Perawatan Sederhana untuk Menjaga Payudara Tetap Terawat dan Indah

Gunakan Bra yang Tepat

Sumber gambar id.aliexpress.com

Sering merasa sesak dan nyeri pada bagian punggung atau bahu? Bisa jadi dikarenakan salah memakai bra. Ukuran serta desain bra yang tidak tepat ternyata bisa berdampak pada kesehatan dan kenyamanan payudara terlebih jika kamu aktif bergerak sehari-hari.

Kamu dianjurkan menggunakan bra yang sesuai dengan kegiatan seperti sports bra untuk berolahraga. Saat membeli, pastikan kamu mengetahui ukuran tepat agar payudara bisa terbungkus dengan baik dan nyaman. Pilihlah bra dengan bahan yang lentur dan lembut.

Hindari bra dengan bahan berbahaya seperti kawat yang jika terlepas bisa saja melukai ketiak atau payudara kamu. Selain itu, kamu dianjurkan melonggarkan atau melepas bra saat akan tidur agar sirkulasi darah bisa lebih lancar.

Berikan Pelembap

Sumber gambar tribunnews.com

Jika payudara kamu terasa kasar dan kering, ada baiknya memberikan pelembap untuk mengembalikan kelembutan serta kehalusannya. Pelembap untuk payudara bisa memberikan kenyamanan dan juga membantu kulit payudara agar terlihat lebih halus dan terhidrasi dengan baik.

Pakailah pelembap payudara setelah mandi dan iringi dengan pijatan-pijatan lembut untuk membantu kelancaran sirkulasi darah. Pilihlah pelembap payudara yang mengandung minyak jojoba atau minyak alpukat yang dikenal baik dapat membantu memberi kelembapan alami pada kulit.

Gunakan Sunscreen

Sumber gambar iyaa.com

Meski menggunakan bra dan dilapisi oleh pakaian, ternyata payudara juga perlu diproteksi ekstra dengan menggunakan sunscreen. Efek buruk dari sinar ultraviolet bisa berdampak pada terjadinya kanker kulit sehingga sebaiknya produk skincare ini digunakan terlebih saat akan keluar rumah bahkan jika kamu mengenakan pakaian tertutup sekali pun.

Selain melindungi payudara, kandungan dalam sunscreen juga bisa membantu kulit tetap halus terawat dan lembap sehingga terhindar dari kulit yang tampak keriput atau kendur. Kamu juga bisa memilih produk tabir surya yang mengandung bahan-bahan pencegah anti-aging untuk menjaga elastisitas dan keindahan payudara.

Pijat Payudara

Sumber gambar asmaraku.com

Pemijatan payudara yang tampak sepele ternyata bisa berpengaruh pada kesehatan dan keindahannya. Kamu bisa mulai rutinitas pijat payudara di malam hari saat akan tidur. Luangkan waktu sekitar 15 menit setiap dua kali dalam seminggu untuk melakukan pemijatan payudara.

Kamu bisa mulai dengan membersihkan area payudara menggunakan handuk dan air hangat. Kemudian, gosokkan kedua tangan selama kurang lebih 60 detik sampai tangan terasa hangat. Setelah itu, letakkan di kedua payudara dan pijat dengan sedikit tekanan ke arah dalam.

Lalu, gosok payudara dalam gerakan memutar dengan posisi tangan kanan memutar searah jarum jam sementara tangan kiri berlawanan arah jarum jam. Ulang gerakan sekitar 20-30 kali di setiap pemijatan.

Memeriksakan ke Dokter

Sumber gambar journal.sociolla.com

Ada hal-hal seperti gangguan kesehatan yang tidak kasat mata dan ini biasanya juga terjadi di payudara. Banyak kasus penderita kanker yang baru mengetahui dirinya mengidap penyakit di saat kanker mulai atau cukup parah. Oleh sebab itu, kamu dianjurkan untuk memeriksakan diri secara rutin ke dokter untuk mengecek kesehatan payudara.

Kenali juga beberapa ciri yang dapat mengindikasi gangguan kesehatan payudara seperti muncul bintik-bintik merah tak wajar di sekitar putting, adanya penebalan kulit, darah yang keluar dari putting, perubahan ukuran atau bentuk yang tidak lazim atau benjolan keras yang terasa sakit saat disentuh.

Makan Makanan Sehat

Sumber gambar muslimsiana.blogspot.com

Makanan bisa dikatakan memiliki dampak besar bagi kesehatan. Keliru memilih makanan atau memiliki kebiasaan serta pola makan yang buruk juga bisa mempengaruhi kesehatan payudara kamu. Maka, mulailah mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran sehari-hari agar kesehatan payudara tetap terjaga.

Ada beberapa makanan yang baik untuk mendukung kesehatan payudara seperti terong wortel, biji flax, brokoli, minyak ikan dan makanan yang mengandung flavonoid serta karotenoid. Selain menyehatkan, makanan ini juga bisa membantu menjaga elastisitas kulit payudara secara alami.

Biasakan Tidur Telentang

Sumber gambar vemale.com

Tidur yang nyaman dengan posisi yang benar bisa membantu payudara terlihat indah bebas kerutan. Hindari posisi tengkurap atau menelungkup karena selain bisa menyebabkan kesulitan bernapas juga dapat membuat payudara jadi terhimpit. Kebiasaan ini juga bisa berpengaruh pada elastisitas payudara.

Sebaiknya, kamu membiasakan diri untuk tidur menghadap posisi kanan atau telentang agar lebih nyaman. Posisi telentang diyakini baik bagi payudara karena tidak menghimpit. Selain itu, gunakan pakaian tidur yang lembut dan halus untuk mengurangi gesekan pada kulit payudara agar tetap mulus dan bebas kerutan.

Lakukan Breast Exercise

Sumber gambar india.com

Melakukan beberapa olahraga khusus ternyata bisa membantu payudara tampak lebih indah, kencang, dan sehat. Kamu bisa coba melakukan push up dengan cara biasa atau juga dengan posisi tegak menghadap dinding jika metode push up biasa masih terlalu sulit dilakukan.

Meski push up sering dipandang sebagai latihan untuk menguatkan otot lengan, ternyata gerakan naik dan turun dengan menumpu kekuatan di tangan ini juga bisa membantu payudara lebih kencang. Push up bisa membantu otot data lebih kuat dan efeknya, payudara dapat tampak lebih padat dan indah.

Yoga

Sumber gambar www.yogastudioapp.com

Olahraga satu ini masih populer dan banyak dipilih wanita karena diyakini bisa membantu melepas stres sekaligus mendukung tubuh agar lebih indah dan kencang. Ada beberapa gerakan dalam yoga yang bisa membantu mengencangkan dan menyehatkan payudara. Misalnya seperti gerakan yang disebut dengan istilah “gerakan ksatria” alias warrior pose.

Gerakan ini cukup mudah dilakukan yakni dengan cara melebarkan kaki dan tekuk salah satunya ke bagian kanan kemudian tekuk lutut secara perlahan. Lakukan gerakan sambil menarik napas dan rentangkan kedua tangan sampai sejajar dengan bahu dan seimbang lalu tahan napas selama kurang lebih 20-30 detik dan embuskan. Jika sudah menguasa gerakan ini, kamu juga bisa mencoba gerakan lain seperti gerakan kayang.

Pose yang disebut juga dengan istilah wheel pose ini memerlukan latihan agar lebih mahir karena cukup sulit dilakukan. Disebut dengan gerakan kayang, kamu bisa mulai dari berbaring telentang dalam posisi lutut menekuk sementara kedua kaki lurus menjejak lantai dengan pinggung terbuka lebar.

Kemudian, sejajarkan kedua tepi kaki dan tekuk siku. Tempatkan tangan di salah satu sisi kepala dan jari-jari menghadap ke bahu. Setelah posisi benar, angkat pinggul dan panjangkan kedua lengan dan tekan kaki melalui ibu jari. Raih dada agar menjauh dari kaki dan tarik napas dalam-dalam selama kurang lebih tiga detik. Jika belum terlalu mahir, sebaiknya kamu tidak melatih pose ini sendirian, ya.

Menggunakan Bahan Alami untuk Pengencangan Payudara

Sumber gambar hellosehat.com

Selain produk krim payudara yang tersedia di pasaran, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah untuk membantu mengencangkan payudara seperti lidah buaya. Tanaman ini dikenal baik dengan kandungan yang bisa melembapkan dan memberi rasa sejuk serta baik untuk kulit.

Kamu bisa mengambil tanaman lidah buaya yang ada di rumah. Singkirkan duri tajam di sisi-sisi tanaman kemudian belah dan ambil bagian gel. Oleskan gel tersebut di payudara dan pijat dalam gerakan memutar setidaknya selama 7-10 menit lalu diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa gel lidah buaya. Ulangi secara rutin sekitar 3-5 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

Selain lidah buaya, kamu juga bisa menggunakan putih telur untuk membantu mengencangkan payudara. Kocok putih telur secukupnya sampai berbusa kemudian oleskan di area payudara dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Bersihkan putih telur menggunakan air bawang dan air mentimun kemudian bilas lagi dengan air bersih.

From our editorial team

Girls, Jangan Sepelekan Payudaramu!

Payudara adalah salah satu bagian tubuh wanita yang indah. Tentu untuk tetap menjaga keindahannya diperlukan perawatan yang rutin. Jangan sekali-kali mengabaikannya karena bagian tubuh ini terlindungi oleh pakaian, ya. Yuk, lebih care lagi dengan payudaramu!

Tag