Kesehatan dan Keindahan Rambut Harus Dijaga, Rawatlah dengan 10 Rekomendasi Produk Perawatan Rambut Pilihan Ini

Kesehatan dan Keindahan Rambut Harus Dijaga, Rawatlah dengan 10 Rekomendasi Produk Perawatan Rambut Pilihan Ini

Menjaga kesehatan rambut adalah hal yang penting. Itulah kenapa, bagi wanita, produk perawatan rambut tidak hanya sekadar sampo saja. Masih ada rangkaian produk lainnya untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Berikut tips dan rekomendasi produk perawatan rambut yang bisa kamu simak.

Rambut Wajib Dirawat Apalagi Kalau Kamu Banyak Kegiatan. Kenali Produknya Agar Tidak Salah Pakai

Setiap bagian dari tubuh kita sangat berharga, dari kepala hingga ujung kaki perlu perawatan yang tepat. Wanita adalah makhluk yang begitu peduli akan penampilan. Bagi wanita, merawat setiap bagian tubuh dengan baik sudah menjadi kewajiban supaya tampilan jadi mempesona.

Rambut adalah bagian tubuh yang wajib dirawat dengan benar. Sebagai mahkota para wanita, rambut sangat berpengaruh pada keseluruhan penampilan. Jika kamu adalah wanita dengan segudang aktivitas, kebersihan dan keindahan rambut perlu tetap dijaga supaya tetap sehat dan penampilanmu makin cantik.

Perawatan rambut yang tepat tak hanya sekadar rajin keramas saja, loh. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan supaya rambutmu makin sehat. Namun ada juga beberapa hal yang tidak seharusnya kamu lakukan pada rambutmu.

Dos and Don'ts Dalam Merawat Rambut

Dos

Keramas dengan Air Dingin

Saat keramas, kamu lebih suka pakai air dingin atau hangat nih? Keramas lebih dianjurkan untuk memakai air dingin karena memiliki banyak manfaat. Mencuci rambut dengan air dingin bisa membuat folikel dan kutikel rambut tertutup. Dengan demikian, rambut kamu jadi tak kusut usai keramas.

Manfaat lainnya dari keramas dengan air dingin adalah untuk memperlancar peredaran darah dan juga membuat rambut lebih berkilau. Selain itu minyak di kepala juga akan hilang karena air dingin bisa membuka pori sehingga mampu mencegah kotoran dan minyak masuk ke dalam kulit kepala. Terakhir, keramas dengan air dingin akan mengurangi kerontokan rambut.

Tidak Menyisir Rambut Saat Masih Basah

Beberapa dari kita sering menyisir rambut kala masih basah karena tak ingin rambut menjadi kusut. Namun, yang benar adalah tidak menyisir rambut kala basah. Rambut yang basah justru rentan mengalami kerusakan.

Rambut akan membengkak kala basah dan menjadi rapuh. Jika disisir dengan sisir yang memiliki gigi rapat, maka rambut akan tertarik dan tak bisa bertahan sehingga mudah patah. Jika ingin menyisir hendaknya tunggu rambut kering dan gunakan sisir rambut yang memiliki gigi jarang atau sedikit.

Memilih Produk yang Sesuai dengan Jenis Rambutmu

Saat membersihkan rambut, kita wajib tahu kondisi rambut. Tiap rambut memiliki jenisnya sendiri dan kebutuhannya juga berbeda. Selama kita bisa menyesuaikan produk yang dipakai dengan kebutuhan, maka rambut akan tetap sehat apapun aktivitas yang kamu lakukan.

Untuk jenis rambut berminyak,, kulit kepala memproduksi lebih banyak sebum. Maka hindari memakai produk yang memiliki banyak kandungan lemak karena hanya akan bikin rambut makin berminyak dan bikin ketombe bermunculan. Kamu bisa gunakan produk yang labelnya clarifying. Cocok juga untuk memakai produk yang memiliki kandungan mint atau lidah buaya untuk membantu mendinginkan kepala.

Untuk yang memiliki rambut kering, umumnya karena ditata baik dicatok atau diwarnai, sebaiknya memilih produk yang bisa melembapkan rambut. Bisa juga dengan memakai deep conditioner seminggu sekali hanya pada bagian batang dan ujung rambut untuk memperbaiki kondisi rambut.

Bagi yang rambutnya berjenis normal, bisa keramas 3 hari sekali. Gunakan sampo jenis daily therapy supaya rambut bisa semakin lembut dan sehat.

Don'ts

Kurangi Menggunakan Alat Pemanas atau Catok

Para wanita seringkali menggunakan catok rambut. Alat ini bisa untuk meluruskan atau mengeriting rambut, serta untuk berbagai style yang diinginkan. Namun terlalu sering menggunakannya juga kurang bagus.

Mencatok rambut terlalu sering bisa membuat rambut kaku. Apalagi jika panas catok yang digunakan berlebihan. Rambutmu bisa jadi kering dan susah diatur. Sebaiknya kurangi memakai catok rambu,t ya.

Hindari Menggosok-gosok Rambut dengan Menggunakan Handuk

Saat usai keramas, rambut yang terlalu basah memang bikin kurang nyaman. Maka dari itu tak sedikit orang yang menggosok rambutnya dengan keras memakai handuk supaya cepat kering. Sebenarnya cara yang satu ini kurang tepat untuk dilakukan.

Gosokan kasar pada rambut akan membuat rambut mudah pecah dan rusak. Daripada menggosok, sebaiknya kamu menekan handuk secara lembut pada rambut untuk mengeringkannya.

Hindari Menggunakan Terlalu Banyak Produk Perawatan Rambut

Wanita biasanya merasa kurang puas hanya dengan 1 jenis perawatan rambut semisal sampo. Kadang ada yang memakai berbagai perawatan rambut sekaligus untuk rambutnya. Mulai dari pomade, kondisioner, hingga serum semua dicoba. Bukannya malah bikin rambut cantik, ini malah membuat potensi rusaknya rambut.

Terlalu banyak produk artinya banyak juga bahan kimia yang terserap di rambut. Kesehatan rambut bisa terganggu arena zat kimia bertumpuk di rambut dan kulit kepala. Terlalu banyak zat kimia bisa merontokkan dan membuat rambut semakin tipis.

10 Produk Perawatan Rambut yang Wajib Kamu Miliki

Kondisioner

Neutrogena Triple Moisture Silk Touch Leave-In Cream

Sumber gambar amazon.com

Neutrogena Triple Moisture Leave In Cream merupakan produk perawatan rambut untuk kamu. Kondisioner ini dibuat untuk rambut ekstra kering. Mampu meningkatkan kelembapan rambut sehingga rambut mudah diatur. Berbentuk krim dan mudah meleleh sehingga mudah diserap rambut. Kamu jadi bebas rambut kusut karena rambut mudah diatur.

Hadir dengan UV filter untuk melindungi rambut dari paparan buruk sinar matahari. Ada juga kandungan zaitun yang mampu menembus inti rambut. Kandungan biji meadowfoam membantu melembapkan bagian tengah, sementara almond manis bisa melapisi permukaan rambut. Dapatkan di Lazada dengan harga Rp 569.000.

Aussie Moist 3 Minute Miracle Deep Conditioner

Sumber gambar tokopedia.com

Kondisioner selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Aussie Moist 3 Minute Miracle Deep Conditioner. Produk yang satu ini bisa membuat rambut jadi lebih lembut. Praktis dipakai, kondisi rambut jadi lebih halus dalam 3 menit saja.

Hadir dengan aroma orange, grapefruit, dan lime, produk ini bikin suasana hati jadi riang karena rambut begitu segar. Kondisioner ini mengandung lidah buaya dan jojoba australia. Kandungan tersebut bisa menghidrasi rambut kering dan rusak. Kamu bisa membelinya di Lazada dengan harga Rp 625.000.

Hair Serum

Matrix Biolage Deep Smoothing Serum

Sumber gambar tokopedia.com

Selain kondisioner, kamu juga bisa merawat rambut kamu memakai hair serum. Matrix Biolage Deep Smoothing Serum bisa menjadi serum yang kamu coba. Produk dalam kemasan 100 ml ini akan membantu menjinakkan rambutmu yang susah diatur.Selain bisa menambah kilau rambut, serum ini juga menjaga rambut dari panas dan lembap.

Mengandung biji bunga kamelia yang kaya asam lemak, antioksidan dan vitamin E, produknya berwarna keemasan. Cukup tuang beberapa tetes lalu oleskan secara merata pada rambut. Dapatkan di Shopee dengan harga Rp 85.000.

L’OCCITANE Repairing Serum

Sumber gambar pusatkosmetik.com

Kalau rambutmu terasa mudah patah dan kering, itu tandanya rambutmu mulai rapuh. Perlu perawatan intens dan jangan lupa gunakan serum rambut.

L Occitane Repairing Serum hadir untuk memenuhi kebutuhan kamu. Hadir dengan formula tak berminyak sehingga bisa melindungi terhadap efek stres lingkungan yang merusak dan melindungi kilauan rambut. Saat diaplikasikan pada rambut rusak, maka rambut akan cepat kembali pada kondisi prima. Serum ini bisa melembutkan dan memberi nutrisi pada rambut. Dapatkan di Pusat Kosmetik dengan harga Rp 295.000.

Hot Oil

Queen Helene Cholesterol Hot Oil Treatment

Sumber gambar amazon.com

Saat rambut terasa rapuh, kamu bisa melakukan perawatan dengan hot oil. Caranya adalah dengan keramas seperti biasa lalu keringkan secara alami. Selanjutnya panaskan minyak perawatan rambut dengan tungku yang di bawahnya disematkan lilin.

Aplikasikan hot oil pada kulit kepala sembari dipijat dengan gerakan memutar. Pijat 15 menit supaya peredaran darah di seluruh tubuh jadi lebih lancar. Bungkus rambut dengan handuk yang telah direndam air panas dan diamkan 30 menit. Bilas dengan sampo lembut dan keringkan secara alami.

Queen Helene Cholesterol Hot Oil 1 Ouncetube bisa kamu pilih menjadi produk hot oil. Produk ini bisa mengontrol kerusakan rambut akibat bahan kimia saat styling rambut. Selain itu bisa juga untuk mengatasi masalah kulit kepala seperti ketombe. Dapatkan di We Shop dengan harga Rp 310.489.

The Body Shop Coconut Oil Hair Shine

Sumber gambar www.thebodyshop.co.id

Coconut Oil Hair Shine dari The Body Shop bisa menjadi pilihan juga untuk hot oil. Produk ini bisa memberikan kilau alami pada rambut. Cocok untuk semua jenis rambut, hot oil ini berbahan alami.

Kaya akan virgin coconut oil dari Samoa dan praktis pemakaiannya. Memiliki tekstur balm sehingga mudah digunakan. Gunakan secukupnya pada rambut setelah mengeringkan atau menata rambut. Dapatkan di thebodyshop.co.id dengan harga Rp 119.000.

Dry Shampoo

Schwarzkopf Biotin Volume Dry Shampoo

Sumber gambar tokopedia.com

Schwarzkopf Biotin Volume Dry Shampoo bisa jadi andalan kamu. Shampo dari Jerman ini mampu menyerap minyak dan bau pada rambut dalam waktu singkat. Rambut jadi lebih bervolume dan kamu pun siap tampil elegan.

Memiliki Micro Fix Technology sehingga rambut jadi terasa lebih segar tanpa harus dibilas. Cocok untuk yang memiliki kulit kepala yang mudah berminyak. Rambut jadi lebih lembut dan tampak lebih sehat dan segar. Silakan beli di Tokopedia dengan harga Rp 90.000.

Batiste Clean & Classic Original Dry Shampoo

Sumber gambar blibli.com

Batiste Clean & Classic Original Dry Shampoo bisa jadi alternatif lain untuk kamu. Sampo ini dikenal aman untuk ibu hamil maupun ibu menyusui. Formulanya ringan sehingga bisa sekejap menyegarkan kulit kepala.

Bisa menyerap minyak dan tak akan menyisakan kotoran di kepala. Hadir dalam kemasan 200ml, produk ini memberikan cara baru untuk keramas praktis tanpa air. Cukup kocok botolnya lalu semprotkan pada rambut yang kering dengan jarak 30 cm secara merata pada rambut. Biarkan benar-benar terserap baru sisir rambut seperti biasa. Dapatkan di Tokopedia seharga Rp 70.000.

Hair Mist

Makarizo Hair Energy Scentsations

Sumber gambar tokopedia.com

Makarizo Hair Energy Scentsations cocok untuk menjadi pilihan hair mist andalan. Mampu menyerap bau tak sedap pada rambut. Apalagi bila kamu belum sempat keramas namun tak percaya diri dengan bau apek rambut.

Produk ini hadir dengan 4 pilihan keharuman yang bertahan hingga 8 jam. Dilengkapi vitamin yang mampu melindungi rambut dari paparan sinar matahari. Bisa juga untuk kamu gunakan saat rambutmu susah diatur. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 23.000.

Nature Republic Argan Essential Moist Hair Mist

Sumber gambar tokopedia.com

Nature Republic Argan Essential Moist Hair Mist cocok juga untuk kamu gunakan. Produk ini hadir dengan kandungan minyak argan. Memiliki aroma segar, rambut jadi terjaga kelembapannya.

Kandungannya diperkaya dengan bahan minyak nabati sehingga aman digunakan. Bisa dipakai sebelum atau sesudah styling untuk melindungi rambut. Cocok juga dipakai kala ingin melindungi rambut dari paparan sinar matahari. Rambut akan lebih bervolume dan terasa lebih halus. Dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 184.000.

Infografik berikut ini bisa kamu cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Rambut Adalah Aset Berharga Bagi Wanita

Kesehatan rambut menjadi satu hal yang sangat penting bagi perempuan. Untuk kesehatan dan keindahan rambut, rangkaian produk-produk perawatan rambut di atas tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kamu miliki.