10 Rekomendasi Pembalut Aman dan Higienis yang Membuat Menstruasi Makin Nyaman (2021)

10 Rekomendasi Pembalut Aman dan Higienis yang Membuat Menstruasi Makin Nyaman (2021)

Memilih pembalut yang aman dan higienis selama menstruasi sangat penting, lho. Ini karena pembalut langsung bersentuhan dengan organ intim kewanitaanmu, sehingga kamu tidak boleh sembarangan. Simak rekomendasi pembalut yang aman dari BP-Guide berikut ini.

Ketika Menstruasi, Menjaga Kebersihan Pembalut Sangat Penting

Menstruasi adalah siklus bulanan yang dialami oleh perempuan remaja hingga dewasa. Ketika menstruasi, seorang perempuan akan mengalami perubahan hormon yang membuat mereka lebih sensitif dan suasana hatinya mudah berubah. Belum lagi ancaman kebocoran saat beraktivitas yang menyebabkan rasa tidak nyaman.

Oleh karena itu, penting bagi perempuan untuk memilih pembalut yang tepat. Pembalut yang bagus tidak hanya yang memiliki daya serap tinggi saja, tetapi juga harus menjamin kebersihan dan keamanan organ intim. Selama menstruasi, perempuan juga harus bisa menjaga kebersihan pembalut agar tidak menjadi sarang tumbuhnya kuman, virus, dan bakteri.

Cara Memilih Pembalut yang Aman dan Higienis

Memiliki Izin Edar dan Ber-SNI

Sumber gambar theconversation.com

Kalau kamu ingin tahu apakah sebuah produk itu aman atau tidak, kamu tinggal lihat saja izin edarnya. Pembalut yang aman biasanya sudah memiliki izin resmi dan sudah melewati serangakain uji laboratorium. Selain itu, pastikan juga pembalut yang kamu gunakan sudah memenuhi standar SNI, seperti memiliki daya serap 10 kali lipat dari berat aslinya dan tidak memiliki flouresensi yang kuat.

Tidak Menggunakan Zat Berbahaya

Sumber gambar socialnewsdaily.com

Zat berbahaya yang dilarang digunakan sebagai bahan pembuat pembalut adalah gas klorin. Zat ini dapat menghasilkan senyawa dioksin yang bersifat karsinogenik atau memicu kemunculan kanker. Sebaiknya, pembalut memiliki permukaan sintetis agar dapat menyerap cairan dengan sempurna.

Sesuaikan Waktu Penggunaannya

Sumber gambar www.bamboolik.eu

Sebaiknya, pembalut yang digunakan untuk siang dan malam hari berbeda. Ini karena kedua jenis pembalut tersebut dirancang sesuai kebutuhan. Misalnya pembalut malam hari yang dibuat dengan ukuran panjang untuk memberikan perlindungan hingga ke belakang.

Ini berguna untuk mencegah kebocoran ketika kamu tidur. Sedangkan pembalut siang relatif lebih pendek dan tipis agar kamu nyaman beraktivitas.

Ukuran Panjang juga Harus Dipertimbangkan

Sumber gambar www.freepik.com

Pembalut punya banyak pilihan panjang, mulai dari 19 cm hingga 40 cm. Jangan asal pilih, sesuaikan ukuran panjang dengan kenyamanan dan kebutuhanmu. Ketika aliran menstruasi masih sangat deras di hari pertama, kamu bisa memilih pembalut dengan panjang di atas 30 cm agar bisa menyerap semua cairan. Saat memasuki hari-hari akhir menstruasi, baru kamu boleh menggantinya dengan pembalut yang lebih pendek.

Utamakan yang Memiliki Daya Serap Tinggi

Nah, ini dia yang sangat penting. Pembalut yang kamu pakai harus punya daya serap tinggi dan bisa menampung semua cairan yang keluar. Jika tidak, area kewanitaanmu akan terasa lembap dan tidak nyaman. Hal ini bisa memicu munculnya iritasi pada kulit dan berbahaya untuk kesehatan.

Jenis-jenis Pembalut yang Dijual di Pasaran

Disposable Pad

Disposable pad adalah pembalut sekali pakai yang paling banyak digunakan oleh kaum wanita. Pembalut ini biasanya terbuat dari bahan kapas untuk menyerap cairan selama menstruasi. Bagian permukaannya dirancang dengan pori-pori yang cukup lebar untuk melancarkan sirkulasi udara di area kewanitaan dan meningkatkan kemampuan menyerap. Pembalut ini harus diganti setiap 4-5 jam sekali untuk memastikan kebersihan dan kenyamanan pemakainya.

Menstrual Cup

Seperti namanya, menstrual cup berbentuk seperti cangkir kecil dari bahan karet silikon. Untuk menggunakannya, kamu harus melipatnya terlebih dahulu kemudian memasukkannya ke dalam vagina.

Dibandingkan dengan pembalut yang lain, menstrual cup ini sangat ramah lingkungan. Cukup cuci menstrual cup dengan air mengalir setelah pemakaian selama 6-12 jam, lalu kamu bisa menggunakannya kembali.

Tampon

Tampon berbentuk mirip kapsul besar yang terbuat dari kapas. Pemakaiannya adalah dengan dimasukkan ke dalam vagina agar bisa menyerap semua cairan. Namun, harga tampon cukup mahal dan kurang ramah lingkungan. Hanya saja kemampuan tampon dalam menyerap cairan memang sangat baik. Kamu yang tidak terbiasa menggunakan tampon bisa merasa tidak nyaman karena terasa mengganjal.

Rekomendasi Pembalut yang Aman Digunakan Selama Menstruasi

Softex Daun Sirih Night Wing

Rekomendasi produk yang pertama adalah Softex Daun Sirih Night Wing, pembalut dengan ekstrak daun sirih. Ini cocok untuk kamu yang sering merasa khawatir area kewanitaan menjadi bau selama menstruasi.

Pembalut ini sangat nyaman karena memiliki bantalan elastis pada permukaannya yang membuatnya segera kembali ke bentuk semula. Sangat nyaman dipakai di malam hari dengan panjang 36 cm.

Kandungan antiseptik dan ekstrak daun sirih menjaga area kewanitaan tetap bersih dan sehat. Sedangkan lapisan sirkulasi udara memudahkan pembalut dalam menyerap cairan hanya dalam 1 detik saja. Kamu akan tetap merasa kering dan nyaman seharian.

Harga Rp. 15.000-30.000

Whisper Pad Wings

Mengenakan pembalut yang terlalu tebal memang menimbulkan rasa tidak nyaman. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena kini ada Whisper Pad Wings. Pembalut ini dibuat sangat tipis, tapi daya serapnya tidak perlu driagukan lagi.

Semua cairan akan terserap dengan cepat dan sempurna tanpa meninggalkan rasa basah dan lengket di kulit. Tidak hanya itu, produk ini juga tidak akan membuat area pangkal pahamu merasa gerah. Kamu juga bebas bergerak aktif dengan permukaan yang elastis dan tidak mudah berkerut.

Sayap antibocor di kedua sisi pembalut menjamin kamu tetap nyaman tanpa takut tembus dan bergeser. Meski sedang menstruasi, kamu tetap bisa berolahraga!

Harga Rp. 20.000-65.000

Anion Superbklean Day Use

Anion Superbklean Day Use adalah pembalut yang dibuat khusus untuk kulit sensitif. Dilengkapi teknologi infrared yang bekerja efektif mengatasi keluhan di area kewanitaan saat menstruasi. Kamu tidak perlu lagi khawatir dengan bau tidak sedap, rasa basah, hingga takut basah.

8 lapisan superbklean pada produk ini menjadikan kamu tetap nyaman, kulit terasa lembut, dan tetap segar. Sayangnya, pembalut ini memang dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan pembalut lain pada umumnya.

Harga Rp. 100.000-200.000

Charm Extra Comfort Maxi NonWing

Pemilik kulit sensitif memang tidak bisa sembarangan memilih pembalut. Charm Extra Comfort Maxi NonWing adalah pembalut yang aman untuk si kulit sensitif. Di permukaan atasnya dilengkapi dengan bantalan elastis untuk mencegah pembalut berkerut. Meski kamu sedang bergerak aktif, pembalut dapat kembali ke bentuk semula dengan mudah.

Pembalut ini juga bisa menahan cairan seharian penuh. Teknologi double block line mencegah terjadinya kebocoran saat aliran sedang deras. Ditambah dengan permukaan yang terasa lembut di kulit, membuatmu tetap nyaman meski beraktivitas selama seharian penuh.

Harga Rp. 14.000-30.000

Natesh Night

Natesh Night juga dibekali dengan banyak teknologi canggih untuk menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim selama menstruasi. Ada Far Infra Red, Nano Silver, dan magnet yang bekerja melemahkan bakteri serta jamur yang berbahaya untuk organ kewanitaanmu.

Dengan mengenakan pembalut ini, sirkulasi darah menjadi lebih lancar, kulit tetap sehat dan segar tanpa iritasi, dan kamu tidak perlu khawatir meski sudah beraktivitas seharian. Pembalut ini juga dibuat sangat nyaman dengan lapisan yang tipis, namun kemampuan menyerap cairannya 3-5 kali lebih cepat.

Harga Rp. 20.000-50.000

Laurier Double Comfort Wing

Laurier adalah merek pembalut yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Laurier Double Comfort Wing menjadi salah satu produk yang sangat difavoritkan oleh kaum wanita. Pembalut bersayap ini dilengkapi teknologi Flexislim Tech agar bisa mengikuti gerak tubuhmu.

Keunggulan lainnya adalah kemampuan pembalut dalam menyerap cairan 2,5 kali lebih maksimal. Kamu pun tetap merasa nyaman, bebas bergerak, dan siap menghadapi harimu. Tidak ada lagi deh alasan malas beraktivitas karena takut bocor.

Harga Rp. 8.000-30.000

Avail Day Use

Buat kamu yang suka dengan segala sesuatu berbau herbal, Avail Day Use bisa jadi pilihan yang tepat untukmu. Pembalut ini dibuat dengan bio teknologi, menggunakan bahan baku kapas berkualitas tinggi agar tidak mudah tembus.

Di dalamnya terdapat kandungan 17 jenis bahan herbal alami berbeda yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan. Kamu yang punya aktivitas padat di siang hari sangat cocok memiliki produk ini. Kemampuan daya serapnya tinggi dan memiliki penyimpanan cairan yang lebih kuat, tidak mudah bergeser dan bocor.

Harga Rp. 30.000-55.000

Softex Comfort Slim 2-in-1 Hello Kitty

Saat menstruasi, sebaiknya kamu membedakan pembalut yang dipakai di siang dan malam hari. Jika harus membeli dua macam produk, tentu bisa jadi pemborosan. Softex Comfort Slim 2-in-1 Hello Kitty bisa membantu kamu untuk berhemat.

Produk ini adalah paket yang berisi pembalut untuk siang dan malam sekaligus. Di dalamnya ada 12 pembalut siang hari dan 8 pembalut malam hari. Belum lagi desainnya yang dibuat sangat imut dengan karakter Hello Kitty.

Pembalut ini memiliki teknologi inovatif Liquid Lock untuk mengunci cairan dan memastikan kelancara sirkulasi udara. Sementara itu, sayap di kedua sisinya menjamin pembalut tidak mudah bergeser dan bocor.

Harga Rp. 20.000-35.000

Laurier Healthy Skin Night

Satu lagi nih produk dari Kao yang bisa kamu jadikan pilihan. Laurier Healthy Skin Night adalah pembalut yang dibuat khusus untuk wanita yang punya kulit sensitif. Dengan teknolog 3D pori bergelombang terbaru yang mampu menyerap cairan seketika, tidak membuat area kewanitaan terasa basah dan memicu iritasi.

Pembalut ini juga dapat meningkatkan 80% sirkulasi udara, membuat permukaannya selalu kering sepanjang waktu. Bahannya pun sangat lembut dan nyaman di kulit sensitif. Ditambah lagi dengan pelindung yang lebar di bagian belakang untuk mencegah kebocoran cairan saat kamu tidur.

Harga Rp. 11.000-30.000

Kotex Overnight ProActive Guard

Terakhir ada Kotex Overnight ProActive Guard, pembalut yang aman dan higienis untuk kamu gunakan selama menstruasi. Pembalut ini dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal di malam hari dengan sayap yang fleksibel dan tidak mudah geser.

Pembalut ini mampu menampung semua cairan dan mencegahnya bocor. Lapisan ultra gel bertugas mengikat cairan sehingga kamu tidak perlu khawatir saat beraktivitas. Tidak perlu khawatir akan rasa gatal dan tidak nyaman lagi!

Harga Rp. 17.000-35.000
From our editorial team

Ingat juga untuk Menjaga Kebersihan Pembalut, Ya!

Menjaga kebersihan pembalut sangat penting agar kamu tetap merasa nyaman. Jika kamu menggunakan pembalut tipe disposable atau sekali pakai, kamu haru sering-sering menggantinya. Saat aliran sedang deras, ganti setiap 3 sampai 4 jam sekali. Pilih produk pembalut terbaik dari rekomendasi BP-Guide di atas!