Lakukan 10 Cara Ini agar Bibir Selalu Lembap, Cerah, dan Sehat! (2020)

Lakukan 10 Cara Ini agar Bibir Selalu Lembap, Cerah, dan Sehat! (2020)

Sama seperti wajah, bibir Anda juga perlu dirawat agar senantiasa sehat. Rutin menjaga kesehatan bibir juga sangat baik nantinya untuk penampilan Anda. Perawatan bibir ini tergolong sederhana, namun harus dilakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Daftar isi

Apakah Anda Rutin Menjaga Kesehatan Bibir?

Kesehatan bibir seringkali dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Tidak merasa bibir memiliki fungsi yang penting, banyak orang yang mengabaikannya hingga akhirnya timbul banyak masalah dari kondisi bibir yang tidak sehat ini. Agar bisa memiliki bibir yang sehat, tentu Anda harus merawatnya. Selain itu, Kesehatan bibir juga bisa diketahui dari warnanya.

Apakah Anda sudah rutin menjaga kesehatan bibir? Tahukah Anda bagaimana warna bibir yang sehat? Informasi menarik mengenai kesehatan bibir melalui warnanya bisa Anda ketahui melalui pembahasan di bawah ini. Selain itu, Anda juga bisa mencoba beberapa tips menjaga kesehatan bibir yang bisa sangat membantu Anda juga. Simak langsung penjelasannya, ya.

Apa Arti di Balik Warna Bibir Anda?

Merah Muda

Warna bibir merah muda adalah petunjuk bahwa bibir Anda sehat dan tubuh Anda pun sehat. Jika seluruh bibir Anda memiliki warna merah muda alami ini, maka Anda bisa tenang. Namun warna merah muda bibir alami setiap orang bisa berbeda ya, bergantung pada warna kulit Anda juga.

Merah Tua

Hati-hati jika bibir Anda berwarna merah agak gelap alias merah tua. Warna ini bisa menunjukkan bahwa ada masalah dengan sistem pencernaan Anda. Biasanya Anda yang memiliki warna bibir merah tua ini sering mengonsumsi makanan yang lama diolah di pencernaan, seperti jeroan, daging, mi instan, dan lain-lainnya. Mulai sekarang konsumsi makanan yang lebih ringan diproses, ya.

Putih Pucat

Jika bibir Anda menunjukkan warna putih cenderung pucat, maka artinya Anda sedang mengalami masalah dengan sistem peredaran darah. Bisa jadi, darah tidak mengalir ke bibir Anda karena memang Anda mengalami kondisi anemia (kekurangan sel darah merah). Jadi mulai sekarang konsumsilah makanan yang mengandung zat besi untuk mengobati anemia Anda.

Ungu Kebiruan

Berikutnya, beberapa dari Anda mungkin ada yang memiliki bibir berwarna ungu kebiruan. Kondisi bibir yang berwarna ini sebenarnya menunjukkan gangguan kesehatan yang cukup serius. Gangguan itu antara lain adalah masalah pada jantung dan sistem pernapasan Anda. Jadi segeralah memeriksakan kesehatan Anda, ya.

Ungu Kehitaman

Masih ada satu lagi warna bibir yang banyak dimiliki oleh masyarakat saat ini, yaitu ungu kehitaman. Warna bibir ungu kehitaman ini bisa jadi diakibatkan oleh kondisi suhu tubuh yang tidak stabil. Biasanya sering terjadi pada perempuan yang sedang datang bulan. Perbanyak makan makanan laut untuk bisa memperbaiki kondisi kesehatan Anda, ya.

10 Tips Menjaga Kesehatan Bibir agar Terhindar dari Berbagai Penyakit

Banyak Minum Air Putih

Tips yang paling mudah untuk Anda lakukan agar bibir tetap sehat adalah dengan banyak minum air putih. Air putih membantu seluruh tubuh Anda teroksidasi dengan baik. Jadi bahkan bibir Anda pun bisa menjadi lebih sehat dengan asupan air putih yang cukup dalam tubuh. Itulah mengapa orang yang jarang minum air putih akan memiliki bibir yang lebih pucat dan seperti kurang darah.

Gunakan Masker Bibir dari Tomat

Masker bibir dipercaya mampu mengembalikan kesehatan bibir seperti semula. Saat ini sudah banyak produk kecantikan yang mengeluarkan produk masker bibir untuk Anda bisa langsung gunakan. Namun jika Anda lebih menyukai cara yang alami, cobalah gunakan masker bibir dari tomat. Anda cukup siapkan sebuah tomat yang dibelah, lalu oleskan ke bibir dengan rutin. Hasilnya akan membuat bibir Anda jauh lebih halus dan terlihat sehat.

Gunakan Pelembap Bibir

Setiap orang memiliki kondisi bibir yang berbeda-beda. Bagi Anda yang memiliki bibir cenderung mudah kering, wajib untuk melakukan upaya ekstra agar kelembapan bibir tetap terjaga. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pelembap bibir. Lebih baik, Anda menggunakan pelembap bibir ini sebelum tidur dan dibiarkan hingga pagi. Hasilnya bibir Anda akan jadi jauh lebih terawat dan lembap.

Jangan Sering Membasahi Bibir

Tips menjaga kesehatan bibir berikutnya untuk Anda adalah jangan sering membasahi bibir. Anda yang merasa bibir kering, sering secara otomatis menjilat bibir untuk membuatnya terasa lebih lembap. Cara ini ternyata salah, karena malah dapat membuat bibir menjadi lebih cepat kering. Gunakan tips sebelumnya jika memang bibir Anda cepat kering dan jangan dibasahi dengan cara dijilat, ya.

Jangan Sering Menyentuh Bibir

Banyak dari kita yang tidak mengetahui apa efek dari sering menyentuh bibir. Ternyata kebiasaan menyentuh bibir terlalu sering inilah yang menyebabkannya menjadi cepat kering. Itulah yang kemudian membuat Anda menjadi sering menjilatnya juga. Jadi untuk dapat menghindari bibir tampak kering dan pecah-pecah, Anda harus menghentikan kebiasaan buruk sering menyentuh bibir, ya. Jika Anda terus melakukan kebiasaan buruk ini, maka bibir Anda akan semakin parah kondisinya.

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Lipstik

Saat ini memang sudah banyak produk lipstik yang dipercaya aman untuk penggunaan rutin di bibir. Namun, masih banyak juga kandungan dalam lipstik yang jika terus menerus digunakan bisa merusak lapisan bibir Anda. Itulah mengapa Anda disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan lipstik. Atau jangan juga membiarkannya terlalu lama di bibir Anda. Bersihkan segera lipstik dan jangan membiarkannya menempel di bibir hingga berjam-jam.

Oleskan Madu Secara Rutin

Ingin mencari jenis pelembap bibir yang alami? Gunakan saja madu. Madu yang dioleskan setiap hari pada bibir Anda terbukti ampuh untuk membuat bibir kembali lembap. Tidak hanya itu saja, kandungan dalam madu dipercaya dapat mengembalikan warna merah alami bibir Anda. Jadi gunakanlah madu secara rutin sebagai upaya untuk menjaga kesehatan bibir Anda mulai dari sekarang, ya.

Pijat Bibir dengan Rutin

Ternyata melakukan pijat bibir juga merupakan salah satu tips menjaga kesehatan bibir yang sangat ampuh. Pijat bibir bisa membantu melancarkan peredaran darah di daerah sekitar bibir Anda. Alhasil, bibir Anda tidak akan terlihat pucat lagi. Anda bisa memijat bibir menggunakan minyak zaitun. Cukup pijat perlahan ke arah kanan atau kiri bibir Anda secara rutin. Rasakan sendiri ya manfaatnya!

Sering Mengonsumsi Buah dan Sayur

Konsumsi buah dan sayur juga menjadi cara yang paling ampuh untuk memastikan bahwa bibir Anda terjaga kesehatannya. Buah dan sayur memiliki kandungan vitamin yang sangat kaya dan beragam. Kecukupan asupan vitamin ini membuat bibir Anda pun bisa lebih sehat. Warna bibir pasti menjadi jauh lebih cerah dan permukaannya menjadi lebih lembut dibandingkan jika Anda jarang mengonsumsi buah dan sayur.

Sikat Bibir Perlahan

Sambil menyikat gigi, manfaatkan waktu itu juga untuk menyikat bibir Anda. Bibir bisa disikat dengan sikat gigi namun dengan gerakan perlahan saja. Sikat ke sebelah kanan dan sebelah kiri secara bergantian untuk membersihkan kulit-kulit mati yang menempel. Setelah itu, siramlah bibir Anda dengan air untuk memastikan tidak ada kotoran yang tersisa.

Tag