Jangan Biarkan Rambut Kering dan Rusak, Gunakan 10 Rekomendasi Produk Perawatan Rambut Kering ini untuk Menyehatkan Rambut (2020)

Jangan Biarkan Rambut Kering dan Rusak, Gunakan 10 Rekomendasi Produk Perawatan Rambut Kering ini untuk Menyehatkan Rambut (2020)

Rambut adalah mahkota yang wajib dijaga keindahannya. Ada kalanya kondisi rambut jadi rusak dan kering jika terlalu banyak ditata. Kenali ciri rambut kering dan penyebabnya supaya kamu bisa tahu cara penangannya yang tepat. Cek juga rekomendasi produk untuk merawat rambut kering agar rambutmu jadi tetap indah dan terawat!

Kenali Penyebab Rambut Kering

Rambut kita butuh dirawat sebaik mungkin. Perawatan rambut tentu saja harus disesuaikan dengan kondisi rambutnya. Jika kamu memiliki rambut kering, maka kamu harus waspada dan harus tahu cara penanganannya. Namun sebelum itu, kenali dulu ciri-ciri rambut kering dan penyebabnya.

Rambut kita bisa jadi sangat kering jika terlihat mudah patah dan rontok. Selain itu rambut kering umumnya tampak kusam dan hilang kilaunya. Helaian rambut juga sangat tipis sehingga tampak rapuh. Rambut kering juga memiliki ciri kusut dan sulit diatur. Ciri lainnya adalah ujung rambutnya bercabang karena terjadi kerusakan berat pada rambut.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan rambut jadi kering. Salah satunya adalah cara keramas yang salah. Jika terlalu sering keramas, maka rambut jadi kehilangan kelembapan alaminya dan jadi kering. Faktor lainnya adalah karena kita memakai sampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut. Akibatnya, rambut menjadi kering dan tidak sehat.

Faktor lain penyebab rambut kering adalah karena faktor lingkungan. Saat beraktivitas di luar rumah, kita kerap terpapar matahari, polusi, cuaca, hingga radikal bebas. Jika kita tidak melindungi rambut, maka ada risiko rambut jadi terpapar aneka polutan dan jadi kering.

Rambut juga bisa jadi kering karena kita terlalu sering memakai alat styling penghantar panas. Dryer, catok, atau alat pengeriting rambut kerap kali digunakan untuk menata rambut. Alat-alat tersebut juga bisa jadi penyebab rambut jadi kering karena membuat kandungan lemak yang berada di dalam kulit kepala menjadi kering.

Rambut yang diwarnai memang tampak indah. Namun, tanpa kita sadari kita telah merusak rambut kita. Pewarna rambut memiliki bahan kimia yang cukup keras. Bahan kimia tersebut bahkan bisa menyerap minyak alami rambut sehingga rambut jadi kering.

Penyebab lainnya dari keringnya rambut adalah kurang asupan air putih. Kita terlalu mengentengkan hal yang satu ini. Selain kulit jadi kering, rambut juga bisa jadi kering karena kurang mineral menyebabkan sel-sel di rambut kurang terhidrasi dengan baik.

Tips Merawat Rambut Kering

Hindari Produk Berbahan Silikon dan Alkohol

Rambut yang kering tentu bikin penampilan jadi kurang menarik. Maka dari itu diperlukan perawatan yang tepat supaya rambut bisa jadi kembali indah. Saat merawat rambut, usahakan untuk menghindari produk berbahan silikon dan juga alkohol. Kedua bahan ini malah bisa membuat rambut makin kering.

Silikon bisa menghalangi penyerapan nutrisi di rambut dan akibatnya kelembapan rambut jadi berkurang. Alkohol bisa bikin rambut jadi dehidrasi. Hindari juga produk dengan kandungan sulfat karena bisa menghilangkan minyak alami pada kulit kepala dan rambut.

Kurangi Intensitas Keramas dan Gunakan Sampo yang Tepat

Jika kondisi rambut sudah sangat kering dan mengembang, ada baiknya kamu menghindari mencuci rambut terlalu sering. Banyak di antara kita yang merasa harus keramas setiap hari. Namun, kamu wajib tahu karena kebiasaan ini malah bikin rambut jadi kering dan rusak. Ada baiknya jika rambutmu kering, keramaslah 1 atau 2 kali saja dalam seminggu. Atau keramas saja saat rambut sudah terasa kotor.

Pastikan untuk memilih sampo berbahan ringan. Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis dan kondisi rambut kering. Utamakan memilih sampo yang memiliki sedikit deterjen. Atau kamu bisa juga memilih sampo dengan kandungan pH lebih rendah agar kelembapan rambut lebih terjaga.

Gunakan Kondisioner, Vitamin, dan Masker Rambut

Untuk mengatasi rambut kering, penggunaan sampo saja tidak cukup. Kamu juga butuh memakai produk perawatan rambut lainnya. Salah satu produk yang kamu butuhkan adalah kondisioner. Banyak yang meremehkan penggunaan kondisioner padahal pemakaian kondisioner penting untuk melembapkan rambut dan mengganti minyak rambut yang hilang sehabis keramas. Kondisioner juga bisa mengatasi kerusakan rambut seperti kering, rapuh, dan bercabang. Dengan pemakaian kondisioner maka kutikula rambut bisa tetap sehat dan kadar minyak alami di kulit kepala tetap terjaga.

Kamu juga akan butuh masker rambut sesekali. Gunakan masker rambut untuk melembutkan rambut yang kasar dan kering. Cukup pakai masker rambut seminggu sekali. Oles masker rambut setelah keramas dan diamkan 30 menit sebelum dibilas.

Jangan lupa juga memakai vitamin rambut untuk mengatasi rambut keringmu. Gunakan vitamin rambut kapan pun kamu merasa perlu memakainya. Vitamin rambut bisa mengembalikan kelembapan alami rambut dan juga mengatur rambut yang susah diatur agar lebih halus dan bercahaya.

Batasi Pemakaian Alat Styling Rambut

Panas dari hairdryer, catokan, dan alat styling rambut lainnya bikin rambut jadi rusak parah. Pastikan kamu tidak terlalu sering memakai alat styling rambut. Jika terpaksa memakainya, beri vitamin rambut dulu agar panas dari alat tersebut tidak langsung terkena pada rambut. Lakukan treatment terbaik pada rambutmu usai di-styling agar rambut tak kehilangan kelembapan alaminya.

Beri Asupan Nutrisi

Perawatan rambut tidak hanya dilakukan dari luar namun juga perlu perawatan dari dalam. Kamu bisa mengonsumsi makanan sehat yang bisa membuat rambut agar lebih sehat, mudah diatur, lebat, dan berkilau. Konsumsilah ikan salmon, sayur bayam, jambu biji, dan lain sebagainya yang kaya akan vitamin.

Selain itu, jangan lupa perbanyak air putih agar kamu tidak dehidrasi. Cukupi kebutuhan mineralmu agar akar rambut jadi kuat dan tidak kering.

Ini Dia Aneka Produk yang Bisa Kamu Gunakan untuk Merawat Rambut Kering

Makarizo hair energy - Fibertherapy Hair & Sclap Creambath ROYAL JELLY Extract

Makarizo hair energy - Fibertherapy Hair & Sclap Creambath ROYAL JELLY Extract merupakan produk perawatan rambut kering yang kami sarankan untuk kamu. Ini adalah masker rambut yang bisa bikin rambut kamu jadi lebih lembut, lembap, dan indah. Dengan kandungan omega 6 dari minyak nabati passiflora dan ekstrak royal jelly, masker rambut ini bisa meningkatkan kandungan keratin pada rambut.

Ada asam amino juga pada produk ini sehingga mampu membuat rambut lebih berkilau dan lebih kuat. Tekstur rambut jadi lebih halus dan lebih mudah diatur. Aplikasikan pada rambut usai keramas lalu diamkan 5 menit. Bilas hingga bersih dan rambut siap dikeringkan.

Harga Rp. 6.900-70.000

L'Oreal Paris Smooth Intense Conditioner

Kamu juga bisa mencoba L'Oreal Paris Smooth Intense Conditioner. Ini adalah kondisioner yang pas untuk merawat rambut keringmu. Produk yang satu ini bisa digunakan usai memakai sampo. Setelah keramas, gunakan kondisioner yang satu ini untuk mengembalikan kelembapan rambut. Dengan harga yang terjangkau, produk yang satu ini hasilnya sangat memuaskan.

Kandungan argan oil-nya bisa mengatasi rambut kusut dan susah diatur. Hasilnya, rambut jadi lebih halus dan lembut. Produk ini juga memiliki wangi yang enak sehingga bikin rileks. Tekstur produknya ringan sehingga tidak membebani rambut dan mudah dibilas.

Harga Rp. 35.000-174.000

The Body Shop BANANA TRULY NOURISHING SHAMPOO

The Body Shop BANANA TRULY NOURISHING SHAMPOO tentu bisa jadi pilihan selanjutnya. Produk yang satu ini dibuat dari pisang asal Ekuador dan bisa menutrisi rambut dengan maksimal. Rambut jadi lebih lembut, harum, dan lembap. Aromanya segar dan tidak berlebihan. Sampo ini cocok untuk rambut normal dan kering. Ada kemasan ukuran 60ml, 250ml, dan 400ml yang bisa dipilih.

Harga Rp. 80.000-283.000

TRESemmé Keratin Smooth Shampoo

TRESemmé Keratin Smooth Shampoo juga tidak bisa kamu lewatkan sebagai produk untuk perawatan rambut kering. Produk yang satu ini kaya akan Vitamin H dan silk protein. Formulanya bisa menutrisi ke dalam setiap helai rambut. Hasilnya, rambut jadi lebih lembut, halus, dan mudah ditata. Kelembapan alaminya juga terjaga. Dengan kandungan keratin dan argan oil, rambut jadi lebih sehat dan berkilau.

Harga Rp. 16.000-100.000

Dove Total Damage Treatment Shampoo

Dove Total Damage Treatment Shampoo menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Sampo yang satu ini cocok untuk rambut kering dan rusak. Produk ini akan memperbaiki permukaan rambut dan menutrisinya secara mendalam. Rambut kusam, bercabang, rapuh, dan pecah-pecah akan kembali ternutrisi dan sehat.

Harga Rp. 22.000-83.000

Natur Hair Mask Olive Oil & Vitamin E

Natur Hair Mask Olive Oil & Vitamin E juga bisa jadi pilihan kamu. Ini adalah masker rambut yang bisa menutrisi rambut dengan baik. Produk yang satu ini mengandung 7 natural oil dan Vitamin E yang bisa menyehatkan rambut. Kamu bisa mendapatkan rambut bebas kusut dan mudah diatur. Rambut juga jadi lebih lembap dan lebih halus dengan pemakaian teratur. Gunakan seminggu sekali atau sesuai dengan kebutuhan rambut. Produk ini dikemas dalam ukuran 15 ml sehingga lebih mudah untuk diaplikasikan.

Harga Rp. 7.000-29.000

Kaaral Maraes Curl Revitalizing Treatment

Kaaral Maraes Curl Revitalizing Treatment adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini cocok untuk perawatan rambut kering. Masker rambut yang satu ini kaya akan mengandung omega 9 dan 6, sebagai antioksidan. Ada juga vitamin C, E, dan asam amino yang melembapkan rambut. Kandungan yoghurt di dalamnya bisa menutup kutikula rambut sehingga rambut lebih berkilau.

Harga Rp. 350.000-504.000

Sensatia Botanicals Argan & Tamarind Revitalizing Hair Mask

Sensatia Botanicals Argan & Tamarind Revitalizing Hair Mask adalah rekomendasi yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Terbuat dari bahan minyak argan, ekstrak lidah buaya, tamarind, dan alpukat, produk ini bisa menutrisi rambut. Hasilnya adalah rambut jadi lebih lembap, bebas kusut, dan lebih berkilau.

Ellips Hair Vitamin Smooth & Silky

Ellips Hair Vitamin Smooth & Silky menjadi rekomendasi perawatan rambut kering selanjutnya. Produk yang satu ini berbentuk kapsul. Kandungan moroccan oil di dalamnya bisa menutrisi rambut yang diwarnai. Selain itu, vitamin rambut ini juga bisa merawat rambut yang kusam akibat sinar matahari.

Dengan pemakaian teratur, kilau rambut jadi lebih terjaga. Produk ini juga kaya akan keratin dan ekstrak lidah buaya untuk melembapkan dan menutrisi rambut. Hasilnya, rambut jadi mudah diatur, lembut, dan lebih sehat.

Harga Rp. 1.200-107.000

Dove Hair Serum Nourishing Oil Care

Dove Hair Serum Nourishing Oil Care menjadi produk terakhir yang kami sarankan. Produk ini kaya akan bahan alami berupa ekstrak minyak almond, minyak kelapa, dan minyak bunga matahari. Kombinasi bahan tersebut membuat rambut lebih indah, lembut, berkilau, dan mudah diatur. Kamu pun jadi lebih percaya diri dengan penampilan rambutmu.

Harga Rp. 203.000-225.000
From our editorial team

Hindari Memakai Air Hangat pada Rambut

Memiliki rambut yang kering tentu jadi harus tahu tips perawatan yang tepat. Salah satunya adalah saat keramas, kita harus tahu air apa yang wajib digunakan. Sebaiknya hindari air hangat jika kondisi rambut kamu kering. Ini karena air panas atau air hangat malah bisa menghilangkan kelembapan rambut dan membuatnya jadi kering. Maka dari itu, sebaiknya gunakan air dingin saat keramas agar rambut tidak semakin kering. Air dingin memang bisa menghilangkan kelembapan rambut. Kendati demikian, hal ini tidak akan bikin kulit kepala jadi terlalu kering.