Selain untuk Bibir, Kenali 10 Manfaat Lip Balm Lainnya yang Bisa Dicoba! (2021)

Selain untuk Bibir, Kenali 10 Manfaat Lip Balm Lainnya yang Bisa Dicoba! (2021)

Selama ini banyak wanita memanfaatkan lip balm hanya untuk merawat kesehatan bibir. Tahukah Anda bahwa lip balm ternyata juga bisa dimanfaat untuk mempercantik wajah lainnya. Yuk, simak ulasan manfaat lip balm selain untuk bibir di bawah ini.

Daftar isi

Sering Menggunakan Lip Balm Setiap Hari?

Sumber gambar www.pinterest.ca

Lip balm adalah jenis perawatan bibir yang sangat diminati di masyarakat. Kebanyakan masyarakat membutuhkan lip balm ini untuk memastikan bibirnya selalu sehat. Bahkan penggunaan lip balm lebih sering daripada penggunaan hiasan bibir lainnya. Apa penyebabnya?

Tentunya hal ini dilakukan karena lip balm tidak hanya bisa membuat Anda terlihat lebih cantik, tetapi juga menjadi lebih sehat. Kesehatan bibir adalah hasil penggunaan lip balm yang diketahui setiap orang.

Namun tahukah Anda apa fungsi lain dari lip balm selain untuk bibir? Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui fungsi lip balm baik untuk bibir atau untuk bagian tubuh lainnya.

Fungsi Lip Balm untuk Bibir yang Umum Diketahui

Melembabkan Bibir

Sumber gambar www.shefinds.com

Pastinya, fungsi lip balm yang paling umum diketahui adalah melembabkan. Kulit bibir memang lebih sensitif dibandingkan bagian kulit lainnya, sehingga sangat mudah mengering. Itulah sebabnya, penting untuk memperhatikan jenis lipstik yang Anda gunakan dan lip balm apa yang bisa membantunya menjadi lebih lembab.

Mencegah Bibir Pecah-pecah

Sumber gambar www.shefinds.com

Beberapa kandungan kimia dan cuaca ekstrim juga dapat merusak kulit bibir. Tidak tanggung-tanggung, kulit bibir bahkan bisa mengalami pecah-pecah luar biasa. Masalah kulit bibir yang pecah-pecah ini bisa diatasi dengan lip balm. Bahkan jika rutin digunakan, bibir Anda bisa dicegah agar tidak pecah-pecah lagi.

Melindungi Bibir dari Sinar UV

Sumber gambar www.thehealthsite.com

Sinar UV tidak hanya berbahaya untuk kulit tubuh, tetapi juga berbahaya untuk kulit bibir Anda. Oleh sebab itu, Anda juga harus mengaplikasikan perawatan bibir yang bisa melindunginya dari sinar UV. Tentunya Anda tidak disarankan menggunakan sunblock pada bibir. Gunakanlah lip balm sebagai pelindung kulit bibir Anda dari sinar UV.

Membuat Lipstik Tahan Lama

Sumber gambar www.shiseido.com.my

Fungsi lip balm lainnya yang tidak asing lagi bagi Anda adalah untuk digunakan bersama dengan lipstik. Diketahui bahwa menggunakan lip balm setelah lipstik akan membuatnya jadi jauh lebih tahan lama. Artinya, lipstik Anda tidak lagi mudah pudar sepanjang hari.

Membuat Bibir Terlihat Lebih Penuh

Sumber gambar www.100percentpure.com

Satu lagi fungsi lip balm yang tidak perlu diragukan lagi adalah mampu membuat bibir terlihat lebih penuh. Hal ini dipengaruhi oleh tekstur lip balm yang lembab dan cerah, sehingga bibir pun terlihat demikian. Bibir yang lembab dan cerah, pastinya juga akan terlihat lebih penuh dari biasanya.

10 Fungsi Lip Balm Tidak Hanya untuk Bibir

Melembabkan Bawah Mata

Sumber gambar www.wikihow.com

Akibat kurang tidur, kulit di bagian bawah mata atau yang sering dikenal dengan lingkar mata bisa menjadi kering. Jika dibiarkan terus menerus, maka mata bisa terasa gatal dan juga terbentuk garis-garis di bawah mata yang dapat mengganggu penampilan Anda.

Jika Anda ingin mencegahnya, maka Anda bisa menggunakan lip balm di bagian bawah mata. Gunakan secara rutin, khususnya sebelum tidur. Kulit bagian bawah mata akan terhidrasi kembali.

Melembabkan Sudut Hidung

Sumber gambar www.cosmopolitan.com

Bagian di sekitar hidung Anda, khususnya pada bagian sudut lipatan hidung pasti seringkali tampak bersisik. Hal ini terjadi karena kulit kering yang menumpuk di sekitar bagian itu.

Jika Anda coba bersihkan dengan sabun, maka hasilnya kulit akan memerah. Anda bisa mengatasi masalah kulit kering di lipatan sudut hidung ini dengan lip balm. Oleskan secara rutin dan dapatkan kulit hidung yang lebih halus.

Membersihkan Makeup di Bagian yang Sulit Terjangkau

Sumber gambar www.makeup.com

Anda tentu sering menghabiskan waktu lama untuk membersihkan makeup sebelum tidur. Cara umum membersihkan makeup seringkali tidak bisa menjangkau bagian-bagian tertentu, misalnya untuk membersihkan eyeliner atau maskara.

Jika Anda ingin lebih cepat untuk membersihkan bagian-bagian itu, maka cobalah gunakan lip balm. Oleskan dengan cotton bud ke bagian-bagian makeup yang sulit dibersihkan. Hasilnya akan lebih mudah untuk membersihkan makeup dengan sempurna.

Menghaluskan Kutikula

Sumber gambar www.dermstore.com

Apakah kuku Anda dipenuhi dengan kutikula disekitarnya? Jika iya, maka pasti penampilan jemari Anda tidak terlihat pada penampilan terbaiknya. Membersihkan kutikula dengan melakukan manicure—pedicure akan menghabiskan biaya yang cukup mahal.

Padahal Anda bisa membersihkannya dengan gratis menggunakan lip balm. Oleskan lip balm pada bagian kutikula yang berantakan setiap malam, sebelum tidur. Pagi harinya, Anda akan mendapati kuku yang lebih indah.

Menghentikan Pendarahan Kecil di Kulit

Sumber gambar www.freepik.com

Siapapun kita pasti pernah mengalami pendarahan kecil, entah akibat goresan atau gesekan benda runcing. Jika pendarahan kecil terjadi, biasanya kita akan bingung harus melakukan apa.

Namun sekarang Anda bisa lebih cepat menghentikan pendarahannya, yaitu dengan menggunakan lip balm. Oleskan lip balm di bagian yang luka dan dalam waktu singkat pendarahan akan berhenti. Luar biasa bukan fungsi lip balm yang satu ini?

Mengobati Lecet Kaki

Sumber gambar www.amazon.in

Beberapa jenis desain dan bahan sepatu dapat membuat tumit atau pinggir jari kaki Anda lecet. Kondisi ini akan terasa sangat perih dan mengganggu Anda untuk melangkah. Segera atasi lecet di kaki dengan menggunakan lip balm.

Lip balm bisa dengan aman Anda aplikasikan pada bagian yang lecet dan tidak lama kondisinya akan kembali halus lagi. Tidak hanya sampai disitu saja, gunakan kembali lip balm setiap Anda menggunakan sepatu yang membuat lecet.

Menjadi Dasar Sebelum Menggunakan Eyeshadow dan Blush On

Sumber gambar thebalm.com

Banyak dari kita sering merasa eyeshadow dan blush on yang kita gunakan warnanya kurang jelas terlihat. Hal ini bisa diatasi dengan memanfaatkan lip balm.

Lip balm bisa menjadi dasar di kulit wajah sebelum Anda mengaplikasikan eyeshadow dan blush on itu. Lip balm akan membantu warna menjadi lebih terlihat dan sempurna di atas kulit wajah Anda.

Menjadi Hand Cream

Sumber gambar www.shopify.com

Selain ingin memiliki kulit tubuh yang halus, banyak juga yang mengharapkan kulit tangannya bisa sehalus kulit bagian tubuh lain. Kulit tangan seringkali lebih kasar karena digunakan untuk banyak tugas dan pekerjaan.

Anda bisa mengatasi hal tersebut dan menghaluskan kembali kulit tangan Anda dengan memanfaatkan Hand Cream. Namun bagaimana jika tidak memiliki Hand Cream, coba manfaatkan lip balm saja. Lip balm bisa berfungsi sebagai Hand Cream dan mengembalikan kehalusan kulit tangan Anda.

Menjadi Highlighter

Sumber gambar www.makeup.com

Kulit wajah terlihat kusam sangat mungkin dialami oleh kebanyakan orang. Polusi udara dan makeup yang tidak tahan lama, bisa menjadi salah satu penyebab wajah lebih cepat kusam. Anda bisa mengatasi hal ini dengan menggunakan lip balm.

Ternyata, lip balm bermanfaat untuk menjadi highlighter. Highlighter seperti yang sudah Anda ketahui dapat membantu menegaskan bagian tulang pipi, sehingga wajah terlihat lebih cerah dan lembab.

Merapikan Alis Mata

Sumber gambar browz.group

Apakah rambut-rambut alis Anda berantakan dan tidak beraturan? Anda bisa merapikannya dalam waktu singkat menggunakan lip balm. Anda cukup mengaplikasikan lip balm ini di alis Anda.

Lalu sisirlah dengan menggunakan sisir alis. Jika sudah maka Anda akan mendapati alis mata lebih rapi. Jika ingin riasan alis lebih tahan lama, Anda juga bisa mengaplikasikan lip balm kembali.

Ternyata fungsi lip balm tidak hanya untuk bibir saja ya. Kini Anda sudah mengetahui banyak fungsinya dan bisa menggunakannya suatu hari ketika dibutuhkan.

Tag