Ingin Kulit Wajah Kenyal dan Berseri? Cobalah 10 Rekomendasi Masker Tepung Beras yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah

Ingin Kulit Wajah Kenyal dan Berseri? Cobalah 10 Rekomendasi Masker Tepung Beras yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah

Menjaga kulit wajah tetap kenyal dan sehat adalah hal wajib yang harus diperhatikan. Apalagi jika seharian penuh beraktivitas di luar ruangan. Kotoran dan debu pasti melekat pada wajah dan membuat kusam. Yuk, kembalikan wajah berserimu dengan menggunakan masker tepung beras yang bisa dibuat sendiri di rumah. Simak resep masker tepung beras dari BP-Guide, ya!

Masker Tepung Beras, Alami dan Bisa Dibuat Sendiri

Beras adalah bahan makanan pokok di Indonesia. Selain diolah menjadi nasi untuk dimakan, beras juga bisa diolah menjadi tepung. Nantinya tepung beras tak hanya bisa jadi olahan aneka makanan namun bisa juga jadi bahan dasar untuk produk perawatan dan kecantikan kulit.

Tepung beras ternyata kaya akan manfaat untuk bikin wajah jadi cerah dan putih secara alami. Kamu bisa pakai tepung beras sebagai masker wajah karena praktis dan bisa kamu buat sendiri di rumah. Berbahan alami, sehingga kamu tak perlu takut masker tepung beras akan membuat wajah kamu iritasi.

Cara membuat masker tepung beras amat sederhana. Kamu tinggal rendam beras secukupnya pada mangkuk berisi air. Diamkan 15 menit lalu angkat beras dari mangkuk dan haluskan dengan batu giling. Jika sudah halus bisa tambah air lalu aduk sampai membentuk pasta. Masker ini bisa kamu oles di wajah secara merata. Jika sudah kering kamu bisa membilasnya dengan air.

Nah kamu bisa bikin masker beras ini dengan kombinasi bahan lainnya. BP-Guide akan menuntun kamu untuk memilih aneka bahan yang cocok digunakan sebagai teman masker tepung beras ini.

Kandungan Nutrisi dalam Tepung Beras

Sumber gambar merdeka.com

Tepung beras adalah olahan beras yang digiling halus. Biasanya banyak dipakai untuk aneka makanan tradisional. Namun siapa sangka jika tepung beras juga bisa dijadikan bahan untuk kecantikan kulit wajah.

Dalam tepung beras memiliki banyak kandungan nutrisi selain karbohidrat. Ada kalsium dan fosfor juga ada zat besi. Selain itu di dalamnya juga terkandung vitamin C dan B1 serta B12. Ada juga protein yang bisa membantu meregenerasi sel kulit wajah yang mati.

Manfaat Masker Tepung Beras untuk Kecantikan

Mengencangkan Kulit

Sumber gambar www.bitwinshop.com

Untuk kecantikan wajahmu jangan ragu menggunakan tepung beras, ya. Ada kandungan mineral dan vitamin yang tinggi pada tepung beras sehingga membuatnya baik untuk merawat kulit. Olahan yang tepat bisa bikin tepung beras menjadi bahan yang ampuh untuk menjaga kekencangan kulit.

Gunakan tepung beras sebagai masker alami wajah. Kamu bisa mengambil 3 genggam beras lalu merendamnya dalam wadah berisi air. Diamkan semalaman hingga beras menjadi lunak lalu tumbuk halus. Jemur tumbukan beras dan simpan dalam wadah.

Jika akan menggunakannya, kamu cukup ambil 2 sendok tepung beras lalu aduk dengan air hingga menjadi pasta. Kamu bisa juga mengganti air dengan minyak zaitun. Oles masker di wajah dan biarkan 30 menit. Bilas bersih lalu tepuk dengan handuk. Masker ini bisa bikin wajah lebih kencang jika digunakan secara teratur.

Mencerahkan dan Memutihkan Wajah

Sumber gambar alamiyes.com

Dalam beras memang terkandung aneka nutrisi baik yang berfungsi untuk mengatasi jerawat. Kamu bisa juga hilangkan bekas jerawat yang membandel supaya kulit wajah jadi bebas noda. Segera saja kamu bikin beras menjadi tepung beras untuk dijadikan masker.

Memakai masker tepung beras secara nyata bisa mencerahkan dan juga memutihkan wajah. Masker ini bisa mengangkat kotoran serta sel kulit mati. Selain itu bisa juga membersihkan pori-pori yang tersumbat sisa make up dan debu.

Menyerap Minyak Berlebih

Sumber gambar moeslema.com

Memilih produk kecantikan untuk kulit wajah memang tak bisa sekadarnya saja. Salah pilih bisa bikin wajah jadi kusam atau malah rusak karena iritasi. Maka dari itu bisa saja kamu membuat sendiri produk perawatan wajah dari bahan yang aman. Misalnya saja dari tepung beras yang terbukti aman.

Masker berbahan tepung beras bisa kamu manfaatkan menjadi produk perawatan wajah alami. Ada kandungan vitamin yang bisa menyerap ke dalam kulit. Lalu vitamin tersebut bisa menutrisi bagian kulit terdalam. Ini bisa bikin kadar minyak wajah jadi berkurang tanpa membuat kulit kamu jadi kering.

Mengurangi Jerawat

Sumber gambar www.intanblog.com

Namanya jerawat pasti sangat mengganggu penampilan. Kamu pasti jadi kurang percaya diri saat akan keluar rumah namun memiliki jerawat di wajah. Maka dari itu rajinlah membersihkan muka dan rajinlah merawatnya dengan menggunakan masker alami.

Tepung beras memiliki senyawa aktif yang mampu mengurangi jerawat. Kandungan beras bisa membentuk perlindungan khusus pada kulit sehingga jerawat ogah mendekat. Tanpa jerawat jelas kulit wajah jadi mulus dan lebih lembut. Pori wajah mengecil dan bikin wajah jadi lebih cerah. Gunakan masker tepung beras secara rutin untuk mengurangi jerawat pada wajah.

10 Cara Membuat Masker Tepung Beras, Banyak Resep dan Tinggal Pilih

Masker Tepung Beras dan Susu

Sumber gambar merdeka.com

Bahan alami memang yang paling bagus untuk wajah. Tak menimbulkan efek samping juga aman untuk wajah. Kamu pakai saja masker tepung beras yang kaya akan vitamin. Kamu bisa campur bahan ini dengan susu yang kaya protein.

Tepung beras kaya vitamin B serta allantoin dan ada juga tirosinase yang membantu wajah menjadi cerah berseri. Sementara dalam susu ada vitamin A dan B, selain itu ada AHA juga yang bisa bikin kulit wajah jadi lebih sehat. Segera bikin maskernya yuk, karena sangat mudah.

Ambillah sesendok makan tepung beras lalu campur dengan sesendok makan susu cair. Aduk hingga menjadi sebuah pasta kental. Oles di wajah, diamkan 15 menit, lalu bilas pakai air dingin.

Masker Tepung Beras dan Mentimun

Sumber gambar thewellnessalmanac.com

Masker tepung beras bisa kamu campurkan dengan mentimun. Dalam mentimun ada kandungan air sebanyak 90 persen. Ini bagus untuk menghidrasi kulit sekaligus menjadikan kulit lebih bercahaya.

Mentimun sendiri banyak dipakai untuk perawatan wajah. Tak lain karena memang kandungan dalam mentimun yang baik untuk kulit wajah. Ada vitamin K hingga tembaga dan potassium yang baik untuk memperbaiki corak kulit kamu.

Maka tak diragukan lagi kombinasi tepung beras dan mentimun bisa melembapkan kulit. Selain itu kombinasi dua bahan ini bisa meregenerasi sel dan mengurangi tanda penuaan.

Ambillah sebuah mentimun lalu haluskan hingga keluar sari airnya. Lalu sari mentimun tersebut bisa kamu campur dengan tepung beras. Masukkan campuran tersebut dalam sebuah botol dan diamkan beberapa menit. Lalu oleskan mentimun yang telah dihaluskan tadi pada wajah. Diamkan 10 menit lalu bilas wajah kamu dengan air.

Masker Tepung Beras untuk Jerawat

Jerawat terbentuk krena bakteri yang menumpuk pada wajah. Untuk mengobatinya memang tak mudah dan tak bisa instan. Gunakan cara alami untuk mengenyahkan jerawat dari wajah.

Kamu bisa gunakan masker tepung beras yang kamu buat sendiri. Segera ambil sesendok tepung beras dengan sesendok madu. Lalu siapkan juga setengah sendok bubuk kunyit dan seperempat bubuk kayu manis.

Untuk membuatnya kamu tinggal campur semua bahan pada sebuah mangkuk. Kemudian kamu bisa menambahkan air secukupnya. Aduk semua bahan hingga menjadi satu lalu masker siap dipakai. Oles masker pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan 20 menit lalu cuci bersih wajah kamu.

Masker Tepung Beras, Lemon, dan Kunyit

Sumber gambar bp-guide.id

Kunyit memiliki antioksidan yang bisa mencegah inflamasi. Ini bagus untuk membunuh bakteri jerawat serta melawan tanda penuaan. Campurkan kunyit dalam masker tepung beras supaya kamu bisa dapat manfaat kebaikan kedua bahan ini.

Akan lebih baik kalau kamu mencampur bahan di atas dengan lemon. Buah asam ini kaya vitamin C yang pastinya bisa bikin kulit lebih bercahaya. Yuk, segera bikin masker alami untuk wajah kamu dengan mudah.

Ambil wadah lalu campurkan 4 sendok makan tepung beras dengan sesendok makan kunyit. Tambahkan 3 sendok makan jus lemon lalu aduk rata. Oles pada wajah dan pijat lembut wajah dengan gerakan melingkar. Kemudian biarkan masker selama 30 menit sebelum kamu membilasnya dengan air dingin.

Masker Tepung Beras dan Jeruk Nipis

Sumber gambar femalist.com

Sumber vitamin C memang banyak terdapat dalam lemon. Namun, jeruk nipis juga ternyata menyimpan banyak vitamin C, loh. Sifat asam pada jeruk nipis bagus untuk mengatasi bakteri penyebab ketombe serta jerawat.

Kamu bisa nih bikin masker dengan bahan tepung beras dan jeruk nipis. Ini berguna untuk meningkatkan tekstur kulit sehingga lebih kenyal dan kencang.

Segera siapkan 2 sendok makan tepung beras dengan campuran sesendok kunyit. Campurkan juga 4 sendok makan air jeruk nipis dan aduk rata. Bersihkan wajah lalu oles maskernya. Diamkan 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Pakailah ramuan ini seminggu sekali untuk mendapat hasil maksimal.

Masker Tepung Beras dan Tomat

Sumber gambar merdeka.com

Tomat adalah buah yang kaya vitamin A serta vitamin C sehingga ampuh untuk mengatasi warna kulit tidak merata. Sifat asam yang terkandung dalam tomat bisa membersihkan minyak hingga ke pori juga loh.

Kombinasikan tepung beras dan tomat untuk menjadi masker wajah. Campuran dua bahan ini dijamin bisa menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Selain itu kulit wajah jadi lebih cerah dan merata.

Ambil sebuah tomat lalu potong jadi 4 bagian. Lalu haluskan beras yang sudah disiapkan dan campur rata dengan tomat. Bersihkan wajah lalu aplikasikan masker pada seluruh wajah. Tunggulah 15 menit sebelum membilas wajah dengan air bersih.

Masker Tepung Beras dan Putih Telur

Masker dari tepung beras mampu mencegah radikal bebas yang merusak kulit. Minyak berlebih dan bakteri penyebab jerawat pun hilang berkat masker satu ini.

Kamu bisa kombinasikan dengan putih telur. Bahan ini bisa jadi andalan jika kamu ingin kulit wajah lebih kencang alami. Wajah akan terbebas dari komedo dan sel kulit mati terangkat sempurna dengan masker kedua bahan ini.

Siapkan tepung beras secukupnya dengan sebutir telur ayam yang diambil putihnya saja. Lalu basuh wajah dengan air hangat supaya pori wajah terbuka. Oleskan masker pada wajah lalu diamkan 30 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Masker Tepung Beras dan Kopi

Sumber gambar tipsmemutihkankulit.id

Kopi bisa mencegah serangan radikal bebas pada kulit. Selain nikmat diminum kamu bisa juga menjadikan kopi sebagai bahan masker wajah. Kopi juga terbukti ampuh untuk mengontrol minyak berlebih dan menghaluskan kulit wajah.

Jangan ragu membuat masker tepung beras yang dicampur dengan kopi. Kedua bahan ini akan menghasilkan masker yang nyaman di kulit wajah. Yuk, segera persiapkan bahannya dan membuatnya sendiri di rumah.

Ambillah 4 sendok makan bubuk kopi dan 4 sendok makan tepung beras. Campurkan dengan 2 sendok makan madu untuk kulit kering atau ganti dengan 2 sendok makan jus lemon jika kulit kamu berminyak.

Aduk rata semua bahan lalu oles di wajah secara merata. Tunggu hingga kering lalu bersihkan dengan handuk. Usahakan merendam handuk pada air hangat dulu. Bersihkan wajah perlahan hingga bersih.

Masker Tepung Beras, Yoghurt, dan Madu

Sumber gambar ireztia.com

Tepung beras memang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kulit wajah. Kombinasikan dengan yoghurt yang kaya akan asam laktat. Kombinasi dua bahan ini bisa meremajakan kembali kulit sehingga wajah tampak lebih awet muda.

Kamu bisa padukan dua bahan tersebut dengan madu yang bisa melembapkan kulit. Ketiga bahan ini bila dijadikan masker bisa membuat kulit bercahaya secara alami.

Ambil sesendok makan tepung beras murni lalu campur dengan sesendok makan yoghurt dan madu secukupnya. Oleskan pada wajah dan biarkan 20 menit sebelum kamu membilasnya dengan air dingin.

Masker Tepung Beras, Minyak Zaitun, dan Susu Bubuk

Sumber gambar merdeka.com

Minyak zaitun biasa digunakan untuk memberi nutrisi pada kulit kering. Kaya akan vitamin E sehingga membuat kulit lembut dan halus. Kombinasikan minyak zaitun dengan tepung beras dan juga susu yang kaya protein.

Ambillah 10 sendok makan tepung beras lalu campur dengan 5 sendok makan susu bubuk. Larutkan dengan sesendok makan minyak zaitun dan sedikit air hingga tercampur sempurna. Oles masker di wajah dan diamkan 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

From our editorial team

Buatlah Masket untuk Sekali Pakai

Ada baiknya membuat masker tepung beras ini untuk sekali pakai saja karena masker yang dibuat secara alami tanpa campuran bahan kimia tentu tidak akan bertahan lama. Jadi, usahakan jika ingin membuat masker sendiri, buatlah secukupnya sehingga bisa langsung habis saat diaplikasikan.

Tag