10 Rekomendasi Body Lotion yang Bikin Kulit Kering Terhidrasi dengan Baik (2021)

10 Rekomendasi Body Lotion yang Bikin Kulit Kering Terhidrasi dengan Baik (2021)

Kesehatan kulit tubuh wajib diperhatikan juga, loh. Jangan terlalu fokus memperbaiki kesehatan kulit wajah hingga akhirnya kamu lupa merawat kulit tubuhmu. Untuk kamu yang punya kulit kering, perawatannya sedikit khusus supaya kulit lebih sehat. Kamu bisa gunakan body lotion yang tepat untuk kulitmu. Cek tips memilihnya dari BP-Guide! Kami juga menyediakan rekomendasi produk terbaiknya untuk kamu!

Punya Kulit Kering Bersisik? Kamu Butuh Body Lotion!

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Ada yang kulitnya cenderung berminyak, kering, atau normal. Jika kulit kita normal, maka tidak ada masalah yang berarti. Beda halnya jika kulit kita termasuk terlalu berminyak atau terlalu kering, ini bisa bikin kita kurang nyaman selama beraktivitas. Khususnya, untuk kamu yang memiliki kulit terlalu kering. Kulit jadi terkesan kaku dan bersisik sehingga mengganggu penampilan.

Kulit kering terjadi karena berbagai sebab. Pertama adalah karena cuaca. Saat suhu dan kelembapan menurun dan saat matahari terlalu terik, kulit bisa jadi kering. Mandi air yang terlalu panas atau berendam air hangat terlalu lama juga bisa menjadi penyebab kulit terlalu kering. Selain itu, pemakaian produk sabun mandi yang kurang tepat juga bisa mengikis kelembapan alami kulit hingga kulit jadi bersisik dan kering. Penyebab lain dari kulit kering adalah penyakit seperti eksem dan psoriasis.

Untuk mengatasi kulit yang terlalu kering, kamu bisa andalkan body lotion. Produk body lotion mudah didapati di pasaran. Varian merek hingga aromanya juga banyak. Kamu tinggal memilih sesuai selera saja. Namun, yang wajib kamu tahu adalah manfaat dari memakai body lotion. Sebab, banyak orang belum tahu manfaat baiknya sehingga pemakaian body lotion kerap disepelekan.

Memakai body lotion bisa melembapkan kulitmu yang super kering. Kita yang tinggal di area tropis tentunya butuh kelembapan lebih untuk kulit. Ini supaya kulit terhindar dari kekeringan yang bikin kulit jadi mudah gatal dan iritasi. Body lotion akan membantu mengunci kelembapan kulit agar tetap kenyal dan terhidrasi dengan baik.

Kulit yang kering membuat bakteri lebih mudah masuk ke dalam kulit. Warna kulit juga jadi kemerahan, terjadi peradangan, hingga terkesan pecah-pecah. Dengan memakai body lotion maka kulit jadi lebih halus dan lembut, peradangan mereda, dan kulit jadi terasa lebih nyaman.

Tips Memilih Body Lotion untuk Kulit Kering

Pastikan Tinggi Kandungan Pelembap

Pastikan kamu memilih body lotion dengan kandungan pelembap yang tinggi. Beberapa bahan seperti ceramide, shea butter, gliserin, lanolin, hingga hyaluronic acid bisa melembapkan kulit dengan sangat baik. Cek kemasan body lotion untuk mengetahui ada tidaknya kandungan tersebut. Dengan memilih body lotion yang tinggi pelembap, maka kulit kering kamu bisa terhidrasi dengan baik dan tidak akan berisiko bersisik.

Pilih yang Dilengkapi Tabir Surya

Utamakan body lotion yang dilengkapi dengan tabir surya. Saat kita beraktivitas, tak jarang kita terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Ini membuat kelembapan alami kulit berpotensi rusak. Meski cuaca mendung, sinar UV tetap bisa menembus awan dan bisa berpotensi merusak kulit. Saat dalam ruangan pun, sinar UV bisa menembus kaca dan bisa membuat kulit kamu kemerahan, kusam, hingga keriput. Kandungan Protection Grade of UVA atau PA dalam body lotion juga bagus karena bisa mencegah kulit mengalami perubahan warna menjadi cokelat.

Hindari Bahan-Bahan Ini

Setiap body lotion tentu memiliki bahan aktif dan formulanya sendiri. Kamu harus tahu beberapa istilah komposisi body lotion. Ini supaya kamu terhindar dari berbagai bahan yang membahayakan. Berikut ini, ada beberapa bahan yang harusnya kamu hindari dalam sebuah body lotion agar kulit bisa tetap sehat.

Pertama, bahan butylated hydroxyanisole yang merupakan bahan pengawet dan wewangian. Bahan ini banyak digunakan pada kosmetik. Kandungan ini berbahaya karena bisa mengganggu sistem hormon serta bersifat karsinogenik.

Kamu juga wajib menghindari body lotion dengan bahan diethyl phthalate. Bahan yang satu ini bisa meracuni hormon. Wewangian buatan ini bisa memancarkan senyawa organik yang mencemari udara dan berpotensi menyebabkan reaksi alergi.

DMD hydantoin merupakan bahan lain yang wajib dijauhi dari sebuah body lotion. Bahan ini berpotensi mengiritasi mata dan memicu ruam pada kulit. Jika dipakai terus-menerus, maka bisa menimbulkan risiko kanker kulit.

Triethanolamine juga harus kamu hindari. Bahan yang satu ini bisa menyebabkan iritasi kulit. Selain itu, bahan ini juga bisa meracuni sistem kekebalan tubuh.

Terakhir, kamu harus menghindari bahan retinyl palmitate. Bahan yang satu ini sebaiknya tidak digunakan karena bisa memicu tumbuhnya tumor jika terpapar UV. Boleh memakainya, hanya saja disarankan untuk body lotion malam hari saja.

Konsultasi kepada Dokter Kulit

Jika kulit kering kamu sudah pada tahap kusam, kasar, dan bahkan mengelupas dengan rasa gatal, bisa jadi ada penyakit kulit tertentu yang kamu alami. Agar tidak makin parah dan tidak salah penanganan, ada baiknya kamu berkonsultasi dulu kepada dokter kulit. Dengan begini, kamu jadi lebih tahu apakah hal yang kamu alami sebatas kulit kering biasa atau ada bawaan penyakit. Dokter juga akan menyarankan produk yang tepat sehingga kulit jadi lebih aman dan bisa lebih cepat sehat.

Ini Dia Rekomendasi Body Lotion untuk Kulit Kering

Cetaphil Daily Advance Ultra Hydrating Lotion

Cetaphil Daily Advance Ultra Hydrating Lotion merupakan produk rekomendasi pertama kami. Kamu yang memiliki masalah dengan kulit tubuh kering bisa mengandalkannya dalam keseharian. Body lotion yang satu ini dilengkapi dengan epidemal replenishing complex 5 yang merupakan kombinasi pelembap shea butter, sodium PCA, panthenol, dan emolien. Berkat berbagai kandungan tersebut, lotion ini bikin kulit lebih lembap dan terasa nyaman tanpa bersisik. pH lotion juga seimbang. Tidak ada kandungan pewangi pada produk ini sehingga aman untuk kulit sensitif. Teksturnya ringan sehingga cepat meresap dan tidak lengket di kulit.

Harga Rp. 145.000-199.000

Sebamed Anti-Dry Hydrating Body Lotion

Sebamed Anti-Dry Hydrating Body Lotion mampu mengatasi kulit kering yang berpotensi gatal dan iritasi. Lotion ini terbuat dari kombinasi emulsi air di dalam minyak dengan lipid. Di dalamnya terkandung shea butter, dicaprylyl ether, dan brassica campestris sterols selain gliserin, sodium lactate, dan lactid acid.

Lotion ini hadir dengan pH netral dan ampuh mengatasi aneka penyakit kulit juga. Kamu yang mengalami alergi, kulit kering karena kemoterapi, psoriasis, hingga eczema bisa mengandalkan produk ini untuk melembapkan kulit. Kulit bisa beregenerasi dengan mudah dan kerusakan kulit bisa dicegah. Pemakaian rutin selama 3 minggu membuat kelembapan kulit bisa meningkat sebanyak 26%.

Harga Rp. 208.000-295.000

Beauty, Love and Planet, Coconut Water & Mimosa Flower Body Lotion

Beauty, Love and Planet, Coconut Water & Mimosa Flower Body Lotion merupakan pilihan yang tepat. Dengan kandungan alami dari bahan vegan dan ramah lingkungan, lotion ini akan menghidrasi dan melembapkan kulit secara maksimal.

Ada kandungan coconut water yang bisa menghaluskan kulit dan menutrisinya. Selain itu, produk ini tidak mengandung paraben, silikon, dan pewarna. Hal ini membuatmu jadi lebih aman dan nyaman memakainya. Teksturnya ringan jadi tidak akan meninggalkan rasa lengket pada kulit.

Harga Rp. 37.900-83.000

Vaseline Intensive Care Aloe Soothe Hand Body Lotion

Vaseline Intensive Care Aloe Soothe Hand Body Lotion mampu membuat kulit kamu jadi lebih segar dan bebas kering selama 24 jam. Body lotion ini akan menghidrasi kulitmu hingga ke bagian terdalamnya. Dengan bahan aloe vera extract, produk ini bikin kulit jadi lebih segar bebas lengket. Teksturnya ringan karena memiliki bahan seperti gliserin, stearic acid, dan glyceryl stearate. Produk ini dilengkapi UV protection sehingga dipastikan bisa melindungi kulitmu dari efek buruk sinar matahari.

Harga Rp. 13.500-42.000

Innisfree Olive Real Body Lotion

Innisfree Olive Real Body Lotion juga cocok jadi andalan kamu. Produk ini akan menghaluskan kulit kering dan kasar. Teksturnya ringan dan lembut sehingga tidak bikin lengket dan pastinya bikin kulit jadi halus bebas sisik. Ada bahan minyak zaitun dari golden olive yang dipanen dari pulau Crete, Mediterania. Dikemas dalam ukuran 300 ml, body lotion ini bisa kamu gunakan dalam keseharian. Aromanya segar dan bikin kamu seolah sedang relaksasi.

Harga Rp. 195.000-368.000

Nivea Intensive Moisture Body Lotion

Nivea Intensive Moisture Body Lotion adalah lotion dengan bahan grape seed dan avocado oil. Produk ini juga mengandung emolien, gliseril, dan vitis vinifera seed oil. Berbagai bahan tersebut akan menghilangkan kulit kering dan kasar. Teksturnya ringan dan cepat diserap kulit. Lotion ini bisa menghidrasi kulit secara natural. Jika kamu memakainya, maka kelembapan alami kulit bisa bertahan hingga 48 jam lamanya. Produk ini sudah berizin BPOM sehingga dijamin keamanannya.

Harga Rp. 12.700-38.000

Aveeno Daily Moisturizing Body Lotion

Aveeno Daily Moisturizing Body Lotion mampu melembapkan kulit kamu dari pagi hingga malam. Sekali pakai saja sudah bisa melembapkan kulit hingga ke lapisan terdalam. Dengan formula colloidal oatmeal, produk ini bisa melindungi kulit dari kekeringan selama 24 jam. Lotion ini juga bisa meningkatkan kecerahan kulit. Tidak ada kandungan pewangi sehingga aman untuk kulit sensitif.

Harga Rp. 88.000-207.000

Physiogel Daily Moisture Lotion

Physiogel Daily Moisture Lotion bisa kamu gunakan untuk melembapkan kulit tubuh, tangan, hingga kaki. Lotion ini terbuat dari bahan yang alami sehingga aman untuk semua jenis kulit, utamanya kulit kering dan sensitif. Produk ini tidak menimbulkan iritasi sehingga aman juga dipakai anak-anak hingga orang dewasa.

Harga Rp. 260.000-330.000

Mustika Ratu Hand & Body Lotion Zaitun

Mustika Ratu Hand & Body Lotion Zaitun hadir dengan ekstrak minyak zaitun sehingga mampu melembapkan kulit kering. Dengan vitamin E, produk ini juga akan menutrisi kulit supaya lebih segar dan sehat. Formulanya lebih cepat meresap dan mudah diaplikasikan tanpa menimbulkan rasa lengket. Cukup usap lotion pada bagian tubuh yang terasa kering dan butuh untuk dihidrasi dengan sempurna.

Harga Rp. 15.908-25.000

Dove Nourishing Body Care Essential Body Lotion

Dove Nourishing Body Care Essential Body Lotion adalah rekomendasi terakhir kami. Produk buatan USA ini dikhususkan untuk menutrisi kulit kering dengan maksimal. Formulanya ringan dan cepat diserap kulit hingga ke bagian terdalam. Produk ini sudah teruji secara dermatologis sehingga dipastikan bekerja efektif untuk menghidrasi kulit dengan baik. Hasilnya, kulit lebih halus dan lebih lembut sepanjang hari.

Harga Rp. 124.000-205.000
From our editorial team

Gunakan Body Lotion di Saat yang Tepat

Pemakaian body lotion akan memberikan manfaat maksimal jika digunakan dengan benar di saat yang tepat. Saat mengaplikasikan lotion, pastikan kulit masih dalam keadaan lembap, semisal habis mandi. Bahan lotion akan lebih cepat dan mudah menyerap jika kondisi kulit sedang lembap. Selain habis mandi, kamu juga bisa mengaplikasikan lotion sebelum berolahraga, setelah bercukur, dan sebelum tidur.