10 Rekomendasi Pembalut Wanita Terbaik 2021 untuk Kenyamananmu Selama Menstruasi

10 Rekomendasi Pembalut Wanita Terbaik 2021 untuk Kenyamananmu Selama Menstruasi

Memilih pembalut yang tepat sangat menentukan rasa nyamanmu selama menstruasi. Jangan salah pilih, pastikan kamu hanya menggunakan pembalut wanita terbaik untuk menjaga kesehatan organ intim selama masa menstruasi berlangsung. Yuk, simak rekomendasi produknya dalam artikel BP-Guide berikut ini.

Memilih Pembalut yang Bagus Sangat Penting untuk Kesehatan dan Kebersihan Organ Intim

Menstruasi adalah siklus yang selalu dialami oleh kaum hawa setiap bulan. Ketika menstruasi datang, hormon menjadi tidak menentu dan suasana hati seseorang mudah memburuk. Namun, bukan itu satu-satunya hal yang harus diperhatikan.

Saat menstruasi, kadar bakteri yang ada di organ intim meningkat. Oleh karena itu, kamu harus memberikan perhatian ekstra agar vagina tetap bersih dan sehat. Caranya adalah dengan memilih pembalut yang higienis dan aman. Kamu bisa mendapatkan rekomendasi pembalut terbaik dalam artikel BP-Guide berikut ini.

Tips Menjaga Kebersihan Vagina Saat Menstruasi

Bersihkan Vagina Secara Rutin

Membersihkan vagina harus menjadi rutinitas harian yang dilakukan oleh para wanita. Namun saat menstruasi, vagina harus lebih sering dibersihkan, terutama setiap kali selesai buang air kecil dan buang air besar.

Cara membersihkan vagina yang benar adalah dari depan ke belakang menuju anus. Kemudian, gunakan tisu kering yang tidak berbau untuk mengeringkan vagina.

Pilih Celana Dalam yang Menyerap Keringat

Pilihan bahan celana dalam yang tepat juga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan vagina. Bahan yang paling baik dalam menyerap keringat tentu saja adalah bahan katun. Kenakan celana dalam yang pas, bukan yang terlalu ketat atau terlalu longgar. Bila perlu sering-seringlah berganti celana dalam untuk menghindari rasa lembap dan gatal.

Ganti Pembalut Setiap 3-4 Jam Sekali

Dalam sehari, pembalut harus diganti sebanyak beberapa kali. Waktu yang ideal untuk mengganti pembalut adalah 3 sampai 4 jam sekali. Jangan gunakan pembalut lebih dari itu, karena cairan darah saat menstruasi dapat menjadi sarang pertumbuhan mikroorganisme yang menyebabkan iritasi dan infeksi. Selain itu, darah haid juga menimbulkan bau yang tidak sedap. Jadi, meskipun volume darah tidak terlalu banyak, tetap sering-sering ganti pembalut ya!

Pastikan Pembalut Punya Daya Serap yang Baik

Memilih pembalut yang punya daya serap baik juga sangat penting saat menstruasi. Tujuannya tentu saja untuk mencegah kebocoran dan menjaga vagina agar tetap kering karena semua cairan berhasil terserap secara maksimal. Jika vagina tetap kering, maka bakteri dan kuman tidak bisa tumbuh dan berkembang biak di area organ intim.

Utamakan Pembalut yang Mengandung Antibakteri

Melindungi vagina ketika menstruasi bisa dilakukan dengan menggunakan pembalut yang dilengkapi dengan antibakteri. Biasanya kandungan anti bakteri ini ada pada daun sirih yang diketahui memiliki antiseptik alami. Selain itu, daun sirih juga bisa membantu menghilangkan bau tidak sedap akibat darah haid.

Cara Memilih Pembalut Terbaik Sesuai Kebutuhan

Bedakan Pembalut Siang dan Malam

Adanya pembalut siang dan malam yang berbeda ini bukan tanpa alasan, lho. Masing-masing didesain untuk kebutuhan di siang dan malam hari agar kamu tetap nyaman saat beraktivitas dan beristirahat. Pembalut siang biasanya lebih pendek dan lebih tipis untuk memastikan kamu tetap bisa beraktivitas dengan nyaman.

Berbeda dengan pembalut malam hari yang lebih panjang dan tebal. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kebocoran ketika kamu bergerak saat tidur. Dengan demikian, kamu bisa istirahat dengan tenang tanpa takut tembus.

Pertimbangkan Ada Tidaknya Sayap

Pembalut yang dijual di pasaran tersedia dalam dua jenis, yaitu dengan sayap dan tanpa sayap. Ada tidaknya sayap bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Misalnya jika kamu cenderung bergerak aktif baik di siang maupun malam hari, sayap bisa membantu agar pembalut tidak bergeser dan menyebabkan tembus. Namun sebagian wanita lebih suka pembalut tanpa sayap yang lebih ringkas.

Pilih Panjang Pembalut yang Tepat

Ukuran panjang pembalut wanita mulai dari 18 cm hingga 40 cm. Pembalut malam dibuat jauh lebih panjang dibandingkan pembalut malam untuk memberikan perlindungan yang maksimal. Pastikan kamu mengenakan pembalut yang lebih panjang di malam hari, lalu gunakan pembalut yang lebih pendek untuk siang hari. Namun, pastikan semua pembalut yang kamu pakai berdaya serap baik. Jadi, jangan sampai salah pakai, ya!

Rekomendasi Pembalut Wanita Terbaik di Tahun 2021 Ini

CHARM Body Fit Fragrance Extra Maxi Wing

Ketika menstruasi, organ intim rawan mengeluarkan bau tidak sedap karena aliran darah haid yang deras. Ini menyebabkan rasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Jika kamu ingin menghilangkan bau vagina ketika mensturasi, kamu bisa pakai CHARM Body Fit Fragrance Extra Maxi Wing.

Ini adalah produk pembalut dengan keharuman bunga mawar yang efektif menyamarkan bau tidak sedap selama menstruasi. Bukan itu saja, bantalan elastisnya terasa sangat lembut dan halus di kulit serta tidak mudah berkerut. Pembalut ini juga dilengkapi dengan double block line yang mencegah kebocoran saat aliran darah menstruasi sedang banyak-banyaknya.

Harga Rp. 10.000-15.000

Kotex Healthy Protection Slim

Menjalani aktivitas yang padat ketika menstruasi sering menimbulkan rasa tidak nyaman. Itulah mengapa kamu membutuhkan pembalut yang lentur dan elastis agar bisa mengikuti semau gerak aktif Anda tanpa khawatir terjadi kebocoran. Seperti Kotex Healthy Protection Slim.

Pembalut ini memiliki bentuk yang ramping dan tipis, sehingga tidak terlihat tebal dan menonjol saat kamu mengenakan pakaian apa saja. Meski tipis, kamu tidak perlu meragukan kemampuannya dalam menyerap cairan menstruasi. Lapisan hijau pada pembalut dapat menahan dan menyerap cairan dalam sekejap. Permukaan yang cepat kering semakin menambah kenyamananmu ketika menstruasi.

Harga Rp. 7.000-30.000

Laurier Relax Night with Gathers 40 cm

Laurier Relax Night with Gathers 40 cm adalah pembalut panjang di malam hari yang menemanimu untuk beristirahat dengan tenang dan nyaman tanpa perlu khawatir tembus. Permukaan pembalut ini dilengkapi dengan inti penyerap ultra yang bisa menyerap cairan dan gumpalan kental lima kali lebih baik dari produk pembalut lainnya. Dengan demikian, area kewanitaan tetap kering selama menstruasi.

Bahkan ketika kamu banyak bergerak saat tidur, pembalut tidak akan bergeser jadi kamu bisa tidur lebih nyenyak. Dilengkapin pula dengan teknologi Flexi Fit yang membuatnya sangat lentur dan bisa mengikuti setiap gerakan dengan baik. Ditambah dengan Gathers yang memberikan proteksi ekstra untuk mencegah kebocoran di samping.

Harga Rp. 20.000-40.000

CHARM Ultra Slim Protect+ 26cm

Pembalut yang dipakai di siang hari tidak boleh terlalu tebal supaya tidak menyebabkan rasa tidak nyaman ketika kamu bergerak. CHARM Ultra Slim Protect+ 26cm adalah pembalut ultra tipis dengan ketebalan hanya 0,1 cm saja. Pembalut ini sangat ringan sehingga kamu seakan tidak mengenakan apapun ketika menstruasi.

Cocok banget nih untuk kamu yang ingin memakai celana ketat atau rok mini, namun khawatir pembalut akan terlihat dan membuat kamu tidak percaya diri. Meskipun sangat tipis, kemampuan pembalut ini dalam menyerap cairan tidak perlu diragukan lagi. Gumpalan yang kental sekali pun bisa terserap seketika dengan sangat sempurna.

Harga Rp. 8.000-25.000

Natesh Sanitary Pads Over Night

Natesh Sanitary Pads Over Night bukan sembarang pembalut lho. Ini adalah pembalut produksi lokal yang telah diklaim aman untuk kesehatan area kewanitaan. Tidak hanya itu, pembalut ini juga mampu melemahkan bakteri, jamur, parasit, dan berbagai virus berbahaya di vagina. Ketebalannya juga kurang dari 1 mm, sehingga membuatmu sangat nyaman di malam hari, rasanya seperti tidak memakai pembalut!

Di setiap lapisan pembalut dilengkapi dengan kandungan bahan herbal yang berfungsi sangat baik untuk mencegah gatal dan iritasi. Teknologi Far Infra Red pada pembalut membantu melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan imunitas, dan mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Ini adalah pilihan yang pas jika kamu ingin pembalut tipis yang tidak mengganggumu saat tidur di malam hari.

Harga Rp. 40.000-100.000

Softex Daun Sirih 3 in 1

Tidak mau repot membeli pembalut yang berbeda untuk siang dan malam hari? Softex Daun Sirih 3 in 1 adalah pilihan yang paling pas buatmu. Hanya dengan membeli satu produk saja, kamu bisa mendapatkan tiga jenis pembalut dengan panjang berbeda yaitu 23 cm, 29, cm, dan 36 cm yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Pembalut ini juga diperkaya dengan ekstrak daun sirih yang mencegah bau tidak sedap dan bakteri yang menyebabkan gatal pada vagina. Kandungan antiseptik alami dapat mencegah lembap, gatal, hingga kemerahan di sekitar area kewanitaan.

Harga Rp. 15.000-35.000

Laurier Healthy Skin Night 35 cm

Berikutnya ada rekomendasi dari Laurier Healthy Skin Night 35 cm yang memastikan kulit di sekitar area kewanitaan tetap sehat dan terbebas dari iritasi selama menstruasi. Dilengkapi dengan inovasi baru 3D pori bergelombang yang dapat menyerap cairan seketika dan meningkatkan sirkulasi udara hingga 80% supaya permukaan pembalut tetap kering setiap saat.

Permukaannya juga sangat lembut, sehingga terasa begitu nyaman di kulit. Pembalut ini juga memiliki pelindung yang melebar di bagian belakang untuk mencegah tembuts ketika kamu bergerak di malam hari. Pembalut ini bisa jadi pilihan yang tepat saat aliran darah sedang deras-derasnya.

Harga Rp. 11.000-50.000

Avail Bio Sanitary Pad Day Use

Pemilik kulit sensitif tidak boleh sembarangan memilih pembalut. Avail Bio Sanitary Pad Day Use bisa jadi rekomendasi yang tepat untukmu. Pembalut yang satu ini dirancang untuk kaum wanita yang sering mengalami gatal-gatal selama menstruasi. Bahan pembuatnya adalah kapas berkualitas tinggi yang diproduksi dengan bioteknologi.

Di dalamnya terdapat banyak kandungan bahan herbal seperti tawas, maifan stone, cypress oil, dan daun mint. Berbagai kandungan bahan alami ini terbukti mampu membunuh kuman dengan sangat baik dan memberikan efek relaksasi maksimal. Kamu akan merasa lebih segar tanpa khawatir kulit akan mengalami iritasi.

Harga Rp. 20.000-50.000

Kotex Overnight ProActive Guard

Kotex Overnight ProActive Guard adalah pembalut khusus di malam hari yang sangat ampuh dalam menyerap cairan. Tidur di malam hari tetap nyaman dan nyenyak meski aliran darah menstruasi sedang banyak-banyaknya. Pembalut ini didesain secara khusus dengan absorbent care yang bisa menyerap cairan dengan sangat baik.

Dilengkapi pula dengan ProActive Guard Technology yang memungkinkan seluruh permukaan naik ketika terkena cairan. Kamu tidak perlu khawatir meski banyak bergerak di malam hari tanpa takut bocor.

Harga Rp. 20.000-50.000

Laurier Double Comfort Wing

Laurier Double Comfort Wing menjadi produk terakhir yang direkomendasikan untukmu. Produk yang satu ini dirancang khusus untuk para wanita yang tetap aktif meski sedang menstruasi. Di dalamnya dilengkapi dengan teknologi Flexislim Tech yang membuatnya sangat fleksibel dalam mengikuti segala macam gerak tubuhmu.

Dengan memakai pembalut ini, kamu tetap bisa menjalankan semua aktivitas seperti biasa. Pembalut ini punya daya serap 2,5 kali lebih baik dari pembalut lain, menjamin permukaan tetap kering dan tidak lembap. Keunggulan lainnya adalah pembalut ini mudah dicuci, sehingga kamu tidak membutuhkan waktu lama di dalam kamar mandi.

Harga Rp. 10.000-25.000
From our editorial team

Selalu Bawa Pembalut Cadangan Ketika Kamu Sedang Beraktivitas

Ragam merek pembalut yang direkomendasikan oleh BP-Guide di atas adalah pilihan terbaik untuk kamu gunakan. Namun, yang terpenting bukan hanya memilih pembalut terbaik saja, tetapi juga menjaga kebersihan diri dan organ intim selama periode menstruasi. Salah satunya adalah dengan mengganti pembalut sesering mungkin. Jangan lupa untuk selalu membawa pembalut cadangan di dalam tas, agar kamu tetap bisa menggantinya secara rutin di sela-sela aktivitas!