Rawat Rambut Keringmu dengan 10 Rekomendasi Hair Oil Terbaik (2020)

Rawat Rambut Keringmu dengan 10 Rekomendasi Hair Oil Terbaik (2020)

Rambut juga butuh perawatan yang tepat supaya tetap sehat dan subur. Kamu bisa memakai hair oil untuk merawat rambut yang kering. Pilih hair oil yang sesuai kebutuhan dengan panduan dari kami! Simak juga rekomendasi produknya, ya!

Kenali Perbedaan Hair Oil dan Hair Serum Serta Cara Memakainya

Rambut menjadi salah satu bagian tubuh wanita yang wajib dirawat dengan baik. Untuk merawat rambut, produk yang paling sering kita gunakan adalah sampo dan kondisioner. Namun, di luar itu ada juga produk perawatan rambut seperti hair serum dan hair oil.

Banyak orang sering kesulitan membedakan antara hair serum dan hair oil. Keduanya jelas berbeda dari segi tekstur dan pemakaian. Hair serum memiliki tekstur yang lebih cair karenanya bisa lebih cepat meresap. Teksturnya yang mirip air berfungsi untuk menutrisi akar dan batang rambut sehingga membuat rambut lebih kuat dan tidak mudah patah.

Sementara itu, hair oil memiliki tekstur sedikit berminyak tapi tidak lengket. Hair oil sedikit lebih kental namun cepat meresap dan tidak akan meninggalkan rasa berminyak. Hair oil berfungsi untuk mengembalikan kilau rambut yang kusam.

Hair serum biasanya digunakan saat kondisi rambut setengah kering. Hair serum dioles pada batang rambut sebab jika dioleskkan pada kulit kepala bisa berisiko merangsang sebum. Hair oil digunakan 30 menit sebelum keramas. Pemakaian hair oil berguna agar kelembapan rambut tetap terjaga sehingga rambut tidak akan kaku dan terasa kering.

Ini Loh, Manfaat Hair Oil untuk Rambutmu

Hair oil adalah minyak rambut yang bisa melembutkan rambut yang kaku dan rusak. Produk ini juga bisa membuat rambut tampak lebih menawan. Hair oil banyak digunakan para wanita untuk merawat keindahan rambut. Manfaat produk perawatan rambut yang satu ini sangat banyak, simak yuk!

Pertama, hair oil bisa menguatkan rambut. Hair oil bisa memberi kekuatan pada rambut yang rentan rusak akibat paparan sinar matahari, polusi, dan alat styling rambut. Hair oil yang kaya akan vitamin E bisa mencegah rambut bercabang, melindungi rambut dari panas berlebih saat perawatan rambut, hingga bisa memperkuat akar rambut supaya tak mudah patah.

Hair oil juga bermanfaat untuk memberi kilau pada rambut. Polusi dan pewarna rambut bisa membuat rambut stres dan kehilangan kilau alaminya. Maka dari itu, kamu butuh hair oil untuk mengembalikan keindahan alami rambut.

Manfaat selanjutnya adalah untuk menghilangkan ketombe yang mengganggu. Adanya ketombe bikin kita jadi kurang percaya diri. Kulit kepala juga terasa gatal dan kita jadi sering menggaruk kepala. Ketombe muncul karena kulit kepala kering dan karena paparan produk rambut yang keras. Dengan memakai hair oil maka kulit kepala lebih lembap dan ketombe jadi berkurang.

Kulit kepala sering terasa gatal karena iritasi atau infeksi karena pori-pori pada kulit kepala tersumbat kotoran. Jika hal ini dibiarkan maka kamu jadi kurang nyaman beraktivitas. Maka dari itu, kamu butuh hair oil. Minyak rambut bisa mencegah infeksi bakteri dan jamur di kepala. Selain itu hair oil juga bisa membuat kepala kamu tetap sehat dan terhidrasi dengan baik.

Untuk kamu yang bermasalah dengan kerontokan juga bisa mengandalkan hair oil. Produk yang satu ini bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Hasilnya rambut lebih cepat tumbuh subur dan lebar. Hair oil akan melemaskan kulit kepala dan meningkatkan peningkatan pertumbuhan rambut.

Tips Memilih Hair Oil untuk Rambut

Kenali Jenis Hair Oil

Ada banyak jenis hair oil di pasaran. Tentu akan kesulitan memilih jika kamu belum mengenal setiap jenis hair oil. Dengan mengetahui setiap jenis hair oil maka kamu jadi tahu fungsinya dan bisa memilih mana yang sekiranya dibutuhkan oleh rambut kamu.

Pertama ada argan oil yang kerap jadi bahan utama hair oil. Ini cocok untuk jenis rambut kaku dan juga kering. Argan oil berasal dari Maroko. Minyak ini memiliki asam lemak dan vitamin E di dalamnya. Argan oil akan membuat rambut jadi lebih mudah diatur.

Kedua, ada jenis macadamia oil yang cocok untuk rambut rusak. Kacang macadamia mengandung banyak minyak yang bagus untuk menghaluskan dan melembapkan rambut kering. Macadamia oil paling pas untuk menutrisi rambut yang sudah melalui styling yang berat.

Coconut oil adalah jenis hair oil selanjutnya. Minyak yang satu ini bisa menjaga agar kulit kepala tetap sehat. Kaya akan karbohidrat, vitamin, dan mineral, coconut oil bisa mempercepat pertumbuhan rambut dan cocok untuk perawatan rambut mingguan.

Marula oil adalah bahan yang umum dijadikan hair oil selanjutnya. Bahan yang satu ini memiliki aroma yang lebih enak ketimbang aroma minyak rambut lainnya. Marula oil memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Marula oil cocok untuk semua jenis rambut untuk melindungi rambut dari risiko kering akibat tereskpos di bawah sinar matahari.

Hair oil bisa juga dibuat dari baobab oil. Minyak yang satu ini hadir dengan kandungan vitamin A, D, E, dan F. Ini membuatnya cocok untuk memperbaiki elastisitas dan mendorong regenerasi sel rambut.

Bahan lain untuk membuat hair oil adalah kalahari melon seed oil. Bahan ini kaya omega 6 yang bisa menyuburkan rambut. Minyak ini juga kaya vitamin C dan B2. Minyak rambut ini cocok untuk kamu yang menderita dermatitis, psoriasis, atau sering mengalami reaksi gatal pada kulit kepala akibat produk kecantikan.

Almond oil juga bisa jadi hair oil. Minyak yang satu ini akan membantu menuntaskan ketombe. Dalam minyak almond terkandung antioksidan, vitamin E, asam lemak, dan protein. Kandungan tersebut akan membuat kulit kepala jadi lebih sehat dan terhindar dari ketombe.

Abyssinian oil merupakan bahan selanjutnya yang bisa digunakan sebagai bahan hair oil. Bahan ini memiliki tekstur ringan yang cepat meresap. Minyak ini bisa menghidrasi rambut sehingga cocok untuk digunakan sebagai pelindung dari aneka peralatan styling.

Pilih Aroma yang Kamu Suka

Ketika mengaplikasikan hair oil, kamu bisa sekalian memijat kepala. Pada proses tersebut tentu kamu jadi merasa lebih rileks. Jika hair oil memiliki aroma yang enak dan menenangkan, tentu kamu jadi makin rileks saat mengaplikasikannya. Untuk mengetahui aromanya sebelum membelinya, kamu bisa cek review para konsumen di internet, ya.

Sesuaikan Bujet

Kamu juga bisa menyesuaikan pembelian hair oil dari bujet yang kamu miliki. Harga hair oil beragam, ada yang terjangkau dan ada juga yang mahal. Umumnya yang mahal adalah yang terbuat dari bahan organik yang langka atau dari merek ternama.

Pilihlah hair oil berdasarkan kebutuhan kamu. Jika ada yang murah mengapa harus beli yang mahal. Jika yang murah sudah bisa mencukupi kebutuhan kamu, maka kamu tidak perlu gengsi membeli yang murah. Namun, jika ada kelebihan bujet, kamu boleh juga mencoba yang mahal untuk dibandingkan rasa penggunaannya dengan hair oil yang memiliki harga terjangkau.

Ini Dia Rekomendasi Hair Oil Terbaik untuk Kamu

L’Oréal Professionnel Mythic Oil

L’Oréal Professionnel Mythic Oil menjadi rekomendasi pertama dari kami. Produk yang satu ini bisa mengatasi rambut kering dengan baik. Ada empat varian yang disesuaikan dengan kondisi rambut. Produk ini cocok aneka jenis rambut mulai dari rambut kering, rambut diwarnai, rambut rusak, dan lainnya. Dengan tambahan UV filter, rambut kamu jadi lebih terjaga dari efek buruk sinar matahari. Rambut jadi lebih ternutrisi dan bercahaya. Produk ini bisa melindungi rambut dari radikal bebas, melindungi dari panas pengering rambut, dan juga bisa menjaga kelembapan rambut dengan baik.

Harga Rp. 180.000-558.000

Pantene Intensive Damage Repair Oil Treatment

Selanjutnya, Pantene Intensive Damage Repair Oil Treatment ini juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini khusus untuk rambut kering. Hair oil dari Pantene ini bisa mencegah rambut kering agar tidak bercabang. Hair oil ini hadir dengan teknologi Keratin Damage Blockers yang mengurangi kerusakan rambut. Cukup aplikasikan setiap minggu secara rutin agar rambut jadi ternutrisi dengan baik.

Harga Rp. 37.000-78.000

Dove Nourishing Oil Care Dry Hair Serum

Kamu juga bisa mengandalkan Dove Nourishing Oil Care Dry Hair Serum. Produk yang satu ini hadir dengan minyak yang tidak membuat rambut jadi lepek dan kusam. Hair oil ini bisa membuat rambut terasa lembut, halus, dan berkilau. Di dalamnya ada ekstrak minyak kelapa, almond, dan biji bunga matahari. Berbagai bahan tersebut cepat diserap oleh rambut. Hair oil yang satu ini juga bisa membuat aroma rambut jadi lebih wangi dan lembut.

Harga Rp. 197.000-66.500

Kerastase Elixir Ultime

Kamu juga bisa memakai Kerastase Elixir Ultime. Produk yang satu ini bisa merawat rambut kering dengan baik. Hair oil ini memiliki empat jenis minyak sekaligus, yakni argan, camellia, maize, dan pracazi. Dengan memakai produk yang satu ini maka rambutmu tidak hanya terawat bagian batangnya saja namun juga bagian kutikula rambutnya. Hair oil ini juga kaya antioksidan yang efektif melindungi kutikula.

Harga Rp. 89.000-419.000

Ellips Hair Vitamin Smooth & Silky

Gunakan juga Ellips Hair Vitamin Smooth & Silky untuk perawatan rambutmu. Hair oil yang satu ini bisa digunakan usai rambut dirawat dengan proses styling yang berat. Rambut yang kasar dan kaku bisa jadi lebih lembut dan nyaman dengan hair oil ini. Kaya akan kandungan lidah buaya, vitamin A, C, E, dan pro vitamin B5, hair oil ini bisa menjaga kelembapan serta merawat rambut dengan lebih baik. Berbentuk kapsul berisi gel, hair oil ini mudah dibawa ke mana saja dan bisa digunakan kapan saja dibutuhkan.

Harga Rp. 12.000-37.000

Ree Derma Hot Oil

Kamu juga bisa memakai Ree Derma Hot Oil yang merupakan merek lokal kenamaan. Produk hair oil ini bisa menumbuhkan anak rambut dan bisa mencegah kerontokan rambut. Kaya akan vitamin A, C, K, dan B6, hail oil ini berbahan utama coconut oil yan alami dan organik sehingga bisa merawat rambut dengan baik. Produk ini juga bisa meregenerasi sel rusak dan memproteksi rambut dari radikal bebas. Hair oil ini bisa dipakai di kulit kepala selama 1-8 jam sebelum keramas. Rambut rontok berkurang dan kulit kepala jadi lebih sehat.

Harga Rp. 110.000-270.000

Sensatia Botanicals Argan Rose & Jasmine Nurturing Hair Oil

Sensatia Botanicals Argan Rose & Jasmine Nurturing Hair Oil ini juga bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini hadir dengan minyak argan premium yang bisa menyehatkan rambut termasuk untuk merangsang pertumbuhannya. Di dalam hair oil ini juga ada minyak bunga melati yang mengandung antibakterial. Kandungan tersebut bisa melindungi rambut dari kerusakan. Hair oil ini juga akan memperindahkan rambut dan menenangkan kulit kepala. Aromanya ringan dan bikin rileks.

Harga Rp. 165.000-355.000

Kiehls Magic Elixir Hair Oil

Kiehls Magic Elixir Hair Oil juga bisa jadi pilihan kamu selanjutnya. Produk ini cocok untuk jadi andalan dalam melembapkan rambut kering. Hair oil ini akan menyehatkan bagian akar hingga batang rambut kamu. Dengan minyak argan dan minyak alami lainnya, produk ini bisa mengunci kutikula rambut agar tidak mudah rusak. Aplikasikan hair oil 15 menit sebelum keramas. Produk ini akan membuat rambut menjadi lebih mudah tumbuh, tidak mudah patah, dan sehat.

Harga Rp. 229.000-737.000

Innisfree Camellia Essential Hair Oil Serum

Innisfree Camellia Essential Hair Oil Serum juga bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini bisa menuntaskan masalah rambut rusak. Hair oil ini akan bikin rambut jadi lebih lembut dan juga sehat. Di dalamnya ada kandungan camellia oil jeju yang akan melapisi rambut. Teksturnya ringan sehingga lebih cepat menyerap. Kamu bisa memakainya setelah keramas sebelum menggunakan hair dryer atau styling tool lainnya. Rambut jadi lebih sehat dan mudah diatur. Produk ini juga bisa mengatasi rambut patah dan bercabang akibat proses styling.

Harga Rp. 133.000-203.000

Utama Spice Hair Oil

Kamu bisa juga memakai Utama Spice Hair Oil. Produk yang satu ini hadir dalam empat varian hair oil yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Hair oil ini bisa melembapkan, merangsang pertumbuhan rambut, dan bisa menenangkan rambut yang stres usai proses styling. Produk yang satu ini cocok untuk jadi masker sebelum keramas. Dengan kandungan minyak kelapa asli, produk ini bikin rambut lebih subur dan kulit kepala lebih sehat.

Harga Rp. 36.000-172.000
From our editorial team

Gunakan Hair Oil dengan Benar

Beberapa dari kita mungkin masih asing dengan hair oil. Kamu yang ingin mencoba memakai hair oil untuk merawat rambut wajib tahu cara pemakaian yang benar. Ini supaya kamu bisa mendapat manfaatnya dengan maksimal. Cara menggunakan hair oil adalah dipakai langsung ke kulit kepala dan dipijat pelan agar zat aktifnya meresap. Hair oil akan cepat diserap kulit kepala untuk merangsang peredaran darah dan untuk memperbaiki rambut yang rusak. Gunakan secukupnya saja dan jangan berlebihan agar rambut tidak lepek dan kusam.