Kulit Lebih Cantik dengan 10 Rekomendasi Produk Perawatan Kulit Tubuh Berikut (2021)

Kulit Lebih Cantik dengan 10 Rekomendasi Produk Perawatan Kulit Tubuh Berikut (2021)

Kesehatan kulit tubuh sama pentingnya dengan kesehatan kulit wajah. Jadi, jangan hanya merawat kulit wajah saja, kamu juga wajib merawat kulit tubuh agar tetap terawat. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat kulitmu terawat. Nah, simak yuk deretan produk yang bisa membuat kulit jadi lebih indah!

Kulit Tubuh yang Sehat Bikin Makin Percaya Diri

Memiliki kulit tubuh yang indah adalah impian semua orang. Kulit indah adalah kulit yang sehat tanpa masalah. Jika kulit tubuh kita sehat, maka tak masalah apa pun warna kulitnya, tubuh akan terlihat lebih cantik.

Sayangnya, tidak semua dari kita memiliki kulit sehat nan indah. Ini karena ada banyak sekali faktor yang bisa merusak keindahan kulit. Bertambahnya usia seperti proses alami penuaan kulit bisa jadi faktor menurunnya kesehatan kulit. Selain itu, faktor lingkungan seperti paparan sinar UV juga bisa merusak kolagen dan elastin yang merupakan protein di dalam jaringan kulit yang berfungsi untuk membuat kulit lebih kenyal dan lembut.

Faktor lain yang membuat kulit tidak sehat adalah paparan bahan kimia seperti memakai produk perawatan kulit yang tidak sesuai dan menimbulkan iritasi. Lalu, gaya hidup tidak sehat juga menjadi faktor mengapa kulit kita jadi tampak kusam dan kurang sehat.

Kulit menjadi organ terbesar pada tubuh manusia. Kulit memiliki lapisan epidermis yang fungsinya adalah melindungi kulit dari faktor-faktor perusak di luar tubuh. Di bawah lapisan epidermis ada lapisan dermis yang disebut juga sebagai lapisan tengah kulit.

Kulit kita bisa diperbaiki kerusakannya. Ini karena kulit akan mengalami regenerasi tiap 27 hari. Kendati demikian, kita juga harus tetap menjaga kesehatannya dan membantu proses regenerasi kulit agar tidak tercemar faktor penyebab kulit kusam. Maka dari itu, mulailah merawat kulit tubuh dari sekarang!

Mulailah Merawat Kulit Tubuh dari Dalam dan Luar

Agar kulit sehat tentu perawatan tubuh harus dilakukan dengan maksimal. Kita bisa melakukan perawatan tubuh dengan dua arah, yakni dari dalam dan dari luar. Perawatan tubuh dari dalam adalah dengan mengonsumsi aneka makanan sehat dan menjalankan gaya hidup sehat. Sementara perawatan dari luar adalah memakai produk perawatan tubuh yang tepat untuk membantu kinerja kulit agar bisa senantiasa sehat.

Kamu bisa perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah yang kaya antioksidan. Ada brokoli, bayam, buah beri, hingga wortel yang baik untuk menjadi antioksidan. Konsumsi juga aneka buah yang kaya vitamin E dan C. Jangan lupa perbanyak minum air putih agar peredaran darah di tubuh makin lancar sehingga bisa menyebarkan oksigen dan nutrisi tubuh lebih merata ke seluruh tubuh.

Kamu juga perlu perawatan dari luar berupa rutinitas memakai produk perawatan kulit. Kamu bisa mulai dengan memilih sabun mandi yang tepat untuk kulitmu. Jangan lupa juga untuk melakukan eksfoliasi sebagai perawatan rutin mingguan. Gunakan juga body lotion atau body oil untuk menunjang kekenyalan dan kelembapan kulitmu.

Berbagai Macam Produk Perawatan Tubuh yang Wajib Kamu Gunakan

Sabun Mandi

Mandi adalah rutinitas harian yang tidak boleh dilewatkan. Setiap hari tubuh kita terpapar sinar UV, keringat, debu, dan polutan lainnya. Jika kita biarkan mengendap di kulit, maka daki akan menumpuk dan kulit terlihat kusam. Maka dari itu, maksimalkan waktu mandi dengan memakai sabun mandi yang tepat.

Kamu bisa memilih sabun mandi berupa sabun batang atau sabun cair untuk menemani saat mandi. Pilih produk yang bisa melembapkan kulit. Hindari produk yang terlalu banyak kandungan deterjennya karena bisa bikin kulit jadi rawan iritasi. Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, kamu juga bisa memilih sabun mandi yang bebas pewangi dan alkohol.

Body Scrub dan Lulur

Kulit tubuh butuh dieksfoliasi agar sel kulit mati tidak menumpuk dan proses regenerasi kulit berjalan dengan baik. Kamu bisa memanfaatkan scrub atau lulur untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Namun, pastikan untuk tidak melakukan terlalu sering agar lapisan kulit tidak rusak dan meradang. Cukup lakukan seminggu sekali saja, ya.

Scrub dan lulur memang hampir mirip karena sama–sama bisa digunakan untuk eksfoliasi. Namun keduanya memiliki perbedaan. Dari bahan dasar, lulur memakai bahan alami dari aneka rempah serta bunga. Sementara scrub berasal dari bahan ekstrak buah-buahan. Dari tekstur pun keduanya memiliki perbedaan. Lulu lebih kasar sementara scrub berupa butiran halus.

Formula dan bentuk scrub maupun masker juga berbeda. Lulur harus dicampur dengan air mawar hingga berbentuk adonan pasta agar bisa mudah dioles. Scrub, sudah bertekstur pasta namun dengan butiran halus di dalamnya.

Keduanya sama-sama mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu bisa juga digunakan untuk melawan tanda-tanda penuaan. Penggunaan keduanya juga bisa membuat tubuh jadi lebih rileks karena peredaran darah lebih lancar saat dipijat memakai scrub maupun lulur. Nah, kamu bisa pilih mana yang sesuai kebutuhan atau favorit kamu saja, ya.

Body Lotion/ Body Gel

Usai mandi, kamu perlu merawat kulit dengan memakai body lotion atau body gel. Kedua produk ini digunakan untuk mengembalikan kelembapan alami kulit yang hilang usai mandi.

Body lotion hadir dalam berbagai tekstur, aroma, dan formula yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit. Tak hanya mampu melembapkan tubuh, produk ini juga bisa melembutkan kulit dan membuatnya jadi siap menghadapi polusi.

Body gel hadir dengan konsistensi yang berbeda dengan body lotion. Bentuknya yang gel lebih cepat meresap. Selain itu, produk ini tidak meninggalkan rasa lengket di kulit. Gel juga bisa memberikan sensasi dingin ketika diaplikasikan pada kulit sehingga tak hanya bisa melembapkan namun juga bisa menyejukkan kulit.

Body Butter

Body butter merupakan paduan dari minyak dan butter yang bisa membuat kulit jadi lebih halus dan lembut. Produk semacam ini bisa digunakan pada bagian tertentu tubuh seperti pada siku, lutut, hingga tumit. Kamu juga bisa memakainya pada seluruh tubuh. Hasil yang didapatkan sedikit lengket usai pemakaian, sehingga jika kamu kurang menyukai hasilnya, cukup gunakan pada area tubuh yang kasar saja, ya.

Body Oil

Body oil bisa digunakan jika kamu merasa penggunaan body lotion belum cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu dalam menutrisi kulit. Body oil cocok untuk kulit yang kering. Teksturnya yang seperti minyak membuatnya bisa melembapkan kulit dengan baik. Aroma minyaknya beragam karena body oil biasanya dicampur dengan bahan bunga atau buah tertentu.

Body Serum

Body serum juga bisa digunakan untuk merawat kulit dengan baik. Bahan aktifnya jauh lebih tinggi dari body lotion atau body cream. Teksturnya mirip body oil namun lebih cepat diserap dan tidak akan meninggalkan hasil mengkilap pada tubuh. Aromanya beragam dan formulanya pun bervariasi. Kamu bisa memilih sesuai jenis kulitmu dan sesuai kebutuhanmu.

Ini Dia Deretan Produk Perawatan Tubuh yang Wajib Kamu Gunakan untuk Kulit Cantikmu

Love Beauty and Planet Murumuru Butter & Rose Body Wash

Love Beauty and Planet Murumuru Butter & Rose Body Wash bebas unsur aditif yang bisa mengiritasi kulit. Kamu bisa menjadikannya pilihan untuk mandi setiap hari. Dengan kebaikan murumuru butter, body wash ini akan bisa mengunci kelembapan kulit secara sempurna. Sabun mandi ini bebas silikon, sulfat, paraben, dan pewarna. Ini membuatnya aman digunakan untuk kulit yang sensitif.

Busa sabun ini melimpah sehingga membuat acara mandi jadi lebih menyenangkan. Sabun dikemas dalam botol pump berdesain cantik dengan ukuran 400 ml. Aroma sabunnya segar dan pastinya bikin semangat.

Harga Rp. 24.000-86.000

Mustika Ratu Body Scrub Kopi

Mustika Ratu Body Scrub Kopi bisa menjadi perawatan kulit yang digunakan seminggu sekali secara rutin. Terbuat dari ekstrak kopi yang kaya antioksidan, produk ini bisa menjaga kondisi kulit. Scrub ini mampu melembutkan dan menghaluskan kulit. Selu kulit mati bisa terangkat sempurna dan kulit jadi lebih ternutrisi. Selain melembapkan kulit, aroma kopinya juga bisa mengatasi bau badan.

Butiran halus pada scrub ini juga tidak akan mengiritasi kulit. Cukup digosok perlahan dengan gerakan memutar ke seluruh tubuh dalam kondisi kulit sedang kering. Bilas hingga bersih dan kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Harga Rp. 39.000-109.000

Purbasari Lulur Mandi Putih

Purbasari Lulur Mandi Putih bisa kamu gunakan untuk membantu mencerahkan warna kulit tubuh. Produk ini kaya akan butiran lembut yang bisa mengangkat sel kulit mati. Selain itu, juga ada minyak zaitun untuk melembapkan kulit. Di dalamnya juga ada ekstrak lemon, murberry, dan akar manis untuk menutrisi kulit. Produk ini cocok untuk aneka jenis kulit.

Penggunaan rutin seminggu sekali akan membantu menyamarkan flek hitam dan membuat kulit lebih putih dan sehat. Basahi tubuh lalu oleskan lulur ke seluruh permukaan kulit. Gosok perlahan lalu bilas sampai bersih.

Harga Rp. 8.000-13.000

NIVEA Extra White Repair & Protect Lotion

NIVEA Extra White Repair & Protect Lotion wajib kamu gunakan setelah mandi. Losion ini akan memperbaiki kulit yang rusak akibat efek negatif sinar matahari berkat kandungan SPF 15. Kaya akan vitamin C dari ekstrak camu camu berry, losion ini juga ampuh untuk mencerahkan kulit. Ada kemasan ukuran 100 ml, 200 ml, dan 400 ml untuk dipilih. Produk ini memiliki keharuman aroma berry yang segar.

Harga Rp. 14.575-22.000

Wardah Aloe Hydra Multifunction Gel

Wardah Aloe Hydra Multifunction Gel juga merupakan produk yang multifungsi. Kamu tak hanya bisa memakainya untuk kulit tubuh namun juga untuk kulit wajah. Kamu bebas memakainya malam hari sebelum tidur atau sebelum beraktivitas pagi. Gel dengan sensasi dingin ini bisa menyejukkan kulit. Produk ini bisa melembapkan dan menenangkan kulit sensitif yang iritasi.

Hadir dengan Triple Humectant System dan Triple Soothing Agent, gel dari Wardah ini cocok juga untuk mengompres mata lelah, mengatasi rambut kasar, melembapkan wajah sebelum makeup, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 28.000-32.000

Sensatia Botanicals Lemongrass & Mandarin Body Butter

Sensatia Botanicals Lemongrass & Mandarin Body Butter hadir dengan kombinasi minyak esensial serai, jeruk mandarin, dan lemon myrtle. Body butter tersebut memiliki aroma harum yang segar dan menenangkan. Kulit jadi terasa muda kembali dan lebih lembap.

Ada shea butter yang mengandung latex alami sehingga mampu mengunci kelembapan dan meningkatkan elastisitas kulit. Aroma serai yang kuat juga bisa mengusir serangga dan dapat meringankan nyeri otot. Gunakan rutin 2 kali seminggu untuk merawat kecantikan kulit.

Harga Rp. 140.000-320.000

Clarins Tonic Body Treatment Oil

Clarins Tonic Body Treatment Oil mampu membantu mengembalikan kekencangan kulit. Body oil ini cocok sebagai minyak pijat untuk membantu melancarkan peredaran darah dan merilekskan tubuh. Aplikasikan dari bahu hingga kaki setelah mandi. Kulit jadi lebih elastis, kencang, dan lembut.

Produk ini memberikan perpaduan keharuman dari tiga jenis minyak esensial. Aroma segarnya bikin suasana hati jadi membaik. Body oil ini telah teruji oleh ahli dermatologi sehingga aman digunakan oleh pemilik kulit kering yang sensitif.

Harga Rp. 180.000-1.712.000

Natur-E White Brightening Hand & Body Serum

Natur-E White Brightening Hand & Body Serum merupakan produk pencerah kulit yang bisa kamu andalkan serum yang satu ini bisa membuat kulit lebih cerah sejak pemakaian pertama. Ini karena ada tone up effect dari Natur-E. Teksturnya unik dengan butiran yang cepat meresap di kulit. Pemakaian teratur dalam 28 hari akan menunjukkan hasil yang maksimal. Dengan bahan minyak zaitun, vitamin E, giga white, dan UV protection, dijamin kulit kamu makin sehat.

Harga Rp. 33.000-71.000

Vaseline Healthy Sunblock

Vaseline Healthy Sunblock jelas wajib kamu gunakan setiap pagi. Produk yang satu ini akan menjadi penghalang sinar UV yang bisa merusak kulit kamu saat kamu beraktivitas di luar ruangan. Dengan SPF 30 dan broad spectrum sunblock PA++, produk ini bisa melindungi kulitmu dari paparan UVA dan UVB. Efek buruk sinar UV seperti kerut halus, bintik hitam, noda, dan kulit kusam tak akan terjadi jika kamu rutin menggunakan produk ini.

Kaya akan yogurt protein dan aloe vera, sunblock yang satu ini bisa memberikan kelembapan ekstra pada kulit. Selain itu, formula water resistant-nya membuat produk tak terasa lengket di kulit.

Harga Rp. 42.000-57.000

Cetaphil DailyAdvance Ultra Hydrating Lotion

Cetaphil Daily Advance Ultra Hydrating Lotion2-in-1 menjadi produk yang wajib digunakan setiap hari. Losion tubuh ini akan melembapkan kulit selama 24 jam. Kamu tak perlu takut kulit jadi lengket dan berminyak. Ini karena produknya cepat diserap kulit. Lotion ini kaya akan dengan ERC5 yang merupakan lima bahan unik untuk meningkatkan kelembapan secara intensif.

Harga Rp. 147.000-400.000
From our editorial team

Kulit Sehat Bikin Mood Membaik

Selain bisa membersihkan tubuh agar terhindar dari kuman dan bakteri, merawat kulit juga bisa membuatnya lebih sehat. Saat kulit sehat, bersih, dan wangi, maka mood kita juga bisa membaik dan perasaan lebih bahagia. Ketika mood membaik maka kita bisa melakukan aneka aktivitas lain dengan lebih menyenangkan.