10 Rekomendasi Lip Scrub yang Bikin Bibir Sehat, Kenyal, dan Cerah Alami (2021)

10 Rekomendasi Lip Scrub yang Bikin Bibir Sehat, Kenyal, dan Cerah Alami (2021)

Sel kulit mati tidak hanya menumpuk pada wajah dan tubuh, loh. Sel kulit mati bisa juga menumpuk di bibir. Hal ini menyebabkan bibir kehilangan warna alaminya. Supaya warna bibirmu kembali cantik, kamu bisa melakukan scrubbing bibir setidaknya seminggu sekali. Cek rekomendasi produk lip scrub dari BP-Guide, ya!

Bibir Kusam karena Lipstik? Atasi dengan Scrub Bibir!

Memakai lipstik setiap hari tentu ada efek sampingnya. Apalagi jika kamu memakai lipstik waterproof, pastinya warnanya susah hilang meski sudah dibersihkan dengan pembersih makeup. Bahkan tidak jarang bisa saja meninggalkan residu pada bibir dan membuat bibir jadi kusam.

Bibir jadi menghitam dan kurang enak dipandang. Saat dipakaikan lipstik pun, warna lipstik jadi berubah karena warna bibir sudah terlalu hitam. Jika sudah begini, maka kamu membutuhkan scrub bibir.

Scrub bibir bisa menghilangkan sel-sel kulit mati pada bibir. Selain itu bisa juga menjaga kelembutan dan kelembapan bibir. Kamu bisa mendapatkan tampilan bibit yang merona dan sehat seperti yang diidamkan banyak wanita.

Kamu bisa saja membuat scrub bibir sendiri di rumah. Ada banyak bahan alami yang bisa jadi scrub bibir seperti gula, madu, lemon, atau minyak zaitun. Kamu bisa mencampurkan gula dan madu, gula dan minyak zaitun, atau gula dan lemon. Oleskan campuran ini pada bibir, lalu tunggu beberapa saat sebelum kamu membilasnya dengan air.

Scrub bibir bisa dilakukan rutin seminggu sekali atau dua kali. Nah, untuk kamu yang malas membuat sendiri scrub bibir, kamu bisa beli saja produk yang sudah jadi Tapi, cek dulu tips memilihnya di bawah ini, ya!

Tips Memilih Scrub Bibir Terbaik

Kenali Bahan Eksfoliatornya

Hal paling penting dalam memilih lip scrub adalah mengenali bahan eksfoliatornya. Scrub dalam produk lip scrub memiliki ukuran kecil namun bisa merontokkan sel-sel kulit mati yang membuat bibir jadi kusam. Butiran scrubnya lembut dan mudah larut dalam air. Berbeda dengan scrub pada body scrub yang ukurannya kadang besar dan sulit larut dalam air.

Umumnya, lip scrub memakai gula sebagai bahan dasarnya. Ada juga produsen yang tidak hanya memakai gula namun mengombinasikannya dengan bubuk kopi, bubuk kenari, hingga gandum.

Pilih Bahan Pelembapnya

Setiap lip scrub hadir dengan kandungan pelembap di dalamnya. Kamu wajib tahu bahan apa yang digunakan sebagai pelembapnya supaya bisa menghidrasi dan melembapkan dengan maksimal tanpa menimbulkan iritasi pada kulit bibir.

Bahan pelembap yang paling sering ada dalam lip scrub adalah shea butter. Bahan ini bisa melapisi bibir dan mempertahankan kelembapannya. Shea butter mengandung vitamin A, E, dan F sehingga bisa melindungi kulit bibir dari risiko kerusakan. Shea butter juga kaya SPF yang bisa melindungi dari efek buruk sinar UV. Bahan shea butter lebih mudah terserap kulit dan efektif dalam menutrisi kulit bibir.

Selanjutnya, ada emolien yang juga banyak digunakan sebagai bahan pelembap pada bibir. Selain melembapkan, bahan ini juga berfungsi untuk melembutkan dan menenangkan bibir.

Bahan lain yang bisa digunakan sebagai pelembap dalam lip scrub adalah jojoba oil. Minyak alami ini kaya akan vitamin E sehingga bisa mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit bibir. Jojoba juga akan memperkuat skin barrier sehingga bibir tidak mudah pecah-pecah.

Madu juga kerap kali digunakan sebagai bahan untuk pelembap dalam lip scrub. Bahan ini bisa mengatasi kulit bibir yang kering dan pecah- pecah sehingga tetap lembap alami.

Pilih Kemasannya

Lip scrub dulunya mungkin hadir dalam kemasan jar biasa saja. Untuk mengaplikasikannya, kamu butuh spatula atau jari. Namun, seiring berkembangnya zaman, kini lip scrub tidak hanya hadir dalam kemasan jar. Ada juga yang bentuknya seperti lipstik.

Setiap model kemasan lip scrub memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Lip scrub dalam jar memiliki isi yang lebih banyak. Kamu juga bisa lebih hemat saat membelinya karena isinya banyak, jadi lebih awet. Sayangnya, lips scrub dalam jar kurang praktis digunakan dan membutuhkan spatula atau jari untuk mengaplikasikannya. Selain itu, juga terbilang kurang higienis jika kita mengaplikasikannya dengan jari.

Lip scrub berbentuk lipstik bisa dibilang lebih praktis dibawa ke mana saja. Untuk mengaplikasikannya kita tak perlu memakai jari, tinggal aplikasikan langsung di bibir sehingga lebih mudah dan tidak belepotan. Kekurangannya, harganya bisa lebih mahal dari harga lip scrub dalam jar.

Ini Dia Rekomendasi Lip Scrub Terbaik untuk Kamu

Skinfood Avocado Sugar Lip Scrub

Skinfood Avocado Sugar Lip Scrub adalah rekomendasi pertama kami. Dikemas dalam ukuran yang imut, kamu pasti gemas dengan produk ini. Mudah dibawa kemana saja dan tidak banyak menghabiskan tempat. Scrub ini bisa menutrisi dan melembapkan bibir dengan baik.

Aromanya manis karena terdiri dari aroma susu dan buah. Scrub ini terbuat dari gula dan ditambah beberapa bahan pelembap seperti beeswax, avocado oil, jojoba oil, dan shea butter.

Harga Rp. 65.000-11.000

Tony Moly Kiss Kiss Lip Scrub

Tony Moly Kiss Kiss Lip Scrub hadir dengan desain kemasan yang sangat mencolok. Kemasannya berbentuk bibir sehingga bisa dibilang sangat menggemaskan. Produk ini memakai grain scrub dengan bahan pelembap seperti minyak jojoba, madu, dan macadamia oil. Bibir jadi lebih lembut, kenyal, dan bebas sel kulit mati. Produk ini memakai bahan aditif sehingga jangan terlalu banyak mengaplikasikannya, ya.

Harga Rp. 77.000-156.000

Felinz Lip Scrub Frosted Peach

Felinz Lip Scrub Frosted Peach adalah scrub yang sayang untuk dilewatkan. Harganya terjangkau namun bisa memberikan hasil yang maksimal. Produk ini cocok untuk membuat warna alami bibir kamu kembali seperti semula. Bibir jadi bebas pecah-pecah dan bisa ternutrisi dengan baik.

Bebas bahan eksfoliator, scrub ini terbuat dari butiran halus yang aman dan nyaman untuk bibir sensitif. Kekurangannya adalah aromanya cukup kuat. Sehingga bagi kamu yang kurang suka produk dengan aroma wangi menyengat, wajib hati-hati. Scrub ini mengandung pelembap seperti peach oil, jojoba oil, dan vitamin E.

Harga Rp. 16.900-31.248

Liplapin Cotton Candy Lip Scrub

Liplapin Cotton Candy Lip Scrub ini merupakan scrub dengan harga terjangkau. Selain bisa mengangkat sel kulit mati pada bibir, produk ini juga bisa menyehatkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Manfaat lainnya adalah bisa mengembalikan kecerahan warna bibir yang kusam. Hasilnya, bibir lebih lembut, kenyal, dan halus. Kamu cukup memakainya seminggu 2 atau 3 kali saja, ya.

Harga Rp. 42.000-45.000

Luxcrime Duo Lipcare Strawberry Glaze

Luxcrime Duo Lipcare Strawberry Glaze adalah produk yang sangat menarik. Dalam satu produk, kamu akan mendapatkan lip balm dan scrub bibir sekaligus. Di satu sisinya adalah scrub bibir berbentuk lipstik yang lembut dan nyaman di bibir. Di sisi lainnya ada tint balm yang bisa melembapkan dan memberi warna alami pada bibir.

Scrub bibirnya bisa menghaluskan area yang kering dan bersisik pada bibir. Selain itu juga bisa meningkatkan warna alami bibir. Produk ini dilengkapi dengan natural sunscreen yang akan melindungi bibir dari paparan sinar matahari.

Oleskan saja scrub bibir pada bibir lalu pijat dengan jari. Selanjutnya, hapus dengan washcloth atau bilas dengan air. Lanjutkan dengan mengoleskan lip balm untuk melembapkan bibir dan membuatnya sehat.

Lip scrub ini terbuat dari shea butter dan vitamin E yang bisa mencegah penuaan, melindungi dari sinar matahari, dan menyembuhkan bibir pecah-pecah. Sedangkan lip balm-nya terbuat dari jojoba oil, olive oil, grapeseed oil, dan squalane yang kaya antioksidan dan bermanfaat untuk melembapkan dan mengembalikan kekenyalan bibir.

Harga Rp. 98.100-152.000

Unpa Bubi Bubi Lip

Unpa Bubi Bubi Lip bisa bantu kamu untuk membuat bibir lebih sehat, kenyal, dan lembut. Gunakan sebelum kamu memakai lipstik supaya hasil pulasan lipstik lebih sempurna. Lip scrub dari Korea ini terbilang unik karena bisa mengeluarkan busa usai dipulas pada bibir. Busanya bisa membersihkan bibir dari residu serta sel kulit mati. Terbuat dari bahan alami, produk ini aman dan nyaman untuk kulit bibir.

Kemasannya cantik dengan desain yang menarik. Aromanya lembut dan memakai pilihan wangi buah anggur dan peach. Aromanya juga didapat dari bahan alaminya sendiri yakni grapefruit oil dan peach oil.

Harga Rp. 119.000-143.000

Elf Studio Lip Exfoliator

Elf Studio Lip Exfoliator adalah rekomendasi yang sayang dilewatkan. Scrub ini hadir dalam bentuk lipstik sehingga lebih mudah diaplikasikan. Kamu juga bisa lebih mudah membawanya ke mana saja kamu inginkan. Produk ini ampuh untuk mengatasi bibir pecah-pecah yang cukup parah. Cukup beberapa kali pemakaian dan hasilnya akan langsung terlihat. Ada banyak varian yang bisa kamu pilih.

Harga Rp. 19.000-85.000

Emina Sugar Rush Lip Scrub

Emina Sugar Rush Lip Scrub merupakan produk lokal yang kualitasnya tidak kalah bagus. Scrub ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti olive oil, avocado oil, shea butter, dan vitamin E. Manfaatnyaa dalah untuk menjaga kesehatan bibir dan menjaga warnanya tetap alami. Usai pemakaian, bibir terasa lebih kenyal, lembut, dan lebih lembap. Dikemas dalam pot transparan dengan tutup model ulir berwarna merah muda.

Harga Rp. 28.500-32.500

Lush Bubblegum Lip Scrub

Lush Bubblegum Lip Scrub dikemas dalam jar berukuran 20 gram dengan tutup rapat. Produk ini hadir dengan warna pink yang sangat menarik perhatian. Dibuat dari gula kastor, scrub bibir ini bisa merontokkan sel kulit mati dengan baik. Bibir jadi lebih lembap juga karena ada kandungan organic jojoba oil. Kandungan tersebut juga membuat bibir jadi lebih lembut dan kenyal. Lip scrub ini memiliki rasa manis mirip permen karet. Ini membuat kita jadi nyaman saat memakainya.

Harga Rp. 195.000-231.000

SOMETHINC Coffeeinc Lip Scrub

SOMETHINC Coffeeinc Lip Scrub merupakan rekomendasi terakhir kami. Terbuat dari biji kopi alami dan aprikot, scrub ini efektif mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Bahan eksfoliator alaminya tidak membuat bibir iritasi atau mengikis skin barrier. Hasilnya, bibir jadi lebih lembap, halus, dan segar. Produk ini sudah berizin BPOM jadi aman untuk digunakan.

Harga Rp. 59.000-69.000
From our editorial team

Gunakan Pelembap Usai Scrubbing

Melakukan scrub bibir tidak hanya asal saja, ya. Ada beberapa aturan yang harus kamu lakukan supaya hasilnya maksimal dan bibir bisa lebih nyaman. Salah satunya adalah menggunakan pelembap usai memakai scrub bibir. Pemakaian pelembap membuat bibir lebih nyaman dan tidak terasa perih usai proses scrubbing. Aplikasikan lip balm secara menyeluruh ke bibir. Pastikan lip balm terserap ke bibir agar terasa lebih lembap.

Tag