10 Rekomendasi Produk Penghilang Jerawat untuk Kulit Lebih Mulus (2021)

10 Rekomendasi Produk Penghilang Jerawat untuk Kulit Lebih Mulus (2021)

Jerawat bisa jadi penghalang kamu untuk tampil percaya diri. Maka dari itu, saat jerawat muncul, kamu wajib segera membasminya. Supaya tampilan kulit bisa segera mulus, maka kamu wajib melakukan perawatan yang tepat pada kulit wajah kamu. Selain itu, gunakan juga skincare atau obat jerawat agar kondisi kulit lebih cepat pulih. Intip rekomendasinya dari kami!

Jerawat Bikin Wajah Terlihat Kurang Oke

Banyak dari kita yang merasa kurang percaya diri dengan kondisi kulit wajah. Ada banyak jenis masalah kulit yang bikin kita jadi kurang percaya diri. Mulai dari komedo, bintik hitam, kulit kusam, hingga wajah berjerawat.

Jerawat merupakan masalah kulit wajah yang umum dialami oleh semua orang. Saat wajah berjerawat, tampilan wajah jadi terlihat kurang oke. Jerawat tidak bisa ditutupi dengan makeup karena hanya akan memperparah kondisinya.

Jerawat terjadi ketika kulit wajah tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, debu, dan kotoran. Jerawat bisa terjadi karena kelebihan produksi minyak di kulit dan menumpuknya bakteri di kulit. Bukan hanya itu, faktor hormon juga mempengaruhi terjadinya jerawat.

Penyebab jerawat yang umum lainnya adalah karena gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya banyak mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak. Selain itu banyak mengonsumsi makanan cepat saji. Makanan dengan kandungan karbohidrat dan gula tinggi juga berisiko memudahkan munculnya jerawat.

Bukan hanya dari makanan, jerawat juga bisa disebabkan oleh kebiasaan begadang alias kurang tidur. Saat kita terlalu lama begadang, maka tubuh akan melepas hormon stres yang bisa menimbulkan terjadinya peradangan pada kulit dan akhirnya memicu jerawat.

Jerawat juga bisa muncul akibat kita menempelkan benda yang terkontaminasi bakteri pada kulit wajah. Contoh barang yang paling sering kita tempel pada wajah adalah smartphone. Ada banyak bakteri dari smartphone yang bisa menempel pada wajah. Bakteri tersebut berasal dari tangan kita yang telah memegang banyak benda. Selain smartphone, contoh barang lain yang bisa memicu timbulnya jerawat di wajah adalah sarung bantal, laptop, dan barang lain yang biasanya menempel pada wajah.

Tips Merawat Wajah Berjerawat

Cuci MukaSecara Rutin dan Jangan Lupa Gunakan Toner

Saat wajah berjerawat, kita harus merawatnya dengan cara yang tepat. Pertama, tentunya kita harus rutin mencuci wajah. Mencuci wajah tidak hanya perlu dilakukan usai keluar rumah. Kita harus rutin cuci muka saat bangun tidur dan juga akan tidur. Saat bangun tidur, kita perlu mencuci muka karena ini bisa membersihkan residu keringat dan debu yang menempel di kulit wajah saat kita tidur. Saat akan tidur, kita butuh mencuci wajah sampai bersih agar kulit siap menerima perawatan kulit lainnya sebelum tidur.

Gunakan sabun pembersih wajah khusus untuk kulit berjerawat. Ini supaya jerawat lebih cepat teratasi. Selain itu, sebaiknya pilih sabun yang tidak meninggalkan sensasi kering dan kesat berlebih karena bisa memicu iritasi kulit. Pastikan sabun kamu mengandung bahan aktif yang tepat, contohnya asal salisilat dan benzoil peroksida. Pilih juga sabun yang mengandung emolien sehingga bisa menjaga kelembapan kulit.

Usai mencuci wajah, jangan lupa untuk mengoleskan toner pada wajah. Pemakaian toner pada wajah adalah agar kelembapan alami kulit yang hilang usai mencuci wajah bisa kembali. Toner tidak hanya bisa mengembalikan kelembapan kulit namun juga bisa membersihkan kotoran dan sisa makeup yang masih menempel di wajah.

Gunakan Obat Jerawat yang Tepat

Untuk kulit wajah berjerawat, tentunya kamu butuh obat jerawat yang tepat. Gunakan obat jerawat yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan kamu. Entah berbentuk pil, salep, atau mungkin gel penghilang jerawat. Gunakan obat jerawat tersebut usai kamu memakai toner.

Sebagai acuan, kamu bisa memilih obat jerawat yang mengandung retinoid agar bisa membersihkan pori-pori dan sel kulit mati. Kamu juga bisa memilih obat jerawat yang mengandung asam salisilat karena bisa meredakan jerawat yang meradang. Obat jerawat dengan kandungan benzoil peroksida juga bisa jadi pilihan karena bisa membantu kulit melawan bakteri penyebab jerawat.

Pakai Pelembap dan Tabir Surya

Kamu wajib memakai pelembap pada wajah berjerawat agar segera pulih. Wajah yang lembap bisa menghambat peningkatan produksi minyak. Pastikan kamu memilih pelembap wajah yang bersifat noncomedogenic dan juga bebas minyak, ya.

Jangan lupa juga untuk memakai tabir surya sebelum beraktivitas. Gunakan tabir surya usai kamu mengoleskan pelembap. Tabir surya bisa melindungi kulit berjerawat kamu agar tidak semakin parah saat terpapar sinar matahari.

Hindari Memakai Sabun Wajah dengan Scrub

Beberapa dari kita lebih senang memakai pembersih wajah yang mengandung scrub. Tidak salah sih, karena scrub bisa mengangkat sel kulit mati, minyak, dan kotoran di wajah yang menyumbat pori-pori kulit. Namun, kamu wajib tahu bahwa mencuci muka dengan memakai scrub saat kulit berjerawat bisa memperparah kondisi kulit. Ini karena scrub bisa melukai kulit berjerawat dan membuatnya iritasi. Maka dari itu, jika kamu sedang berjerawat, ada baiknya kamu menghindari sabun scrub, ya.

Hindari Stres

Jangan lupa untuk menghindari stres berlebih saat kamu berjerawat. Makin tinggi tingkat stres, maka tingkat keparahan jerawat juga akan makin bertambah. Kenali sebaik mungkin penyebab stres kamu dan cari solusinya. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar stres cepat mereda adalah berjalan-jalan, yoga, meditasi, rutin berolahraga, mendengarkan musik, menggambar, atau melakukan hobi yang sekiranya bisa bikin kamu lupa pada masalah kamu.

Ini Dia Rekomendasi Produk Penghilang Jerawat

Cathy Doll Snail Bright Whitening Cream

Cathy Doll Snail Bright Whitening Cream ini merupakan rekomendasi pertama kami. Kamu bisa memakainya setiap hari usai mencuci wajah dan memakai toner. Pelembap wajah ini bisa berfungsi ganda, yakni sebagai pelembap dan juga penghilang jerawat.

Produk ini dibuat dari bahan seperti kolagen, vitamin C, hyaluric acid, trehalose, ekstrak snail mucus, dan lain sebagainya. Dengan pelembap ini maka kulit bisa lebih cerah dan bisa menghilangkan bekas jerawat. Pelembap ini juga bisa mengurangi timbulnya kerutan dan flek hitam. Bonusnya, kulit kamu jadi lebih elastis dan tampak lebih awet muda.

Harga Rp. 255.000-394.000

Emina Ms Pimple Acne Solution Spot Gel

Emina Ms Pimple Acne Solution Spot Gel ini sayang untuk kamu lewatkan. Produk yang satu ini hadir dalam bentuk gel. Dikemas dalam bentuk tube isi 15 ml, produk ini bisa melawan penyebab munculnya jerawat. Gel ini juga akan mengontrol minyak dan bisa mengurangi tekstur kulit yang kasar akibat jerawat dan mengurangi noda bekas jerawat.

Untuk memakainya cukup mudah. Bersihkan wajah secara menyeluruh. Lalu oles pada bagian yang berjerawat dan ratakan. Gunakan gel ini pada pagi dan malam hari. Produk ini diklaim bisa mengecilkan jerawat dalam 4 sampai 7 hari. Formulanya ringan sehingga aman digunakan pada kulit remaja.

Harga Rp. 20.800-29.900

Viva Acne Gel Triple Action

Kamu bisa juga menggunakan Viva Acne Gel Triple Action berkuran 15 gram. Produk yang satu ini hadir dalam bentuk gel. Teksturnya ringan dan cepat meresap di kulit. Pemakaian gel ini menyejukkan kulit dan juga antiiritasi. Gel ini juga bisa mengeringkan jerawat dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Gunakan produk ini pada wajah yang sudah dibersihkan. Oleskan pada bagian berjerawat dan gunakan pada pagi serta malam hari. Aplikasikan ulang saat memudar. Gel ini tidak meninggalkan kesan kesat dan kering di kulit.

Harga Rp. 4.250-9.000

Clean & Clear Active Clear Acne Speed Clearing Gel

Clean & Clear Active Clear Acne Speed Clearing Gel adalah rekomendasi selanjutnya yang bisa jadi rekomendasi. Gel yang satu ini bisa mengurangi ukuran dan tampilan warna jerawat. Peradangan pada jerawat akan terhenti hanya dalam waktu 4 jam. Kombinasi asam salisilat dan bahan aktif botanical di dalamnya bisa membuat wajah lebih cepat sehat kembali. Gel ini bisa digunakan pada wajah yang sudah dibersihkan. Oleskan produk ini pada wajah yang berjerawat. Aplikasikan jika dibutuhkan ulang.

Harga Rp. 45.875-66.000

COSRX Centella Blemish Cream

COSRX Centella Blemish Cream ini bisa jadi pilihan selanjutnya untuk kamu. Produk yang satu ini hadir dalam bentuk krim pelembap. Tidak hanya bisa menenangkan wajah yang sedang berjerawat, namun juga bisa mengurangi noda bekas jerawat. Krim ini akan menghidrasi kulit sehingga tidak akan membuat wajah jadi kering. Kandungan centella asiatica di dalamnya memiliki efek antiinflamasi dan juga menyembuhkan jerawat.

Harga Rp. 169.364-255.000

Verile Acne Gel

Verile Acne Gel ini adalah rekomendasi selanjutnya untuk kamu. Produk yang satu ini hadir dalam bentuk gel yang mudah meresap. Di dalamnya terdapat asam salisilat, allantonin, dan vitamin B3. Kombinasi ketiga bahan tersebut bisa menyejukkan kulit berjerawat dan bisa melawan bakteri penyebab jerawat.

Harga Rp. 14.000-15.400

Zoya Acne Spot Treat Cream

Zoya Acne Spot Treat Cream juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini bisa menghilangkan noda hitam pada wajah dan bisa mengurangi kemerahan di wajah. Krim ini hadir dengan tea tree oil dan salicylic acid sehingga bisa mengatasi masalah kulit berjerawat. Krim ini berisi 15 ml.

Harga Rp. 45.000-71.000

Safi White Expert Oil Control & Anti Acne Cream

Safi White Expert Oil Control & Anti Acne Cream ini juga bisa jadi andalan. Krim wajah yang satu ini dikemas dalam tube ukuran 15 gram. Produk ini akan menenangkan dan menyejukkan kulit. Krim ini juga bisa menyamarkan noda bekas jerawat. Ada formula oil control yang membuat krim ini bagus untuk wajah berjerawat. Selain itu, ada juga kandungan zinc dan absorbenit sehingga bisa membuat kulit lebih cepat sembuh.

Harga Rp. 33.000-51.000

Acnes Sealing Gel

Acnes Sealing Gel juga bisa kamu andalkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini bisa menghilangkan jerawat dengan cepat. Di dalamnya ada bahan isopropyl methyl phenol yang bisa membasmi bakteri penyebab jerawat. Ada juga salicylic acid untuk mengangkat sel kulit mati. Produk ini juga hadir dengan stearyl glycyrrhetinate yang bisa menyejukkan jerawat. Ada juga kandungan vitamin E dan B6 yang bisa menghaluskan kulit. Produk ini formulanya bisa masuk dengan cepat ke dalam pori-pori dan bisa menjernihkan kulit.

Harga Rp. 15.300-30.000

Everwhite Acnepair Cream

Everwhite Acnepair Cream adalah rekomendasi terakhir dari kami. Produk yang satu ini bisa mengatasi jerawat besar, bruntusan, jerawat batu, dan lainnya. Krim ini hadir dengan AHA, BHA, dan juga centella asiatica. Krim ini juga bisa mengeksfoliasi sel kulit mati dan membatasi produksi minyak berlebih. Produk ini mampu meredakan gangguan akibat jerawat karena di dalamnya kaya akan antioksidan.

Harga Rp. 45.000-145.000
From our editorial team

Konsumsi Makanan yang Tepat agar Jerawat Tak Makin Parah

Beberapa makanan bisa memicu jerawat dan juga bisa memicu jerawat makin parah. Selama berjerawat, sebaiknya kamu menghindari makanan manis, berlemak, dan berminyak agar jerawat bisa lebih cepat pulih. Kamu bisa mengganti makanan penyebab jerawat dengan makanan yang bergizi. Contohnya adalah makanan produk gandum utuh, kacang dan biji-bijian, ikan yang kaya omega 3, sayur segar, dan buah-buahan segar. Mengonsumsi makanan sehat bisa mempercepat pulihnya kondisi kulit wajah kamu.