10 Rekomendasi Sabun Mandi untuk Kulit Kering yang Melembapkan secara Maksimal (2021)

10 Rekomendasi Sabun Mandi untuk Kulit Kering yang Melembapkan secara Maksimal (2021)

Mandi merupakan salah satu aktivitas penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Agar lebih maksimal dalam menghilangkan kotoran di tubuh tentunya pemilihan sabun haruslah tepat. Jika kamu memiliki kulit kering maka sebaiknya memilih sabun yang bisa melembapkan dengan baik. Jika bingung soal pilihan sabunnya, kamu bisa cek rekomendasi sabun untuk kulit kering pilihan dari kami!

Kulit Tubuh Kering Bikin Mudah Iritasi

Kulit tubuh sama pentingnya dengan kulit wajah. Kamu wajib merawat kulit tubuh sebaik kamu merawat kulit wajah. Jika pada kulit wajah ada masalah seperti jerawat, komedo, dan lainnya, maka pada kulit tubuh juga ada masalah kulit sendiri. Contoh masalah kulit yang sering terjadi pada tubuh adalah kulit yang kering.

Masalah yang satu ini tidak bisa diremehkan. Kulit kering terjadi saat lapisan kulit paling atas kurang terhidrasi dengan baik sehingga tidak bisa mendapatkan kelembapan yang cukup. Ini membuat kulit jadi mudah bersisik, pecah-pecah, bahkan sampai mengelupas. Masalah kulit kering bisa terjadi pada area tubuh mana saja. Namun, yang paling umum adalah bagian tangan dan kaki.

Kulit kering bisa dialami oleh siapa saja. Orang yang sudah lanjut usia lebih rentan mengalami kulit kering karena produksi sebumnya menurun. Selain itu, pengaruh gaya hidup dan faktor kesehatan juga membuat mereka yang lanjut usia lebih sering terserang kulit kering.

Penyebab kulit kering lainnya adalah karena ada faktor keturunan. Biasanya, jika ada keluarga yang memiliki riwayat penyakit seperti dermatitis atopik, diabetes, psioriasis, dan lain sebagainya, berarti ada kemungkinan kamu juga mengalami kulit kering.

Pemakaian AC yang terlalu lama dengan suhu yang terlalu dingin juga bisa memicu timbulnya kulit kering. Air yang ada di dalam kulit jadi menguap. Jika sudah begini maka kulit jadi dehidrasi dan mudah gatal-gatal karena iritasi.

Hal lain yang memicu timbulnya kulit tubuh kering adalah karena mandi terlalu lama dengan air panas. Ini karena air oanas bisa menghilangkan kelembapan alami dan membuatnya terasa begitu kering. Pemakaian sabun mandi yang berlebihan juga bisa membuat kulit menjadi kencang dan kesat. Jika sudah begini maka lapisan minyak alami kulit hilang sehingga kulit jadi kering.

Kulit yang kering membuatnya mudah iritasi. Ini tentu tidak nyaman bagi kita. Aktivitas jadi terganggu dan kulit jadi terasa perih hingga gatal. Maka dari itu, atasi masalah kulit kering secepat mungkin, ya.

Tips Memilih Sabun Mandi untuk Kulit Kering

Sabun Bentuk Cair Lebih Direkomendasikan

Untuk kamu yang ingin lebih sehat dan memiliki kulit lebih lembap, sebaiknya pilih sabun bentuk cair. Sabun batangan boleh saja jadi pilihan jika kandungan bahannya aman dan tepat untuk kulit kering. Namun, kamu perlu tahu bahwa sabun batangan umumnya memiliki sodium hidroksida. Kandungan yang bisa membersihkan kotoran secara efektif tersebut memiliki efek samping iritasi pada kulit.

Sabun cair, memiliki pelembap petrolatum. Kandungan tersebut bisa menjaga kulit tetap halus dan lembut usai pemakaian. Ini sebabnya sabun cair bentuk cair atau gel lebih direkomendasikan. Kamu boleh saja memakai sabun batangan asalkan sabunnya khusus kulit kering atau dirancang dengan bahan yang alami.

Hindari Bahan yang Bikin Kulit Makin Kering dan Iritasi

Saat memilih sabun untuk kulit kering, sebaiknya kamu mengecek bahan sabun tersebut. Pastikan kamu tidak memilih sabun yang bisa bikin kulit makin kering dan iritasi. Hindari produk dengan kandungan pewangi sintetis dan alkohol. Selain itu, hindari juga sabun berbahan detergen dan memiliki kadar alkalin yang tinggi. Detergen dalam sabun bisa membantu proses pembersihan kotoran pada permukaan kulit. Saangnya, ternyata detergen memiliki tingkat alkali tinggi yang berpotensi membuat kulit lebih mudah iritasi.

Pilih yang Memiliki Kandungan Antibakteri

Pilih sabun mandi yang dilengkapi dengan antibakteri. Ini agar sabun mandi mampu membantu mengurangi bau tidak sedap yang diakibatkan bercampurnya keringat dengan bakteri. Bau badan bikin kita jadi kurang percaya diri saat bertemu orang lain dan saat beraktivitas. Maka dari itu, sebaiknya memilih produk dengan antibakteri, ya.

Pastikan Mengandung Bahan yang Melembapkan

Cek kandungan bahan pada sabun kulit kering. Pastikan ada kandungan minyak nabati organik. Adanya kandungan tersebut bisa menjamin kulit agar lebih sehat dan lembap. Selain minyak nabati organik, produk dengan bahan seperti minyak zaitun, lidah buaya, dan alpukat juga cocok jadi pilihan karena ampuh mengatasi kulit kering.

Ada baiknya juga kamu memilih sabun dengan kandungan bahan gliserin. Adanya bahan ini bisa membantu melembapkan kulit kering. Bahan lanolin dan hyaluronic acid juga bisa jadi pilihan untuk mengatasi kulit kering agar senantiasa lembap dan terjaga.

Ini Dia Rekomendasi Sabun Kulit Kering Terbaik untuk Kamu

Nivea Soft Crème Care

Nivea Soft Crème Care merupakan sabun batangan yang cocok mengatasi kulit kering. Produk dari Nivea yang satu ini dibanderol dengan harga terjangkau. Kualitas sabunnya bagus dan kamu bisa mengambil manfaat besar dengan pemakaian secara teratur.

Bahan utamanya adalah almond oil sehingga bisa melembapkan kulit lebih maksimal. Sabun juga bisa mengangkat kotoran dengan maksimal. Ini akan membuat kulit jadi lebih cerah hanya dalam hitungan hari. Aroma sabunnya lembut sehingga bisa membuat kita jadi rileks saat memakainya.

Bahan dan formula sabunnya lembut dan aman untuk semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif sekalipun. Sabun ini bisa digunakan dalam jangka lama karena sudah teruji secara dermatologis.

Harga Rp. 8.000-13.000

Dove Deeply Nourishing Body Wash

Dove Deeply Nourishing Body Wash sayang untuk dilewatkan sebagai pilihan. Sabun mandi cair ini cocok untuk kulit kering. Aroma sabunnya lembut dan bikin kita jadi rileks. Wanginya juga tahan seharian di kulit. Dengan bahan utama susu, sabun ini bisa menutrisi kulit dengan maksimal.

Dapatkan hasil kulit lebih lembut dan cerah dengan pemakaian rutin. Kekenyalan kulit juga bisa meningkat dan bisa meminimalkan timbulnya gejala penuaan dini. Formula sabunnya ringan sehingga aman digunakan. Sabun juga bisa menyembuhkan jerawat yang ada di punggung. Tidak ada residu tersisa dan sabun tidak akan menimbulkan rasa gatal sama sekalipun digunakan setiap hari.

Harga Rp. 23.000-45.000

The Body Shop Wild Argan Oil Shower Gel

Kamu yang memiliki masalah kulit kering bisa mencoba The Body Shop Wild Argan Oil Shower Gel. Sabun cair yang satu ini hadir dengan bahan-bahan alami. Argan oil pada sabun ini bisa membuat wanginya tahan lama seharian.

Tekstur sabunnya lembut dan ringan sehingga nyaman di kulit. Sabun ini akan mengangkat kotoran sampai partikel terkecil. Kulit jadi lebih sehat dan lebih cerah. Formulanya tidak meninggalkan efek lengket sama sekali.

Harga Rp. 49.000-309.000

Imperial Leather Body Wash Softly

Imperial Leather Body Wash Softly bersifat antioksidan sehingga bisa melawan radikal bebas yang mengiritasi kulit. Kamu tidak perlu khawatir dengan khasiatnya karena aman digunakan di semua jenis kulit.

Sabun ini memiliki pH yang seimbang sehingga tidak menghasilkan minyak berlebih pada kulit. Hasilnya, kulit jadi lebih glowing dan sehat dengan pemakaian teratur. Formula sabunnya lembut dan cepat diserap kulit. Kandungan mawar dan susu membuat sabun ini menghidrasi kulit dengan baik dan bisa membuat kulit makin rileks. Sabun ini telah teruji secara dermatologis dan aman untuk ibu hamil sekalipun.

Harga Rp. 18.000-35.000

Cetaphil Skin Restoring Body Wash

Cetaphil Skin Restoring Body Wash tentu bisa jadi pilihan utama kamu. Sabun ini sudah teruji secara dermatologis untuk meredakan gatal dan kulit kering. Aman digunakan untuk anak dan ibu hamil, sabun ini tidak mengandung pewangi, paraben, dan bahan penyebab iritasi lainnya.
Dengan teknologi Advanced Filaggrin, kulit jadi lebih lembap maksimal. Tekstur sabun ini lembut dan bisa mengangkat kotoran dari kulit dengan maksimal.

Harga Rp. 224.000-423.000

Leivy Goat’s Milk

Leivy Goat’s Milk Shower Cream ini sayang untuk kamu lewatkan. Sabun ini bisa menjadikan kulit halus, lembut, dan lembap alami. Terbuat dari bahan susu kambing, sabunnya kaya akan vitamin A, B, E, dan protein. Kandungan tersebut membuat kulit tampak lebih putih dan warna kulit lebih merata.

Dikemas praktis, sabun dengan bentuk botol pump ini mudah dikeluarkan produknya. Sabun ini telah teruji secara dermatologis. Bentuknya yang cair mudah dibaurkan dan cocok untuk kulit kering yang mudah iritasi.

Harga Rp. 34.000-95.000

Palmolive Rich Moisture

Palmolive Rich Moisture hadir dengan aneka bahan alami yang aman pada kulit. Sabun ini hadir dengan protein susu dan ekstrak madu yang cocok untuk kulit kering sensitif. Kaya akan pembersih ringan yang membantu melembabkan, sabun juga hadir dengan pH seimbang sesuai kulit. Sabun ini juga bisa menenangkan inflamasi ringan. Kamu bisa memilih kemasan 400 ml atau 1 liter.

Harga Rp. 22.000-84.000

St Ives Soft Silky Coconut Orchid Body Wash

St Ives Soft Silky Coconut Orchid Body Wash hadir dalam kemasan ukuran 400 ml. Sabunnya lembut dan kaya akan kandungan coconut milk dan ekstrak bunga anggrek. Kandungan tersebut bisa membersihkan kulit agar terasa lebih halus dan segar. Sabun ini tidak memiliki kandungan bahan kimia sehingga aman untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif sekalipun. Kondisi kulit yang kering bisa teratasi dengan baik. Kulit jadi lebih lembap alami dan lembut. Aromanya segar sehingga bikin kamu jadi lebih semangat.

Harga Rp. 53.000-87.000

Innisfree Olive Real Body Cleanser

Innisfree Olive Real Body Cleanser hadir dengan busa yang lembut dan creamy. Sabun juga hadir dengan kandungan esktrak virgin olive oil yang alami. Tidak hanya bisa membersihkan kulit secara menyeluruh namun juga bisa membuat kulit terhindar dari dehidrasi.

Kulit jadi terasa segar dan aromanya juga harum. Produk ini tidak meninggalkan efek kesat setelah mandi. Busakan produk lalu usap pada seluruh tubuh untuk membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati.

Harga Rp. 188.000-237.000

Dettol Skincare pH-Balanced Body Wash

Dettol Skincare pH-Balanced Body Wash merupakan sabun kulit kering yang cocok jadi pilihan kamu. Produk ini bisa menghilangkan segala jenis bakteri dan kuman dan menjaga pH alami kulit. Ini membuatnya cocok untuk kulit kering dan sensitif.

Sabun ini memiliki ekstrak pelembap alami yang bisa membuat kulit terhidrasi dengan baik. Hasilnya, kulit jadi lebih halus, lembut, dan sehat. Aroma sabunnya lembut dan segar sehingga bikin kamu jadi semangat beraktivitas.

Harga Rp. 30.000-45.000
From our editorial team

Pilih Sabun yang Sesuai Gaya Hidup

Saat memilih sabun mandi, kamu bisa menyesuaikan dengan gaya hidup kamu. Misalnya, jika kamu adalah orang yang gemar berolahraga, maka pilih sabun yang mengandung antibakteri agar bisa mengontrol keringat dan bau badan. Jika kamu gemar berenang maka pilih sabun mandi yang bisa mengangkat sisa dan aroma kaporit yang menempel di kulit. Sementara jika kamu merupakan orang yang banyak beraktivitas di ruang ber-AC maka ada baiknya memilih sabun dengan kandungan pelembap yang tinggi agar bisa menghidrasi tubuh dengan baik.

Tag