Ingin Cantik Luar Dalam? Yuk Terapkan 10 Tips Sehat untuk Wanita yang Wajib Kamu Lakukan Setiap Hari!

Ingin Cantik Luar Dalam? Yuk Terapkan 10 Tips Sehat untuk Wanita yang Wajib Kamu Lakukan Setiap Hari!

Menjaga kecantikan dan kesehatan tentu mesti dilakukan khususnya oleh para wanita yang peduli dengan penampilannya. Kalau kamu ingin cantik luar dalam, kamu bisa terapkan beberapa tips hidup sehat dari BP-Guide berikut ini! Praktikkan semuanya, ya!

Kecantikan Wanita Dimulai dari Tubuh yang Sehat

Semua orang tentu mendambakan tubuh yang sehat agar kegiatan dan aktivitas bisa terselesaikan dengan sempurna. Bagi wanita, tubuh yang sehat mungkin tak cukup. Kesehatan kulit dan wajah merupakan hal yang selalu diperhatikan. Kulit sendiri memang perlu dirawat, mengingat fungsinya yang sangat penting, mulai dari melindungi organ, pengatur suhu tubuh, dan indera peraba.

Berbagai produk perawatan kecantikan, seperti pelembap wajah, serum, hingga sun screen menjadi hal penting penunjang kesehatan kulit wanita. Sebenarnya tidak hanya memakai produk perawatan kulit wajah saja yang bisa membuat kulitmu sehat dan terawat.

Kamu harus rajin membersihkan wajah atau merawat kulitmu dengan cara tradisional. Selain menggunakan bahan alami, cara tradisional tak kalah dengan perawatan kulit dengan biaya yang mahal.

Tidak berhenti pada perawatan dari luarnya saja, kamu juga harus menjaga kesehatan kulit dari dalam. Stres merupakan penyebab kulit wajah menjadi berkerut dan menua lebih cepat. Kamu juga harus rajin-rajin berolahraga karena hal yang satu ini bisa membuat kesehatan tubuh sekaligus kulit tetap terjaga.

Menjaga kulit dari luar dan dalam akan memberimu tampilan wajah yang segar, cantik, awet muda dan tetntu saja lebih percaya diri.

Jangan Gantungkan Kecantikanmu Hanya Pada Kosmetik dan Perawatan Kulit

Sumber gambar www.livestrong.com

Produk perawatan wajah memang menjadi hal wajib yang dimiliki oleh wanita mulai dari usia remaja hingga dewasa. Sayangnya banyak sekali produk perawatan kecantikan yang tak aman dan mengakibatkan masalah kulit. Bukan hanya masalah ringan seperti alergi saja, produk kecantikan wajah bisa mengakibatkan kanker kulit dalam jangka panjang.

Sebaiknya merawat kecantikan kulit wajah tak hanya kamu lakukan dengan menggunakan produk kecantikan saja, gunakanlah gaya hidup yang sehat. Beberapa hal berikut bisa kamu lakukan untuk menunjang perawatan kecantikan yang kamu lakukan.

Pelihara Tubuhmu dengan 10 Tips Kesehatan Wanita Berikut Ini!

Istirahat yang Cukup

Sumber gambar blog.downlinens.com

Istirahat cukup adalah tips menjaga kesehatan tubuhmu yang pertama. Istirahat termudah sekaligus maksimal adalah tidur. Selain menghilangkan lelah setelah beraktivitas, tidur dapat mengembalikan energi dan memulihkan kondisi. Hal ini akan membuatmu tampak segar dan lebih bersemangat.

Saat tidur, kulitmu mengalami regenerasi dengan menggantikan sel-sel lama dengan sel baru. Tidur yang cukup akan mencegah munculnya garis halus pada wajah dan mengurangi keriput.

Aliran wajah akan menjadi lancar sehingga nutrisi akan terserap lebih baik. Selain itu, tidur nyenyak bisa membantu produksi hormon yang diperlukan untuk membentuk kolagen sehingga kulitmu tampak cerah dan lembut.

Kurang tidur bisa memberi beberapa dampak negatif. Kamu akan merasa tubuhmu sangat lelah dan tubuhmu terlihat tak segar. Kantung mata atau lingkaran gelap di bawah mata akibat kurang istirahat akan muncul dan mengganggu penampilanmu.

Sudut bibirmu akan tampak turun dan matamu tampak sayu sehingga kamu terlihat sangat tak menarik. Akibat kelelahan dan stress akan memicu peningkatan produksi hormon kristol yang memproduksi serum sehingga membuat wajahmu mudah berjerawat.

Untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan tidur dengan nyenyak, lakukanlah hal berikut ini.

  • Tinggalkan gadgetmu. Ketagihan gadget akan membuatmu berdiam diri di dalam ruangan terlalu lama, pergilah keluar untuk mencari udara segar. Berjalan-jalan di pagi hari bisa membuat sirkulasi dalam darah menjadi lancar.
  • Sosialisasi. Ikatan sosial yang erat antara kamu dan lingkungan sekitar bisa membuatmu lebih semangat dan membuat tubuhmu menjadi segar dan lebih produktif.
  • Istirahat setiap 90 menit. Beristirahat atau menggerakkan tubuh sesekali setiap 90 menit akan membuat produktivitasmu menjadi meningkat kembali. Rasa lelahmu juga akan hilang lho!
  • Liburan. Pekerjaan yang melelahkan bisa membuatmu stres dan penat sehingga kamu memerlukan jadwal liburan untuk mengembalikan mood dan produktivitasmu.
  • Tidur siang. Maksimalkan tidur siangmu setidaknya 25-30 menit setiap hari. Hal ini meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kewaspadaan, dan meningkatkan kreativitasmu.

Perbanyak Konsumsi Sayuran

Banyak orang yang sudah tahu bahwa sayuran segar mampu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah sehingga risikomu terkena diabetes menjadi berkurang. Ternyata tidak hanya itu saja, simak berbagai manfaat konsumsi sayuran terhadap kesehatan tubuhmu yuk!

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berkat vitamin dan mineral di dalamnya, sayuran segar mampu menjaga sistem kekebalan tubuh yang menjauhkanmu dari berbagai penyakit.
  • Mencegah perut kembung. Perut yang terlihat ramping dan terhindar dari kembung akibat konsumsi garam berlebihan bisa kamu dapatkan karena konsumsi rutin sayuran segar. Kandungan potassium dan air mampu menyingkirkan kelebihan garam dan menyeimbangkan cairan dan elektrolit dalam tubuh.
  • Membuat wajah lebih cerah dan awet muda. Sayur berwarna merah dan oranye kaya akan beta karoten yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga wajahmu akan terlihat glowing dengan semburat merah cerah nan segar pada kulit wajah. Pertahanan kulit dari sinar UV didapatkan dari kandungan likopen di dalamnya. Coba juga beberapa sayur, seperti mentimun, paprika, brokoli, kentang dan ubi manis untuk mendapatkan tampilan kulit yang awet muda.
  • Mengurangi stres. Potassium dan magnesium dalam sayuran segar dapat membuatmu lebih rileks dan menjaga darah tetap stabil. Kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis sayur, seperti sayuran berdaun hijau, kentang, paprika, bayam, bok choy, edamame, jamur dan tomat
  • Melindungi tulang. Tomat bisa membantumu mencegah osteoporosis akibat usia. Selain tomat, ada juga adalah tanaman berdaun hijau pekat, bayam (masak sebentar agar kandungan kalsiumnya bertambah), brokoli, kacang polong, jamur, asparagus, kale, bawang putih dan daun bawang yang bisa melindungi tulangmu.

Gantikan Camilan dengan Buah

Sumber gambar blog.paleohacks.com

Ngemil adalah kegiatan yang sangat disukai oleh para wanita. Nah, mengganti camilan dengan buah-buah segar rupanya sangat membantumu dalam menjaga kesehatan kulit dan tubuh lho! Yuk simak beberapa buah yang bisa mengurangi asupan kalori dalam sehari!

  • Semangka. Terdiri dari 90% air, semangka adalah buah yang sangat cocok buatmu yang sedang menurunkan berat badan. Selain bisa membuat perutmu kenyang lebih lama, buah ini sangat cocok dijadikan camilan sehat.
  • Jambu. Jambu merah kaya akan vitamin, protein, dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu, jambu merah memiliki kandungan gula yang masih di bawah jeruk, apel, dan anggur.
  • Apel dan Pir. Mengonsumsi apel atau pir sebelum makan akan membantumu mengurangi asupan kalori dari makanan berat yang kamu konsumsi. Mengonsimsinya berasama dengan kulitnya akan menambah asupan serat sebanyak 4.4 gram serat atau seperlima kebutuhan serat yang diperlukan tubuhmu.
  • Pisang. Pisang sangat ampuh melawan kram otot, menjaga tekanan darah, serat, dan karbohidrat sehingga perutmu merasa kenyang lebih lama. Kelebihan-kelebihannya membuat pisang menjadi buah yang sangat cocok dikonsumsi selepas berolahraga.
  • Tomat. Kandungan antioksidan yang da di dalamnya mampu mengurangi retensi air dalam tubuh. Selain itu tomat juga kaya air, udara, dan serat yang bagus untuk mengrangi berat badan.
  • Buah Sukun. Rasa yang manis dan gurih dari sukun ternyata bisa membuatmu merasa cepat kenyang. Selain dijadikan penganan ringan, sukun bisa dipilih sebagai makanan yang konsumsi ketika diet. Bermanfaat sebagai pengganti nasi, sukun dinilai mampu menmpercantik kulit dan melancarkan buang air besar dan menjadi antioksidan. Kaya akan omega 3, omega 6, serat, protein, sodium, kalium dan berbagai vitamin membuatnya sangat bermanfaat bagi tubuhmu.
  • Lemon. Perasan lemon dan air hangat yang diminum di pagi hari dapat membantumu menurunkan berat badan. Kandungan vitamin C di dalamnya memicu reaksi kimia yang mampu membakar lemak dalam tubuh. Serat yang ada di dalamnya juga membuatmu jadi kenyang dan mempengaruhi lemak yang ada di tubuh.
  • Pepaya. Seratnya yang tinggi membuat pencernaanmu lancar. Pepaya rendah kalori sangat cocok digunakan sebagai pendamping ketika diet.
  • Alpukat. Lemak baik yang terkandung di dalam alpukat bisa membuat lemak jenuh dalam tubuh hilang ketika dikonsumsi di siang hari. Kandungan seratnya yang cukup tinggi bisa membuat tubuh tak mudah lapar. Kalium juga bisa membantumu menurunkan berat badan yang berlebihan. Kadar gula yang rendah membuat alpukat dinobatkan sebagai buah yang tak akan membuatmu gemuk.
  • Blueberry. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa buah yang satu ini bisa membakar lemak dalam tubuh hingga 73% dan mengontrol rasa lapar serta nafsu makan. Rasanya yang enak dengan berbagai kandungan yang sangat bermanfaat membuat blueberry wajib kamu konsumsi sebagai camilan.

Meskipun mengonsumsi buah sebagai camilan dapat menjaga kesehatan tubuhmu, membakar lemak dan kalori bisa kamu lakukan dengan cara berolah raga. Mengganti camilan dengan buah-buahan di atas hanya membatumu menggantikan makanan tinggi lemak dan gula guna mengurangi jumlah kalori yang diasup sehari-hari.

Olahraga Teratur

Sekarang ini olahraga menjadi salah satu trenn baik bagi masyarakat urban. Selain berguna untuk memelihara kesehatan tubuh, organ, dan berbagai sistem di dalamya, olahraga menjadi salah satu cara alami yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut ini merupakan manfaat olahraga bagi tubuh, simak selengkapnya ya!

  • Meningkatkan sistem imun. Peningkatan sistem imun atau kekebalan tubuh akan kamu rasakan setelah rutin berolahraga. Kamu tak akan mudah sakit karena rutin berolahraga.
  • Menenangkan hati. Suasana hati bisa berubah menjadi lebih baik ketika kamu berolahraga dengan rutin. Beban pikiran yang kamu rasakan juga akan sedikit terlupakan.
  • Menyehatkan jantung. Olahraga mampu memelihara kesehatan jantung. Untuk olahraga dengan tingkat yang cukup berat pastikan jantungmu dalam kondisi sehat ya!
  • Meningkatkan metabolisme dalam tubuh, Metabolisme memegang peranan penting dalam tubuh. Apabila sistem metabolisme terganggu, kamu akan mudah terserang berbagai penyakit kognitif berupa penurunan sistem otak dan kepikunan.
  • Memperlancar tekanan darah dalam tubuh. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga aliran darah dalam tubuh akan terhambat.
  • Membakar lemak. Obesitas dan gula yang tak terserap secara sempurna akan membuat tubuhmu penuh lemak. Banyaknya lemak yang menempel pada pembuluh darahmu bisa kamu kurangi dengan berolahraga secara teratur.

Sertai olahrada teratur dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Ketiga hal tersebut akan menjadi pilar kuat jika kamu ingin mendapatkan tubuh yang sehat dengan berat badan yang seimbang.

Hindari Stres

Stres dalah reaksi fisiologis dalam tubuh yang meningkatkan produksi kortisol atau hormon stres. Akibat dari hormon tersebut ialah peradangan pada organ tubuh dan memicu berbagai penyakit, salah satunya kulit. Selain merawatnya menggunakan berbagai produk kecantikan, sebaiknya kamu perlu menghindari stres. Berikut adalah dampak buruk stres yang akan membuat kesehatanmu menjadi terganggu.

  • Rambut kusam. Nutrisi yang masuk dalam tubuh tak akan terserap secara sempurna akibat stres. Rambut yang kurang berkilau adalah salah satu dampak stres yang dialamimu.
  • Uban. Identik dengan pertambahan usia, penyebab munculnya uban yang lainnya adalah stress. Stres membuat rambut beruban prematur sehingga sesorang yang stress akan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.
  • Rambut rontok. Peningkatan limbah di sekitar folikel rambut akibat peningkatan hormon memicu kebotakan, jadi jangan heran jika kebanyakan orang stres mengalami kerontokan rambut bahkan botak.
  • Rambut menipis. Kerontokan rambut akibat hormon kortisol bisa membuat rambutmu rontok dan menipis. Hindari stres dan mulai berpikir positif yuk!

Selain menjaga pikiran agar tak stres, beberapa hal lain yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulitmu adalah menjaga kebersihannya. Menghindari polusi, alkohol, dan sinar UV juga bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulitmu.

Jaga Berat Badan Tetap Stabil

Menjaga berat badan merupakan salah satu hal penting yang harus kamu lakukan untuk memelihara kesehatan tubuh sekaligus kulitmu. Melakukan cek berat badan secara teratur bisa membantumu mengamati kenaikan maupun penurunannya.

Kenaikan berat badan sebanyak satu atau satu setengah kilogram ternyata masih dalam batas yang wajar. Selain memantau kenaikan berat badan, istirahatlah yang cukup, lakukanlah sosialisasi dengan orang sekitar dan yoga sebagai penunjang kesehatan mentalmu.

Pola makan yang sehat dengan mengonsumsi buah dan sayur bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatanmu dari dalam. Hindarilah makanan dan minuman yang banyak mengandung lemak, minyak, garam, dan gula yang tinggi.

Makanan dan minuman dalam kemasan biasanya memiliki kalori dan kandungan zat kimia yang buruk untuk tubuh. Sebagai solusinya, kamu bisa membuat jus maupun milkshake sehat untuk memenuhi nutrisi dan proses metabolisme dalam tubuh.

Porsi makan yang baik buatmu yang sedang dalam masa diet sebaiknya disesuaikan. Konsumsilah makanan berserat untuk rasa kenyang yang lebih lama. Seimbangkanlah dengan olahraga yang kamu lakukan dan konsumsi air putih. Proses metabolisme yang lancar akan membantumu menjaga berat badan yang sehat dan stabil.

Nah, berikut ini adalah sumber makanan sehat yang bisa kamu pilih untuk menjadi menu harianmu. Dijamin berat badanmu tak akan naik!

  • Sereal. Sarapan pagi menggunakan potongan buah, madu, kacang-kacangan, suwiran daging tanpa lemak, ditambah susu dan sereal dalam porsi mangkok kecil dapat kamu pilih. Menu ini mengandung protein dan serat yang tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan tubuhmu hingga siang hari.
  • Selai almond. Meskipun memiliki rasa yang manis, selain almond ternyata mampu menekan kadar gula darah dan menutunkan indeks glikemik pada roti dan menjaga tingkat energinya. Gunakan sebagai teman roti atau biskuit secukupnya.
  • Telur. Sumber protein yang satu ini terbukti mampu membuat rasa kenyang yang tahan lama dibanding semangkok sereal atau sepotong roti panggang. Telur juga mampu mengatur gula darah sehingga tak akan terjadi penurunan jumlah energi secara drastis atau merasa sangat lapar saat makan siang.
  • Green tea. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam green tea mampu mempercepat metabolisme dan membakar lemak dalam tubuh. Selain itu teh hijau bisa menurunkan LDL atau kolesterol jahat dalam darah.
  • Pir. Kandungan serat dalam pir lebih tinggi daripada apel sehingga buah ini akan membuatmu lebih cepat kenyang. Dalam sebuah apel berukuran sedang, apel memiliki kandungan serat sebanyak 3 gram, sedangkan pir memiliki 6 gram serat di dalamnya.
  • Minyak zaitun. Minyak zaitun yang ditambahkan dalam menu diet bisa membantumu membakar lebih banyak kalori. Perasaan kenyang lebih lama bisa kamu dapatkan karena minyak ini mampu mengurangi peradangan kronis dalam tubuh yang dikaitkan dengan sindrom metabolik.
  • Sawi dan sayuran hijau. Kandungan serat yang tinggi di dalamnya mampu menjaga metabolisme tubuhmu. Selain sawi, bayam adalah sumber makanan hijau yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan zat besi dan kalsium sangat diperlukan oleh tubuhmu lho!
  • Salmon. Ikan dengan kandungan asam lemak omega-3 ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin, mendukung pengembangan otot, dan mengurangi lemak perut.

Jauhi Asap Rokok

Sumber gambar www.verywell.com

Asap rokok bisa mengganggu kondisi dan kesehatan kulitmu. Zat berbahaya di dalam rokok bisa tertinggal di permukaan tubuh dan kulit sehingga sangat berhubungan erat dengan kesehatan kulit dan pernapasan. Kerutan wajah di usia muda dipicu oleh asap rokok yang kerap terpapar di permukaan kulit.

Untuk itu hindari menjadi perokok aktif maupun pasif. Gunakanlah sun screen atau produk perawatan dan perlidungan kulit unutk meminimalisasi kerusakan pada kulit.

Hindari Paparan Sinar Matahari

Sumber gambar jknewspoint.com

Tiga sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya bagi kesehatan kulit adalah sinar UV-A, UV-B, dan UV-C. Radiasi dan kerusakan kulit dengan cara membunuh sel kulit merupakan akibat dari sinar UV-A. Sinar UV-B menyebabkan kerusakan lapisan kulit epidermis namun tak menembus ke dalam sehingga tak merusak sel kulitnya.

Sinar UV-C merupakan sinar yang paling berbahaya. Pemanasan global membuat lapisan ozon penahan UV-C masuk ke bumi dan menyebabkan banyak kerusakan.

Berbagai kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet sudah dirangkum berikut ini.

  • Peningkatan risiko kerusakan kulit. Perubahan pigmen kulit menjadi kemerahan dan berwarna cokelat terbakar merupakan tanda kerusakan akibat radiasi UV A dan UV B. Akibat lain yang ditimbulkan selanjutnya adalah inflamasi yang mengganggu kesehatan tubuh dan berdampak pada degenerasi jaringan ikat kulit yang berakibat pada penuaan dini.
  • Kulit kasar. Rusaknya kolagen dalam lapisan kulit akibat paparan sinar matahari langsung bisa membuat kulit bersisik dan kasar.
  • Kulit Berkerut dan terbakar. Hilangnya kelembapan kulit akan membuatnya lebih mudah berkerut dan kasar. Hal ini sangat dipengaruhi oleh keberadaan lapisan kolagen dalam kulit yang terus rusak karena paparan sinar matahari secara langsung. Kulit yang terbakar merupakan salah satu akibat dari paparan sinar mata hari langsung juga.
  • Komedo. Bintik hitam seperti noda yang timbul di sekitar wilayah T disebabkan oleh ph kulit normal yang hilang akibat paparan sinar matahari. Tone kulit wajah cerah dan putih komedo ini akan tampak mencolok.
  • Risiko kanker. Pemicu kanker pada tubuh adalah tingginya kandungan trigliserida Paparan sinar matahari berupa Ultraviolet A dan B dapat meningkatkan potensi munculnya kanker pada kulit.
  • Penyebab mata katarak. Menatap sinar matahari secara langsung secara terus menerus memicu timbulnya selaput pada mata. Selaput ini kemudian akan menghalangi pandanganmu dan penglihatanmu akan semakin kabur dan tak jelas. Untuk mencegah hal ini, gunakanlah kacamata hitam saat berada di bawah terik sinar matahari.
  • Eritema. Keadaan kulit yang merah dan bengkak yang disebabkan oleh sinar UV B disebut eritema. Untuk menghindari hal ini anda disarankan untuk selalu menggunakan pakaian dan celana panjang.

Untuk menghindari bahaya dari tiga jenis sinar ultraviolet, beberapa hal yang bisa kamu lakukan, antara lain:

  • Pilihlah baju yang memiliki warna gelap, sebab kulit akan lebih terlindungi.
  • Mengaplikasikan sunblock atau tabir surya yang cukup sebelum melaksanakan aktivitas di luar ruangan.
  • Mengaplikasikan sunblock 20 menit sebelum melaksanakan aktivitas di luar ruangan dan memakainya kembali jika sudah 120 menit setelah di bawah paparan terik matahari.
  • Batasi waktu maksimal berada di bawah paparan sinar matahari meski sudah menggunakan sunblock.
  • Pakailah kacamata yang dilengkapi perlindungan UV.
  • Kenakanlah baju yang mampu menutupi kulit.

Rutin Periksa Kesehatan

Berdasarkan studi milik MBJ Open 2012, pemeriksaan kesehatan rutin atau check-up setahun sekali belum tentu membuatmu bebas dari penyakit, bahkan memperpanjang usia. Meskipun demikian, pemeriksaan fisik tetap saja tak boleh terlewatkan, terlepas bagaimana dan seperti apa kondisi fisikmu.

Carilah informasi melalui internet maupun brosur rumah sakit terkait dengan harga paket pemeriksaan kesehatan yang akan kamu lakukan. Pastikan kamu menemukan tempat tes kesehatan yang memenuhi standar dan profesional dengan biaya yang terjangkau.

Beranikanlah dirimu untuk memeriksakan kondisi kesehatanmu, tidak perlu cemas maupun khawatir. Hal tersebut baik untuk dirimu sendiri. Pastikan kamu sudah memahami prosedur dan pantangan yang perlu kamu lakukan menjelang maupun sesudah tes dilakukan.

Kamu tidak perlu menunggu waktu yang tepat untuk memeriksakan diri, bahkan tak perlu menunggu keluhan muncul. Periksakan dirimu secepatnya, barangkali kamu tak mengetahui ternyata gen dari orang tuamu menurunkan suatu penyakit.

Sebelum kamu mendatangi dokter maupun rumah sakit, ada baiknya jika kamu memeriksa kesehatan dirimu sendiri. Kamu bisa membaca beberapa gejala kesehatan dengan beberapa tanda.

  • Kerontokan rambut yang parah atau lebih dari 1000 helai setiap hari bisa jadi awal yang buruk untuk kesehatanmu.
  • Bagian putih pada mata yang berubah menguning dan memerah untuk mengenali gejala alergi, infeksi, serangan herpes, dan selesma.
  • Warna kuku yang berbeda menandai banyaknya gejala gangguan kesehatan, seperti kanker kulit hingga penyakit ginjal.

Minum Banyak Air Putih

Sumber gambar stylecaster.com

Air putih bisa dibilang merupakan minuman paling baik untuk tubuh manusia. Setiap sel dalam tubuhmu memerlukan air yang cukup untuk bekerja dengan baik dan efektif. Tidak hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan, ternyata air putih memiliki beberapa manfaat khusus untuk kecantikan.

Bahkan manfaat air putih untuk kecantikan bisa dibilang melebihi produk kecantikan terkemuka. Ketahui berbagai manfaatnya berikut ini, yuk!

Tidak hanya itu saja, apabila kamu rutin meminum air putih sebanyak tiga liter setiap hari secara rutin, kamu akan merasakan berbagai perubahan pada kesehatan tubuhmu. Di minggu pertama kamu akan merasa bahwa jerawat yang muncul di wajah akan mulai menghilang, sakit kepala dan sendi yang terasa kaku akan berangsur menghilang dan terasa lebih fleksibel.

Menginjak minggu kedua, kamu akan merasa bahwa warna kulit wajahmu menjadi lebih rata dan kantung mata mulai memudar, nafas juga akan terasa lebih segar. Di minggu ketiga, garis-garis halus yang ada di kantung mata akan menghilang dan kulitmu akan tampak lebih kencang dan beregenerasi lebih baik.

Apabila kamu rutin mengonsumsi air putih dalam jumlah tersebut, kamu akan merasakan tubuh yang lebih bugar, langsing, dan terlihat sepuluh tahun lebih muda.

  • Mencegah keriput. Berfungsi untuk mempertahankan hidrasi dan elastisitas, air ternyata bisa digunakan untuk mencegah garis halus dan keriput pada wajahmu.
  • Membersihkan berbagai kotoran yang menempel. Kamu bisa mencuci muka dan area mata untuk menjaga penampilanmu tetap segar dan terhindar dari infeksi mata. Mencuci tubuh atau mandi adalah cara terbaik untuk menghilangkan kotoran dan bahan kimia yang dapat mempengaruhi kulit struktur kulitmu.
  • Mengurangi jerawat. Menempelkan lap yang sudah direndam air hangat bisa membuka pori-pori kulit wajahmu. Selanjtnya kamu bisa membersihkan kotoran yang menyumbat di sana. Kamu dapat melakukan hal ini secara teratur untuk menghindari tumbuhnya jerawat.
  • Mengencangkan kulit. Metode detoksifikasi dan pengencangan kulit yang paling efektif adalah terapi kulit menggunakan air.Sementara itu air hangat berfungsi untuk membuka pori para kulit dan menghilangkan kotoran, sedangkan air dingin akan membantu menutup pori dan mengencangkannya kembali.
  • Anti aging. Air masih menjadi obat anti aging terbaik saat ini. Manfaatnya yang mampu melembabkan kulit dan menjaga elastisitasnya membuatmu terhindar dari masalah garis halus dan keriput pada kulit. Penampilanmu akan terlihat awet muda dan segar, apabila rutin minum air putih. Tidak hanya itu saja, kulitmu akan terlihat lebih bersinar dan cantik.
  • Bibir yang sehat. Meminum air putih dalam jumlah yang cukup akan membantumu menjaga hidrasi pada bibir. Air putih yang kamu konsumsi ini kemudian akan bertindak sebagai pelembab alami yang mencegah bibir yang pecah-pecah. Bibirmu akan terasa lebih lembut dan halus jika rutin meminum air putih.
From our editorial team

Jangan Setengah-setengah Menjaga Kesehatan Tubuh, Ya!

Wanita memang selalu ingin tampil cantik tapi menjadi sehat adalah yang utama. Kalau kamu adalah wanita yang tetap ingin segar, bugar dan cantik, jangan sampai lupa menjaga kesehatan tubuhmu dan melakukan berbagai upaya termasuk menjaga pola makan dan berolahraga. Pastikan kamu melakukan semua tips diatas untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari masalah penyakit.

Tag