Kulit Wajahmu Kering? BP-Guide Punya 8 Rekomendasi Pembersih Kulit Kering Terbaik untukmu (2019)

Kulit Wajahmu Kering? BP-Guide Punya 8 Rekomendasi Pembersih Kulit Kering Terbaik untukmu (2019)

Sumber gambar unsplash.com

Membersihkan wajah adalah bagian penting dalam perawatan kulit. Agar hasilnya maksimal, gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Untuk kamu yang punya kulit kering cenderung sensitif, BP-Guide punya rekomendasi terbaiknya untuk kamu.

Memilih Pembersih Muka untuk Si Kulit Kering Harus Selektif, Loh!

Sumber gambar thelist.com

Dalam merawat kulit agar tetap lembap dan sehat, pembersihan adalah proses yang tidak boleh dilewatkan. Tetapi memilih produk pembersih juga tidak boleh sembarangan, ya. Gunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulitmu. Terutama jika kamu punya kulit kering.

Kulit kering jauh lebih sensitif dibandingkan dengan kulit normal dan berminyak. Ciri-ciri kulit kering adalah wajah yang terasa kencang dan kering setelah mandi. Selain itu sering muncul rasa tidak nyaman, perih, dan gatal. Kulit kering membutuhkan produk perawatan kulit yang mampu menjaga dan mengembalikan kelembapan kulit secara alami.

Kenapa Ya, Kulit Kita Menjadi Kering?

Gaya Hidup

Sumber gambar medicalnewstoday.com

Gaya hidup seseorang sangat berpengaruh pada kulitnya. Kalau kamu punya kulit kering, coba lihat gaya hidupmu selama ini. Jika kamu kurang minum air putih serta kurang makan buah, sayur, dan makanan sehat lainnya maka kelembapan kulitmu pun akan berkurang.

Cara yang paling efektif mencegah kulit kering adalah cukup minum air putih agar kulit tetap terhidrasi. Kurangi aktivitas di dalam ruangan ber-AC agar kondisi kulit tidak semakin kering dan pecah-pecah.

Karakter Alami Kulit

Sumber gambar businessinsider.com

Kulit kering juga bisa disebabkan oleh bawaan lahir atau faktor genetik. Jika keluargamu punya jenis kulit kering secara turun temurun, maka kemungkinan besar kamu akan mewarisi jenis kulit yang sama. Kulit kering yang disebabkan faktor genetik sangat berpotensi mengalami eksem. Untuk mencegahnya, beli pelembap dengan kandungan ceramide dan lipid untuk melindungi kulit agar tidak semakin kering.

Penuaan

Sumber gambar longevitylive.com

Semakin bertambah usia, maka semakin berkurang pula kelembapan alami kulit. Itulah mengapa penuaan menyebabkan kulit menjadi kering. Di usia yang sudah tidak lagi muda, jaringan kolagen dan elastin pada kulit tidak lagi produktif. Akibatnya elastisitas kulit menurun dan rentan terhadap radiasi sinar UV sehingga kulit mudah kering dan keriput.

Kulit yang keriput menandakan jaringan penyangga kulit yang terdiri dari elastin dan protein kolagen telah rusak karena faktor usia. Asupan makanan yang tidak sehat, kurangnya nutrisi kulit, gaya hidup yang buruk, dan polusi udara juga menyebabkan penuaan pada kulit.

Menurunnya Kelembapan Udara atau Humiditas

Sumber gambar tatacliq.com

Faktor eksternal seperti perubahan cuaca juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Turunnya kelembapan udara pada suhu dingin membuat kulit terasa sangat kering. Hal ini sering terjadi ketika kamu ada di daerah pegunungan atau di dalam ruangan ber-AC.

Suhu di Indonesia yang relatif panas memang membuat banyak orang cenderung mencari ruangan yang dingin. Tetapi jangan lupa untuk selalu menjaga kelembapan kulit dengan mengoleskan losion setiap beberapa jam sekali.

Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Sumber gambar amazon.com

Terlalu sering melakukan eksfoliasi kulit tidak membuat kulit semakin sehat, tetapi justru semakin mengurangi kelembapannya lho. Lakukan eksfoliasi cukup 2 kali seminggu saja. Jika kulitmu sudah kering, maka lakukan 1 kali seminggu saja.

Hindari juga mencuci wajah terlalu sering. Terlalu sering membersihkan wajah membuat kulit terasa kering, kencang, dan tertarik. Cukup 2 kali sehari setiap pagi dan malam hari.

8 Produk Cleanser Wajah Terbaik untuk Kulit Kering

pHisoHex Facial Wash

Sumber gambar shopee.co.id

pHisoHex Facial Wash adalah sabun wajah antibakteri yang cocok untuk kulit kering dan berjerawat. Formula antiseptik dalam produk ini membantu meredakan jerawat dan berbagai infeksi ringan pada kulit. Kandungan pH 5.5 sangat ideal untuk kulit dan tidak akan mengikis kelembapannya.

Tidak hanya untuk wajah, kamu juga bisa menggunakan produk ini untuk seluruh badan. Gunakan secara rutin agar wajah dan tubuh yang lebih bersih dan terhindar dari bakteri dan kuman.

pHisoHex Facial Wash kemasan 110 ml tersedia di Lazada seharga Rp 120.200 dan tersedia juga kemasan 50 ml di Shopee seharga Rp 89.999.

Bioderma Atoderm Gel Douche

Sumber gambar www.blibli.com

Satu lagi sabun untuk kulit kering yang bisa kamu pakai. Bioderma Atoderm Gel douche dibuat khusus untuk melembapkan kulit yang sangat kering. Produk ini memiliki formula ringan yang mampu menjaga kulit tetap nyaman dan lembut, menenangkan kulit, serta menjaga keseimbangan pH-nya.

Dengan formula bebas paraben, bebas sabun, hypoallergenic, dan terdaftar secara resmi di BPOM. Kulit pun terasa sehat dan segar kembali. Bioderma Atoderm Gel douche kemasan 100 ml tersedia di Blibli dan Shopee seharga Rp 99.000.

Himalaya Moisturizing Aloe Vera Face Wash

Sumber gambar www.gogobli.com

Himalaya Moisturizing Aloe Vera Face Wash adalah pembersih wajah berbentuk krim untuk kulit kering. Kandungan lidah buaya di dalamnya mampu melembapkan, melembutkan, dan menyehatkan kulit yang kering.

Setelah mencuci wajah, kulit akan terasa halus dan lembut, tidak kencang atau ketat. Gunakan sabun wajah ini sebanyak 2 kali sehari secara rutin. Produk ini tersedia di Gogobli dan Tokopedia seharga Rp 40.000 untuk kemasan 100 ml.

COPIA BEAUTE RECIPE VOLCANIC FACIAL FOAM

Sumber gambar www.zalora.co.id

COPIA BEAUTE RECIPE VOLCANIC FACIAL FOAM adalah sabun wajah yang efektif membersihkan kotoran dan makeup sehingga kulit menjadi lembut dan kenyal. Produk ini juga bisa digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. COPIA BEAUTE RECIPE VOLCANIC FACIAL FOAM tersedia di Zalora seharga Rp 85.000 untuk kemasan 100 gram.

Laneige Foam Cleanser Moisture

Sumber gambar www.sephora.co.id

Laneige Foam Cleanser Moisture menghasilkan busa yang tebal dan lembut, mampu melembapkan kulit dengan sempurna. Kulit pun terasa bersih, termasuk setelah menggunakan makeup.

Jangan gunakan produk ini pada kulit yang iritasi atau eksem. Untuk hasil yang maksimal, gunakan produk ini 2 kali sehari. Laneige Foam Cleanser Moisture tersedia di situs resmi Laneige dan Sephora seharga Rp 230.000 untuk kemasan set.

Dove Beauty Moisture Face Wash with Nutrium Moisture

Sumber gambar www.blibli.com

Dove terkenal kaya akan kandungan moisturizer yang mampu melembapkan kulit secara alami. Diformulasikan khusus dengan Nutrium Moisture Beauty Serum untuk menutrisi kulit dan mengembalikan kelembapan alami kulit. Setelah penggunaan wajah akan terasa segar dan bersih. Produk ini ringan sehingga aman untuk kulit yang kering dan sensitif.

Dove Beauty Moisture Face Wash with Nutrium Moisture kemasan 50 gram tersedia di Lazada dan Blibli seharga Rp 22.000.

La Roche-Posay Toleriane Hydrating Gentle Facial Cleanser

Sumber gambar www.tokopedia.com

Masih bingung memilih facial cleanser untuk kulit kering? Coba gunakan produk dari La Roche-Posay. Produk La Roche-Posay Toleriane Hydrating Gentle Facial Cleanser adalah pembersih wajah yang mampu mengangkat semua sisa kotoran dari kulit. Teksturnya lembut, namun ampuh membersihkan kotoran dan riasan di wajah dan mata. Produknya mengandung prebiotic thermal water, ceramide-3, niacinamide, dan glycerin. Produk ini tersedia di Tokopedia seharga Rp 163.000.

CeraVe Hydrating Facial Cleanser

Sumber gambar shopee.co.id

CeraVe Hydrating Facial Cleanser diformulasikan khusus untuk kulit normal dan kering. Produk ini wajib kamu masukkan ke dalam daftar skincare harianmu.

Formula MVE-nya mampu melepaskan ceramide secara bertahap sepanjang hari dan meresap hingga lapisan kulit terdalam hingga kulit terasa lembap dan sehat. Ampuh menghilangkan minyak, kotoran, dan makeup namun tetap menjaga kelembapan alami kulit. Produk ini tersedia di Shopee dengan kemasan 355 ml - 473 ml dengan harga Rp 324.000 - Rp 414.000.

From our editorial team

Untuk Kulit Kering, Jangan Pernah Lewatkan Moisturizer, Ya!

Salah satu cara mencegah kulit menjadi sangat kering adalah dengan rutin mengoleskan moisturizer atau pelembap. Terutama setelah kamu mencuci muka, segera pakai moisturizer ya! Pilih pembersih wajah untuk kulit kering terbaik favoritmu berdasarkan rekomendasi BP-Guide di atas.