Dapatkan Wajah Lembap Berseri dengan 14 Masker untuk Kulit Kering yang Alami dan Aman untuk Kulit

Dapatkan Wajah Lembap Berseri dengan 14 Masker untuk Kulit Kering yang Alami dan Aman untuk Kulit

Memiliki kulit kering juga merupakan salah satu masalah terutama untuk wanita yang ingin tampil cantik. Yuk, ketahui tips mengatasi kulit kering dan masker yang sesuai dengan jenis kulit yang mudah terkelupas dan teriritasi rekomendasi BP-Guide berikut ini!

Kulit Kering Adalah Indikator Kulit Kurang Sehat dan Terawat

Sumber gambar www.liveabout.com

Beda orang maka akan beda juga jenis kulit yang dimilikinya. Dan jenis kulit ini bisa dipengaruhi dari berbagai hal dari makanan yang dikonsumsi, gaya hidup, hingga iklim tempat di mana kita tinggal. Cuaca yang terlalu ekstrem juga bisa mengubah tekstur kulit kita loh.

Mau seperti apa pun jenis kulitnya pasti sempat mengalami yang namanya kulit berasa kering. Rasa memiliki kulit kering pastinya sangat tak nyaman. Apalagi jika kulit keringnya ada di wajah sudah pasti akan merusak penampilan.

Kulit wajah yang kering bersisik jadi tak elastis lagi. Umumnya kulit kering memiliki gejala terlalu kencang dan disertai rasa gatal akibat peradangan. Kulit kering ini merupakan indikator bahwa kulit sedang kurang sehat dan tak terawat.

Atasi Kulit Kering dengan Memberi Perawatan Intensif

Sumber gambar www.olivellaline.com

Setiap jenis kulit memiliki jenis perawatannya tersendiri. Termasuk juga kulit kering yang memang butuh perawatan khusus. Kulit yang kering bisa bikin tampilan muka jadi kusam. Selain itu tekstur kulit jadi kasar dan tak lembap alami.

Jika mengalami gejala kulit kering seperti wajah terasa kaku dan kasar serta besisik, maka kamu secepatnya wajib merawatnya. Berbahaya jika tak langsung diatasi karena bisa bikin kulit terkelupas dan retak. Lakukan yang intensif dan teratur untuk mengembalikan kelembapan alami kulit.

Kamu bisa pakai lotion dan juga pelembap setiap hari agar kulit tetap ternutrisi dengan baik Jika perlu pakailah masker yang bisa melembapkan kulit dan menghidrasi wajah lebih baik. Kamu juga bisa pakai aneka produk yang mampu mengembalikan kelembapan kulit secara sempurna.

Tips Mengatasi Kulit Kering pada Wajah

Hindari Sabun Wajah dengan Kandungan Zat yang Keras

Sumber gambar www.webmd.com

Ketika kulit terasa kering dan kaku maka segeralah lakukan perawatan yang tepat. Kamu bisa gunakan sabun wajah juga untuk melembapkan wajah kamu. Namun, hati-hati kala memilih sabun wajah ya, jangan sampai sabunnya malah bikin kulit wajah makin kering.

Sebaiknya kamu memakai sabun dengan pelembap. Kamu boleh pakai sabun dengan kandungan gliserin yang mampu menyerap air di udara dan melembapkan kulit lebih lama. Gunakan juga sabun dengan kandungan cocoa butter dan minyak zaitun atau minyak bunga matahari.

Pilih produk yang memiliki kandungan petrolatum dan lanolin serta dimethicone. Semua bahan tersebut bisa melembabkan kulit dan dijamin bisa atasi kulit kering kamu.

Hindari sabun dengan kandungan bahan deterjen dan juga antibakteri. Ini karena bahan tersebut bisa bikin kulit meradang dan malah makin mengurangi produksi minyak alami di kulit sehingga kulit jadi lebih kering. Hindari juga memakai sabun dengan kandungan keras supaya tak mengikis kelembapan kulit alami.

Pakailah Air Hangat ketika Mencuci Muka

Sumber gambar benzagel.ca

Siapa pun pasti merasa terganggu dengan adanya kulit kering yang bersisik. Berasa kasar dan pastinya tak akan menyatu jika diberi make up. Kulit kering bisa menganggu penampilan kamu dan bikin kurang percaya diri.

Kamu bisa juga rawat kulit kering kamu dengan memakai air hangat untuk mencuci muka. Air hangat mampu mencegah kulit kering karena peredaran darah jadi lebih lancar. Jika sudah begitu maka kulit bisa jadi lebih sehat dan lembap.

Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari memang baik untuk tubuh karena banyak mengandung vitamin K. Namun terlalu lama di bawah paparan sinar matahari juga tak baik loh. Usahakan kamu memakai perlindungan tepat sebelum beraktivitas di bawah paparan sinar matahari misalnya dengan memakai topi atau memakai pelembab dengan kandungan UV.

Sinar matahari bisa menembus jauh ke dalam kulit dan merusak sel kolagen. Selanjutnya kulit jadi kasar dan kering dan wajah jadi berkesan kusam. Saat sel kolagen rusak maka sel kulit akan butuh waktu lama untuk memperbaiki diri dan memunculkan sel kulit baru.

Sebaiknya pakailah pakaian tertutup guna melindungi kulit. Hindari paparan sinar matahari utamanya di jam 10 pagi hingga jam 2 siang. Gunakan sunblock yang mampu melindungi kulit dari UVA dan juga UVB untuk lebih aman lagi.

Banyak Minum Air Putih

Untuk merawat kulit kering kamu bisa memperbanyak minum supaya tubuh bisa terhidrasi dengan baik. Saat tubuh terhidrasi, maka kulit juga akan menjadi lebih lembap. Ini karena air adalah sumber mineral baik untuk tubuh. Oleh karena itu diwajibkan minum 8 gelas air setiap harinya.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Asam Lemak

Sumber gambar www.1mhealthtips.com

Kulit kering memang butuh perawatan intensif agar tak semakin parah. Selain banyak minum air putih kamu bisa juga atasi kulit kering dengan makanan yang memiliki asam lemak tinggi. Kulit kering bisa jadi indikasi kurangnya lemak dari makanan yang dikonsumsi.

Asam lemak merupakan jenis lemak sehat yang bisa bikin penyerapan vitamin lebih efektif. Asam lemak juga bisa bikin kulit tetap lembab. Untuk mendapat asam lemak kamu bisa konsumsi buah alpukat. Dalam buah ini asam lemaknya bisa bikin kulit kenyal dan lembap.

Selain itu bisa juga mendapatkan asam lemak dari ikan seperti salmon dan makerel. Ada kandungan asam lemak omega 3 yang baik untuk menjaga elastisitas kulit kamu.

9 Referensi Masker untuk Kulit Kering dari Bahan Alami

Masker Telur dan Madu

Sumber gambar thekitchenmccabe.com

Kandungan protein dalam telur memang cukup tinggi. Ini membuat telur baik untuk kesehatan tubuh. Namun bagian putih telur ternyata sangat baik loh untuk kesehatan kulit wajah. Ada kandungan vitamin E yang tinggi dalam putih telur. Kandungan tersebut bisa mengencangkan kulit wajah dan bisa bikin kulit tampak lebih muda.

Madu adalah zat yang bersifat humectant, ini berarti madu bisa menyeimbangkan kadar air ke seluruh jaringan kulit. Wajah jadi bisa terhidrasi secara merata dan wajah jadi lebih lembab alami.

Kombinasikan telur dan madu untuk jadi masker wajah alami. Kedua bahan ini pastinya akan mampu menutrisi kulit kering secara alami. Ambil sebutir telur dan pisahkan dari kuningnya. Aduk putih telur hingga sedikit berbusa lalu campur dengan sesendok makan madu. Aduk rata dan oles pada wajah secara merata. Bilas usai mendiamkannya selama 15 atau 30 menit.

Masker Madu dan Yoghurt

Sumber gambar www.stylecraze.com

Madu memang memiliki nilai gizi tinggi dan baik untuk dipilih menjadi bahan perawatan kulit wajah. Ada aneka vitamin dan juga flavanoid dalam madu. Ada juga asam amino, potassium, sodium klorin, kalsium, zat besi dan banyak lagi zat bermanfaat lainnya dalam madu.

Kandungan beragam gizi dan vitamin tersebut mampu menyembuhkan infeksi kulit dan menyembuhkan jerawat. Madu juga bisa mempertahankan kadar air dan menjaga kulit agar tak mudah iritasi.

Yoghurt di sisi lain merupakan produk olahan susu yang juga baik untuk kulit wajah selain baik untuk pencernaan. Ada lactid acid dalam yoghurt yang bisa bikin kulit wajah terlihat lebih segar alami.

Padukan madu dan yoghurt untuk mendapatkan manfaat baik keduanya. Sediakan sebutir telur lalu pisahkan dari kuningnya. Ambil mangkuk dan isi dengan putih telur serta tambahkan 2 sendok makan yoghurt. Tambahkan juga sesendok makan madu dan sesendok makan perasan jeruk lemon. Aduk rata lalu oles pada wajah. Diamkan beberapa saat sebelum membilasnya hingga bersih.

Masker Lidah Buaya

Sumber gambar www.wellnesstoday.com

Lidah buaya kaya vitamin E yang mampu mengatasi kulit kering yang parah. Lidah buaya mengandung zat antiseptik tinggi yang mampu menyejukkan kulit loh. Ada juga kandungan mineral yang tinggi sehingga mampu membuat kebutuhan air di wajah terpenuhi. Wajah jadi lembap dan sehat berseri dengan bahan yang satu ini.

Ambil gel lidah buaya sebanyak 3 sendok makan. Kemudian campur dengan 2 sendok makan madu. Aduk sampai rata lalu oles pada wajah. Diamkan masker sampai kering baru basuh dengan air suam kuku. Lakukan teratur 2 kali seminggu supaya mendapatkan hasil maksimal.

Masker Alpukat

Sumber gambar ashleyneese.com

Buah alpukat ini awalnya dikenal berasal dari Amerika latin. Baru kemudian menyebar ke seluruh dunia dan bahkan tumbuh sumbur di Indonesia. Banyak manfaat alpukat baik untuk kesehatan tubuh dan juga untuk kecantikan kulit loh.

Buah satu ini mengandung banyak gizi dan juga vitamin. Ada lemak baik dan serat tinggi dalam alpukat juga yang bisa bikin pencernaan jadi lebih sehat. Vitamin K dan C hingga E yang ada dalam alpukat baik untuk melembabkan kulit kering. Kandungan potassium dan vitmain B5 dalam alpukat bisa bikin nutrisi kulit wajah tercukupi.

Ambil sebuah alpukat dan pisahkan dari bijinya. Haluskan daging alpukat lalu campur dengan sedikit madu. Aduk rata dan aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

Masker Susu

Sumber gambar htv.com.pk

Nikmat diminum dan sangat menyehatkan itulah yang bisa digambarkan dari minuman bernama susu. Tahukah kamu bahwa susu sapi juga memiliki manfaat baik untuk kulit wajah?

Dalam susu sapi terdapat lemak yang mampu melembapkan wajah. Ada juga vitamin A dan D yang bisa membuat kulit wajah jadi lebih lembut. Asam beta hidroksi juga terkandung dalam susu. Zat ini mampu mengganti sel kulit lama sehingga terlihat lebih segar berseri. Maka dari itu jika kulit kamu kering dan kusam kamu bisa pakai masker susu, ya.

Kamu cukup sediakan susu sapi segar lalu oles secara merata pada wajah. Biarkan 30 menit lalu bilas susu dengan air bersih.

Masker Minyak Zaitun

Sumber gambar belleza.uncomo.com

Minyak zaitun sudah lama dikenal banyak memberi manfaat baik untuk kulit kering. Minyak dari pohon zaitun ini juga sering dipakai dalam aneka bidang kesehatan. Rahasia kecantikan alami ratu dan juga puteri dari Timur Tengah pun kabarnya adalah karena minyak zaitun ini.

Dalam bahan ini terkandung nutrisi serta vitamin yang baik untuk kesehatan wajah. Ada vitamin E dan juga senyawa fenolik. Selain itu ada oleic acid dan trigliselda serta tokoferol yang mampu menjaga kesehatan kulit wajah. Beraneka kandungan tersebut bisa melembapkan wajah dan meresap ke dalam kulit. Oleh karena itu mampu menutrisi kulit mencegahnya dari kekeringan.

Ambillah sesendok makan minyak zaitun lalu campurkan dengan setengah sendok makan cuka apel dan sedikit air. Aduklah hingga rata lalu oles pada wajah dan biarkan sebentar sebelum membilasnya.

Masker Mentimun

Sumber gambar www.popsugar.com

Mentimun merupakan buah yang banyak mengandung mineral. Vitamin dan gizi dalam mentimun tak hanya baik untuk tubuh namun juga untuk kecantikan kulit wajah. Saat kamu mengalami masalah kulit kering maka bisa diatasi dengan masker mentimun.

Ada kandungan tiamin dan riboflavin serta niacin dalam mentimun. Selain itu ada kandungan asam folat dan kalsium serta zinc dan magnesium dalam buah segar satu ini. Mineral silika dalam mentimun dikenal mampu memperkuat jaringan ikat pada kulit. Memakai masker mentimun bisa bikin wajah bebas jerawat dan juga bebas kulit kering dan kusam.

Untuk membuat masker mentimun cukup mudah, loh. Siapkan sebuah mentimun lalu potong kecil. Blender sampai halus lalu oles pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Masker Pepaya

Sumber gambar vkool.com

Pepaya banyak ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia. Buah berwarna oranye ini memiliki rasa manis dan segar. Bisa dimakan langsung bisa juga dijadikan salad buah atau campuran minuman segar lainnya.

Buah pepaya kaya akan vitamin serta antikoksidan. Ada juga kandungan magnesium, potasium, niasin, karoten, protein, serat, dan enzim papain. Beragam kandungan tersebut bikin kulit wajah lebih sehat dan terhindar dari kekeringan. Kandungan papain mampu mengangkat sel-sel kulit kulit mati dan rusak. Wajah jadi lebih segar berseri dan tampak lebih muda.

Kamu bisa siapkan pepaya lalu kupas, potong-potong, dan cuci bersih. Blender hingga halus lalu campur dengan sesendok makan madu. Oles masker pada wajah untuk menyamarkan flek hitam pada kulit wajah dan melembapkan wajah. Bilas bersih usai mendiamkannya selama 20 menit.

Masker Tomat

Sumber gambar www.india.com

Buah yang kaya vitmain A dan juga C ini juga tergolong dalam jenis sayuran loh. Masker tomat cocok untuk kulit kering kamu. Ini karena ada banyak kandungan mineral yang siap bikin kulit lebih lembap dan ternutrisi. Kulit jadi lebih sehat dan segar dengan buah yang satu ini.

Ambil 2 buah tomat lalu hancurkan dan campur dengan perasan dari setengah buah lemon. Aduk rata dan oles di wajah. Diamkan 20 menit supaya kandungan asam dari tomat dan lemon menyerap sempurna pada kulit wajah. Bilas dengan air hingga bersih dan lakukan perawatan ini secara rutin.

Inilah Merek Terbaik Masker untuk Kulit Kering

Viva Cosmetics White Clean Mask Refreshner

Sumber gambar vivacosmetic.com

Viva Cosmetics White Clean Mask Refreshner merupakan produk tepat untuk kulit kering kamu. Produk ini bagus untuk masker juga karena mengandung ekstrak lime serta tea tree oil. Kandungan tersebut mampu melawan kuman penyebab jerawat.

Produk ini juga kaya akan ekstrak lidah buaya dan licorice. Kandungan tersebut baik untuk melembapkan dan menjadikan kulit lebih cerah alami. Produk ini tak akan bikin kulit kering karena tak mengandung bahan sabun. Bisa dibeli di vivacosmetic.com dengan harga Rp 16.300.

Garnier Sakura White Pinkish Radiance Intensive Whitening Mask

Sumber gambar www.blibli.com

Garnier Sakura White Pinkish Radiance Intensive Whitening Mask merupakan produk masker terbaik untuk bikin wajah lebih halus dan lembut. Produk satu ini mengandung ekstrak sakura Jepang loh. Dipadukan dengan bahan seperti Vitamin B3 dan Vitamin CG sehingga mampu melembapkan ke lapisan bagian dalam kulit.

Produk ini juga bisa mencerahkan kulit wajah serta menghilangkan bintik hitam. Bisa juga digunakan untuk merawat kehalusan tekstur kulit dan juga membuat wajah lebih putih merona.

Ada essence sakura yang bisa menyerap ke dalam kulit dan melembabkan secara menyeluruh. Essence dari produk ini sedikit lengket dengan warna agak pink. Memiliki gelembung udara dengan aroma yang menyenangkan. Produk bisa dibeli di beberapa toko kosmetik terdekat dengan harga Rp 18.000.

Etude House I Need You Mask Sheet

Sumber gambar www.tokopedia.com

Etude House I Need You Mask Sheet ini merupakan masker wajah yang bagus untuk kulit kering. Produk ini memiliki 27 varian berbeda dengan model kemasan yang menarik. Tentunya tiap varian memiliki kegunaan masing-masing ya.

Kamu yang memiliki masalah dengan kulit kering bisa gunakan masker yang kandungannya bisa bikin kulit lembab. Kamu bisa pilih E-Elder Flower bisa juga pilih G-Green Tea atau H-Hyaluronic Acid. Kamu juga bisa memilih varian O-Olive atau S-She Butter dan Y-Yogurt strawberry. Bisa juga kok kalau ingin memilih varian Z-Zucchini dan R-Royal Jelly.

Masker ini teksturnya ringan dengan aroma yang tak terlalu menyengat. Bisa bikin kulit tampak lebih kencang dan halus. Produk bisa dibeli seharga Rp 15.000 di Tokopedia.

Himalaya Refreshing Fruit Mask

Sumber gambar www.mysnacks.us

Himalaya Refreshing Fruit Mask juga bisa jadi solusi tepat untuk kulit kering. Masker satu ini ampuh bersihkan pori tersumbat dan juga bisa kembalikan elastisitas kulit kamu. Formula dalam produk ini bisa atasi jerawat dan juga komedo.

Produk masker ini juga baik untuk memperbaiki tekstur kulit serta bisa mengecilkan kerut dan pori wajah. Ada apel serta kaya akan AHA yang bisa menutrisi kulit. Wajah juga bisa jadi lebih bercahaya dengan sensasi yang dingin.

Kulit wajah berasa dingin usai mengaplikasikan masker ini. Berasa ringan di wajah dan pastinya nyaman dipakai. Produk bisa dibeli di website Prelo dengan harga Rp 27.000.

My Beauty Diary Imperial Bird's Nest Mask

Sumber gambar www.amazon.com

My Beauty Diary Imperial Bird's Nest Mask ini merupakan produk masker untuk kulit kering. Masker ini dijual dalam kemasan satu box yang berisi 10 buah. Masker ini populer di Taiwan dengan bahan dasar dari sarang burung walet.

Mampu menutrisi wajah serta memberikan Hydrasi untuk kulit wajah. Cocok dipakai untuk semua jenis kulit sekaligus untuk kamu yang berkulit kering. Mampu bikin kulit lebih halus dan lembab agar ternutrisi lebih baik.

Ada bahan kappaphycus yang mampu meningkatkan kelembapan kulit juga. Serta ada kandungan hydrolized rice protein dan hydrolized soy protein yang mampu bikin kulit lebih elastis. Bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 190.000.

From our editorial team

Jangan Malas Merawat Wajah dengan Kulit Kering

Kulit yang kering cenderung mudah terkelupas dan mengalami iritasi. Tak hanya itu, wajah yang kering juga bisa membuat wanita kewalahan saat mengaplikasikan makeup. Kalau kamu memiliki jenis kulit yang satu ini jangan malas untuk merawatnya. Gunakan pembersih dan pelembap dengan bahan yang lembut secara rutin dan jangan lupa juga gunakan masker minimal seminggu sekali. Pastikan kamu memilih produk dan bahan alami untuk merawat wajahmu, ya!

Tag