Bibirmu Kering dan Pecah-pecah? 8 Rekomendasi Lip Balm Impor Ini Bisa Mengatasinya (2020)

Bibirmu Kering dan Pecah-pecah? 8 Rekomendasi Lip Balm Impor Ini Bisa Mengatasinya (2020)

Lip Balm adalah salah satu produk kecantikan yang bisa kamu andalkan untuk merawat bibir kering. Kalau kamu ingin coba produk lip balm impor dengan kualitas yang baik, kamu bisa cek beberapa rekomendasi lip balm dari BP-Guide dalam artikel berikut.

Menjaga Kesehatan Bibir Juga Penting, Lho!

Perawatan tubuh termasuk wajah penting untuk dilakukan. Perawatan yang tepat menjaga tampilan wajah segar, sehingga memberikan kesan bahwa kamu adalah orang yang positif dan optimis. Salah satu bagian tubuh yang menunjang tampilan segar di wajah adalah bibir.

Selain untuk memberikan kesan positif terhadap lawan bicara, perawatan bibir terutama penting untuk kamu yang tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia ini. Pada saat musim kemarau yang kering dan panas, cairan di tubuh kamu akan mudah menguap, sehingga kulit, termasuk bibir pun menjadi kering. Masalah lanjutannya, bibir ini jadi mudah pecah-pecah, bahkan berdarah karenanya.

Keberadaan lip balm pada kondisi wilayah tropis ini sangat membantu untuk menjaga kelembaban bibir. Selain mengandung zat-zat yang bisa melembabkan bibir, biasanya lip balm juga mengandung zat-zat yang menutrisi kulit bibir, seperti vitamin E. Hal ini membuat bibir kamu tetap terawat.

Berbagai Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menjaga Kesehatan Bibir

Hindari Pemakaian Lipstik Terlalu Sering

Sekarang ini, lipstik menjadi salah satu perlengkapan makeup yang penting. Namun, tidak seperti lip balm yang mengandung pelembap tinggi, lipstik justru sering membuat bibirmu menjadi kering.

Untuk itu, sebaiknya gunakan lipstik pada waktu-waktu tertentu yang penting saja, terutama untuk lipstik yang bersifat matte. Warna matte akhir-akhir ini menjadi tren kecantikan karena warna yang lembut dan tidak mencolok, membuat penampilan tampak semakin elegan.

Sayangnya lipstik matte ini bisa membuat bibirmu makin kering. Untuk mencegah bibir kering ini, kamu bisa menggunakan pelembap sebelum mengaplikasikan lipstik pada bibir. Kamu juga bisa mengoleskan pelembap setelah lipstik melapisi bibir cantikmu. Petroleum jelly juga bisa membantu melembapkan bibir atau bisa digunakan untuk menghapus lipstik.

Konsumsi Buah dan Sayur

Bukan rahasia lagi bahwa buah dan sayur adalah makanan yang menyehatkan kulit. Kandungan-kandungan di dalamnya membantu menjaga kelembaban serta kesehatan kulit kamu. Tentu saja, ini juga berarti menyehatkan untuk bibir.

Untuk menyegarkan warna bibir secara alami, kamu bisa mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C. Buah yang kaya vitamin C mencakup jeruk, lemon, jambu, dan sebagainya. Sedangkan sayur yang kaya vitamin C termasuk bayam, brokoli, dan banyak lagi.

Kalau kamu tidak mau bibirmu pecah-pecah, kamu butuh vitamin B, terutama riboflavin yang banyak terkandung di keju, ikan, telur rebus, jamur, bayam, dan banyak lagi.

Jangan Membasahi Bibir

Seringkali kalau sedang berada di luar ruangan, bibir akan mudah kering akibat udara atau panas matahari. Biasanya apa yang kamu lakukan? Tanpa sadar kamu akan menjilati bibir itu agar kembali lembap. Sayangnya, kebiasaan ini justru tidak sehat untuk bibir.

Yang mungkin kamu belum tahu adalah air liur mengandung asam yang bisa menghilangkan kelembapan alami bibir, sehingga bibir kamu akan lebih mudah kering dan pecah-pecah. Karena kering ini pula, regenerasi kulit-kulit mati pada bibir jadi terhambat. Akibatnya, bibir kamu akan tampak kurang menarik.

Kulit bibir kamu juga bisa menghitam akibat kebiasaan yang satu ini. Alasannya, menjilati bibir bisa menghambat aliran darah pada bibir. Tentu saja, akibatnya bibir yang kekurangan oksigen dari darah membuat kulit bibir kamu menghitam. Selain itu, air liur yang mengandung banyak bakteri bisa membuat aroma bibir kamu tidak enak.

Perbanyak Minum Air Putih

Tentu saja, kelembapan kulit tidak terlepas dari pemenuhan kebutuhan cairan sehari-hari. Artinya, kamu harus minum air putih, sesuai jumlah yang dianjurkan, yaitu minimal 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter. Hal ini karena pengeluaran urine orang dewasa adalah sekitar 1,5 liter per hari. Jangan sampai besar pasak daripada tiang, kan?

Ada berbagai penyebab kulit bibir yang kering dan pecah-pecah. Bisa karena udara yang kering atau nutrisi yang rendah. Bibir kering bisa juga menjadi sinyal kalau tubuh kamu mengalami dehidrasi dan butuh asupan air mineral untuk menjaga kelembaban kulit.

Fungsi dari air mineral buat kulit kamu ini tidak sembarangan. Kalau kamu jarang minum air mineral, ini bisa membuat kulit kamu rentan terhadap gangguan kulit serta kerutan dini. Salah satu mimpi buruk wanita tentunya kalau kulit terlihat lebih tua. Bukan karena usia, tapi tentu saja penampakannya yang tampak tidak sehat.

Gunakan Lip Balm

Yang terakhir, tapi tak kalah penting, pelembab bibir seperti lip balm juga bisa sangat membantu merawat bibir serta melindungi bibir dari zat radikal bebas. Juga, bisa melindungi bibir dari sengatan matahari yang bisa membuatnya kering.

Tidak hanya untuk kecantikan, lip balm ini juga membantu memberikan nutrisi pada bibir. Jadi, pemakaian lip balm ini tidak terbatas pada pemakaian ketika kamu keluar rumah, tapi kamu juga bisa mengaplikasikannya di dalam rumah. Bahkan, sebelum tidur.

Karena lip balm ini penting untuk menjaga kesehatan bibir kamu, kamu harus hati-hati dalam memilih produk lip balm yang baik. Ada lip balm yang mengandung tabir surya, serta mengandung petroleum yang dapat mengunci kelembaban bibir.

Selain itu, produk lip balm yang menyehatkan bibir kamu adalah pelembab yang mengandung kadar emolien yang tinggi. Kandungan emolien ini berfungsi melembabkan kulit selain mencegah kulit kering, kasar, serta iritasi kulit ringan lainnya. Kamu juga bisa mencari lip balm yang mengandung dimetichone, yang mampu mengatasi bibir pecah-pecah dan mengering.

Rekomendasi Berbagai Merk Lip balm Impor yang Layak Dicoba

Tony Moly Panda's Dream Pocket Lip Balm

Tony Moly adalah salah satu merek kosmetik yang berasal dari Korea Selatan. Tidak hanya menyediakan lip balm berkualitas bagus, Tony Moly memberikan desain yang lucu untuk casing-nya. Dengan kandungan shea butter, lip balm ini bisa melembapkan bibir dengan sempurna.

Kandungan bambu yang terdapat di dalamnya juga membuat bibir menjadi lembut dan mengilap. Ada pula minyak kamelia yang melembapkan bibir serta melindunginya dari kerusakan akibat zat radikal bebas. Kandungan delimanya juga tinggi akan antioksidan yang bagus untuk kulit.

Harga Rp. 63.768-101.000

Essence - Kiss Care Love Lip Balm

Sekarang ini, berbagai brand kosmetik mulai menyasar pasar remaja. Produk Kiss Care Love dari Essence ini memiliki rasa dan aroma buah yang menyegarkan. Aroma yang manis dan ringan ini sesuai dengan pasar remaja yang lebih membutuhkan kosmetik ringan.

Warna dari lip balm ini memberikan sentuhan akhir yang alami dan tidak berlebihan agar menonjolkan kesegaran pada penampilan kamu yang masih remaja. Selain itu, makeup tidak hanya menarik karena fungsinya.

Merek kosmetik yang pertama kali diluncurkan di Jerman ini memberikan tampilan alami dengan warna yang halus. Castor oil merupakan bahan utama dari lip balm ini yang memberikan kelembapan untuk bibirmu. Minyak ini memberikan sentuhan akhir yang agak berat, tetapi lip balm ini akan semakin ringan dan halus seiring waktu.

Harga Rp. 35.000-57.000

Mistine Strawberry Lip Balm

Lip balm keluaran Mistine ini tidak hanya memberikan warna yang pink yang segar pada bibir kamu. Pelembap bibir ini secara ajaib bisa berubah warna dari transparan menjadi warna pink yang halus dan ringan sesuai tingkat pH bibir.

Mistine Lip Balm ini mengandung vitamin E yang melembapkan bibir serta menghindari kekeringan dan retak-retak. Selain itu, vitamin E juga menjaga bibir lentur dan halus. Aroma stroberi memberikan aroma yang manis dan segar.

Pelembap bibir asal Thailand ini memiliki tekstur halus, sehingga mudah untuk diaplikasikan pada bibirmu. Untuk memberikan sentuhan akhir yang mengilap, kamu bisa memberikan beberapa lapisan saat mengaplikasikan lip balm ini. Kamu juga bisa menghaluskan garis bibir atau menyesuaikan nuansa warna yang kamu mau dengan lip balm ini.

Harga Rp. 54.000-187.972

Mamonde Creamy Tint Color Balm Intense

Lip balm Mamonde memiliki bentuk krayon yang memudahkan kamu dalam mengaplikasikan Creamy Tint Color Balm. Kamu bisa membentuk garis bibir yang cantik yang cantik dengan halus.

Kamu juga bisa mengaplikasikannya dengan berbagai model yang kamu mau. Teksturnya lembut dan creamy yang memberikan kenyamanan saat kamu mengaplikasikan lip balm ini.

Harga Rp. 70.800-140.000

Bio Aqua Lip Balm Aloe Vera

Lip balm Bio Aqua memiliki berbagai kandungan zat yang melembutkan kulit serta melembabkan bibir. Lipstik ini akan mencegah bibirmu agar tidak kering dan pecah-pecah.

Selain itu, bibir akan terlindungi dengan adanya kandungan SPF 15. Dengan berbagai kandungan tersebut, lip balm Bio Aqua ini akan menjaga kelembapan bibirmu hingga 24 jam.

Harga Rp. 10.397-14.500

Lucas Papaw Ointment

Keinginan wanita untuk mempercantik diri lewat makeup sebenarnya sudah timbul dari dulu. Terbukti dari kosmetik dari Lucas Papaw yang telah diformulasikan sejak tahun 1901. Hingga kini, Lucas Papaw masih memberikan produk-produk yang dapat mempercantik wanita, yang telah memenuhi standar keamanan FDA Amerika Serikat dan Pharmacopeia dari Eropa.

Lucas Papaw mengandung buah pepaya segar yang bisa merawat bibir kamu. Selain itu, juga bisa membantu kamu menyembuhkan beberapa luka ringan, seperti luka bakar ringan dan kulit yang melepuh, luka ringan akibat sinar matahari, ruam kulit, bahkan luka gores dan terbuka. Kamu juga bisa menggunakan salep ini untuk mengurangi gejala eksem dan dermatitis, serta luka akibat tertancap duri, kaca, atau kayu.

Harga Rp. 53.000-110.000

Some by Mi Yuja Vita Moisture Lip Balm

Kalau kamu pencinta artis Korea, kamu akan menyukai desain lip balm satu ini. Dengan warna kuning yang cerah, lip balm ini cocok untuk kamu yang masih remaja dengan karakter yang playful dan fun. Ditambah lagi dengan aroma segar Yuja, yang bisa meningkatkan keceriaan kamu dalam keseharian.

Lip balm Some by Mi ini mengandung Yuja Peel Oil yang melembabkan kulit serta Vitamin E yang bisa memberikan nutrisi pada kulit bibir. Jadi, tidak hanya untuk mempercantik bibir kamu, tetapi juga menyehatkan kulitmu. Minyak biji jojoba juga dapat memberikan perawatan untuk kulit mati.

Dengan kandungan-kandungan di atas, lip balm ini bisa memberikan kelembabpan lebih lama pada bibir. Tekstur yang lembut dan halus akan memudahkan kamu dalam mengaplikasikan pelembap bibir ini tanpa meninggalkan residu yang bisa merusak penampilan kamu.

Harga Rp. 42.500-75.000

Laneige Stained Glow Lip Balm

Pelembap Laneige ini memiliki desain casing yang elegan dan minimalis. Tidak hanya mengandalkan fungsinya, lip balm ini akan tampak cantik di meja riasmu. Warna pastel yang lembut sekaligus cerah akan meningkatkan suasana hatimu serta kepercayaan dirimu dalam aktivitas sehari-hari.

Kandungan pewarna pada lip balm ini bereaksi terhadap tingkat pH kulit serta temperatur pada kulit. Hasilnya adalah warna akhir yang berkilau, walaupun tetap tampak alami.

Lip balm ini memiliki kandungan vitamin C yang berguna untuk melembabkan serta melembutkan bibir. Kandungan antioksidannya juga akan membantu menangkal zat radikal bebas yang bisa merusak kulit. Dengan teknologi moisture wrap, lip balm ini akan menjaga agar bibir kamu tetap lembap sepanjang hari.

Ditambah lagi dengan shea butter yang meningkatkan kelembapan kulit, sehingga mencegah bibir kamu menjadi kering dan pecah-pecah. Tidak hanya untuk mencerahkan penampilanmu, kamu bisa menggunakannya untuk merawat bibirmu.

Harga Rp. 195.000-350.000
From our editorial team

Gunakan Lip Balm dengan Benar untuk Merawat Bibir

Lip balm yang baik bisa melindungi kulit bibir yang kering dan rapuh dari faktor eksternal yang berbahaya, misalnya efek buruk sinar UV dari matahari, efek polusi, atau makanan dan minuman panas yang membuat bibir kering. Karena itu, pilihlah lip balm yang mengandung emolien tinggi. Jika ingin memakai lipstik atau lip cream dengan hasil matte, pastikan kamu menggunakan lip balm kira-kira 30 menit sebelum menggunakan lipstik lalu serap dengan tisu baru pulaskan lipstik di bibir.