Kulitmu Kering? Yuk Intip Krim Terbaik untuk Mengembalikan Kelembabannya!

Kulitmu Kering? Yuk Intip Krim Terbaik untuk Mengembalikan Kelembabannya!

Kulit kering membuat wajah terlihat kusam dan tidak bercahaya. Untuk merawatnya, kamu perlu krim yang bisa mengembalikan dan menjaga kelembaban kulit. BP-Guide akan merekomendasikan krim untuk kulit kering yang bisa kamu gunakan secara rutin.

Kondisi Kulit Wajah yang Kering Akan Membuat Wajah Terlihat Kusam

Sumber gambar skinscience.md

Setiap wanita tentunya memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya ada yang memiliki kulit kering dengan ciri-ciri wajah yang tampak gelap dan tidak bercahaya. Tak heran bila dalam kondisi yang paling ekstrim, kulit kering bisa terasa kasar, pecah-pecah, gatal, hingga menyebabkan wajah tampak kusam.

Pemilik kulit ini bisa terjadi karena banyak faktor seperti usia, gaya hidup tidak sehat, hingga krim yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Pada dasarnya semakin bertambahnya usia, kelembaban kulit memang akan semakin berkurang. Untuk itu wajah membutuhkan perawatan kulit untuk mengembalikan kelembapan alami pada wajah.

Tips Merawat Kulit Wajah yang Kering

Hindari Menggosok Muka

Sumber gambar thelist.com

Mencuci muka adalah salah satu tahap perawatan kulit yang tidak boleh dilewatkan. Namun pagi pemilik kulit kering, mencuci muka harus dilakukan dengan hati-hati. Hindari kesalahan yang bisa membuat kulit menjadi semakin kering, seperti menggosok kulit wajah terlalu keras. Alih-alih menjadi bersih, menggosok wajah menyebabkan lapisan kelembaban kulit alami terkikis.

Hasilnya, kulit menjadi semakin kering. Saat mencuci muka atau membersihkan wajah dari kotoran dan sisa make up, lakukan dengan lembut dan hati-hati. Begitu juga saat mengaplikasikan toner pada wajah, hingga menggosokkan kapas di seluruh wajah. Cukup ditepuk-tepuk saja agar wajah tidak menjadi terlalu kering dan kencang.

Cuci Muka dengan Air Dingin

Sumber gambar beyoutifulmag.com

Air dingin dan air hangat sama-sama bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit. Jika air panas dapat membuka pori-pori untuk membersihkan kotoran dengan sempurna, maka air dingin punya fungsi yang sebaliknya. Air dingin dapat menutup pori-pori kulit dan mengencangkan kulit wajah.

Mencuci muka dengan air dingin dapat memperlambat proses penuaan dini, mencegah keriput pada wajah, dan menjaga kelembaban kulit. Pemilik kulit kering harus mencuci muka dengan menggunakan air dingin. Air hangat dapat membuat kulit menjadi semakin kering. Selain itu, biasakan mencuci muka dengan air es di setiap pagi.

Konsumsi Air Putih

Sumber gambar brita.co.nz

Air putih punya banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Selain mencegah dehidrasi pada tubuh, banyak minum air putih dapat menjaga kelembaban kulit, menjadikan kulit lebih segar dan awet muda.

Manfaat lainnya adalah air putih dapat membuang semua racun pada tubuh sehingga kulit terlihat lebih cerah, segar, dan bercahaya. Air putih adalah salah satu cara alami untuk merawat kulit yang kering.

Olahraga Secara Teratur

Sumber gambar blog.soletreadmills.com

Rajin berolahraga tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga bermanfaat untuk kulit. Olahraga dapat menyehatkan tubuh, melancarkan metabolisme, serta membuang semua racun dan zat sisa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Kulit akan terasa lebih kencang dengan olahraga yang teratur.

Selain itu ada pula manfaat tidak langsung yang bisa dirasakan dari olahraga seperti menurunkan stress yang juga berdampak pada kesehatan kulit. Jika ingin kulit yang sehat, yuk mulai rutin berolahraga.

Gunakan Pelembab

Sumber gambar allure.com

Ini dia elemen penting untuk merawat kulit yang kering. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembab secara rutin di pagi dan malam hari. Pastikan pelembab yang dipilih sesuai dengan jenis kulitmu. Mengoleskan pelembab di siang hari dapat melindungi kulit dari sinar matahari berbahaya. Sementara itu memakai pelembab di malam hari dapat mencegah kulit dari kerusakan yang timbul setelah beraktivitas seharian.

Gunakan pelembab wajah setiap selesai mandi atau mencuci wajah. Kulit yang diberi pelembab akan terus terhidrasi dengan baik dan lebih cepat mengalami regenerasi.

Krim Wajah Terbaik untuk Melembabkan Kulit Kering

Erha 8 Moisturizer for Very Dry Skin

Sumber gambar www.blibli.com

Pelembab dari lini skincare berkualitas, Erha yaitu Erha 8 diformulasikan khusus untuk menutrisi kulit kering dan sensitif. Tidak hanya meningkatkan kelembaban kulit, kandungan sunscreen protector dalam krim ini ampuh melindungi kulit wajah dari bahaya matahri.

Kandungannya antara lain AHA, Pro Vit B5, dan Niacinamide yang bekerja meregenerasi sel kulit mati, mencegah munculnya tanda penuaan kulit, dan mencerahkan wajah. Aman digunakan sehari-hari sebelum memakai make up. Krim ini juga bisa dipakai untuk melembabakan kulit siku dan lutut yang kering lho.

Erha 8 Moisturizer for Very Dry Skin dapat dibeli di Blibli dengan harga Rp 150.000.

Kiehl’s Ultra Facial Cream

Sumber gambar www.blibli.com

Ultra Facial Cream adalah salah satu produk yang paling terkenal dari brand skincare asal Amerika, Kiehl's. Pelembab dengan tekstur yang ringan ini menjaga kulit agar tetap lembab, meski di cuaca ekstrim sekalipun.

Terbuat dari Antarcticine yang diekstras dari mikroorganisme gletser laut untuk melindungi kulit dari udara dingin, kering, dan panas. Krim ini bekerja menyerap kelembaban yang ada di udara serta menjaga kadar air dalam kulit. Gunakan secara merata dari wajah hingga leher untuk wajah tetap lembab selama 24 jam.

Kiehl's Ultra Facial Cream 50 ml dapat dibeli di Blibli dengan harga Rp 421.000.

Clinique Dramatically Different Moisturizing Lotion

Sumber gambar www.blibli.com

Moisturizer atau pelembab punya fungsi yang lebih dari sekedar pelembab wajah. Krim ini dapat mempersiapkan kulit sebelum memakai makeup. Apalagi untuk kulit kering, pemakaian pelembab tidak boleh dilewatkan dalam rangkaian skincare.

Clinique Dramatically Different Moisturizing Lotion bisa jadi pilihan yang pas. Berbeda dengan pelembab umumnya, bentuknya gel yang sangat ringan dan cepat meresap di kulit tanpa meninggalkan rasa lengket. Selain itu moisturizer ini adalah pelembab murni tanpa tambahan whitening atau anti acne. Formula hydration dan skin tightening membuat kulit terasa kencang dan lebih awet muda.

Clinique Dramatically Different Moisturizing Lotion Pelembab Wajah 125 ml tersedia di Blibli seharga Rp 1.000.000.

ST. Ives Timeless Skin Collagen Elastin Moisturizer

Sumber gambar www.blibli.com

Satu lagi pelembab yang cocok untuk kamu si pemilik kulit kering. St. Ives Timeless Skin Collagen Elastin Moisturizer adalah pelembab dengan tekstur yang lembut, cepat meresap, dan tindak lengket. Kandungan protein dan elastin membuat kulit terasa lebih halus dan segar, cocok digunakan sebelum make up. Pelembab alaminya didapatkan dari Safflower Seed Oil alami.

Gunakan secara teratur untuk kulit yang lebih sehat dan lembab. St. Ives Timeless Skin Collagen Elastin Moisturizer 283 g tersedia di Blibli dengan harga Rp 900.000.

CeraVe Moisturizing Cream

Sumber gambar www.blibli.com

Kulit kering perlu pelembab dengan tekstur yang ringan, namun cepat meresap. CeraVe Moisturizing Cream hadir dalam kemasan plastik pump yang aman saat dibawa bepergian. Produk ini juga aman untuk kulit sensitif, tidak lengket di kulit, dan tidak menyebabkan penyumbatan pori. Dibuat dengan teknologi Multi Vescular Emulsion memberikan kelembaba kulit berlapis sepanjang waktu.

Kandungan lain berupa ceramides, hyaluronic acid, dan emmolients-nya bekerja melembabkan kulit, menjaga kadar air di dalam lapisan kulit agar tetap lembab lebih lama. CeraVe Moisturizing Cream 56ml tersedia di Blibli dengan harga Rp 140.000.

Pixy Radiant Finish Spot Care Beauty

Sumber gambar www.tokopedia.com

Brand lokal PIXY punya produk pelembab yang pas untuk pemilik kulit kering. PIXY Radiant Finish Spot Care Beauty tidak hanya melembabkan, namun juha mencerahkan, menjaga kelembaban dan elastisitas kulit, serta memberikan perlindungan dari sinar UV yang berbahaya. Krimnya berwarna putih susu, namun teksturnya ringan dan mudah merata di kulit.

Active Veil Formula dan Ekstrak Alami Botanpi ditambah dengan SPF 15 melindungi dan merawat kulit dengan sempurna.PIXY Radiant Finish Spot Care Beauty 50gr dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 27.500.

Sariayu Putih Langsat Skin Brightening Moisturizer

Sumber gambar shopee.co.id

Pelembab yang terbuat dari bahan alami cenderung lebih aman dan bebas efek samping. Seperti Sariayu Putih Langsat yang terbuat dari buah langsat yang berfungsi mencerahkan kulit. Kandungan vitamin C mampu mencegah pembentukan melamin.

Kulit akan semakin cerah alami, tetap lembab dan sehat. Buah langsat juga bisa bekerja sebagai antioksidan alami untuk mencegah radikal bebas, penuaan dini, dan kerusakan kulit permanen. SPF 15 pada pelembab ini membantu memberikan perlindungan dari sinar matahari.

Sariayu Putih Langsat Skin Brightening Moisturizer 35gr dapat dibeli di Shopee dengan harga Rp 18.500.

Bioaqua Fountain Spray Moisturizing Oil Skin Care Spray

Sumber gambar www.jakartanotebook.com

Ruangan ber-AC juga menjadi faktor yang bisa menyebabkan kulit sangat kering. Solusinya gunakan Bioaqua Fountain Spray Moisturizing Oil Skin Care yang bisa melindungi kulit dari dehidrasi. Komposisinya terdiri dari aloe vera untuk mengatasi jerawat, Camellia Japonica sebagai pelembab dan antioksidan, serta Witch Hazel yang mencegah sel kulit dari kerusakan.

Dikemas dalam botol spray praktis yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Kandungan bahan alaminya aman untuk kulit yang sensitif tanpa memberikan efek samping. Bioaqua Fountain Spray Moisturizing Oil Skin Care 150ml dapat dibeli di jakartanotebook.com dengan harga Rp 14.000.

Biokos Derma Bright Day Moisturizer

Sumber gambar marthatilaarshop.com

Pelembab sangat penting bagi kulit kering, terutama saat akan beraktivitas di siang hari. Fungsi moisturizer tidak hanya melembabkan tetapi sekaligus sebagai perlindungan terhadap sinar UV. BIOKOS Derma Bright Intensive Brightening Day Cream mengandung formula spot remover, lightening dan brightening untuk mencerahkan, anti aging yang mencegah penuaan dini. Produk ini juga mengandung UV Protection yang bisa melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB.

Kamu juga tak perlu khawatir karena produk sangat aman bebas paraben dan mengandung antioksidan. Kulit akan tampak lebih sehat dan bercahaya alami. BIOKOS Derma Bright Intensive Brightening Day Cream SPF 25 dapat dibeli di marthatilaarshop.com dengan harga Rp 256.000.

From our editorial team

Jangan Hanya Krim, Lengkapi Perawatan Kulit Kering untuk Hasil Maksimal

Perawatan kulit tentu tidak cukup hanya satu macam. Produk yang berbeda punya fungsinya masing-masing. Jika kamu ingin kulit keringmu kembali lembab dan sehat, krim saja tentu tidak cukup. Lengkapi langkah-langkah perawatan lainnya seperti sabun muka, toner, serum, dan lain-lain. Tentunya jangan lupa oleskan krim rekomendasi BP-Guide di atas secara rutin ya!