7 Tips Nyaman Beraktivitas Selama Menstruasi dan 9 Rekomendasi Produk Terbaik untuk Menunjang Kenyamananmu (2021)

7 Tips Nyaman Beraktivitas Selama Menstruasi dan 9 Rekomendasi Produk Terbaik untuk Menunjang Kenyamananmu (2021)

Setiap bulan, para wanita kedatangan tamu yang kadang meresahkan. Ketika menstruasi, banyak wanita yang merasa kurang nyaman karena perut terasa sakit hingga mual. Nah, yuk intip tips nyaman selama menstruasi bersama BP-Guide! Sst... kami siapkan juga rekomendasi produknya untuk kamu!

Menstruasi Bikin Wanita Jadi Sulit Beraktivitas dengan Nyaman

Setiap bulan, para wanita akan mengalami siklus menstruasi. Ini adalah perubahan dalam tubuh wanita, utamanya di bagian reproduksi. Menstruasi terjadi saat lapisan dinding rahim yang menebal jadi luruh karena tidak ada pembuahan sel telur yang terjadi. Siklus menstruasi sendiri pada setiap wanita berbeda-beda, bisa terjadi dari 23 hari hingga 35 hari. Namun, umumnya, siklus menstruasi terjadi 28 hari.

Ketika menstruasi, tubuh wanita mengalami perubahan kadar hormon. Dengan berubahnya kadar hormon, maka bisa mempengaruhi banyak hal mulai dari fisik hingga emosi. Berbagai gejala yang timbul sebelum menstruasi disebut dengan premenstrual syndrome atau PMS. Gejalanya bisanya berupa pendarahan dengan sakit kepala, jerawat, perut kembung, hingga nyeri di bagian perut bawah. Gejala lainnya adalah kelelahan, gatal iritasi pada kulit, perubahan mood, mengidam makanan tertentu, nyeri payudara, hingga keputihan.

Selama menstruasi wanita jadi merasa kurang nyaman beraktivitas. Menstruasi menimbulkan kekhawatiran seperti darah yang keluar terlalu banyak dan menembus pakaian dalam, takut pembalut bergeser, hingga harus bolak-balik ganti pembalut. Ketidaknyamanan juga dikarenakan timbulnya gejala-gejala PMS.

Tips Nyaman Beraktivitas Selama Menstruasi

Gunakan Pembalut yang Tepat

Selama menstruasi berlangsung, ada baiknya kita memakai pembalut yang tepat. Bedakan pembalut untuk beraktivitas di siang hari dan juga pembalut untuk di malam hari. Selain itu, pastikan memilih pembalut yang berkualitas agar tetap nyaman selama menstruasi. Kamu boleh memakai pembalut sekali pakai atau pembalut yang bisa dicuci dan dipakai ulang, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kenyamanan.

Utamakan memilih pembalut berdaya serap baik. Ini akan membuat kondisi vagina tetap kering sehingga pertumbuhan bakteri dan jamur bisa ditekan semaksimal mungkin. Memilih pembalut berdaya serap baik juga bisa meminimalisir munculnya bau tidak sedap selama haid.

Sekarang ini, di pasaran ada banyak pilihan pembalut, mulai dari yang beraroma bunga, mentol, dan ada juga yang tidak beraroma. Jika kamu memiliki kulit sensitif, tambahan aroma pada pembalut tidak disarankan. Hal ini bisa membuat kulit area kewanitaan jadi rentan gatal iritasi dan keputihan. Sebaiknya kamu memilih pembalut dengan produk berlabel hipoalergenik karena lebih aman untuk kulit sensitif.

Supaya vagina mendapatkan perlindungan ekstra selama menstruasi, kamu bisa memakai pembalut dengan kandungan bahan alami seperti daun sirih. Kandungan semacam ini hadir dengan antiseptik sehingga bisa mencegah infeksi dan iritasi.

Saat malam hari, gunakan pembalut khusus untuk tidur. Umumnya, pembalut untuk malam hari didesain lebih panjang dan lebar sehingga kamu bisa tetap kering dan nyaman sepanjang malam tanpa takut tembus.

Jika kamu memilih memakai pembalut yang bisa dicuci dan dipakai ulang, maka pastikan bahannya benar-benar berkualitas. Cuci sampai bersih dan jangan biarkan ada sisa darah yang tertinggal agar kuman dan bakteri tidak menempel pada pembalut. Keringkan maksimal juga agar tidak mudah ditumbuhi jamur.

Softex Daun Sirih

Softex Daun Sirih merupakan produk yang kami rekomendasikan demi kenyamanan selama menstruasi. Softex menghadirkan aneka varian untuk pembalut daun sirih. Ada pantyliner serta pembalut dengan wing atau non wing. Ukurannya bervariasi yaitu 23 cm, 29 cm, dan 36 cm. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan kamu. Produk Softex daun sirih bisa menyerap dengan sangat cepat sehingga vagina terasa kering dan nyaman selama pemakaian. Di dalam pembalutnya mengandung antiseptik alami sehingga mampu mengurangi pertumbuhan bakteri dan kuman. Kulit bebas iritasi dan tetap lembut meski memakai pembalut dalam waktu lama.

Harga Rp. 10.600-23.300

Charm Body Fit Night

Charm Body Fit Night tersedia dalam ukuran panjang yang beragam, mulai dari 29 cm, 35 cm, hingga 42 cm. Ini akan menunjang kamu saat tidur malam agar lebih nyenyak karena tidak takut bocor atau tembus. Dengan zona dobel proteksi, pembalut ini dilengkapi dengan dinding pelindung lembut yang bisa menyerap dan mengunci cairan di dalam agar tidak mengalir ke samping meski kamu aktif bergerak saat tidur. Area serapnya juga lebih panjang sehingga bisa melindungi seluruh bagian belakang saat tidur.

Harga Rp. 15.600-27.000

YUSPIN PEMBALUT KAIN REGULER & KOMPLIT

YUSPIN PEMBALUT KAIN REGULER & KOMPLIT hadir dengan sederet keunggulan. Pembalut kain ini bersifat antibakteri karena sudah dilengkapi teknologi anti bacterial silver dari Jerman. Produk ini juga bebas pemutih dan zat klorin berbahaya. Kamu bisa mencucinya ulang dan memakainya berkali-kali sampai maksimal 2 tahun lamanya sehingga lebih ramah lingkungan.

Bahan lapisan luarnya dari katun halus, sementara bahan dalamnya adalah handuk berdaya serap tinggi anti bocor. Bahan Yuspin mudah dibersihkan tanpa menyisakan noda. Kancing di bagian dalamnya akan mengunci pembalut pada celana dalam agar tidak mudah bergeser.

Kamu bisa memilih paket yang diinginkan. Ada paket reguler dengan varian pantyliner, teenager, daily use, night use, dan super night use. Ada juga paket komplit dengan varian bronze, silver, dan gold. Varian bronze terdiri dari 1 pantyliner, 1 day use, 1 night use, dan 1 super night use. Varian silver terdiri dari 1 pantyliner, 2 day use, 2 night use, dan 1 super night use. Varian gold terdiri dari 1 pantyliner, 3 day use, 3 night use, dan 1 super night use.

Harga Rp. 75.000-183.000

Lebih Praktis Pakai Menstrual Cup

Untuk yang ogah ribet ganti pembalut, kamu bisa lirik menstrual cup. Ini adalah inovasi yang banyak disukai wanita karena begitu praktis digunakan. Lebih ramah kantong dan juga lebih amah lingkungan karena bisa digunakan bertahun-tahun lamanya. Pilih menstrual cup dengan tepat supaya lebih nyaman digunakan. Ini karena menstrual cup hadir dalam berbagai ukuran dan tingkat kelenturan yang berbeda.

Di pasaran, bentuk menstrual cup yang dijual memang sama yakni berbentuk tulip. Kendati demikian, ukurannya berbeda-beda. Kamu perlu tahu seberapa panjang ukuran vagina dan serviks untuk bisa mendapatkan menstrual cup yang tepat. Kamu bisa konsultasi ke dokter untuk mengetahui ukuran tersebut. Nah, selain itu, kamu juga bisa memiliki ukuran menstrual cup dari seberapa banyak volume dan intensitas darah yang biasanya keluar saat haid. Jika umumnya memang banyak maka kamu bisa memilih yang kapasitasnya besar.

Blood Menstrual Cup

Blood Menstrual Cup adalah alternatif untuk pembalut dan sangat nyaman dimasukkan ke dalam vagina. Produk ini didesain di Singapura dan diproduksi di Amerika Selatan. Bahan yang digunakan adalah medical silicon yang lembut. Produk ini bisa tahan 10 tahun dengan perawatan yang tepat.

Daya tampungnya hingga 25 ml. Aman digunakan saat bepergian, digunakan semalaman, bahkan digunakan saat berolahraga. Ukuran menstrual cup ini lebih kecil dan lebih fleksibel dari menstrual cup pada umumnya sehingga cocok untuk para pemula. Dalam pembelian sudah termasuk menstrual cup, pouch untuk pembersih, dan instruksi pemakaian.

Harga Rp. 399.000

Rutin Berolahraga

Saat menstruasi, kondisi kita memang lemas dan rasanya perut juga nyeri. Namun, jangan biarkan hal ini membuat kamu malas bergerak dan berolahraga. Tahukah kamu bahwa dengan bergerak aktif dan berolahraga bisa membuat menstruasi jadi makin lancar?

Ketika tubuh bergerak aktif, maka tubuh bisa melepaskan hormon endorfin yang bisa menghilangkan rasa sakit secara alami. Nyeri karena haid jadi hilang dan mood kamu juga bisa lebih meningkat. Fluktuasi hormonal ketika menstruasi tidak akan berpengaruh pada ketahanan tubuh sehingga kita bisa bergerak aktif seperti saat tidak menstruasi.

Namun, jika nyeri haid kamu sangat parah, jangan memaksakan diri, ya. Istirahatlah sehari atau dua hari dan pilih aktivitas fisik yang tak terlalu berat. Kamu bisa mencoba yoga, jalan kaki, stretching, dan lain sebagainya agar peredaran darah tetap lancar dan ketegangan otot lebih mereda.

Eagle Hector Shoes

Eagle Hector Shoes ini bisa menemani kamu untuk berolahraga selama haid. Kamu bisa memakainya untuk jogging. Sepatu ini hadir dengan desain simpel yang nyaman. Sepatunya bersifat uniseks dengan pilihan warna yang menarik yakni navy dan full hitam. Bagian upper sepatu memakai bahan breathable sehingga kaki tidak mudah gerah dan berkeringat. Ada ukuran 34 hingga 44 yang tersedia yang bisa kamu pilih.

Harga Rp. 194.000-311.000

Konsumsi Makanan Kaya Magnesium

Kamu juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan magnesium. Tujuannya adalah untuk mengendurkan otot dan memberikan energi selama kamu menstruasi. Hal ini juga bisa membuat kamu jadi tidak cepat capek dan bisa merasa lebih bahagia selama haid. Kamu bisa mengonsumsi pisang, aneka kacang-kacangan, alpukat, bayam, kangkung, dan lain sebagainya.

Trail Mix Savior Snack

Trail Mix Savior Snack bisa kamu konsumsi saat sedang menstruasi. Camilan yang satu ini dikemas sebanyak 100 gram. Isinya berupa aneka biji-bijian dan buah kering, seperti almond, kacang mede, walnut, biji labu, biji bunga matahari, apricot, kismis kuning, kismis hitam, gojibery kering, dan cranberry kering.

Camilan ini padat energi dan kaya sumber nutrisi seperti magnesium, kalium, natrium, zinc, dan zat besi. Produk ini juga kaya vitamin A, B, C, D, dan E. Dengan ngemil produk ini maka tekanan darah lebih stabil, kolesterol terjaga, racun dalam tubuh bisa dikeluarkan, nyeri sendi teratasi, dan peredaran darah jadi terjaga.

Harga Rp. 25.000

Perbanyak Minum Air Putih dan Hindari Kopi

Ketika menstruasi, perbanyaklah minum air putih. Jangan sampai tubuh jadi dehidrasi karena bisa meningkatkan retensi air dan memperburuk kram perut yang kamu alami. Usahakan minum air putih hangat karena bisa meningkatkan aliran darah ke kulit dan menenangkan otot-otot yang kram. Namun, jika tidak ada air hangat, air putih dengan suhu normal juga boleh.

Bagi pencinta kopi sebaiknya hindari dulu kopi dan tunggu sampai menstruasimu mereda. Dalam kopi terdapat kafein yang bisa membuat kram makin parah. Kopi juga bisa menaikkan tensi darah sehingga sebaiknya tidak mengonsumsinya dulu.

Le Minerale

Le Minerale bisa jadi pilihan kamu. Dikemas dalam aneka botol mulai dari 330 ml, 600 ml, hingga 1500 ml, kamu mudah membawanya kemana saja saat beraktivitas. Minuman air mineral ini dikemas dengan sistem berteknologi Mineral Protection System. Ini akan membuatnya terjaga keamanan dan kehigienisannya. Produk ini memiliki tingkat keasaman 7,7 sehingga menjadikannya kaya oksigen dan baik untuk kesehatan tubuh.

Harga Rp. 2.464-3.000

Gunakan Kompres Hangat

Ketika terasa nyeri yang tidak tertahankan di area perut bawah, kamu bisa manfaatkan kompres hangat. Letakkan kompres berisi air hangat pada area perut yang nyeri. Kehangatan kompres ini bisa memberikan rasa lega. Untuk suhu yang disarankan adalah 40 derajat Celcius, ya.

Alat Kompres Dingin dan Hangat

Alat Kompres Dingin dan Hangat ini bisa jadi andalan kamu. Produk ini terbuat dari bahan karet berkualitas tinggi. Isi volumenya 2 liter. Untuk air hangat, suhu idealnya adalah 80 derajat Celcius. Hindari mengisinya dengan air mendidih. Air jangan sampai melebihi 2/3 alat kantong kompres agar tidak meluber. Hindarkan produk ini dari asam, alkali, minyak, dan bahan berbahaya lainnya.

Harga Rp. 20.000-45.000

Gunakan Pembersih Kewanitaan dengan Bijak

Kamu wajib membersihkan area kewanitaan dengan rutin selama menstruasi, utamanya usai BAB atau BAK. Bersihkan area intim dengan benar yakni dari depan ke belakang dan bukan sebaliknya. Hal ini ditujukan supaya tidak ada perpindahan bakteri dari anus ke vagina. Jangan lupa juga mengeringkan area intim dengan benar memakai tisu bersih tanpa aroma agar area intim lebih bersih dan kering sebelum memakai pembalut.

Kamu boleh juga memakai pembersih kewanitaan jika dirasa perlu. Namun hindari sabun pembersih kewanitaan dengan kandungan parfum atau pewangi. Ini hanya akan membuat kulit area intim lebih mudah iritasi. Gunakan pembersih kewanitaan dengan bijak, artinya, jangan terlalu sering memakainya. Gunakan sesekali saja dan jika dirasa area kewanitaan sedang dalam kondisi kurang bersih.

Resik V Godokan Sirih

Resik V Godokan Sirih hadir dengan antiseptik alami sehingga mampu membantu mengatasi keputihan dan bau tidak sedap pada area organ intim. Terbuat dari bahan alami godokan sirih, produk ini mampu membersihkan secara maksimal tanpa membuat iritasi. Aromanya khas herbal dan idak menyengat. Area intim jadi lebih sehat, bebas gatal, dan iritasi. Produk dikemas dalam botol ukuran 100 ml.

Harga Rp. 18.000-24.000
From our editorial team

Ganti Pembalut Secara Rutin

Selama menstruasi, kamu wajib ganti pembalutmu secara rutin. Jangan karena ingin berhemat lalu kamu paksa memakai pembalut yang sama lebih dari 5 jam. Gantilah pembalut 1 hingga 2 jam sekali jika darah yang keluar banyak. Jika normal, kamu bisa ganti pembalut selama 3 atau 4 jam sekali. Dengan mengganti pembalut secara rutin maka bisa menurunkan risiko perkembangan bakteri penyebab infeksi dan iritasi.