Punya Masalah Kulit Kering? Ini 8 Cara Berdandan untuk Kulit Kering

Punya Masalah Kulit Kering? Ini 8 Cara Berdandan untuk Kulit Kering

Kulit kering ada banyak penyebabnya. Dan tentunya, Anda bisa juga menghilangkannya dengan penggunaan kosmetik yang tepat. Apa saja yang bisa dilakukan dan digunakan untuk mengatasi kulit kering? Simak ulasan BP-Guide berikut ini.

Mengenal Tipe Kulit Kering, Apakah Kulit Anda Termasuk di Dalamnya?

Apakah kulit Anda termasuk tipe kulit yang kering? Waspadalah! Memang kulit kering tidak membuat pori-pori kulit Anda tampak. Akan tetapi kulit Anda akan mudah sensitif dan iritasi. Selain itu kulit Anda mudah kusam. Inilah yang membuat keriput pada kulit akan timbul.

Untuk mencegahnya, Anda harus kenali dahulu tipe kulit Anda. Di mana perawatan wajah untuk tiap tipe kulit berbeda. Berikut ini adalah ciri untuk tipe kulit kering.

  • Kurangnya elastisitas pada kulit.
  • Kulit tampak kasar dan kusam
  • Hampir tak terlihatnya pori-pori pada wajah
  • Memiliki bercak merah pada wajah.
  • Terlihatnya garis-garis halus pada wajah.

Kriteria Kosmetik untuk Kulit Kering

Bila kulit Anda termasuk tipe kering, maka kosmetik yang cocok untuk wajah Anda adalah sebagai berikut ini!

Mengandung Minyak Zaitun

Pastikan bila kosmetik Anda, seperti pelembap, pembersih muka, atau pun masker mengandung minyak zaitun. Mengapa? Minyak zaitun telah tepercaya cocok untuk menjaga kehalusan dan kelembapan kulit. Ini karena terdapat kandungan phytosterols, vitamin e, dan polyphenols di dalamnya. Minyak yang kaya nutrisi ini dapat berfungsi sebagai anti aging yang merawat peremajaan kulit. Bahkan aman digunakan untuk tipe wajah apa pun.

Memiliki Kandungan Vitamin B3

Vitamin B3 memiliki banyak manfaat untuk wajah. Untuk itu sangat dibutuhkan di dalam kosmetik Anda. Memiliki nutrisi yang baik bagi wajah, vitamin B3 juga bisa membuat kulit wajah lebih lembab serta mengurangi kerutan. Tidak hanya itu, masalah jerawat pun dapat teratasi bahkan mencegah munculnya kanker kulit. Itu sebabnya vitamin B3 sering ada dalam produk pelembap dan anti penuaan.

Punya Bahan Alami yang Melembapkan

Sebaik-baiknya kosmetik adalah yang mengandung bahan alami untuk melembapkan, seperti madu, bengkuang, lidah buaya, dan lainnya. Selain itu, bahan alami aman bila digunakan untuk kulit wajah.

Kandungan Vitamin E Tak Kalah Penting

Sudah sangat umum bila vitamin E selalu menjadi kandungan yang wajib ada pada setiap kosmetik. Mengapa? Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari vitamin E. Tidak sekedar melembapkan dan menghaluskan kulit. Vitamin E juga dapat menjadi antioksidan alami yang akan melindungi kulit dari berbagai pengaruh buruk dari luar untuk kulit. Jadi, jangan lupakan vitamin E!

Cara Berdandan dengan Kosmetik untuk Kulit Kering

Untuk Anda yang memiliki kulit kering, ada cara berdandan yang harus diperhatikan. Apa saja itu? Ikuti terus ulasan BP-Guide berikut ini!

Membersihkan Wajah Tak Kenal Tipe Kulit

Jangan pernah lupa untuk mencuci muka. Ingatlah bila debu dan kotoran selalu menempel di wajah setiap kali Anda melakukan aktivitas, sekalipun itu di dalam ruangan yang ber-AC. Bila kulit Anda kering, cukup mencuci muka sekali sehari, yaitu pada saat membersihkan wajah dari riasan.

Di malam hari, bila sebelumnya wajah telah dicuci dengan sabun muka, Anda cukup mencucinya dengan air. Jangan terlalu sering mencuci wajah, karena air memiliki sifat membuat kulit kering. Selain itu, gunakan air dingin untuk menenangkan kulit dan mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah di sekitar wajah.

Oleskan Moisturizer

Pelembap adalah sebuah keharusan untuk pemilik kulit wajah dengan jenis apapun, terutama bila kulit Anda kering. Sesuaikan pelembap dengan tipe dan kondisi kulit wajah Anda. Bila kulit wajah Anda kering, maka gunakan pelembap yang terbuat dari bahan-bahan dengan kandungan yang melembapkan, seperti stearic acid, gliserol, shea butter, dan ceramides.

Hindari pelembap yang memiliki terlalu banyak kandungan asam seperti asam salisilat dan AHA (alpha-hidroxy acids). Disarankan untuk menggunakan pelembap yang berbentuk salep atau krim.

Caranya adalah cuci muka dulu pada pagi hari. Setelah 3 menit barulah oleskan pelembap pada wajah. Sebaiknya oleskan dengan cara memijat seluruh wajah dengan gerakan melingkar, sehingga wajah Anda akan lebih rileks. Dalam waktu 24 jam, gunakan pelembap sebanyak satu hingga dua kali.

Pakai Face Primer untuk Hasil Lebih Sempurna

Bila ingin menggunakan makeup, tentu face primer dibutuhkan agar makeup menjadi tahan lama. Bagi Anda pemilik kulit wajah kering, gunakan face primer yang memiliki kandungan pelembap. Cirinya akan terlihat pada teksturnya yang lebih creamy dan ketika digunakan pada kulit wajah akan terasa lebih tebal.

Jangan Lupakan Kulit di Antara Mata

Hati-hati dengan kulit kering yang berada di sekitar mata. Hal tersebut biasanya dikarenakan Anda menggunakan spons kotor atau karena cuaca yang ekstrem. Anda pun akan terlihat lebih tua karena kerutan yang tampak. Untuk itu rawatlah kulit di sekitar mata. Anda bisa melakukan perawatan dengan menggunakan susu bubuk, petroleum jelly, gel lidah buaya, hingga air mawar.

Rawat Bibir dengan Lip Balm dan Lip Scrub

Bibir adalah salah satu anggota wajah yang harus rutin dirawat. Ini karena bibir mudah sekali kering. Bayangkan perihnya bibir ketika kering dan pecah-pecah, bahkan hingga mengeluarkan darah! Tidak sehat dan tidak terlihat indah, bukan? Untuk itu jaga selalu kelembapan bibir Anda.

Anda bisa menggunakan lip balm agar bibir Anda terjaga seharian. Untuk perawatan, kini telah ada berbagai merek lip scrub untuk mengelupas sel-sel mati pada bibir. Kandungan lip scrub ini akan memberi nutrisi pada bibir dan melembapkannya. Ada beberapa rekomendasi merek terkenal yang bisa Anda coba, seperti Tony Molly, MAC, Dior, Lush serta Etude House.

Pakai BB Cream atau Foundation yang Sudah Mengandung Pelembap

Untuk Anda yang suka menggunakan makeup biasanya tidak bisa lepas dari foundation. Tahukah Anda, foundation sebenarnya tidak baik untuk pemilik wajah yang kering, karena bisa memberikan efek retak pada makeup Anda. Kulit Anda juga akan semakin kering. Untuk itu Anda harus menggunakan foundation yang creamy, ringan, serta dapat menghidrasi kulit.

Sebenarnya daripada foundation, akan lebih baik bila Anda menggunakan BB Cream sebagai penggantinya karena formulanya lebih ringan. Namun jangan sembarangan menggunakan BB Cream! Untuk itu gunakan BB Cream yang telah dilengkapi dengan pelembap untuk menghidrasi kulit Anda, sehingga kulit Anda tetap terjaga kesehatannya.

Face Mist untuk Wajah Lembap Sepanjang Waktu

Kulit Anda kering dan Anda bekerja di ruangan ber-AC? Untuk itu wajah Anda butuh nutrisi yang cukup, maka Anda harus gunakan face mist. Ini merupakan produk cair yang cara penggunaannya disemprotkan ke wajah. Anda bisa membawanya ke mana saja. Jadi bila kulit terasa kering, Anda bisa menyemprotkan face mist pada wajah. Face mist bahkan dapat membuat riasan Anda tahan lebih lama.

Jangan Memakai Kosmetik Berlebihan, Perhatikan Aturannya

Penggunaan kosmetik yang berlebihan akan menjadi masalah untuk pemilik wajah kering. Anda juga harus berhati-hati dalam memilih produk kosmetik. Bila tidak cocok, kosmetik akan sulit menempel pada wajah. Bahkan dampaknya, wajah Anda akan mudah rusak. Mengerikan bukan?

Untuk itu hati-hati dalam memilih kosmetik dan mengaplikasikannya! Anda butuh kosmetik yang memiliki kandungan minyak atau pelembab, sehingga mudah menempel di kulit serta tahan lama.

From our editorial team

Penggunaan Kosmetik yang Tepat Menghindarkan Wajah dari Masalah Kulit Kering

Tentunya, tips yang diberikan BP-Guide di atas bisa Anda pertimbangkan untuk menghilangkan masalah kulit kering. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencoba mengatasi kulit kering dengan cepat dan tanpa efek samping bila menggunakan kosmetik yang tepat. Jadi, yuk atasi masalah kulit kering Anda.

Tag