Jaga Kelembapan Kulit dengan 10 Rekomendasi Sabun untuk Kulit Kering Berikut (2020)

Jaga Kelembapan Kulit dengan 10 Rekomendasi Sabun untuk Kulit Kering Berikut (2020)

Kulit kering harus dirawat dengan baik agar kelembapannya tetap terjaga. Kamu perlu menggunakan sabun khusus untuk kulit kering yang kaya akan pelembap. BP-Guide akan merekomendasikan deretan sabun mandi untuk kulit kering yang bisa kamu pilih.

Kulit Kering Adalah Kondisi yang Sering Terjadi

Kulit yang kering tentu bukan kondisi yang diinginkan oleh siapa saja. Namun sayangnya, kondisi ini sangat sering terjadi pada siapa saja lho.

Kulit adalah organ terbesar yang dimiliki oleh tubuh manusia. Pengaruhnya pada penampilan juga sangat besar. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kelembapan alami kulit. Jika kulit terasa kering, maka rawat dengan baik untuk mengembalikan kelembapannya.

Tetapi pernahkah kamu bertanya apa yang menyebabkan kondisi kulit menjadi sangat kering? Ada faktor eksternal dan faktor internal yang menjadi penyebabnya. Faktor eksternal antara lain adalah cuaca, udara yang kering, berada di dalam ruangan ber-AC dalam waktu lama, menggunakan sabun dengan kandungan yang kurang tepat, hingga penggunaan obat-obatan tertentu.

Sementara itu, faktor internal yang menyebabkan kulit kering adalah faktor genetik, alergi, penuaan, hingga kondisi penyakit tertentu.

Cara Merawat Kulit Kering

Hindari Mandi dengan Air Panas

Orang yang punya kulit kering sebaiknya tidak terlalu sering mandi menggunakan air panas. Jika ingin mandi dengan air panas sekali pun, pastikan suhunya tidak lebih dari 38 derajat Celcius atau sesuai dengan suhu tubuh normal manusia. Selain itu, pastikan mandi dengan air panas tidak lebih dari 5-10 menit saja.

Air panas dapat mengikis kelembapan kulit dan menghilangkan minyak alami yang ada di dalamnya. Sebaiknya gunakan air dingin yang bisa mengunci kelembapan dan membantu menjaga elastisitas kulit untuk mandi.

Gunakan Sabun Khusus Kulit Kering

Karena kulitmu kering, tentu kamu harus menggunakan sabun khusus yang diformulasikan untuk kulit kering. Perhatikan label yang tertera pada kemasan sabun.

Biasanya sabun untuk kulit kering dilengkapi dengan label "moisturizing". Tidak hanya itu, sabun yang tidak mengandung pewangi dan pewarna juga lebih baik bagi kulit yang kering.

Minum Air Putih yang Cukup

Tahukah kamu bahwa salah satu penyebab kulit kering adalah dehidrasi? Ya, kekurangan cairan bisa berpengaruh langsung pada kelembapan kulit. Ciri-ciri yang paling sering terlihat adalah kulit jadi bersisik dan bibir pecah-pecah.

Oleh karena itu, pastikan kamu selalu minum air yang cukup setiap harinya, yaitu sebanyak 2 liter. Perawatan dari dalam juga sama pentingnya untuk menjaga kulit agar tetap lembap.

Gunakan Humidifier sebagai Pengganti AC

Seperti diketahui, ruangan ber-AC turut menjadi penyebab kulit kering. Sebagai alternatifnya, gantikan AC dengan humidifier bila mungkin. Humidifier akan menjaga dan meningkatkan kelembapan di dalam ruangan, sehingga membuat kondisi kulit lebih nyaman dan terasa lebih halus dan sehat.

Jangan Gunakan Sabun dengan Kandungan Detergen

Ini dia yang harus diperhatikan oleh pemilik kulit kering. Sabun mandi yang mengandung banyak detergen akan mengikis kelembapan alami kulit.

Jangan langsung senang jika sabun mandi bisa menghasilkan busa melimpah, karena itu artinya kandungan detergen di dalamnya juga tinggi.

Jika kulitmu kering dan sensitif, sebaiknya pilih sabun mandi yang tidak berbusa, tidak mengandung alkohol, dan tidak mengandung pewangi.

Bahan Alami untuk Melembapkan Kulit Kering

Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah bahan alami yang kaya akan kandungan antioksidan dan asam lemak untuk menutrisi kulit. Minyak zaitun mampu memberikan rasa tenang pada kulit dan melembapkannya seketika. Merawat kulit kering dengan minyak zaitun akan membuatnya lebih sehat dan lembap.

Jika kamu punya kulit kering, pilih produk perawatan tubuh yang diperkaya dengan kandungan minyak zaitun. Baik itu sabun mandi, body lotion, atau minyak zaitun alami. Cukup oleskan secara merata secara rutin pada seluruh tubuh untuk hasil terbaik.

Madu

Madu sudah dikenal sebagai bahan perawatan kecantikan jauh sebelum masa modern. Madu memiliki kandungan yang sangat lengkap seperti antioksidan dan antimikroba yang mampu mengunci kelembapan kulit. Kulit akan terasa lebih halus, lembut, dan lembap.

Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya juga membantu menutrisi dan menjaga kelembapan kulit. Gunakan madu untuk merawat kelembapan kulit secara alami. Caranya dengan mengoleskan madu ke seluruh tubuh atau wajah sebelum mandi, lalu didiamkan selama 5 hingga 10 menit. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Lidah Buaya

Siapa yang tidak kenal dengan lidah buaya? Bahan alami yang satu ini memiliki begitu banyak manfaat untuk merawat kecantikan kulit. Manfaat yang bisa didapatkan dari lidah buaya adalah melembapkan kulit kering, mencegah kulit pecah-pecah, dan mencegah iritasi pada kulit.

Selain sangat mudah didapatkan, lidah buaya juga mampu memberikan hasil maksimal. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Ambil gel lidah buaya segar, lalu oleskan ke seluruh tubuh secara merata. Cukup diamkan selama 10 sampai 15 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Rekomendasi Sabun Mandi untuk Kulit Kering agar Kulit Tetap Lembap dan Sehat

Dove Deeply Nourishing Body Wash

Dove Deeply Nourishing Body Wash adalah sabun yang dibuat dengan banyak kandungan kelembapan untuk merawat kulit kering dan bersisik.

Mampu menutrisi hingga ke lapisan kulit terdalam, membersihkan kuman dan bakteri secara menyeluruh, serta terasa lembut di kulit setelah pemakaian. Di dalamnya terdapat kandungan 1/4 facial cream, menghasilkan busa lembut, ringan, dan aman untuk kulit kering.

Dove lebih baik dari susu, menjadikan kulit terasa kenyal, halus, dan lembut. Gunakan setiap hari saat mandi, diamkan selama 1 sampai 3 menit agar kelembapannya bisa merasuk dengan sempurna.

Harga Rp. 20.000-80.000

The Body Shop Wild Argan Oil Shower Gel

The Body Shop Wild Argan Oil Shower Gel adalah sabun mandi yang diformulasikan khusus untuk melembapkan kulit. Tekstur oil-gel yang lembut dan ringan diperkaya aroma nutty menyegarkan. Rasakan sensasi mandi yang berbeda dengan sabun ini.

Kandungan argan oil di dalamnya bekerja sebagai pelembap yang menutrisi kulit dan melembutkan kulit tanpa membuatnya terasa kerig bersisik. Shower gel ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang punya kulit kering dan sensitif. Untuk mendapatkan busa maksimal, gunakan shower puff saat mandi.

Harga Rp. 50.000-200.000

Cetaphil Skin Restoring Body Wash

Buat kamu yang punya kondisi kulit kering sangat parah, ada Cetaphil Skin Restoring Body Wash yang bekerja mengembalikan kesehatan kulit seperti semula.

Body moisturizer spesial ini bekerja dengan kandungan khusus untuk meredakan eksem dan melembapkan kulit kering. Cocok juga untuk kulit bayi yang gatal, iritasi, dan muncul ruam merah.

Kandungan moisturizer di dalam sabun dapat mengembalikan kelembapan kulit yang hilang dan menjaganya agar tetap halus, lembut, dan sehat. Produk ini bebas pewangi sehingga aman digunakan oleh segala usia mulai dari bayi usia 3 bulan.

Harga Rp. 200.000-400.000

Imperial Leather Body Wash Softly

Berikutnya ada produk body wash istimewa dari Cussons. Imperial Leather Body Wash Softly Softly adalah sabun mandi antioksidan dengan kandungan alami rose tea dan hydrolized milk di dalamnya. Bekerja merawat kelembutan kulit, membuatnya terlihat lebih sehat, dan tidak kering.

Diperkaya kandungan Triple Moisturizing Complex yaitu lactic acid, Ggycerine, dan polyquartenium-7 yang telah teruji secara dermatologis. Kandungan pH netral pada sabun membuatnya aman untuk kulit sensitif. Nikmati kelembutan sabun ini saat menyentuh kulitmu.

Harga Rp. 20.000-40.000

Biore Pure Mild Body Foam

Biore Pure Mild Body Foam adalah sabun mandi dengan Cleansing Foam Formula yang mampu mengangkat kotoran secara lebih bersih hingga ke pori terdalam, namun menjaga kulit tetap glowing dan lembut.

Cleansing foam formula terdiri dari Skin Purifying Technology (SPT) dan cleansing mineral yang bekerja secara bersamaan untuk menutrisi kulit.

Yogurt extract bekerja menghaluskan kulit dan membuat kulit terasa lebih licin setelah mandi. Busanya yang lembut dan creamy sangat melimpah ketika digunakan. Rasakan kulit yang lebih lembut dan menyenangkan.

Harga Rp. 10.000-50.000

St. Ives Soft & Silky Coconut & Orchid Body Wash

St. Ives Soft & Silky Coconut & Orchid Body Wash adalah sabun mandi cair dengan kandungan santan dan ekstrak bunga anggrek yang diformulasikan khusus untuk kulit kering. Dibuat dengan 100% bahan-bahan alami, bebas paraben, teruji secara dermatologis, dan aman untuk kulit sensitif.

Santan diambil dari pohon kelapa di Karibia dengan proses ekstraksi yang alami untuk menjaga kandungannya tetap utuh. Mampu membersihkan kulit dengan sempurna, membuatnya terasa lebih halus dan segar setelah mandi.

Harga Rp. 40.000-80.000

L’Occitane Almond Moisturizing Shower Oil

Satu lagi nih rekomendasi produk sabun badan untuk kamu yang bermasalah dengan kulit kering. Kali ini datang dari L’Occitane Almond Moisturizing Shower Oil.

Sabun dengan kandungan minyak almond alami ini diformulasikan khusus untuk mengembalikan dan menjaga kelembapan alami kulit. Setelah mandi kulit akan terasa sangat halus dan lembut.

Tidak hanya itu, keharumannya yang lembut dan segar terasa sangat menggoda. Shower oil ini akan berubah menjadi limpahan busa melimpah begitu dicampur dengan air pada shower puff.

Harga Rp. 300.000-500.000

The Bath Box Goats Don’t Lie Original

The Bath Box adalah merek lokal yang kini menjadi salah satu merek papan atas dalam produk perawatan tubuh alami. The Bath Box Goats Don’t Lie Original adalah sabun mandi yang terbuat dari susu kambing dengan kandungan antioksidan tinggi dan diperkaya AHA untuk mengeksfoliasi kulit. Bekerja mencegah penuaan dini, meregenerasi kulit, dan mengangkat sel kulit mati.

Susu kambing dengan lemak yang tinggi sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit, jojoba oil, olive oil, dan shea butter di dalamnya memberikan sensasi kelembutan sekaligus ketenangan pada kulit. Sabun cair natural ini babas detergen, bebas bahan preservatif, dan sangat cocok untuk penderita eksem dan psiorasis.

Harga Rp. 100.000-200.000

Innisfree Olive Real Body Cleanser

Innisfree Olive Real Body Cleanser adalah sabun mandi cair dengan busa yang creamy dan lembut. Mengandung kekayaan pelembap yang diperoleh dari ekstrak virgin oilve oil organik dan vitamin yang ada di dalamnya.

Bekerja membersihkan kulit, menjaga kelembapan alaminya, namun tidak membuat kulit terasa kering setelah mandi.

Body cleanser ini menggunakan minyak zaitun dari Mediterania yang kaya nutrisi dan dikenal sebagai zaitun terbaik di dunia. Dapatkan segala kebaikan sabun mandi ini dengan menggunakannya secara rutin saat mandi.

Harga Rp. 120.000-170.000

Shinzu’i Matsu Body Cleanser

Ingin punya kulit yang lembut, putih, cerah, dan sehat? Shinzu’i Matsu Body Cleanser adalah solusinya. Sabun cair ini bekerja membersihkan dan mencerahkan kulit secara alami dan lebih efektif.

Sabun yang berasal dari Jepang ini diperkaya herba matsu oil, bahan alami yang dapat mencerahkan dan melembapkan kulit.

Ekstrak bunga sakura memberikan wangi lembut, tidak berlebihan, dan membuatmu merasa tenang. Dengan pemakaian yang rutin, kamu dapat merasakan manfaat kebaikan dari sabun mandi ini.

Harga Rp. 10.000-40.000
From our editorial team

Agar Kulit Tidak Mudah Kering, Jangan Mandi Terlalu Lama Ya!

Tahukah kamu bahwa air dapat mengikir kelembapan alami kulit? Kamu memang bisa merawat kulit keringmu dengan rekomendasi sabun dari BP-Guide di atas. Namun untuk menjaga kulit agar lembap lebih lama, jangan mandi terlalu lama ya. Beberapa menit saja sudah cukup kok untuk membersihkan seluruh badan.

Tag