Kulit Wajah Awet Muda dan Lembap dengan 10 Rekomendasi Moisturizer Terbaik (2021)

Kulit Wajah Awet Muda dan Lembap dengan 10 Rekomendasi Moisturizer Terbaik (2021)

Agar kulit bebas masalah, maka kelembapan kulit wajib dijaga. Kamu bisa mengandalkan pemakaian moisturizer dalam hal ini. Pemakaian moisturizer yang tepat akan menjamin kesehatan kulit wjaah kamu. Selain itu, kulit jadi tampak awet muda dan mudah untuk dirias. Nah, intip moisturizer terbaik rekomendasi dari kami!

Wajah Bisa Lebih Awet Muda dengan Moisturizer

Aktivitas mencuci muka wajib kita lakukan setiap hari. Dalam sehari, setidaknya kita butuh mencuci muka dua kali atau tiga kali. Mencuci muka memang wajib dilakukan agar wajah lebih bersih dan tidak ada kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori wajah dan menimbulkan jerawat serta komedo.

Sayangnya, aktivitas mencuci muka ternyata juga memiliki sisi negatif. Ketika kita mencuci muka maka kadar pH alami kulit jadi menurun. Sabun wajah yang kita gunakan berpotensi untuk mengikis kelembapan alami kulit dan membuat kulit jadi kering. Namun, jangan keburu panik, karena ada solusi tepat untuk mengatasi hal ini, yakni memakai moisturizer.

Pelembap alias moisturizer merupakan produk skincare yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kulit jadi lebih lembap alami. Usai mencuci wajah, kamu bisa memakai moisturizer agar kelembapan alami kulit dan pH kulit jadi kembali seperti semula.

Manfaat moisturizer tak hanya itu, skincare ini juga bisa menutrisi kulit. Di dalam moisturizer terkandung aneka vitamin mulai dari C, E, B5 dan lain sebagainya. Aneka vitamin tersebut bisa membuat kulit lebih sehat. Apalagi jika ada tambahan kandungan SPF-nya, moisturizer tentu bisa membantu menjaga kulit dari pengaruh buruk sinar matahari saat kita beraktivitas di luar ruangan.

Manfaat moisturizer lainnya adalah untuki mencegah timbulnya aneka masalah kulit. Kadang kulit terasa terlalu kering entah karena cuaca dingin, terlalu lama di ruang berAC, atau karena sebab lainnya. Kadang juga, kulit terlalu berminyak sehingga rentan berjerawat. Semua masalah tersebut bisa beres jika kamu rutin menggunakan moisturizer. Tentu saja penggunaan moisturizer harus disesuaikan dengan masalah kulit, ya.

Manfaat penting lainnya moisturizer adalah mampu membuat wajah tampak lebih awet muda. Perubahan cuaca hingga hormon kadang mengubah tampilan kulit kita jadi kusam, beruntusan, bahkan berkilap dan berminyak. Ini membuat wajah jadi tampak lelah dan terkesan lebih tua. Pemakaian moisturizer bisa mengatur kulit agar terhidrasi dengan baik sehingga tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Kondisi kulit juga lebih kenyal dan elastis. Ini bisa juga membuat tanda-tanda penuaan di wajah seperti munculnya keriput dan garis halus berkurang karena keseimbangan air di kulit terjaga dengan baik. Dengan begini, wajah tampak lebih awet muda.

Tips agar Moisturizer Bekerja dengan Maksimal

Memilih Sesuai Jenis Kulit

Setiap dari kita memiliki jenis kulit yang berbeda. Maka dari itu kita tidak bisa memakai moisturizer yang asal pilih saja. Jangan mudah tergoda oleh iklan juga karena belum tentu kulit kita cocok dan bisa mendapakan hasil yang sama.

Pilih moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit. Memakai moisturizer yang sesuai bisa membuat kulit ternutrisi lebih baik. Hasil yang kita dapat juga bisa lebih maksimal.

Jika kamu memiliki jenis kulit kering, maka kamu bisa gunakan moisturizer yang memiliki tekstur krim karena tidak hanya bisa melembapkan namun juga bisa menghidrasi kulit dalam waktu yang lama. Tekstur krim terkesan lebih berat sehingga bisa membuat kulit kering terhidrasi dengan baik.

Kamu yang memiliki kulit berminyak juga butuh moisturizer khusus. Pilih yang berbahan dasar air atau berbentuk gel. Tekstur ini lebih ringan dan cocok untuk kulit berminyak karena tidak akan membuatnya terkesan makin berkilap. Boleh juga jika kamu ingin menggunakan moisturizer yang bersifat oil free.

Sementara, jika kamu memiliki kulit kombinasi, maka ada baiknya kamu memakai dua tipe moisturizer. Kamu bisa memakai yang teksturnya gel untuk area T zone dan memakai tekstur krim untuk area U zone.

Untuk kamu yang memiliki kulit normal maka gunakan saja moisturizer yang sekiranya bisa menuntaskan masalah wajahmu. Kamu bisa memilih moisturizer yang bisa menghidrasi kulit, mencerahkan kulit, dan lain sebagainya.

Cek Kandungan Pelembapnya

Jangan lupa untuk mengecek kandungan dalam moisturizer yang kamu beli. Sesuaikan kandungan moisturizer dengan kebutuhan kulit kamu. Sebagai contoh, jika kamu memiliki kulit berminyak maka pastikan kandungan moisturizer tersebut non comedogenic sehingga tidak menimbulkan komedo dan jerawat.

Untuk kamu yang memiliki kulit kering, pastikan moisturizer bebas pewangi dan alkohol agar kulit tidak semakin teriritasi. Sesuaikan kandungan bahan moisturizer dengan apa yang dibutuhkan kulitmu. Hindari memakai moisturizer jika berpotensi untuk membuat kulit iritasi.

Gunakan Sesuai Urutan Skincare

Saat memakai moisturizer kita juga harus memakainya sesuai dengan urutan skincare yang benar. Memakai sesuai urutan maka bisa memberikan hasil yang lebih maksimal. Pemakaian yang salah maka bisa memberi efek kulit wajah kurang nyaman dan membuat hasil jadi kurang maksimal.

Saat pagi hari, gunakan sabun pembersih wajah, toner, lalu moisturizer. Selanjutnya, kamu bisa aplikasikan sunscreen dan produk lain yang ingin kamu aplikasikan pada wajah. Saat malam hari, gunakan sabun pembersih wajah, toner, baru kemudian aplikasikan moisturizer. Pemakaian bisa dilanjutkan dengan sleeping mask agar kulit bisa terhidrasi maksimal.

Aplikasikan dengan Benar

Pengaplikasian produk moisturizer juga harus benar agar hasilnya maksimal. Jangan terlalu sedikit mengaplikasikan produk namun juga jangan terlalu banyak. Terlalu sedikit mengaplikasikan produk bisa membuat kulit wajah tidak terhidrasi dengan maksimal. Terlalu banyak mengaplikasikan produk bisa membuat kulit wajah terkesan berat dan berminyak. Ini tentu akan mengganggu penampilan.

Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan produk ke area leher. Ini supaya area leher juga terawat kelembapannya. Moisturizer akan menghidrasi kulit area leher dan juga membuatnya lebih cerah agar tidak belang dengan kulit wajah.

Ini Dia Pilihan Moisturizer Terbaik untuk Menemani Aktivitasmu

Cetaphil Moisturizing Cream

Cetaphil Moisturizing Cream mampu melembapkan kulit wajah tanpa membuatnya jadi berminyak. Brand Cetaphil memang selalu menghadirkan produk terbaik dalam hal perawatan kulit. Moisturizer yang satu ini bisa bekerja maksimal pada kondisi kulit yang sangat kering. Formulanya bisa meresap cepat dan menghidrasi kulit dengan baik dalam waktu lama.

Krim ini memiliki kandungan berupa minyak biji almond. Kandungan tersebut bisa memberikan efek elastis pada kulit sehingga kulit tampak lebih awet muda. Moisturizer ini bisa diaplikasikan pada wajah. Selain itu, kamu bisa juga memakainya pada area siku, lutut, tangan, dan lain sebagainya. Produk dikemas dalam berbagai ukuran. Ada ukuran 100 ml, 250 ml, hingga 550 ml.

Harga Rp. 55.000-49.000

Sebamed Clear Face Care Gel

Sebamed Clear Face Care Gel cocok juga untuk jadi pilihan kulitmu. Moisturizer ini bisa digunakan untuk kamu yang memiliki wajah berjerawat. Kamu yang memiliki masalah seperti komedo dan noda hitam juga bisa juga memakainya agar kondisi kulit jadi lebih sehat.

Dengan kandungan hyaluronis, moisturizer ini bisa meningkatkan kelembapan kulit. Ada juga ekstrak lidah buaya yang bisa membantu menghaluskan kulit dan mencegah terjadinya iritasi kulit. Produk ini kaya panthenol yang bisa mengeringkan jerawat dan membuatnya cepat enyah dari wajah. Kandungan allantoin di dalam produk ini juga bisa menghaluskan kulit kasar dan bersisik.

Moisturizer ini memiliki pH 5,5 sehingga mampu menekan pertumbuhan bakteri jerawat secara biologis. Tekstur krimnya menyejukkan kulit. Produk dibuat tanpa pewarna sehingga tidak akan mengiritasi kulit sensitif.

Harga Rp. 45.000-230.000

Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Moisturizer Gel

Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Moisturizer Gel dibanderol dengan harga terjangkau. Meski demikian, kualitas produk ini tidak perlu diragukan lagi. Moisturizer ini cocok untuk kulit normal cenderung berminyak.

Di dalam pelembap ini ada bahan chamomile extract, pro-vitamin B5, dan vitamin E. Ketiga bahan tersebut mampu menutrisi kulit dengan maksimal. Ada juga ekstrak witch hazel yang bisa melembapkan kulit dalam waktu lama. Kandungan tersebut juga bisa meringkas pori-pori kulit.

Dikemas dalam tube isi 40 ml, krim ini cepat meresap di wajah. Ada sensasi segar saat moisturizer dioleskan pada wajah. Moisturizer tidak meninggalkan rasa lengket di kulit.

Harga Rp. 16.000-31.300

Safi Dermasafe Soothe & Hydrate Day Moisturizer

Safi Dermasafe Soothe & Hydrate Day Moisturizer menjadi salah satu moisturizer yang wajib kamu coba. Produk ini hadir dengan hyaluronic acid yang akan menghidrasi kulit lebih maksimal. Ada juga ekstrak licorice yang mampu mencerahkan warna kulit dan meratakan warnanya. Kandungan tersebut juga bisa melawan bakteri penyebab munculnya jerawat pada wajah.

Moisturizer ini cocok untuk kulit sensitif. Ada ekstrak chamomile yang bisa menenangkan kulit yang sedang iritasi kemerahan. Produk ini bebas alkohol atau essensial oil yang bisa membuat breakout.

Dikemas dalam ukuran 50 ml, produk ini mudah dibawa kemana saja. Teksturnya ringan dan cepat diserap pada kulit. Krim ini cocok juga untuk menjadi makeup base.

Harga Rp. 25.000-146.000

Cerave Moisturizing Cream

Cerave Moisturizing Cream paling pas untuk kulit kering dan sensitif. Moisturizer ini sudah teruji secara dermatologis sehingg aman digunakan dalam keseharian. Krim juga bisa menghidrasi kulit dalam waktu yang lama.

Ada 3 bahan penting di dalamnya yang mampu mempertahankan kelembapan kulit secara alami. Krim ini bebas pewangi sehingga tidak akan mengiritasi kulit. Selain itu, produk ini juga bebas alkohol jadi lebih nyaman di kulit karena tidak membuatnya makin kering.

Harga Rp. 99.000-202.000

COSRX Aloe Vera Oil-Free Moisture Cream

COSRX Aloe Vera Oil-Free Moisture Cream hadir dalam bentuk gel yang transparan. Teksturnya mirip jelly yang mudah diserap kulit. Tidak ada rasa lengket tersisa pada kulit. Formulanya bebas minyak sehingga kesannya tidak berat di kulit. Moisturizer ini juga hadir dengan 90% konsentrasi barbadensis leaf water dan 200 kali lipat konsentrasi aloe vera juice powder. Kandungan ini akan menghidrasi sekaligus menenangkan kulit yang rentan teriritasi. Kamu bisa memakainya pada wajah dan juga tubuh.

Harga Rp. 85.000-255.000

Cetaphil Dermacontrol Moisturizer

Cetaphil Dermacontrol Moisturizer aman digunakan siapa saja termasuk ibu hamil. Krim yang satu ini cocok untuk jadi makeup base maupun skincare harian kamu. Moisturizer Cetaphil seri yang satu ini bisa merawat kulit yang dehidrasi atau berjerawat agar cepat pulih dan sehat kembali.

Formulanya ringan sehingga cepat meresap. Tidak ada rasa lengket atau berat di kulit wajah usai pemakaian. Moisturizer juga hadir dengan SPF 30 yang bisa melindungi kulit dari sinar UVA atau UVB. Dibuat tanpa pewangi maka krim ini tidak akan mengiritasi kulit.

Harga Rp. 332.000-602.000

The Body Shop Vitamin E Moisture Cream

The Body Shop Vitamin E Moisture Cream adalah moisturizer dengan tekstur ringan. Meski demikian, krim ini tetap bisa memberikan kelembapan maksimal pada wajah. Produk ini hadir dengan hyaluronic acid, vitamin E, dan lidah buaya.

Berbagai kandungan tersebut akan melindungi kulit dari radikal bebas dan membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan kulit. Selain itu kulit jadi lebih lembap dan lembut sepanjang hari. Kamu bisa memakainya dalam rangkaian makeup base kamu. Ada tiga ukuran, yaitu 15 ml, 50 ml, dan 100 ml yang bisa kamu pilih.

Harga Rp. 119.000-527.000

Clinique Moisture Surge Intense Skin Fortifying Hydrator

Clinique Moisture Surge Intense Skin Fortifying Hydrator merupakan krim yang tepat untuk digunakan. Moisturizer ini dikemas dalam kemasan pot yang cantik sehingga membuat kita makin tertarik mencobanya. Selain kemasannya menarik, fungsi moisturizer ini juga tidak kalah menariknya.

Dengan berbahan dasar air, moisturizer ini cepat diserap ke dalam lapisan kulit terdalam. Produk akan menghidrasi dengan cepat. Gel beningnya bebas minyak sehingga mampu melembapkan selama 24 jam. Kamu yang memiliki kulit kering dan kombinasi bisa memakai produk ini.

Harga Rp. 90.000-315.000

L'Occitane Aqua Réotier Ultra Thirst-Quenching Gel

L'Occitane Aqua Réotier Ultra Thirst-Quenching Gel adalah rekomendasi terakhir dari kami. Moisturizer ini hadir dengan air dari mata air Réotier yang kaya akan kalsium. Kelembapan kulit bisa terjaga dengan baik. Formulanya hadir dengan micro bubble yang memberikan kesegaran saat digunakan. Wajah bisa jadi berkilau seharian usai pemakaian. Moisturizer ini dikemas dalam ukuran 50 ml.

Harga Rp. 517.000-854.000
From our editorial team

Waktu yang Tepat untuk Memakai Moisturizer

Moisturizer wajib digunakan setiap hari untuk menunjang kesehatan kulit. Namun, tahukah kamu kapan waktu terbaik memakainya? Pemakaian yang paling tepat adalah usai mandi atau mencuci muka. Saat kulit masih sedikit basah, segera aplikasikan moisturizer. Ini supaya moisturizer dapat mengunci air yang masih tersisa di kulit. Dengan begini, kulit dapat terhidrasi dengan baik. Jangan lupa juga mengaplikasikannya sebelum kamu memakai makeup. Ini akan membuat makeup bertahan lebih lama dan hasil makeup lebih sempurna.