Kenali Kebiasaan Baik untuk Menjadikan Kulit Lebih Putih dan 10 Rekomendasi Krim Pemutih Wajah Alami yang Paling Cocok (2021)

Kenali Kebiasaan Baik untuk Menjadikan Kulit Lebih Putih dan 10 Rekomendasi Krim Pemutih Wajah Alami yang Paling Cocok (2021)

Kulit putih jadi dambaan banyak wanita. Jika kamu adalah salah satu orang yang menginginkan kulit yang putih, kamu bisa merawat kulit dengan melakukan aneka kebiasaan baik. Selain itu, kamu bisa juga memakai krim pemutih wajah yang ampuh. Simak tips dari kami dan juga rekomendasi produknya, ya!

Banyak Wanita Asia yang Terobsesi Memiliki Kulit Putih

Jika bicara soal warna kulit, banyak wanita Asia yang menginginkan kulit putih layaknya orang Eropa. Sementara masyarakat Eropa menginginkan kulit seperti kebanyakan orang Asia karena dinilai lebih terlihat sehat. Kulit putih dianggap sebagai patokan untuk terlihat lebih menawan, lebih mempesona, dan lebih memiliki status sosial yang tinggi.

Karena terobsesi untuk memiliki kulit putih, maka para wanita pun melakukan berbagai cara untuk mendapatkannya. Mulai dari suntik vitamin C, minum aneka obat-obatan, bleaching, dan aneka perawatan mahal lainnya guna mendapatkan kulit yang putih dan bersih.

Bukan hanya di Indonesia yang kebanyakan para wanitanya memiliki kulit kuning langsat dan sawo matang saja yang terobsesi memiliki kulit putih, wanita Asia lainnya yang notabene kulitnya sudah putih pun masih ingin kulit mereka jadi lebih cerah. Contohnya para wanita di Cina yang memang kulitnya sudah putih.

Wanita Cina menganggap kulit putih sebagai standar kecantikan sejak zaman Dinasti Han pada tahun 206 Sebelum Masehi. Mereka percaya kulit putih adalah kemewahan karena itu merupakan indikasi bahwa mereka tidak bekerja di ladang seharian. Para wanita di Cina pun rutin mengonsumsi aneka makanan yang dianggap bisa memutihkan kulit. Salah satuya adalah butir mutiara yang ditumbuk.

Jepang pun termasuk dalam negara yang para wanitanya terobsesi dengan kulit putih. Menurut mereka, semakin putih dan cerah kulitnya maka kesalahan atau kekurangan mereka bisa tertutupi dengan baik. Selain itu, kulit putih juga kerap diasosiakan dengan kaum bangsawan, maka tak heran jika mereka berlomba ingin mendapatkan kulit putih.

Di Korea, para idol hingga aktris drama juga selalu tampil dengan kulit bersih. Mereka rutin merawat diri dengan berbagai cara. Bahkan pada zaman Goryeo, para anak kelas atas diajarkan untuk mencuci wajah mereka dengan air bunga peach supaya mereka bisa memiliki kulit yang bersih.

Kebiasaan Ini Bikin Wajahmu Bisa Lebih Putih dan Cerah Alami

Cukupi Kebutuhan Mineral

Untuk mendapatkan kulit putih dan cerah alami sebenarnya ada cara yang mudah untuk dilakukan. Salah satunya adalah mencukupi kebutuhan mineral dengan banyak minum air putih. Gunanya adalah untuk membuang aneka zat yang tidak diperlukan tubuh.

Air putih juga bisa melancarkan nutrisi yang masuk ke tubuh agar bisa tersebar ke seluruh tubuh. Dengan cukup mengonsumsi air putih, maka metabolisme tubuh juga jadi terjaga.

Biasakan minum air putih 15 hingga 20 gelas sehari. Selain bisa membersihkan wajah, rutin meminum air putih juga bisa membuat wajah makin lembap secara alami sehingga risiko jerawat dan komedo bisa diminimalkan.

Mencuci Wajah dengan Air Hangat dan Sabun Wajah

Sumber gambar curriedayspa.com

Mencuci wajah adalah kebiasaan yang harus rutin dilakukan. Baik ketika bangun tidur, pulang dari beraktivitas, atau hendak tidur, sebaiknya mencuci wajah dilakukan dengan benar. Jika kamu memakai air dingin untuk mencuci wajah, sesekali gunakan air hangat untuk mencuci wajah. Air hangat dipercaya bisa lebih efektif membersihkan wajah. Ini juga akan memudahkan kotoran dan minyak di wajah untuk terangkat lebih sempurna.

Air hangat bisa melemaskan otot dan juga melancarkan peredaran darah. Ini akan membuat risiko terkena masalah kulit jadi menurun. Kamu bisa gunakan air hangat setiap kali akan mencuci muka atau sesekali saja, misalnya saat akan tidur saja.

Saat mencuci muka, tentu air saja tidak cukup. Kamu juga butuh untuk memakai sabun pencuci wajah yang tepat. Gunakan sabun khusus untuk mencuci wajah karena pH-nya seimbang dengan kulit sehingga tidak akan mengiritasi kulit. Pilih sabun yang sesuai dengan jenis kulitmu agar bisa menutrisi kulit dengan baik.

Rutin Eksfoliasi Kulit dan Pakai Masker

Mencuci muka saja belum cukup untuk mencerahkan kulit. Kamu wajib melakukan perawatan kulit lainnya. Ini karena sel kulit mati akan terus menumpuk di kulit. Sel kulit mati jika dibiarkan akan membuat kulit jadi terlihat kusam. Selain itu, risiko muncul jerawat, komedo, dan masalah kulit lainnya juga jadi tinggi.

Maka dari itu, kamu butuh melakukan eksfoliasi pada kulitmu. Lakukan seminggu sekali atau seminggu dua kali. Eksfoliasi ini wajib dilakukan agar kulit bisa terus aktif bekerja tanpa terganggu sel kulit mati. Dengan adanya proses eksfoliasi maka sel kulit mati terangkat dan wajah jadi bebas kusam.

Untuk eksfoliasi, kamu bisa memilih scrub yang lembut agar tidak mengiritasi kulitmu. Pilih pH yang seimbang agar kulit lebih aman. Selain itu, jika ingin memutihkan wajah, kamu perlu scrub yang memiliki white pigment sehingga wajah bisa jadi lebih cerah.

Bukan hanya eksfoliasi, kamu juga butuh memakai masker wajah. Penggunaan masker wajah akan bisa mengurangi kulit kusam dan juga bintik hitam pada wajah. Selain itu, masker wajah juga bisa mengencangkan kulit dan menyempitkan pori-pori. Gunakan masker wajah dua kali seminggu agar kamu mendapat manfaatnya. Pilih masker wajah yang sesuai dengan masalah kulit kamu, ya.

Cukup Tidur

Sumber gambar pixabay.com

Kamu juga wajib cukup tidur agar kesehatan kulit jadi terjaga. Saat kita tidur maka tubuh bisa membuang racun serta mengganti sel kulit mati yang rusak. Pastikan kamu memiliki pola tidur yang baik. Cukupi kebutuhan tidur kurang lebih 7 hingga 8 jam sehari.

Saat kamu kurang tidur maka jam istirahatmu jadi berkurang. Kulit wajah jadi tampak kusam dan keriput. Ketika kita tidur, kulit akan beregenerasi agar pada saat kita bangun, wajah jadi lebih cerah dan segar. Saat waktu tidur kita kurang maka proses tersebut jadi terganggu dan kulit jadi tampak kusam.

Pakai Sunscreen Saat Keluar Rumah

Kebiasaan penting yang wajib dilakukan sebelum keluar rumah di pagi dan siang hari adalah memakai sunscreen. Sayangnya, banyak di antara kita yang terlalu cuek akan hal ini. Padahal, kulit cerah alami juga bisa didapatkan dengan rutin memakai sunscreen.

Penggunaan sunscreen bisa melindungi kulit wajah dari bahaya radiasi sinar matahari. Kamu tentu tidak mau sinar matahari membakar dan merusak kulit hingga tampak lebih kusam. Dengan memakai sunscreen maka kamu akan mendapatkan kulit cerah alami dan juga sehat.

Gunakan Krim Pemutih Wajah jika Diperlukan

Sumber gambar https://pixabay.com

Krim pemutih wajah juga bisa kamu gunakan jika kamu merasa perlu memakainya. Krim pemutih umumnya terbuat dari aneka bahan yang bisa mengurangi jumlah melanin dalam kulit. Melanin adalah zat yang membuat kulit jadi berwarna gelap.

Dalam krim pemutih biasanya mengandung hidrokinon yang bisa menghambat produksi melanin dan mencegah kulit menjadi gelap. Namun pengunaan hidrokinon dilarang karena bisa membahayakan kulit jika terlalu berlebihan. Selain itu, krim pemutih juga bisa mengandung AHA. Pilih produk dengan kadar AHA rendah agar bsa melindungi kulit dengan baik.

Kojic acid alias fermentasi beras juga umum terdapat dalam krim pemutih wajah. Bahan ini efektif dalam menghambat produksi melanin. Selain itu, arbutin hingga vitamin C juga kerap dimasukkan dalam krim pemutih. Arbutin umumnya dari buah berry yang dipercaya lebih ampuh untuk mencerahkan kulit. Sementara vitamin C ampuh memutihkan kulit karena kaya antioksidan.

Sebelum membeli krim pemutih, pastikan kamu mengecek keamanan bahannya. Cek apakah sudah ada cap BPOM RI untuk memastikan keamanannya untuk digunakan. Pastikan juga kemasan produk tidak rusak sehingga isinya tetap terjamin.

Ini Dia Rekomendasi Krim Pemutih Wajah untuk Bantu Bikin Kulit Lebih Cantik Berseri

L’Oreal White Perfect Day Cream

L’Oreal White Perfect Cream ini bisa jadi rekomendasi kamu. Produk yang satu ini ampuh untuk menyamarkan noda hitam dan membuat warna kulit jadi lebih cerah merata.

Krim yang satu ini hadir dengan SPF 17 sehingga bisa melindungi kulit dari bahaya sinar UV saat kamu keluar rumah. Zat pencerah aktifnya bisa 50 kali lebih kuat dalam membantu mencerahkan kulit.

Produk ini juga hadir dengan tormaline gemstone yang bisa memberikan tampilan kulit cerah merona. Meski tekstur krimnya kental, produk ini cepat meresap dan tidak meninggalkan rasa lengket pada wajah. Ada kemasan 20 ml hingga 50 ml yang bisa kamu miliki.

Harga Rp. 33.000-124.100

The Body Shop Drops of Light Day Cream

The Body Shop Drops of Light Day Cream tidak boleh kamu lewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini hadir dengan kandungan red algae.

Berkat adanya kandungan tersebut maka kulit bisa lebih cerah, lembut, dan lebih lembap alami. Di dalamnya juga ada vitamin C yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Kulit juga bisa lebih ternutrisi dan bisa lebih terjaga dari sinar ultraviolet.

Krim pemutih yang ampuh ini hadir dengan tekstur creamy dan agak berminyak. Ini membuatnya cocok untuk mereka yang memiliki tekstur kulit normal cenderung kering. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak sebaiknya hindari produk yang satu ini agar wajah tidak semakin berminyak.

Harga Rp. 50.000-578.000

ElsheSkin Brightening Cream

Jangan lewatkan untuk mencoba ElsheSkin Brightening Cream. Produk yang satu ini hadir dengan tujuh whitening agent yang dikombinasi dengan arbutin, retinol (vit A), dan niacinamide. Berbagai bahan aktif tersebut akan membuat kulit lebih cerah merata. Produk ini bisa digunakan semua jenis kulit, kecuali kulit berjerawat.

Tak hanya ampuh memutihkan kulit, krim yang satu ini juga bisa digunakan sebagai antiaging. Krim yang satu ini kaya akan vitamin B3 yang mampu mengecilkan pori serta menghilangkan kerutan. Ada juga kandungan retinol yang tinggi kolagen sehingga membuat kunyil lebih kenyal dan tampak awet muda. Tekstur krimnya ringan sehingga mudah diserap oleh kulit.

Harga Rp. 55.000-92.000

Shiseido White Lucent All Day Brightener

Shiseido White Lucent All Day Brightener ini juga bisa jadi rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan sakura resist technology sehingga bisa mencegah terbentuknya melanin penyebab noda hitam. Di dalamnya juga ada kandungan vitamin C sebagai antioksidan yang mampu melindungi dari radikal bebas.

Krim pemutih wajah yang ampuh ini juga hadir dengan SPF 23 sehingga bisa melindungi wajah dari efek buruk sinar UV. Krim ini bisa menjaga kekenyalan kulit juga sehingga wajah tampak lebih awet muda. Produk ini cocok untuk semua jenis kulit dan telah lulus uji dermatologi.

Harga Rp. 688.000-2.083.000

Wardah White Secret Hydraglow Sleeping Mask

Wardah White Secret Hydraglow Sleeping Mask merupakan krim yang sayang untuk dilewatkan. Krim ini bisa digunakan sebagai tahap akhir perawatan kulit di malam hari. Cukup gunakan dua kali seminggu untuk mendapat manfaatnya.

Krimnya hadir dengan aneka bahan seperti niacinamide, peptide fuse, crystal white active, vitamin E, dan advance white specific system. Ini membuatnya mampu mencerahkan wajah.

Teksturnya sangat ringan sehingga cepat meresap ke dalam lapisan kulit epidermis. Krim ini juga bisa bekerja spesifik dan bisa meringankan tanda-tanda kulit sensitif serta kemerahan akibat sinar UV.

Harga Rp. 80.000-107.000

Nature Republic Iceland Brightening Watery Cream

Nature Republic Iceland Brightening Watery Cream adalah rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini kaya akan Icelandic glacial water dan ekstrak sand lily. Berkat kandungan tersebut, krim pemutih wajah ini jadi ampuh membuat wajah lebih bercahaya dan lebih merata warna kulitnya. Jika digunakan teratur, wajah jadi bebas kusam dan kering karena produk ini mampu melembapkan dengan baik. Krim yang satu ini ringan sehingga mudah meresap ke dalam lapisan kulit.

Harga Rp. 205.000-701.000

Placentor Corrective Cream

Placentor Corrective Cream adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini berasal dari brand asal Perancis yang eksis sejak tahun 1959. Produk ini juga sudah teruji secara dermatologis sehingga tidak bikin kita was-was saat memakainya.

Krim ini kaya akan licorice yang mampu menghambat melanin. Ada juga vitamin C yang bisa menjadi antioksidan dan bisa meratakan warna kulit jadi lebih alami. Di dalamnya juga ada fruit acid yang bisa menghaluskan dan membersihkan kulit. Krim yang satu ini akan membantu proses regenerasi sel kulit sehingga kulit lebih cerah dan bersih.

Harga Rp. 530.000-755.400

Derma E Skin Brighten

Derma E Skin Brighten tentu tidak bisa kamu lewatkan. Krim yang satu ini bisa meratakan warna kulit, mencerahkan kulit, dan menyamarkan noda hitam di wajah. Produk ini juga hadir dengan kandungan tanaman berkualitas dan herbal alami sehingga aman digunakan.

Kandungan licorice bermanfaat untuk menghambat produksi melanin. Ada juga kandungan arbutin dan vitamin C yang bisa mencerahkan dan menutrisi kulit. Teksturnya lembut dan ringan sehingga cepat diserap di wajah.

Harga Rp. 350.000-956.000

La Tulipe Lightening Cream

La Tulipe Lightening Cream ini juga bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini aman untuk semua jenis kulit. Krim yang satu ini bisa mencerahkan wajah, meratakan warna kulit, dan menyamarkan noda hitam.

Penuaan dini bisa dicegah sehingga kulit tetap kenyal dan lembap. Krim ini hadir dengan ekstrak Korean Golden Bell dan AHA. Kandungan tersebut akan membuat wajah jadi lebih cerah dan mempesona.

Harga Rp. 49.400-132.000

Some By Mi Yuja Niacin Brightening Sleeping Mask

Some By Mi Yuja Niacin Brightening Sleeping Mask ini juga bisa jadi rekomendasi kamu. Produk asal Korea Selatan ini bisa kamu gunakan pada malam hari usai memakai krim malam. Kaya akan ekstrak yuja, kulit jadi lebih lembap, kenyal, lembut, dan juga berkilau.

Harga Rp. 48.000-159.000
From our editorial team

Kurangi Mengonsumsi Junkfood

Junkfood memang terasa enak dan bikin nagih. Namun, kamu yang ingin kulit putih dan bersih tentu saja wajib mengurangi atau bahkan menghindari junkfood. Makanan siap saji ini tinggi lemak jahat yang bisa bikin kondisi kulit jadi rawan rusak dan bermasalah. Nah, kurangi junkfood dan mulailah perbanyak konsumsi sayur mayur dan buah-buahan segar. Konsumsi sayur dan buah bikin kulit wajah bisa terhidrasi dengan baik dan lebih cerah karena nutrisinya terpenuhi.