Ingin Kulit Putih Sehat Berseri? Simak 4+ Langkah dan 10+ Tips untuk Kulit Putih Mulus dan Aman di Sini

Ingin Kulit Putih Sehat Berseri? Simak 4+ Langkah dan 10+ Tips untuk Kulit Putih Mulus dan Aman di Sini

Sumber gambar tipsandbeauty.com

Memiliki kulit bersih jadi dambaan setiap wanita. Kulit yang cerah menandakan kulit sehat dan terbebas dari berbagai masalah seperti jerawat, flek, komedo serta lainnya. Untuk mendapat kulit yang tak sekadar putih, ada beberapa langkah yang bisa Anda coba. Apa saja?

Wajah yang Putih Alami Membuat Wanita Semakin Cantik

Sumber gambar mybeautynaturally.com

Sesungguhnya, setiap wanita memiliki kecantikan dari dalam dirinya. Kecantikan tersebut tidak melulu berasal dari wajah yang cantik, kulit putih, make up, dandanan yang heboh, atau hal-hal artifisial seperti sepatu hak tinggi dan bulu mata palsu. Kecantikan pada seorang wanita dapat terpancar dari hal-hal yang alami.

Hampir semua wanita akan bangga apabila dirinya disebut sebagai cantik, namun sayangnya, definisi kecantikan di masyarakat sendiri masih lumayan sempit. Oleh karena itu, tidak sedikit wanita yang rela mengeluarkan uang yang cukup banyak demi membeli produk perawatan wajah atau pergi ke salon untuk melakukan perawatan agar mendapatkan wajah yang putih, bersih, dan cantik.

Salah satu kriteria kecantikan yang hampir menjadi standar di seluruh dunia adalah kulit yang putih. Kulit putih diidentikkan dengan cantik karena orang berkulit putih akan cenderung lebih bebas memilih warna baju dibandingkan mereka yang berkulit lebih gelap atau sawo matang. Oleh sebab itu, jumlah produk pemutih kulit pun semakin bervariasi, bahkan, hingga membuat konsumen bingung.

Standar kulit cerah sendiri bisa berbeda-beda tergantung wilayahnya. Untuk orang Indonesia sendiri, yang dimaksud dengan kulit cerah adalah kulit yang berwarna kuning langsat. Sedangkan bagi orang-orang Korea dan Jepang, warna kulit cerah identik dengan warna putih pucat. Namun, bagi wanita yang tinggal di daerah tropis, akan sedikit kesulitan mempertahankan warna kulit agar tetap putih atau cerah. Sengatan sinar matahari dengan mudah membuat warna kulit menjadi gelap karena terbakar.

Menurut seorang dokter bernama Dr. Windy Miryana, SpKK sendiri, warna kulit tidak dapat diputihkan menggunakan perawatan apapun. Jikalau ada yang berhasil, obat tersebut belum tentu aman bagi kulit. Obat yang dapat membuat perbedaan yang ekstrem pada kulit wajah dan tangan bisa jadi justru mengandung logam berat, seperti merkuri.

Sebagai Wanita, Mulailah Merawat Kesehatan Kulit Anda

Salah satu kunci untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dan memesona tanpa make up adalah pada bagian perawatannya. Jika Anda sering mendengar para selebriti berani menampilkan wajah mereka tanpa make up di hadapan publik, itu tidak lain karena mereka telah melakukan perawatan yang maksimal terhadap kulit wajah mereka. Dan Anda pun belum tentu berani untuk melakukan hal yang sama.

Sebagai seorang wanita, sangatlah lumrah jika Anda mengharapkan kecantikan Anda semakin terpancar. Tidak hanya sekarang di usia muda, Anda pun pastinya ingin kecantikan tersebut tetap terpancar meskipun Anda sudah berada di usia yang tak lagi muda. Kecantikan di dalam diri wanita layaknya tanaman, perlu dirawat dengan benar.

Oleh karena itu, satu hal yang perlu Anda ketahui adalah tidak ada wanita yang jelek, yang ada adalah wanita yang malas untuk merawat dirinya sendiri. Penggunaan bahan kimia yang berlebihan juga tidak baik untuk kulit karena justru dapat menyebabkan kulit terlihat lelah, pucat, atau bahkan cepat keriput.

Untuk menghindari penggunaan bahan kimia yang berlebihan, Anda pun dapat melakukan perawatan terhadap kulit menggunakan bahan-bahan yang alami. Pertama, ketahuilah jenis kulit Anda dan temukan permasalahan yang dihadapi oleh kulit Anda. Hal ini jelas saja berbeda antara satu orang dengan orang yang lain.

Setelah itu, lakukanlah perawatan yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda secara rutin dan konsisten. Bahan-bahan alami tersebut memang biasanya berharga lebih murah, namun, khasiatnya tidak kalah dengan produk perawatan kulit yang berharga mahal.

Tips Kecantikan Agar Kulit Mulus Ala Wanita Korea

Lakukan Langkah Pre-cleansing dan Re-cleansing

Sumber gambar nouvelledaily.com

Ritual perawatan kuilt wajah yang hampir tidak pernah dilewatkan oleh wanita Korea sesibuk apa pun mereka adalah membersihkan wajahnya. Wanita Korea percaya dengan rajin membersihkan wajah, mereka akan mendapatkan hasil wajah yang cantik alami dan natural. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada malam hari sesudah mereka beraktivitas dan hendak pergi tidur.

Metode yang paling sering mereka terapkan adalah metode “double cleansing” yang dapat membersihkan kulit wajah secara menyeluruh. “Double cleansing” merupakan metode membersihkan wajah dengan dua tahap pembersihan agar sisa-sisa make up, debu, atau kotoran yang menempel pada kulit wajah dapat terangkat secara maksimal.

Tahap pertama dari “double cleasing” adalah tahap “pre-cleansing”, yakni dengan menggunakan pembersih wajah atau “make up remover” (seperti cleansing oil, cleansing milk, atau cleansing cream) yang bertujuan membersihkan produk make up yang melekat pada kulit wajah, seperti BB cream, blush, lipstick, dan riasan mata. Sedangkan tahap kedua adalah tahap “re-cleanshing” dengan menggunakan sabun muka yang dibasuh menggunakan air hangat.

Biasanya, wanita Korea melakukan ini dengan memijat halus wajah mereka dengan gerakan memutar selama lebih dari satu menit. Tahap ini dipercaya dapat membersihkan wajah secara tuntas, termasuk membersihkan residu dari pembersih wajah yang pertama dan juga mengangkat sel kulit mati. Tahap “re-cleansing” juga dapat membersihkan pori-pori wajah yang tertutup kotoran.

Eksfoliasi

Sumber gambar indianbeauty.tips

Eksfoliasi merupakan tahap penting dari serangkaian tips merawat kulit wajah sehari-hari. Regenerasi sel kulit yang terjadi setiap hari ditambah pemakaian kosmetik yang sedikit banyak memberikan pengaruh negatif pada kulit wajah membuat cleanser dan scrubbing saja kurang cukup untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Eksfoliasi memiliki banyak manfaat bagi kulit Anda, di antaranya adalah membuat metabolisme kulit wajah berjalan sesuai siklus, membuat kulit lebih mudah menyerap krim dan serum wajah, dan membuat kulit lebih halus karena sel kulit mati terangkat.

Eksfoliasi juga perlu dilakukan di bagian bibir untuk mendapatkan lapisan bibir yang berwarna merah muda. Namun, eksfoliasi ini tidak perlu dilakukan secara berlebihan, maksimal dua kali dalam seminggu. Eksfoliasi yang berlebihan bisa membuat kulit Anda justru teriritasi.

Ada tiga cara untuk melakukan eksfoliasi, yakni dengan chemical peeling, facial, dan microdermabrasion. Sebelum melakukan eksfoliasi, pastikan produk yang akan Anda gunakan tidak mengandung partikel abrasive, terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Goresan pada kulit wajah dengan pori-pori yang terbuka bisa menimbulkan masalah lain pada kulit, karena kulit yang terbuka sangat rawan terhadap serangan bakteri.

Untuk menghindari efek yang tidak diinginkan, akan lebih baik jika Anda membersihkan sel kulit mati demi regenerasi kulit yang berjalan optimal menggunakan pembersih alami. Bahan-bahan yang bisa Anda gunakan seperti scrub dari gula, masker alami buatan sendiri, atau masker yang banyak dijual di supermarket dengan kandungan ekstrak bahan alami. Fokuskan pada daerah yang butuh perhatian khusus, misal t-zone dan sekitar hidung.

Pakai Toner dan Krim Mata

Sumber gambar today.com

Tips selanjutnya dari perawatan wajah wanita Korea adalah penggunaan toner dan krim mata. Penyebutan toner sendiri merupakan istilah dari barat, sedangkan wanita Korea lebih sering menyebut produk ini sebagai water atau refiner.

Toner memiliki tekstur yang sedikit lebih kental daripada air dan mengandung bahan-bahan yang melembabpan serta mengencangkan kulit seperti hyaluronic acid, witch hazel, dan aloe vera extract.

Manfaat lain dari toner adalah menyiapkan kulit wajah untuk menerima manfaat produk lain dengan maksimal, menormalkan pH kulit wajah, menyegarkan kulit wajah, dan menghapus residu serta bertindak sebagai dasar untuk make up. Secara keseluruhan, toner digunakan untuk membuat kulit Anda semakin rileks.

Oleh karena itu, hindari penggunaan toner yang mengandung alkohol. Biasanya, wanita Korea mengaplikasikan toner ke kulit wajah dan leher menggunakan jari tangan kemudian ditepuk-tepuk agar lebih meresap ke dalam kulit leher. Anda pun dapat meniru cara pengaplikasian tersebut dengan memastikan bahwa tangan Anda sudah bersih terlebih dahulu.

Selain toner, wanita Korea biasanya juga tidak pernah melewatkan penggunaan krim mata. Penggunaan krim mata di daerah bawah mata dapat mengurangi keriput, lingkaran hitam, dan juga mencegah bengkak. Selain itu, krim mata juga dapat membuat area mata tetap halus dan lembap, menghilangkan mata panda, serta mencerahkan daerah di sekitar mata.

Gunakan Pelembap Wajah dan Krim Malam

Sumber gambar cheatsheet.com

Penggunaan krim malam sudah banyak digunakan, baik oleh wanita Korea maupun wanita di Indonesia. Saat ini, sudah banyak produk krim malam Korea yang diimpor ke Indonesia sehingga akan memudahkan Anda untuk mendapatkan produk tersebut.

Krim malam memiliki beberapa manfaat positif untuk kulit, yakni memaksimalkan regenerasi kulit, memperbaiki sel kulit yang rusak akibat sinar matahari, melembapkan kulit, dan mencegah penuaan dini.

Krim malam akan bekerja ketika Anda terlelap. Hal ini dipercaya menjadi alasan mengapa krim malam bekerja lebih efektif dan maksimal. Namun demikian, sebaiknya tidak menggunakan krim malam terlalu banyak atau terlalu tebal karena akan menghambat sirkulasi udara di bagian kulit Anda. Krim malam akan membuat wajah Anda lembap sepanjang malam dan kondisi kulit ketika bangun menjadi lebih segar.

Untuk melembabkan wajah, Anda tidak hanya dapat menggunakan krim malam. Produk yang tidak boleh luput terutama oleh Anda yang memiliki jenis kulit yang kering adalah produk pelembap wajah (moisturizer). Pelembap wajah berfungsi untuk mengemulsi kulit, menjaga kelembapan kulit, dan melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.

Cara pengaplikasiannya adalah menggunakan jari agar lebih terserap oleh kulit dengan cara dipijat-pijat untuk meningkatkan sirkulasi. Tidak hanya di bagian wajah, aplikasikan juga pada bagian leher untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Umumnya, terdapat dua tipe pelembap wajah yakni pelembap berbasis air untuk jenis kulit berminyak dan pelembap berbasis minyak untuk jenis kulit yang kering.

Nggak Hanya Mulus, Wanita juga Ingin Terlihat Putih!

Sumber gambar homeremediesforlife.com

Banyak sekali orang yang mengidam-idamkan kulit putih dan bersinar. Bukan hanya para wanita, pria pun sekarang ini sudah terang-terangan menggunakan berbagai macam produk pemutih wajah untuk menjadikan kulit mereka semakin cerah.

Ada sejumlah alasan yang membuat seseorang sangat ingin memiliki kulit putih, seperti akan terlihat lebih cantik atau tampan, meningkatkan kepercayaan diri, dan membuat penampilan semakin menarik.

Kulit putih, mulus, dan bersih menjadi rahasia kecantikan wanita Korea. Oleh karena itu, banyak juga wanita Indonesia yang ingin memiliki kulit wajah yang serupa. Tak jarang, wanita yang memiliki warna kulit asli sawo matang, rela merogoh kocek yang cukup banyak demi kulit yang lebih putih.

Tips Alami Memutihkan Wajah yang Aman

Beras

Sumber gambar food.ndtv.com

Bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk merawat kulit wajah Anda adalah air beras. Siapa sangka, air beras yang seringkali dianggap sebagai limbah sehingga seringnya dibuang begitu saja ternyata memiliki kandungan yang sangat baik untuk merawat kulit. Apabila digunakan secara rutin, air beras diyakini mampu membuat kulit terasa lebih halus dan juga cerah alami.

Khasiat yang dimiliki air beras untuk perawatan kulit tersebut tidak lain karena kandungan zat-zat di dalamnya yang baik untuk kesehatan kulit. Air beras mengandung asam ferulic yang berfungsi mencerahkan kulit secara alami dan allantoin sebagai anti inflamasi.

Selain itu, air beras juga mengandung vitamin B yang tinggi sehingga berkhasiat meremajakan sel kulit baru. Maka, tidak heran jika banyak produk kecantikan yang menggunakan air beras sebagai salah satu bahan dasarnya.

Cara membuat bahan perawatan wajah menggunakan air beras pun tidak membutuhkan waktu yang lama, yakni hanya sekitar tiga menit. Biaya yang dibutuhkan pun juga tidak seberapa, hanya sekitar Rp 20.000 untuk sekali membuat larutan air beras tersebut. Adapun cara pembuatannya seperti ini:

  • Masukkan empat sendok makan beras organik ke dalam mangkuk.
  • Tambahkan air bersih secukupnya pada mangkuk tersebut.
  • Aduk larutan tersebut hingga berwarna putih susu.
  • Cuci muka Anda hingga bersih menggunakan sabun muka.
  • Ambil kapas, celupkan ke dalam air beras tersebut.
  • Letakkan kapas tersebut pada wajah lalu diamkan selama 20-30 menit.
  • Setelah selesai, bilas wajah menggunakan air dingin.

Yoghurt

Sumber gambar myessentia.com

Salah satu khasiat dari yoghurt adalah mempercepat proses pengelupasan sel kulit mati. Menurut ahli dermatologi asal Indonesia, Hema Sundaram, pengelupasan lapisan atas kulit dapat membersihkan noda dan menyebabkan pergantian warna kulit menjadi lebih cerah. Bahkan, pengelupasan sel kulit mati ini juga dapat mengurangi kerutan pada wajah sehingga permukaan kulit tampak lebih halus dan lembut.

Sejumlah kandungan pada yoghurt yang baik bagi kulit adalah vitamin B5, asam laktat, dan kalsium. Vitamin B5 bermanfaat untuk menyamarkan bintik-bintik hitam pada kulit sebagai akibat dari jerawat. Dengan demikian, kulit wajah Anda akan menjadi jauh lebih cerah. Sedangkan asam laktat dan kalsium memiliki peran penting untuk melembabkan kulit wajah Anda dan menjaganya agar tetap sehat dan terawat.

Cara membuat yoghurt menjadi masker yang alami, yaitu:

  • Siapkan yoghurt tanpa rasa (plain) secukupnya.
  • Campurkan yoghurt tersebut dengan madu hingga teksturnya sedikit lebih kental.
  • Tambahkan susu untuk menambah manfaat dari masker alami buatan Anda sendiri (opsional).
  • Bersihkan muka Anda terlebih dahulu menggunakan air hangat, lalu oleskan campuran yoghurt, madu, dan susu tersebut ke seluruh bagian muka sebagai masker wajah.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Bilas wajah dengan air dingin hingga bersih sempurna.
  • Keringkan menggunakan handuk bersih yang lembut dengan cara menepuk-nepukkannya pada wajah.

Madu

Sumber gambar pngimg.com

Madu sudah sangat terkenal sebagai salah satu bahan makanan yang penuh khasiat. Kandungan zat yang bermanfaat bagi tubuh di dalamnya sangat banyak, mulai dari karbohidrat (gula dan serat pangan), protein, air, vitamin B complex, vitamin C, vitamin E, kalsium yang baik untuk tulang, zat Besi untuk melancarkan darah, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan zink.

Bahan makanan yang terkenal untuk menghasilkan energi di dalam tubuh ini memiliki manfaat yang bagus untuk kulit, di antaranya menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya, membangun kekebalan tubuh dan memutihkan wajah secara alami, melembabkan kulit secara alami, antibiotik kulit, dan mencerahkan wajah serta mengangkat sel kulit mati.

Selain karena bahan ini alami, harga madu cenderung lebih murah jika dibandingkan produk perawatan wajah yang lain. Madu juga memiliki sifat antibakteri yang bagus untuk kulit wajah serta antioksidan untuk memperlambat penuaan dan memudarkan flek hitam pada kulit wajah.

Untuk memperoleh manfaat baik dari madu, Anda dapat membuat masker madu sendiri di rumah. Cara membuatnya sangat sederhana, mudah, praktis, dan tidak memakan waktu lama. Ada pun cara pembuatannya adalah:

  • Siapkan madu secukupnya.
  • Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumya secara merata menggunakan kuas.
  • Diamkan selama sepuluh hingga 15 menit.
  • Bilas dengan air bersih.
  • Lakukan setiap hari menjelang tidur malam untuk hasil yang lebih maksimal.

Lidah Buaya

Sumber gambar lifestan.com

Lidah buaya sudah banyak dikenal di masyarakat karena manfaatnya untuk merawat kesehatan rambut dan sebagai bahan makanan. Namun, lidah buaya juga memiliki manfaat lain yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Manfaat tersebut adalah memutihkan dan memudarkan bekas jerawat pada kulit, membuat wajah terlihat lebih segar, dan melembabkan serta membersihkan kulit wajah.

Lidah buaya juga mengandung aloesin yang dapat menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Cara menggunakan lidah buaya untuk merawat kulit wajah pun sangatlah mudah:

  • Siapkan lidah buaya secukupnya lalu cuci menggunakan air bersih.
  • Potong lidah buaya menjadi beberapa bagian, ambil bagian dalamnya.
  • Oleskan bagian dalam lidah buaya tersebut ke permukaan wajah hingga merata.
  • Diamkan selama kurang lebih sepuluh menit.
  • Bilas dengan air bersih.
  • Lakukan dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari selama satu bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Masker Alpukat dan Madu

Sumber gambar thelifesquare.com

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari oleh orang-orang. Rasanya yang manis dan menyegarkan sekaligus mengenyangkan membuat buah jenis ini sangat laris manis di kios-kios penjual jus. Pasti banyak orang yang memesan buah ini untuk dijadikan jus buah yang segar dan sehat.

Sebab, tidak dapat dipungkiri bahwa buah alpukat memang tinggi akan protein dan lemak baik serta mengandung sejumlah nutrisi yang dapat melindungi kulit dari radiasi sinar matahari.

Buah alpukat memiliki berbagai macam manfaat, seperti melembabkan dan menghaluskan kulit, mengatasi kulit bersisik karena kering, dan mengatasi flak. Flak adalah hasil dari kulit kering yang tergores sehingga menimbulkan garis putih sesuai dengan goresannya.

Tidak cukup hanya untuk mendapat manfaat dari jus alpukat, sebagian besar orang meminta agar jus alpukat ini dikombinasikan dengan bahan lain yang rasanya dapat melengkapi rasa buah alpukat.

Salah satu bahan yang paling sering dikombinasikan dengan buah alpukat adalah madu. Kombinasi buah alpukat dengan madu adalah kombinasi yang sangat tepat untuk mendapatkan kulit yang putih dan cerah.

Cara membuat masker wajah menggunakan daging buah alpukat:

  • Masukkan daging buah alpukat ke dalam mangkuk secukupnya.
  • Haluskan daging buah alpukat tersebut, lalu tambahkan satu sendok madu.
  • Tambahkan perasan jeruk lemon (opsional).
  • Oleskan secara merata pada daerah wajah lal keringkan menggunakan handuk dengan menepuk-nepuk perlahan.
  • Lakukan sebanyak dua hinggal tiga kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Pepaya

Sumber gambar myhealthybook.com

Mungkin banyak orang yang kurang menyukai buah pepaya karena teksturnya yang begitu lembek. Namun, Anda perlu tahu bahwa pepaya memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan kulit Anda. Buah berwarna oranye ini mengandung enzim papain yang membantu regenerasi kulit dan membunuh bakteri pada wajah.

Selain itu, di dalam buah pepaya juga terdapat vitamin A, C, dan E yang merupakan antioksidan untuk menutrisi serta melembabkan kulit. Masih banyak kandungan lain di dalam buah pepaya ini seperti folat, vitamin A, magnesium, tembaga, asam pantotenat, fiber 3, vitamin B, alfa dan beta karoten, lutein, zeaxanthan, vitamin E, kalsium, kalium, vitamin K, serta lycopene. Apabila buah pepaya dikombinasikan dengan yoghurt dan lidah buaya, akan dapat menghasilkan khasiat yang lebih baik lagi.

Buah pepaya sangat baik untuk dikonsumsi langsung maupun dijadikan masker wajah. Cukup banyak obat atau produk perawatan kecantikan seperti sabun, krim, dan masker yang menggunakan buah pepaya sebagai bahan dasarnya. Sifat alami yang dimiliki oleh buah pepaya diyakini mampu menghambat pigmentasi kulit akibat paparan sinar matahari.

Untuk membuat masker dari buah pepaya, Anda dapat mengikuti cara mudah di bawah ini:

  • Kupas buah pepaya terlebih dahulu.
  • Bersihkan buah pepaya tersebut dan potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil agar mudah dihaluskan.
  • Haluskan buah pepaya lalu oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Bilas wajah dengan air bersih.
  • Lakukan langkah tersebut sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Tomat

Sumber gambar oneclickbeautycare.com

Buah berwarna merah ini banyak menjadi favorit baik sebagai buah ataupun sebagai salah satu bahan masakan. Tomat mengandung banyak sekali vitamin yang berkhasiat baik bagi kulit, seperti vitamin C yang berfungsi menyembuhkan jerawat pada wajah dan vitamin E untuk memaksimalkan produksi kolagen kulit, meremajakan sel kulit, dan mengangkat sel kulit mati pemicu flek hitam.

Anda tidak perlu khawatir lagi karena sekarang Anda sudah bisa membuat masker dari buah tomat sendiri di rumah. Waktu persiapannya pun tidak terlalu lama yakni hanya sekitar satu menit lamanya dengan biaya sekitar Rp 14.000 untuk membeli buah tomat. Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

  • Belah satu buah tomat yang sudah bersih dan matang menjadi dua bagian.
  • Gosok-gosok potongan buah tomat pada wajah yang sudah bersih.
  • Diamkan selama 15-20 menit.
  • Bilas menggunakan air dingin.

Mentimun

Sumber gambar fitnea.com

Mentimun memiliki banyak manfaat bagi kulit, terutama dalam hal menyegarkan kulit. Buah berwarna hijau ini mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang bisa membantu Anda mengatasi masalah kulit yang berwarna kusam.

Ada pun beberapa manfaat dari buah ini adalah menghilangkan bekas jerawat, menghambat pigmentasi kulit, menghilangkan lingkar hitam di sekitar mata, pembersih wajah, dan pelembap yang dapat memperkecil pori-pori akibat efek buruk sinar matahari, serta menghilangkan dan mengurangi bintik hitam akibat sinar matahari.

Cara memanfaatkan mentimun untuk merawat wajah adalah dengan:

  • Letakkan potongan mentimun langsung pada wajah.
  • Diamkan selama beberapa menit.
  • Bilas dengan air hangat lalu keringkan.
  • Anda dapat mengombinasikan mentimun dengan madu untuk dijadikan masker wajah, lalu diamkan selama 15 menit.
  • Bilas masker mentimun dan madu menggunakan air hangat.
  • Gunakan sebanyak dua kali sehari.

Susu

Sumber gambar therawfoodkitchen.com

Bahan yang satu ini sudah sangat dikenal khasiatnya untuk merawat kesehatan kulit. Hal ini terbukti dengan banyaknya produk kecantikan yang menggunakan susu sebagai bahan dasarnya. Selain bagus untuk kesehatan tubuh, susu juga bermanfaat untuk menghaluskan, meremajakan, memutihkan, dan mempercantik kulit.

Selain itu, pemakaian susu sebagai masker alami wajah dapat membantu Anda mengatasi masalah kulit kering, mencerahkan sel-sel kulit, dan melembapkan wajah.

Kandungan di dalam susu juga baik untuk kesehatan kulit Anda. Susu mengandung vitamin D yang mampu meningkatkan produksi kolagen dan menyamarkan kerutan pada wajah serta vitamin B6 yang berfungsi merawat dan menjaga kulit wajah agar tetap lembab dan sehat.

Selain kedua jenis vitamin tersebut, susu mengandung pula asam beta hidroksi yang berfungsi menggantikan sel-sel kulit mati. Sedangkan kandungan mineral seperti zat besi, kalsium, dan tembaga dapat membuat Anda menjaga kulit agar tetap sehat.

Salah satu alternatif untuk menjadikan susu sebagai produk perawatan kulit wajah Anda adalah dengan mengombinasikannya dengan madu seperti cara di bawah ini:

  • Tuangkan susu ke dalam wadah secukupnya.
  • Tambahkan sekitar satu sampai dua sendok makan madu.
  • Aduk campuran susu dan madu tersebut hingga rata dan mendapatkan tekstur yang sedikit kental.
  • Oleskan ke seluruh bagian wajah dan leher lalu biarkan selama sepuluh menit.
  • Bilas menggunakan air dingin dan keringkan menggunakan handuk yang bersih.

Bengkoang

Sumber gambar vanwhole-produce.com

Bengkoang juga banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan kecantikan sebagai salah satu bahan dasar produk pemutih kulit. Kandungan vitamin B dan C pada bengkoang diyakini dapat mengurangi flek hitam dan memutihkan kulit wajah secara alami.

Cara ini tidak membutuhkan waktu yang lama, yakni hanya sekitar 15 menit. Selain itu, biayanya yang murah hanya sekitar Rp 6.500 dibandingkan dengan membeli produk kecantikan menjadi keunggulan lain dari masker alami dari bengkoang.

Sekarang, Anda dapat membuat masker wajah sendiri menggunakan bengkoang dengan cara:

  • Parut bengkoang hingga halus.
  • Tambahkan air lalu biarkan hingga mengendap.
  • Ambil endapan bengkoang tersebut lalu oleskan pada wajah.
  • Diamkan selama sekitar 20 menit.
  • Lakukan langkah ini setiap menjelang tidur.
From our editorial team

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Kulit dari Dalam

Selain menggunakan produk kecantikan, Anda juga dapat menunjang kesehatan kulit dari dalam. Minum air putih dalam jumlah yang cukup dapat membantu kulit mendapat kesegaran dan detoksifikasi. Selain itu, cukup tidur dan mengonsumsi buah serta sayur bisa membantu Anda mendapat kulit yang sehat. Hindari makanan yang mengandung terlalu banyak lemak atau minyak karena dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat atau komedo.

Tag